25 Bangunan Terindah Di Dunia Favorit Wisatawan

Salah satu tujuan wisata adalah untuk mengunjungi berbagai jenis bangunan di dunia. Bangunan-bangunan yang kerap menjadi destinasi wisata tidak hanya bangunan bersejarah dan memiliki nilai budaya, melainkan juga bangunan yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Bangunan dengan desain yang indah biasanya lebih menarik di mata wisatawan. Ada banyak bangunan terindah di dunia yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata, yakni sebagai berikut.

  1. Michael’s Golden-Domed Monastery, Ukraine

Michael’s Golden-Domed Monastery, UkraineWisata religi bukan lagi sesuatu yang aneh untuk masyarakat dunia sekarang ini, sebab agama menjadi pilar yang penting bagi semua golongan masyarakat. Tidak heran jika sebagai balasan bagi umat beragama yang membuat tempat ibadah mereka tampak cantik, ada banyak antrian wisatawan yang ingin mengapresiasinya lewat kunjungan.

Menambah deret tempat wisata di Ukraina yang ada, St. Michael’s Golden-Domed Monastery turut menjadi salah satu tempat yang diminati banyak wisatawan. Tempat ibadah berupa biara ini memang memiliki arsitektur yang cantik dan pantas menyandang predikat sebagai salah satu bangunan terindah di dunia. Oleh karena itu, laman Curbed menyandingkannya dengan banyak bangunan peribadatan paling indah di dunia seperti berikut ini.

  • Blue Mosque, Turkey
  • Basil’s Cathedral, Russia
  • Paro Taktsang, Bhutan
  • Grundtvig’s Church, Denmark

St. Michel’s Golden-Domed Monastery dibangun pada abad pertengahan di Kiev. Meski sempat hancur di bawah pengawasan Uni Soviet pada tahun 1930, biara ini kembali dibangun dan menjadi rumah bagi para jamaahnya sejak tahun 1990. Arsitektur gaya baroque dengan perpaduan warna biru cerah dan emas berhasil membuat bangunan ini banyak dikagumi. Tidak kalah dengan eksteriornya yang menawan, interior biara ini dipercantik dengan instalasi seni seperti mosaik dan lukisan dinding dari zaman Byzantium serta iconostatis yang diprakasrai oleh Hetman Pavlo Skoropadsky dan Hryhoryi Petriv pada tahun 1718

  1. Museum of Islamic Art, Qatar

Museum of Islamic Art, QatarGedung museum saat ini tidak lagi menjadi rumah bagi barang-barang penting peninggalan sejarah. Museum sudah menjadi bangunan wisata kekinian, tak jarang menjadi ikon dan identitas sebuah kota dan negara. Tidak heran jika museum sudah dibangun dengan berbagai arsitektur yang menarik. bangunan-bangunan museum yang indah menjadi data tarik banyak wisatawan dan tentu menjadi kebanggaan pemiliknya.

Salah satu bangunan museum yang indah adalah Museum of Islamic Art di Doha. Museum nasional negara Qatar dengan tinggi lima undakan ini menjadi salah satu mesum terindah versi laman BCC Culture. Selain Museum of Islamic Art di Doha, ada sembilan museum lain yang tercantum dan empat di antaranya adalah sebagai berikut.


  • Musee d’Orsay, France
  • Guggenheim, Spain
  • Oscar Niemeyer Museum, Brazil
  • British Museum, London

Dengan arsitekturnya yang menawan, Museum yang dibuka untuk umum pada tahun 2008 ini menjadi salah satu tempat wisata di Timur Tengah. Tidak heran, museum ini didesain oleh pemenang Pritzker Price bernama IM Pei. Untuk membangun arsitektur yang megah, Pei menyerap identitas Arab dengan menjelajahinya selama 6 bulan. Di dalam museum yang dibangun di atas tanah reklamasi ini terdapat banyak peninggalaan seni Islam berusia lebih dari 1.400 tahun.

  1. Château de Chambord, France

Château de Chambord, FranceBangunan-bangunan terindah di dunia tidak luput didominasi oleh rumah-rumah raja atau istana. Salah satu istana kerajaan atau royal palace dengan arsitektur terindah di dunia adalah Château de Chambord, Perancis. Konstruksi istana yang terletak di Chambord ini pertama kali dimulai pada tahun 1519 dan selesai pada tahun 1549.  Bangunan ini kini sudah menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Sebagai salah satu bangunan heritage, Château de Chambord tidak kalah indah dan bernilai dari bangunan terkenal di Paris lainnya. Dari segi desain, Château de Chambord memiliki arsitektur selayaknya  bangunan kastil pada abad keenam belas masehi. Tipikal kastil yang tersohor adalah letak beberapa buah menara di sudut kastil serta parit dan benteng. Highlight dari arsitektur Château de Chambord adalah tangga double-spiral.

Sebagai bangunan terindah di dunia, arsitektur Château de Chambord tidak jarang menjadi inspirasi dari banyak bangunan modern seperti Royal Holloway di University of London serta bangunan utama dari Fettes Collage di Edinburgh. Sebagai tempat wisata, Château de Chambord kerap mengadakan berbagai event internasional seperti Music Festiva, Chambord Festival dan sederet festival lainnya. Selain Château de Chambord yang bisa Anda kunjungi ketika jalan-jalan ke Perancis, beberapa royal palace dengan desain bangunan yang indah versi laman wonderslist adalah sebagai berikut.

  • Buckingham Palace, British
  • Alhambra, Spain
  • Potala Palace, China
  • Schönbrunn Palace, Austria
  1. Burj al Arab, UEA

Burj al Arab, UEAUni Emirat Arab terkenal memiliki banyak inovasi dalam bidang arsitektur terutama di Dubai sebagai kota metropolitannya. Dubai sebagai kota maju dan besar di dunia adalah rumah dari bangunan-bangunan indah dan unik. Salah satu bangunan yang menarik perhatian dunia adalah Bur al Arab. Burj al Arab adalah sebuah hotel mewah setinggi lebih dari 1000 kaki dengan berbagai jenis fasilitas premium di dalamnya.

Keindahan desain dan arsitektur Burj al Arab dan bangunan lainnya di Dubai disertai dengan banyaknya taman bunga terindah di Dubai sebagai oase modern dari gersangnya negara semenanjung Arab tersebut. Karena kemegahannya, Burj al Arab kerap disebut sebagai hotel bintang tujuh sekali pun angka tertinggi untuk sebuah hotel adalah bintang lima.

Keindahan Burj al Arab tidak hanya diakui oleh negara-negara Timur Tengah, akan tetapi juga oleh dunia luas dan tentu saja para wisatawan. Tidak heran jika bangunan ini kerap menjadi latar tempat dalam berbagai film serta event serta menjadi tempat menginap favorit. Akan tetapi jika budget Anda tidak mencukupi untuk menginap di Burj al Arab, Anda memiliki banyak pilihan bangunan hotel dengan arsitektur indah di dunia versi laman Architectural Digest berikut ini.

  • Capella Ubud, Keliki, Indonesia
  • Viceroy, Los Cabos, Mexico
  • The Francis House, Calistoga, California
  • Lora, Stillwater, Minnesota
  1. Korean Folk Village, Korea

Korean Folk Village, KoreaBangunan dengan arsitektur yang indah tidak hanya hasil karya manusia dan teknologi canggih saat ini. Banyak bangunan zaman dahulu yang memiliki desain cantik meski masyarakat kala itu berada di tengah keterbatasan teknologi. Bangunan-bangunan tersebut kerap menjadi ikon tradisional dan menyimpan kekayaan sejarah serta budaya, seperti bangunan-bangunan cantik di Korean Folk Village, Korea.

Meski Korean Folk Village pada dasarnya adalah bentuk rekonstruksi, namun tak ada bedanya dengan identitas asli bangunan-bangunan cantik di perkampungan Korea zaman dulu. Tentu, dari tahun ke tahun, korean Folk Village dipoles dengan sentuhan modernitas dan teknologi sehingga pantas untuk disebut sebagai tempat bersejarah di Korea sekaligus tempat wisata yang kekinian. Oleh karena itu, tempat ini menjadi favorit bagi wisatawan yang berasal dari berbagai kalangan usia.


Korean Folk Village bisa diraih dengan berkendara selama 2 jam dari pusat kota Seoul. Landskapnya yang indah kerap menjadi latar tempat pengambilan gambar beberapa drama dan film kolosal, tentu tanpa menghilangkan kesannya sebagai salah satu tempat romantis di Seoul. Tempat dengan deretan bangunan yang indah ini tak jarang menjadi tujuan wisata pasangan-pasangan muda dan tua dari seluruh dunia. Selain Korean Folk Village, banyak perkampungan tradisional di dunia yang masih memiliki deretan bangunan-bangunan terindah di dunia versi lama EasyTrip yakni sebagai berikut.

  • Marsaxlokk, Malta
  • Hallstatt, Austria
  • Pariangan, Indonesia
  • Oia, Greece

Banyaknya bangunan terindah di dunia tidak harus membuat Anda menjadi bingung ketika ingin berwisata. Anda bisa membuat daftar prioritas dan mengunjungi bangunan-bangunan tersebut ketika ada kesempatan. Kendati demikian, jangan sampai petualangan Anda ke luar negeri membuat Anda lupa bahwa Indonesia juga memiliki banyak bangunan indah dan menjadi daya tarik wisatawan dunia.

, , , ,
Post Date: Saturday 13th, October 2018 / 06:48 Oleh :
Kategori : Asia