12 Tempat Wisata di Kelantan Yang Wajib Dikunjungi

Tawaran Tempat wisata di Malaysia sangat beragam. Tempat-tempat yang menarik tersebar di berbagai wilayah di Malaysia, salah satu tempat yang tak boleh anda lewatkan ialah tempat wisata di Kelantan.

Tempat wisata di Kelantan lekat dengan budaya Melayu karena penduduk lokal Malaysia mengembangkan budaya melayu mereka di Kelantan. Kelantan disebut juga sebagai tempat lahir budaya Melayu sehingga tempat ini sangat menjaga tradisi hidup mereka seperti terbang layang-layang, wayang kulit, tenun songket dan desain batik.

Kelantan memiliki beberapa pantai dengan nama paling romantis di Malaysia. Ada juga beragam tempat wisata lain yang tak kalah menarik, seperti pemandangan di gunung-gunung, sungai-sungai, dan gua-gua mistis di Kelantan.

Berikut beberapa tempat wisata di Kelantan yang musti anda nikmati dan datangi ketika berlibur ke Kelantan, Malaysia.

  1. Tur Jalan Kaki Kota Bharu
Kota Bharu

Anda harus banget mencoba tur jalan kaki di Kota Bharu. Tempat wisata di Kota Bharu di Malaysia ini antara lain berupa istana, museum, pasar, dan bangunan bersejarah yang menarik bagi turis lokal dan asing.

Banyak dari pemandangan ini berdekatan di pusat kota yang kompak sehingga mudah untuk mencakup semuanya dalam tur berjalan mandiri. Anda bisa tinggal di Tune Hotel di Jalan Hamzah yang merupakan tempat favorit wisatawan untuk menginap karena bisa menjadi titik awal untuk jejak kota Bharu.

Cobalah sarapan dengan nasi kerabu yang lezat khas Kelantan, di tambah dengan hidangan ikan dan nasi yang terkenal di daerah ini, dijamin pengalaman wisata kuliner anda makin seru. Setelahnya Anda bisa mulai dengan menyusuri Jalan Sultan Ibrahim menuju pusat kota.

Perhentian pertama adalah Tourist Information Centre yang bertempat di sebuah bangunan bata berwarna yang pernah menjadi kantor Penasihat Inggris, Mr. Tony Churchill. Seperti di ketahui Kota Bharu, ibukota negara bagian Kelantan, dapat diterjemahkan sebagai ‘kastil baru’.

Kota ini yang paling berorientasi Islam di negara-negara Malaysia, alkohol tidak tersedia secara luas seperti di tempat lain. anda bisa menemukan State Museum yag terletak di sebelah gedung bekas kantor pemerintah era 1930-an. Museum ini menyediakan informasi latar belakang sejarah yang informatif tentang negara bagian Kelantan.

Sebagai contoh, ada dua teori tentang asal-usul nama Kelantan – itu baik berasal dari kata Kilat-Kilatan yang berarti sambaran petir, yang sangat umum diterima di tengah-tengah warga Malaysia atau Kelantan berasal dari kata Thailand klang tang yang berarti tempat tengah, merujuk pada lokasi daerah sekitar setengah jalan di semenanjung Thailand  dan Malaysia, maka nama ini ada benarnya menurut geografis.

2. Gunung Stong State Park

Gunung Stong State Park

Tidak hanya tempat wisata di Hawaii saja yang bisa menyajikan pemandangan berlatar belakang gunung. Di Kelantan pun anda bisa melihat tempat wisata di kelantan yang berlatar belakang gunung, yakni Taman Negara Bagian Gunung Stong, atau Taman Hutan Negara Gunung Stong (GSSFP).

Tempat wisata ini merupakan cagar alam yang masih asli seluas 21.950 hektar di dekat kota kecil Dabong di Kelantan. Tempat wisata itu ditetapkan sebagai taman negara dan situs eko-wisata pada tahun 2007. Tempat wisata ini dikelola oleh Departemen Kehutanan Negara Kelantan.

Pecinta kegiatan rekreasi di luar ruangan pasti akan menikmati kegiatan menjelajah alam taman hutan negara gunung stong Malaysia ini. Tempat wisata ini memiliki banyak hal untuk dilihat. Setidaknya ada tujuh puncak yang cukup besar untuk didaki, air terjun yang mengalir, termasuk Air Terjun Jelawang yang mudah diakses, gua, hewan langka, burung, dan tanaman khas hutan tropis pun dapat diamati.

Taman Negara diklasifikasikan sebagai hutan bernilai konservasi tinggi dan dikelilingi oleh cadangan hutan lainnya, memberikan penyangga alami terhadap produksi oksigan di dunia.

Untuk saat ini, hutan ini masih ‘perawan’. Makanya, kalau anda menjelajah tempat ini sebaiknya menjelajah bersama jagawana atau orang yang sudah memahami hutan karena dia bertugas sebagai penjaga hutan. Anda bahkan masiih bisa melihat hewan-hewan liar seperti gajah, Harimau Malaya, macan kumbang hitam, kijang dan tapir berkeliaran secara bebas di tempat wisata ini.

3. Gua Ikan Dabong, Kelantan

Gua Ikan dabong

Tempat wisata di Kelantan selanjutnya yang tak kalah misterius dengan tempat bersejarah di Eropa ialah Gua Ikan. Tempat ini adalah nama kompleks gua di Bukit Batu Kapur sekitar 5 km selatan Dabong.

Ada sejumlah gua di sini tetapi sebagian besar tidak mudah diakses dan disarankan untuk menggunakan jasa pemandu untuk menjelajah ke seluruh bagian tempat ini. Jika tidak ada pemandu yang tersedia di kompleks gua, anda bisa menyewa jasa pemandu dari pengelola Taman Negara Bagian Gunung Stong.

Gua Ikan, yang berarti Gua Ikan, diperkirakan dinamai demikian karena aliran air di dalamnya, yang mungkin merupakan rumah bagi beragam jenis ikan. Sedangkan ada banyak orang lokal yang punya teori yang berbeda.

Ketika mendekati jalan raya 66 dari arah Dabong, anda perhatikan bahwa struktur bukit kapur yang berisi gua-gua tampak seperti ikan. Itulah kenapa orang-orang Kelantan menamainya gua ikan.

Di salah satu gua yang bernama Gua Keris ada kolom stalaktit yang menyerupai keris, belati tradisional Melayu. Sedangkan Pintu masuk ke Gua Pagar sangat ketat sehingga pengunjung harus merangkak melalui terowongan. Gua-gua lain disebut Gua Gelap, Gua Batu Susun, Gua Tembakau, Gua Puteri dan Gua Setol.

Di dalamnya, terdapat banyak kelelawar gua yang tinggal, ada juga spesies  laba-laba, kalajengking cambuk, jamur, dan beberapa spesies tanaman yang dapat hidup di dalam gua. Petualangan menjelajahi gua sangat cocok bagi anda yang suka wisata petualangan!

4. The Jungle Railway

The Jungle Railway

Tempat wisata di Kelantan selanjutnya ialah Kereta Api Hutan Malaysia yang dikenal dengan berbagai nama – East Coast Line, East Line atau East South Route. The Jungle Railway membentang dari Tumpat, dekat perbatasan Thailand di utara Kota Bharu di negara bagian Kelantan ke Gemas di Negeri Sembilan. Railway ini tergabung dengan garis pantai barat yang membentang jauh ke tempat wisata di Singapura ke Bangkok melalui Johor Bahru, melewati Kuala Lumpur dan juga Penang.

Nama ‘East Coast Line’ agak menyesatkan – begitu kereta meninggalkan Tumpat, ia tidak menuju ke tempat yang dekat dengan laut. Mungkin disebut demikian karena menghubungkan negara bagian timur pantai Kelantan ke seluruh jaringan kereta api Malaysia. Jungle Railway adalah deskripsi yang lebih akurat karena melewati bagian dalam Semenanjung Malaysia yang berpenduduk jarang dan berhutan lebat serta melewati taman nasional Taman Negara dan Kenong Rimba.

Jalur kereta api hutan dibangun secara bertahap antara tahun 1910 dan 1930. Selama perang, jalur trek yang panjang dihilangkan oleh Jepang untuk digunakan pada jalur kereta api Thailand-Burma. Jungle Railway digambarkan sebagai salah satu perjalanan wisata kereta api paling indah di dunia. Anda harus mencobanya sendiri untuk membuktikan kata-kata itu bukan omong kosong belaka!

5. Princess Cave, Kampung Pulai

Princess Cave, Kampung Pulai

Salah satu tempat wisata berbau mistis dari tempat wisata di Kelantan ialah Gua Putri di Pulai yang terletak di menara karst batu kapur yang disebut Bukit Putri di desa Pulai, sekitar 8 km dari Gua Musang di Kelantan. Gua itu juga dikenal sebagai Zhi Xia Dong atau Zi Xia Dong.

Kampung Pulai adalah desa kecil yang menarik dikelilingi oleh pemandangan indah dengan bukit-bukit, perkebunan karet dan pertanian lainnya. Disebutkan, desa ini telah didirikan oleh Cina Hakka lebih dari 600 tahun yang lalu yang datang mencari emas aluvial di kawasan Kampung Pulai. Deposit emas habis lebih dari 100 tahun yang lalu dan para pemukim harus beralih ke pertanian untuk bertahan hidup.

Desa Pulai terpencil dan terputus dari dunia luar dan, karena kurangnya perempuan Cina, para pemukim awal menikah dengan wanita Orang Asli setempat sehingga banyak penduduk desa memiliki warisan darah campuran. Budaya tradisional Hakka terpelihara dengan baik sampai jalan aspal pertama baru dibangun di desa pada tahun 1978.

Ada sebuah Kuil di alun-alun desa yang disebut Kuil Air dan Bulan dan dianggap sebagai salah satu kuil yang tertua di Malaysia. Anda dapat melihat Princess Hill dengan mudah dari desa Pulai ini. Untuk mencapainya Anda harus menyeberangi sungai menggunakan jembatan gantung lalu berjalan sekitar 10 menit melalui perkebunan karet ke seberang danau.

Pintu masuk ke Gua Putri sekitar 100 kaki ke atas dan Anda harus menaiki 150 anak tangga untuk memasuki gua. Sesampai di atas, rasa lelah anda menapaki 150 anak tangga akan segera sirna karena dari atas, anda bisa melihat pemandangan yang amat menakjubkan!

Rekomendasi Tempat Wisata di Kelantan

Selain tempat-tempat wisata di atas, berikut kami rekomendasikan daftar tempat wiasata lain yang ada di Kelantan.

  • Moonlight beach
  • Pantai irama
  • Pantai bisikan bayu
  • Pantai sri tujuh
  • Wat machimmaram
  • Wat phothivihan
  • Wat uttamaram

Demikian pemaparan tentang tempat wisata di Kelantan yang harus anda kunjungi selama memiliki waktu berlibur yang panjang!

, , ,
Post Date: Wednesday 02nd, January 2019 / 02:47 Oleh :
Kategori : Malaysia