17 Tempat Wisata Di Kota Dumaguete Yang Wajib Dikunjungi

Pernahkah anda mengunjungi lokasi tempat wisata yang tidak mainstream? Pernahkah anda mendengar tempat wisata di Dumaguete? Kota Dumaguete adalah ibu kota provinsi Negros Oriental. Kota Dumaguete dijuluki sebagai “Kota Orang-Orang yang Lembut”. Kota ini tepatnya berada di negara Filipina.

Tempat wisata di kota Dumaguete mendapatkan julukan sebagai kota yang sangat berpendidikan dengan 4 universitas dan beberapa perguruan tinggi akademi lainnya. Sementara populasi siswa Dumaguete adalah sekitar 30.000 dari total 113.000 penduduk.

Selain infrastruktur progresif, Dumaguete diberkati dengan garis pantai yang indah, gunung berapi aktif, air terjun yang tenang, satwa liar yang menarik, dan jalur hiking yang berlimpah. Kunjungan Anda di sini kemungkinan besar akan menjadi sangat aktif karena kota Dumaguete akan membuat anda terus bergerak menikmati setiap inci kotanya.

Nah, berikut daftar tempat wisata di kota Dumaguete yang perlu anda ketahui.

  1. Taman Bakau Talabong & Suaka Burung
taman Bakau Talabong & Suaka Burung dumaguete

Kalau anda suka menjelajahi tempat wisata di Ekuador yang berupa tempat wisata alam liarnya kenapa tidak jika mampir ke taman bakau talabong dan suaka burung di Dumaguete. Tempat wisata di Dumaguete ini memiliki luas area sebesar 400 hektar. Kawasan ini dilindungi oleh DENR (Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam) Dumaguete. Lokasi ini akan memberikan pengalaman otentik merasakan kawasan liar dai Dumaguete kepada anda.

Bila anda seorang pecinta alam, anda tidak akan merasa rugi berjalan berjalan-jalan di area alam liar ini. anda bisa memanfaatkan fasilitas teropong untuk melakukan pengamatan burung yang fantastis. Anda bahkan bisa menemukan berbagai spesies bakau dan melihat suara gema satwa liar yang bersembunyi di hutan bakau.

Puncak kunjungan suaka ini adalah hutan bakau! Sebuah tempat di mana penduduk setempat menyelam dengan pakaian lengkap untuk menangkap ikan untuk makan malam. Anda bisa mengamati kegiatan mereka selama beberapa waktu, anda sendiri juga dapat mencelupkan jari-jari kaki ke dalam air dan menyaksikan ikan-ikan berenang.

Setelah selesai, berjalan-jalanlah di dermaga panjang, pada saat itu Anda merasa seperti sedang mengambang di tengah laut. Sebuah pengalaman yang menarik bukan?

2. Tempat Wisata Mt. Kanlaon

Mt. Kanlaon

Pernahkah Anda melihat gunung berapi aktif sebelumnya? Di Dumaguete anda bisa melihat gunung berapi aktif bernama Mt. Kanlaon. Bagian tengah dari Taman Alam Gunung Kanlaon ini tidak mungkin terlewatkan. Mt. Kanlaon berketinggian 2.430 meter.

Ada banyak wisatawan petualang dan pendaki berduyun-duyun ke Mt. Kanlaon untuk pendakian 3 hari penuh. Selama perjalanan, mereka akan disambut oleh satwa liar, pemandangan, dan mata air panas. namun, tidak seperti di tempat wisata di Jepang yang mana sumber mata air panasnya bisa dinikmati untuk mandi, di pegunungan ini mata air panas tidak diijinkan sebagai tempat istirahat seperti Sauna di Jepang.

Mt. Kanlaon termasuk dalam Cincin Api Pasifik dan telah meletus 28 kali dengan 9 letusan sejak 2001 dan letusan terbaru pada 2016. Sebagian besar letusan ini diawali dengan semburan uap dan gempa bumi.

Jika Anda seorang yang pemberani, anda dapat mendaki gunung ini hingga mencapai titik puncaknya. namun, sebelum anda melakukannya, kami sarankan untuk minta ijin terlebih dahulu ke Kepala kantor DENR di Bacolod. Setelah mendapatkan ijin hiking, silahkan naik dengan tertib.


3. Gunung Talinis

Mt. Talinis

Tidak hanya tempat wisata di Hawaii saja yang dikelilingi dengan pegunungan, tempat wisata di kota Dumeguete jugua dikelilingi oleh pegunungan. Salah satu yang terkenal ialah Gunung Talinis dikenal juga sebagai “Cuernos de Negros” atau “Tanduk Negros”.

Dengan ketinggian 1.903 meter, Mt. Talinis adalah gunung tertinggi kedua di wilayah ini setelah Mt. Kanlaon. Mt. Talinis hanyalah gunung berapi aktif yang “berpotensi” dan tidak seaktif Gunung Talinis. Gunung ini juga diminati oleh pendaki gunung.

Orang-orang lokal mengakui Mt. Talinis sebagai gunung vulkanik yang indah. Di sana, anda juga bisa mencapai Taman Alam Danau Balinsasayao Twin di mana Anda akan menemukan tiga danau: Danau Kabalin-an, dan danau kembar, Balinsasayao dan Danao.

Mampirlah ke tiga danau itu sebelum atau setelah melakukan hiking ke puncak gunung Talinis. Pengalaman otentik bisa mendaki gunung Talinis pasti akan menambah koleksi petualangan mendaki anda menjadi semakin spektakuler.

4. Danau Balanan

Danau Balanan

Tempat wisata di kota Dumaguete selanjutnya ialah danau Balanan. Danau ini merupakan danau air tawar yang berada jauh di dalam hutan. Danau ini dikelilingi oleh hutan lebat dan sebuah puncak gunung. Danau ini merupakan danau alami yang diciptakan oleh gempa tektonik pada tahun 1925.

Awalnya dimulai dari pertemuan tiga sungai yang dulunya jalurnya saling berdekatan, namun ketika gempa tektonik terjadi, terjadilah patahan yang menyatukan ketiga sungai itu. akhirnya patahan itu menciptakan danau Balanan yang masih terjaga kealamiannya sampai sekarang.

Jika Anda ingin menjelajahi Danau Balanan, danau itu cukup mudah diakses. Ada jalur semen yang panjang di mana lumut sudah mulai tumbuh di sepanjang bangunan semen itu, sehingga seolah-olah semen itu sendiri merupakan bagian dari lingkungan danau.

Jalan setapak semen ini akan membawa Anda ke pantai di mana ada dermaga dan gubuk di sungai. Beri diri Anda waktu selama beberapa jam untuk berenang, istirahat, dan menikmati keindahannya.

5. Menonton Lumba-lumba di Selat Tanon

Selat Tanon

Siapa yang suka lumba-lumba? Di Dumaguete terdapat lokasi yang tepat untuk menyaksikan hewan lucu ini. Lumba-lumba paling aktif di pagi hari dan Anda membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapai mereka dari Dumaguete. Jadi, jika Anda ingin melihat mereka beraksi, Anda harus rela bangun pada dini hari dan pergi ke Tanon Straigt.

Untuk bisa menikmatinya, anda harus berada di atas kapal katamaran dengan turis lain yang ingin melihat makhluk-makhluk menakjubkan itu berenang, menciprat air ke udara, dan melompat keluar dari air. Seperti yang Anda ketahui, lumba-lumba berburu ikan secara berkelompok, anda dapat melihat aksi spektakuler mereka dair kapal katamaran.

Disarankan agar tidak mengganggu aktifitas mereka. Anda hanya diperbolehkan untuk menonton, maka lebih baik jaga ketertiban, jangan sampai anda dibawa ke pihak berwajib karena anda mengganggu lumba-lumba atau melakukan sesuatu yang membahayakan lumba-lumba dan diri anda sendiri selama berada di kapal katamaran.

6. Kuil Jepang

Kuil Jepang

Di Dumaguete terdapat kuil jepang. Kuil Jepang, bagaimanapun, memberi Anda sesuatu untuk dinikmati saat Anda mendaki perjalanan 2 ½ jam melalui gunung melintasi jembatan-jembatan, melalui desa-desa, dan sekitar beberapa batu besar sampai Anda mencapai lokasi yang berketinggian 2175 kaki di atas permukaan laut.

Jauh di dalam hutan, kuil ini akan mengajarkan Anda sedikit tentang sejarah Dumaguete. Kuil ini dibangun untuk mengenang penyerahan pasukan Jepang pada 22 September 1945, menandai berakhirnya pertempuran sengit dan invasi monumental. Di sini, anda akan belajar sedikit tentang Jepang yang datang ke Filipina dan hampir mencokolkan pengaruhnya di sana.

Kalau anda tidak tertarik dengan sejarahnya, minimal anda akan menikmati pemandangan Dumaguete dari ketinggian dan bisa mendapatkan foto otentik terkait kuil Jepang di Filipina. Lihat betapa pengalaman ini akan meningkatkan pemahaman anda tentang Filipina.


Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Dumaguete

Selain daftar tempat wisata di atas, anda dapat menikmati daftar tempat wisata lainnya di Dumaguete. Berikut daftar tempat wisata di kota Dumaguete.

  • Malatapay
  • Pantai Rizal Boulevard
  • Taman Kebebasan Aquino
  • Universitas Silliman
  • Museum Antropologi Silliman
  • Painitan di Pasar Umum Kota
  • Campanario de Dumaguete
  • Sans Rival Restaurant & Bistro
  • Dauin Marine Sanctuary
  • Pulau Apo
  • Baslay Spring Panas

Demikian pemaparan tentang tempat wisata di kota Dumaguete untuk anda pertimbangkan sebagai salah satu tujuan wisata anda di kemudian hari.

, , ,
Post Date: Monday 11th, February 2019 / 02:34 Oleh :
Kategori : Filipina