11 Tempat Wisata di Okayama Jepang Populer dan Menarik

Tempat wisata di okayama – Okayama adalah sebuah kota kecil yang terletak di bagian barat Pulau Honzhu di wilayah Chigoku. Namanya tidak begitu populer untuk para wisatawan manca Negara. Namun meskipun kecil Okayama memiliki tempat-tempat menarik yang tak kalah dengan kota-kota di Jepang lainya.

Jika dari tempat wisata di Tokyo, Okayama dapat ditempuh menggunakan shikansen dengan waktu 3 jam 10 menit. Sedangkan jika dari Osaka atau Kyoto kota Okayama hanya berjarak 45 menit menggunakan shikansen. Okayama juga memiliki bandara yang melayani berbagai penerabangan dari berbagai kota-kota besar di Jepang dan beberapa dari luar negeri seperti Hongkong, Taipei, Seoul, Shanghai dll.

Nah, apa sajakah tempat wisata di Okayama, Yuk kita simak ulasan mengenai tempat wisata di Okayama berikut ini.

1. Kastil Okayama

Okayama Castle

Kastil Okayama merupakan tempat wisata di Okayama yang paling populer. Dibangun selama delapan tahun, dan selesai pada tahun 1597. Kastil ini terletak di 2-3-1 Marunouchi, Kita-ku, Okayama-shi, Okayama,  di tepi sungai Asashi.

Kastil ini menghadap ke Taman Korakuen, yang juga diakui sebagai salah satu peninggalan budaya yang wajib dilestarikan di Okayama. Kastil Okayama memiliki Dinding yang hitam gelap dan atapmya pun juga berwarna hitam dengan list putih dan emas pada bagian bawahnya. Karena hampir keseluruhan kastil ini berwarna hitam, Kastil ini juga dinamakan Crow Castles atau kastil gagak.

Kastil Okayama terdiri dari 6 lantai yang terbagi menjadi 3 bagian. Selain mengaggumi eksteriornya, Anda juga bisa menikmati pameran yang berada di museum di dalam kastil ini.

2. Taman Karouken

Korakuen

Taman ini dibangun sekitar 300 tahun yang lalu sebagai tempat bersantai bagi penguasa Okayama. Saat ini, Taman Korakuen merupakan salah satu dari tiga taman terindah di tempat wisata di Jepang. Taman Karaoken terletak tidak jauh dari kastil Okayama, dimana terletak di 1-5 Korakuen, Kita-ku, Okayama-shi.

Taman ini terlihat seperti taman biasa jika dilihat dari luar. Tapi ketika anda masuk ke dalamnya, anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Dimana terdapat sebuah kolam besar di tengah taman ini, perkebunan teh dengan kedai tehnya, kolam bunga teratai, taman bunga iris dan halaman rumput hijau yang luas yang dihubungkan dengan jalan setapak dan saluran air.

3. Hadaka Matsuri

hadaka matsuri

Jika Anda mengunjungi Okayama pada bulan Februari, Jangan lewatkan untuk mengikuti Festival Saidaiji Eyo  atau Hadaka Matsuri yang secara langsung diterjemahkan menjadi “festival telanjang”. Festival ini diadakan di Kuil Saidaji yang terletak di 3-8-8 Saidaiji-naka, Higashi-ku, Okayama-shi.

Festival ini biasanya diikuti oleh sekitar 9.000 orang yang mengenakan fundoshi atau sabuk pegulat Jepang yang berpawai di sekitar halaman kuil. Puncak dari festival ini adalah ketika para peserta festival berkumpul di kuil utama untuk memperebutkan jimat untuk keberuntungan. Festival ini diadakan pada malam Sabtu ketiga Februari setiap tahunya.

4. Ushimado Olive Garden

Ushimado

Ushimado Olive Garden terletak di atas sebuah bukit di Ushimado, Setouchi City. Dimana Ushimado Olive garden merupakan salah satu daerah penghasil zaitun terkemuka di Jepang. Terdapat jalan setapak di sekitar taman, tempat sekitar 2.000 pohon zaitun tumbuh.

Terdapat berbagai fasilitas disini seperti halnya toko zaitun, kafe, penginapan hingga observatorium. Dari observatorium, Anda bisa menyaksikan pemandangan indah Laut Seto, yang juga disebut sebagai Laut Aegea Jepang. Dan nikmati berbagai makanan khas Jepang yang lezat di salah satu kafe atau restoran di Ushimado Olive Garden.

5. Kurashiki Bikan

Kurashaki bikan

Daerah ini populer dengan lanskap kotanya yang terdiri dari bangunan-bangunan tua, dan pohon-pohon willow yang tumbuh di tepi sungai. Selama periode Edo, daerah ini berkembang pesat yang digunkanan sebagai pusat distribusi beras penting di Jepang. Oleh sebab itu, masih banyak bangunan-bangunan batu yang tersisa yang dulunya digunakan untuk menyimpan beras.

Sungai Kurashiki, dahulu merupakan jalan utama untuk perdagangan kapal. Saat ini, di sungai ini menyediakan wisata perahu untuk para wisatawan dimana anda diharuskan membayar 500 JPY dan 250 JPY untuk anak sekolah dasar. Jelajahi sungai ketika malam hari. Dan rasakan suasana remang-remang dan mistis.

6. Museum Seni Ohara

museum ohara

Didirikan pada tahun 1930 oleh seorang pengusaha dari Kurashiki, Ohara Magosaburo. Museum ini merupakah museum pertama Jepang yang didedikasikan untuk seni-seni modern barat. Terletak di Kawasan Bersejarah Kurashiki Bikan tepatnya di 1-1-15 Chuo, Kurashiki-shi.

Eksterior museum ini mirip seperti kuil-kuil Yunani kuno, dimana museum ini memiliki sekitar 3.000 koleksi, termasuk karya El Greco, Gauguin dan Monet. Selain itu juga terdapat Annex and Craft Art Gallery & Asian Art Gallery, yang memamerkan seni Jepang dan seni Asia Timur kuno. Biaya masuk museum ini sebesar 1.300 JPY untuk umum.

7. Kibitsu Jinja

Kibitsu

Kuil ini didedikasikan untuk Kibitsuhiko-no-mikoto, seorang  pangeran Jepang legendaries, dan juga kuil ini  sering dikaitkan dengan cerita rakyat Momotaro. Bangunan kuil utama dibangun dengan gaya Hiyoku Irimoya-zukuri  yang ditandai dengan atap sayap hip-and-gable berpasangan, dimana kuil ini adalah satu-satunya kuil di Jepang yang menggunakan gaya arsitektur seperti ini.

Selain itu juga terdapat koridor sepanjang 400 m yang memanjang dari bangunan kuil utama. Dan juga di kuil ini terdapat Okamaden yang digunakan untuk menyimpan kepala seorang Ura, suku biadab dalam mitos Jepang.

8. Kuil Sairo Inari

sairo inari

Terletak di 712 Takamatsuinari, Okayama, Kuil ini sudah berusia lebih dari 1200 tahun dan dinilai sebagai salah satu dari tiga kuil Inari terkemuka di Jepang, selain Kuil Futari Inari Taisha. Pintu masuk menuju kuil ini cukup indah dengan patung-patung dewa emas dan sebuah  tangga menuju kuil.

Gerbang  di kuil ini terbuat dari batu dan ditata seperti sebuah istana India. Di bagian belakang kuil, terdapat  ukiran batu yang luar biasa. Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar kuil ini, dan nikmati udara sejuk ditengah pepohonan yang rindang.

9. Taman Ujo

ujo park

Taman ini terletak tidak jauh dari Kastil Okayama dan Taman Kourakuen. Terletak di 2-3-3 Marunochi, Okayama, taman ini sangat populer di bulan April sebagai salah satu tempat untuk melihat bunga sakura paling indah di kota Okayama.

Kastil Okayama terlihat semakin indah dengan bunga sakura yang memesona di taman ini. Terdapat lebih dari 200 pohon sakura di taman ini, dan anda tidak dipungut biaya untuk bisa berjalan-jalan di taman ini.

10. Kebun Raya Handayama

Handayama

Kebun Raya Handayama terletak di 3-1 Hokaiin, Okayama 700-0004, merupakan tempat yang tepat bagi anda yang ingin bersantai di tempat yang tenang. Di kebun Raya ini terdapat berbagai  pepohonan yang hijau, dan sejuk. Taman ini terlihat lebih semarak dengan berbagai bunga sakura, ketika musim semi atau awal musim panas.

Taman ini terletak di sebuah bukit kecil dan anda juga bisa menuju puncak bukit ini dan nikmati pemandangan indah kota Okayama dari atas bukit. Kebun raya ini memiliki berbagai koleksi tanaman yang ditata dengan sangat rapid an modern.

11. Rose Garden

Rose garden

Rose garden terletak di Kita Ward, Natsukawa, Okayama, merupakan sebuah taman buanga mawar yang roamtis. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Rose Garden adalah pada bulan Mei hingga November, yaitu ketika Bunga-bunga mawar di taman ini sedang mekar.

Selain bunga mawar terdapat berbagai bunga musiman serta pohon-pohon dari luar okayama. Jadi  wisatawan masih bisa menikmati taman ini sepanjang tahun. Taman ini dipelihara dengan sangat baik dan ditata dengan indah. Mawar-mawar diatur secara melingkar dengan jalur wisatawan di sela-sela mawar tersebut. Selain itu, Anda juga bisa belajar cara menanam dan merawat bunga dengan mengikuti kelas berkebun di taman ini.

Itu dia beberapa tempat wisata di Okayama, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas jepang di Okayama untuk sanak saudara anda. Jaga kesehatan anda dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Monday 12th, August 2019 / 08:41 Oleh :
Kategori : Jepang