12 Taman Sakura Di Jepang Tujuan Wisataan Dunia

Bunga sakura di taman sakura Jepang yang bermekaran praktis mampu menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia untuk melihat keindahannya. Daya tarik itu otomatis juga meningkatkan minat kunjugan ke tempat wisata di Jepang saat musim dingin lainnya.

Lalu, pernahkah anda melihat bunga sakura langsung ke taman sakura di Jepang? Ada banyak sekali taman sakura di Jepang, sebab bunga sakura bagian dari ciri khas jepang, sudah menjadi nafas bagi keberlangsungan budaya Jepang.

Ada beberapa taman sakura di Jepang, yang terkenal ada di kawasan tempat wisata di Tokyo. Tempat-tempat melihat sakura di Tokyo amat banyak, mungkin karena Tokyo adalah ibukota Jepang yang sudah pasti akan menjadi perhatian utama masyarakat dunia, sehingga taman sakura juga penting untuk dilestarikan.

Berikut adalah daftar taman sakura di Jepang, yang pasti instagramable banget saat semua bunganya mekar.

1. Taman Nasional Shinjuku Gyoen

Taman-Nasional-Shinjuku-Gyoen

Taman sakura di Jepang yang pertama ialah taman bernama Taman Nasional Shinjuku Gyoen. Di taman besar dengan luas 58,3 hektar (583.000 meter persegi) dan keliling 3,5 kilometer ini terdapat sekitar 1.100 pohon sakura Jepang. Semuanya akan mekar secara bersamaan di musim semi.

Di sini juga ada berbagai jenis pohon lainnya, namun karena berbagai jenis pohon Sakura yang ada di taman ini memiliki waktu mekar yang berbeda, Anda dapat menikmati semua jenis bunga untuk waktu yang relatif lama jika berkunjung ke sini. Luangkanlah waktu yang cukup lama untuk menikmati salah satu tempat wisata di Shinjuku yang dibanggakan oleh warga Jepang ini.

Di sekitar taman, terdapat toko-toko penjual permen yang akan menjual peremennya kepada anda yang membutuhkan. Warga jepang biasanya akan memakan permen selama menikmati bunga sakura mekar, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba budaya mereka. Taman Nasional Shinjuku Gyoen dapat dengan mudah diakses dari Stasiun Shinjuku.

Tiket masuknya sebesar 200 yen. Jam buka adalah jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Tempat ini tutup jam 4.30 sore. Kunjungilah kawasan ini di waktu yang tepat untuk bisa melihat bunga sakura mekar yakni di tanggal 15 Maret hingga 24 April.

2.  Taman Ueno

Ueno-Park

Taman sakura di Jepang berikutnya ialah Taman Ueno. Ueno Park adalah tempat melihat bunga sakura di Tokyo yang telah populer sejak abad ke-16. Taman ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Tokyo Jepang yang selalu direkomendasikan untuk dikunjungi oleh wisatawan dunia. Di taman dengan luas total 538.000 meter persegi, sekitar 800 pohon sakura bermekaran, sebagian besar berada di tengah jalan taman.

Anda bisa membawa bekal makan sendiri untuk disantab di bawah mekarnya bunga sakura. Orang Jepang juga melakukannya dan menjadikan tradisi bunga sakura mekar sebagai waktunya untuk berkumpul dengan keluarga, kekasih, dan teman-teman. Mereka akan menghabiskan waktu selama berjam-jam di taman, membawa bekal seperti piknik, termasuk juga membawa tikar sebagai tempat duduk di bawah pohon bunga sakura.


Taman Uenp buka dari jam 5 pagi hingga jam 11 malam. Tidak ada entri dari jam 11:00 malam sampai jam 5 pagi karena Kantor manajemen taman buka dari jam 8:30 pagi sampai jam 5:15 sore.

3. Taman Chidorigafuchi

Taman-Chidorigafuchi

Daerah di sekitar Chidorigafuchi, yang berada di sisi barat laut Istana Kekaisaran adalah tempat melihat bunga sakura yang juga populer di Tokyo. Sekitar 1.000 pohon sakura tertanam di sana dan akan bermekaran bersamaan di bulan Maret hingga April. Di sini Anda bebas mengambil gambar dan juga melihat pohon ceri yang berlatar belakangkan dinding batu Edo Castle, Istana Kekaisaran yang masih eksis sampai sekarang.

Perpaduan siluet kastil dari jaman Edo dengan taman bunga sakura yang bermekaran akan membawa anda ke suasana seperti sedang berada di jaman edo. Di Taman Chidorigafuchi antara Chidorigafuchi sisi barat Istana Kerajaan dan Kedutaan Besar Inggris, Anda dapat melihat sekitar 170 pohon ceri.

Anda bebas mengambil gambar yang anda inginkan untuk dijadikan kenang-kenangan. Tempat wisata berupa taman bunga sakura di Jepang ini benar-benar sangat rekomended untuk anda yang ingin menikmati suasana indah di Jepang sekaligus mengambil wakut untuk bersantai di sekitar kawasan Chidorigafuchi.

4. Taman Sumida di Taito-ku

Taman-Sumida-di-Taito-ku

Taman bunga sakura di Jepang berikutnya ialah Taman Sumida di Taito-ku. Meskipun taman ini terkenal untuk menonton kembang api di musim panas, Sumida Park dikenal dengan bunga sakura yang luar biasa selama musim semi.

Anda dapat mengambil gambar bunga sakura yang indah di sini – tidak hanya 600 pohon ceri Jepang tetapi juga dari TOKYO SKYTREE (R) yang menjulang di latar belakang. Selain itu, melihat bunga sakura dari perahu pasti akan membuat kenangan yang tak terlupakan.

Selanutnya, bergeserlah dari Taman Sumida ke Taman Inokashira. Ada sekitar 500 pohon ceri Jepang di taman Inokashira. Anda dapat menikmati pemandangan sakura dan memotret bunga sakura dari awal Maret hingga akhir April. Pohon sakura yang terlihat dari Jembatan Nanai di tengah kolam Inokashira sangat indah.

Sekitar 250 pohon ceri menurunkan cabang mereka di sekitar kolam dan refleksi mereka di permukaan air sangat indah. Kolam dengan kelopak sakura yang melayang di permukaan juga merupakan pemandangan yang menakjubkan. Itulah kenapa Jepang juga termasuk tempat romantis di Jepang.

5. Taman Sakura di Megurogawa (Sungai Meguro)

Taman-Sakura-di-Megurogawa

Sekitar 800 pohon sakura tumbuh dan dapat mekar di sepanjang Megurogawa yang membentang sejauh 3,8 kilometer dari daerah Ikejiri-Ohashi ke Kamenokobashi di bawah Jalur Tokyu Meguro.

Tidak ada fasilitas seperti taman tetapi Anda dapat menikmati pemandangan sakura sambil menikmati minuman dan makanan di kafe dan restoran di sepanjang sungai.

Bergeser dari sepanjang sungai Megurogawa ke Taman Yoyogi. Yoyogi Park adalah tempat melihat bunga sakura terbaik di Tokyo dengan akses mudah dari Shinjuku dan tempat wisata di Shibuya.

Taman Yoyogi ini adalah taman terbesar ketiga di Tokyo dan memiliki 730 pohon sakura. Anda dapat melihat bunga sakura sambil duduk di rumput di tengah alun-alun sambil menikmati bento hanami, makanan tradisional khas Jepang.

6. Gunung Takao

Gunung-TakaoGunung Takao adalah tujuan hiking populer di pegunungan sebelah barat pusat Tokyo. Ada beberapa pohon ceri yang tersebar di sepanjang jalan utama dan di sekitar puncak, tetapi tempat terbaik untuk bunga sakura terletak  di area setelah 30 menit mendaki ke puncak. Area tersebut berada di daerah sekitar Itchodaira.

Gunung Takao juga dikenal sebagai Takaosan Senbonzakura (“Gunung Takao Thousand Cherry Trees”) karena daerah ini menawarkan beberapa varietas pohon ceri yang biasanya mekar beberapa minggu kemudian dari yang berada di Tokyo pusat.


Kalau anda suka mendaki, melihat bunga sakura di Gunung Takao akan menjadi pilihan yang memberikan pengalaman besar pada anda. Banyak pendaki dari seluruh dunia memilih waktu yang tepat untuk mendaki gunung takao, tujuannya hanya satu untuk melihat bunga sakura mekar! Anda pun juga bisa melakukannya jika anda mau.

Rekomendasi Taman Bunga Sakura di Jepang

Di samping tempat-tempat melihat bunga sakura di Jepang di atas, ada beberapa taman bunga sakura di Jepang lainnya. Berikut rekomendasi taman bunga sakura di Jepang yang harus anda kunjungi kelak.

  • Taman Koishikawa Korakuen
  • Rikugien Gardens
  • Taman Asukayama
  • Koishikawa Korakuen
  • Showa Memorial Park
  • Taman Koganei

, , , ,
Post Date: Saturday 17th, November 2018 / 06:19 Oleh :
Kategori : Jepang