5 Tips Jalan-Jalan Ke Jepang Murah Yang Wajib Diketahui Wisatawan

Ada beberapa cara sederhana untuk melihat Jepang dengan harga terjangkau. Jika Anda memiliki keinginan untuk menjelajahi berbagai macam tempat wisata di Jepang saat musim dingin yang menarik, anda mungkin bisa mengikuti tips jalan-jalan ke Jepang murah berikut ini.

1. Ambil Jalur Transportasi Bus dan Kereta Api

jalan-jalan-hemat-jepang

Seperti ketika menjelajahi tempat wisata di Eropa, di Jepang anda pun bisa memanfaatkan kereta api dan bus untuk menjangkau satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya.

Seperti Eropa, kereta api telah menjadi kebutuhan pokok bagi para pelancong di Jepang, sebab kereta api bia menjadi sarana untuk menghemat perjalanan selama di Jepang. Sedangkan Bus adalah cara hemat untuk berkeliling kota.

Banyak perusahaan bus ada di Jepang, dan hampir semua jalurnya dapat dipesan secara online.  Setelah pembayaran, Anda akan mendapatkan konfirmasi langsung dan email konfirmasi. Cukup tunjukkan email konfirmasi Anda melalui ponsel Anda kepada pengemudi. Pengemudi bus akan mengantarkan anda ke tempat tujuan.

Perusahaan bus tekrenal di Jepang yang menawarkan tiket rute perjalanan salah satunya Willer Express, menawarkan tiket bus paket berlaku untuk 3, 5, dan 7 hari dengan harga ¥ 10.000 – ¥ 15.000 ($ 94- $ 141 USD). Tiket murah tersedia untuk digunakan hanya pada hari Senin-Kamis, sementara opsi yang sedikit pricier tersedia untuk penggunaan sehari-hari.

Ada banyak rute bus yang dapat anda piliih, dan semuanya sudah pasti akan menghubungkan anda dengan satu tempat wisata ke tempat wisata yang lain. Tujuan bus populer termasuk ke tempat wisata di Tokyo Jepang, Hiroshima, Kyoto, Osaka, dan Nagoya.

Jika tidak ingin naik bus, semuanya bisa didapat dengan harga ¥ 29.000 + ($ 273 + USD) dengan tiket kereta selama 7 hari. Jika Anda tidak membeli tiket bus transportasi umum, tiket bis pribadi biasanya lebih murah daripada kereta jarak jauh. Kereta sering penuh sesak dengan komuter dan mungkin memerlukan beberapa kali transfer, jadi bus sering kali menjadi metode perjalanan yang lebih nyaman.

Tiket bus individu dapat dibeli secara online di kosokubus.com, sedangkan surat izin Willer Express dapat dibeli di situs web mereka dan digunakan di terminal keberangkatan Anda masing-masing.

Sementara untuk melakukan penerbangan keberangkatan ke Jepang, anda pun bisa menghemat tiket perjalanan udara dengan memanfaatkan tiket promo. Maskapai Indonesia sering membuka penjualan tiket diskon.

2. Makan di jaringan makanan cepat saji Jepang

Shibuya pedestrian

Jika anda mulai berpikir untuk mencari restoran halal di Jepang, sebenarnya tidak masalah. Namun kami sarankan pikirkan untuk menghemat anggaran dengan makanan cepat saji yang harganya lebih murah dari semangkuk ramen. Ini adalah tips jalan-jalan ke Jepang murah yang kami rekomendasikan kepada anda.

Di Jepang, “makanan cepat saji” berarti semangkuk nasi berisi nasi penuh yang masih pans dilengkapi dengan daging yang gurih, pangsit renyah, sup miso, dengan sisi teh hijau. Makanan dasar seperti mangkuk nasi dengan teh hijau dapat dibeli seharga ¥ 130 (~ $ 1,30 USD). Hidangan yang lebih mewah dijual dengan harga berkisar dari ¥ 300- ¥ 600, atau ~ $ 3- $ 6 USD. Lihat tips makan hemat kami untuk  anda selama di Jepang berikut ini:


  • Matsuya (nasi mangkuk, sarapan Jepang, kari Jepang)
  • Sukiya (sama seperti di atas)
  • Yoshinoya (hidangan Jepang yang lebih enak, dari kari ke udon)
  • Mister Donut (Anda harus mencoba donat berbentuk bintang)
  • MOS burger (burger ala Jepang, banyak di antaranya memiliki nasi sebagai “roti”)
  • CocoCurry House Ichibanya (kari)

Restoran bergaya “Button” seringkali menjual makanan dengan murah, kurang dari ¥ 500 atau ~ $ 5 USD. Anda cukup memilih dan membayar makanan berdasarkan foto dan harga yang tercantum pada mesin. Dawa tanda terima ke juru masak, setelah itu anda akan mendapatkan makanan yang anda pilih.

3. Manfaatkan Grutt Pass untuk Tamasya

spot-wisata-favorit-jepang

Tips jalan-jalan ke Jepang murah selanjutnya yang kerap dipakai oleh pelancorng dari seluruh dunia ialah memanfaatkan Grutt Pass supaya bisa masuk ke berbagai tempat wisata di Jepang dengan mudah.

Jika Anda berencana untuk melihat tidak hanya satu museum, bahkan mungkin lebih dari lima museum dan galeri seni di wilayah Tokyo, Grutt Pass adalah tiket yang layak untuk anda miliki.

Grutt Pass bisa diperoleh dengan ¥ 2.000 (~ $ 20 USD), tiket ini termasuk tiket masuk dan diskon di 80 fasilitas di Jepang, termasuk masuk ke museum, galeri seni, dan ke berbagai macam atraksi di Tokyo.

Anda bisa melihat Museum Nasional Sains dan Inovasi, aneka ragam sejarah Jepang, biologi, dan sains modern. National Museum of Nature and Science adalah tempat yang harus dikunjungi. Di samping itu anda bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata MOMAT, sebuah galeri seni yang menampilkan seni kontemporer dari retro hingga seni modern dalam berbagai medium. Tambahkan pula pengalaman berharga anda ke periode Edo Jepang, dengan mengunjungi Museum Edo-Tokyo.

Tiket Grutt Pass sendiri dapat dibeli di berbagai toko tertentu dan tempat-tempat tertentu seperti berikut ini:

  • Pusat Informasi Turis Tokyo
  • Pusat Informasi Wisata Budaya Asakusa
  • Pusat Informasi Turis Tokyo Chuo City

4.  Pilih Akomodasi yang Menawarkan Harga Murah

Tempat-Wisata-Unik-dan-Indah-di-Jepang

Untuk menghemar anggaran, tips jalan-jalan ke Jepang murah berikutnya ialah memilih akomodasi yang menawarkan harga murah. AirBNB dan HotelsCombined secara konsisten menawarkan pilihan akomodasi termurah di Jepang.

AirBNB memberikan pengalaman menitikberatkan pada cita rasa lokal, di mana desain interiornya sangat khas Jepang tradisional. Harganya juga sangat terjangkau meski berada di pusat kota Tokyo. Harga per kamar kurang dari $ 80 USD / malam.

Di Tokyo, kami juga merekomendasikan kepada Anda untuk tinggal di dekat tempat wisata di  Shibuya atau Shinjuku jika tempat-tempat wisata yang akan anda kunjungi dekat dengan kawasan tersebut. Airbnb ini di Shibuya dan Shinjuku Granbell Hotel di Shinjuku berada tepat di jantung perbelanjaan, restoran, kehidupan malam, dan juga stasiun kereta api, sehingga anda bisa lebih mudah untuk menjangkau kereta api di pagi hari.

Di samping itu, karena jaraknya dekat dengan Lonely Planet Japan, anda pun bisa berjalan kaki ke tempat tersebut. Kawasan ini juga dekat dengan pusat Informasi Turis, di mana anda bisa mendapatkan bantuan berbahasa Inggris jika anda mengalami masalah.

5. Belanja oleh-oleh di Toko Kelontong

wisata-murah-ke-jepang

Ketika sudah jauh-jauh bertamasya ke Jepang, anda pun pasti ingin membawa oleh-oleh untuk orang di rumah. Tips jalan-jalan ke Jepang murah berikutnya supaya anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Jepang yang halal dengan harga murah kami sarankan untuk belanja di toko kelontong.

Di toko kelontong anda bisa mendapatkan oleh-oleh Bento yang murah dan segar. Bisa juga membawa pulang sushi, mie, dan udon. Harga berkisar dari ~ ¥ 130 – ¥ 300. Harga khusus untuk Bento, di mana umumnya akan dijual dengan harga ~ ¥ 200 per kotak (~ 2 $ USD) per bento.


Makanan-makanan tersebut bahkan bisa anda jadikan juga bekal selama berwisata di Jepang loh. Ada banyak toko kelontong yang buka di malam hari, sehingga di malam hari anda bisa jajan ke toko kelontong tersebut kalau merasa kelaparan.

Rekomendasi Jajan Hemat di Jepang

Selain tips jalan-jalan ke Jepang murah tersebut di atas, berikut ini kami rekoemndasi lokasi jajan hemat selama di Jepang. Beberapa lokasi untuk berhemat itu antara lain:

  • Nasional Sushi Ro
  • Genki Sushi (Shibuya)
  • Osaka Isono Ryotaro (5 menit berjalan kaki dari Stasiun Namba)

Demikian tips jalan-jalan ke Jepang murah versi kami, semoga bermanfaat untuk anda!

, , ,
Post Date: Wednesday 21st, November 2018 / 03:19 Oleh :
Kategori : Jepang