7 Tips Jalan-Jalan ke Jepang Dengan Anak Yang Paling Berguna

Pada bulan Juli-Agustus, di Indonesia, biasanya menjadi bulan yang terbaik untuk mengajak anak-anak berlibur. Karena pada bulan-bulan tersebut anak-anak libur panjang dari sekolah. Kalau anda sendiri memiliki niat untuk berlibur ke Jepang bersama dengan anak-anak, berikut tips jalan-jalan ke Jepang dengan anak yang sebaiknya anda pertimbangkan sebelum berangkat.

1. Pastikan Jadwal Keberangkatan Tidak Menganggu Jadwal Sekolahnya

wisata-jepang

Kalau anak anda sudah sekolah, tips jalan-jalan ke Jepnag dengan anak yang pertama yang kami rekomendasikan kepada anda ialah jangan lupa untuk melihat jadwal keberangkatan ke tempat wisata di Jepang tidak menganggu jadwal sekolah anak-anak.

Anda harus melihatnya dari jauh-jauh hari, jangan sampai rencana berlibur anda mengorbankan jadwal sekolah mereka sehingga membuat mereka tertinggal pelajaran atau bahkan melewatkan ujian kelas yang penting untuk kenaikan pendidikan mereka.

Sebagai orang tua, wajib untuk membuat anak-anak memahami mana yang lebih prioritas, pendidikan atau berlibur? Jika anda berhasil menunjukkan ini pada anak-anak mereka tidak akan merengek untuk segera minta libur di tengah-tengah jadwal sekolah yang padat. Mereka akan menjadi terbiasa untuk minta berlibur di saat hari libur sudah tiba.

2. Miliki Keterampilan Bahasa Jepang Standar

Tokyo-Disneyland

Sambil menunggu jadwal libur anak-anak tiba, tips jalan-jalan ke Jepang dengan anak berikutnya yang dapat anda lakukan ialah meningkatkan keterampilan bahasa Jepang standar. Minimal percakapan sehari-hari, seperti cara memesan makanan, hotel, berterimakasih, mengucapkan selamat tinggal, menanyakan harga, dan lain-lain.

bahasa-bahasa standar ini akan membantu anda untuk lebih mudah melakukan perjalanan di Jepang. Lebih bagus lagi jika anak anda memiliki mata pelajaran bahasa Jepang di sekolahnya, mintalah dia menjadi pemandu bahasanya supaya dia pun dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Jepang. Dengan cara ini, anda bisa menjadikan momen liburan ke Jepang dengan anak sebagai karyawisata, di mana anak bisa berpraktik langsung berkomunikasi dengan orang Jepang asli.

3. Pesan Hotel atau Penginapan yang Sesuai dengan Keinginan Anak

tempat-wisata-anak-di-jepang

Ketika anda hendak memesan hotel atau penginapan, tips jalan-jalan ke Jepang dengan anak terkait hal ini ialah anda harus mengajaknya memilih hotel atau penginapan mana yang sesuai dengan budget anda.

Buat anak anda terlibat dengan proses pemilihan hotel atau penginapan sehingga dia menjadi semakin antusias kepada rencana liburan tersebut. berlibur ke tempat yang jauh tidak akan mudah jika anak-anak tidak menyukai rencana tersebut, jadi jalan tengahnya ialah menawari anak-anak dan mengajak mereka untuk mendiskusikan destinasi yang akan dituju.


Memilih dan memesan hotel bersama dengan orang tua juga dapat meningkatkan kedekatan hubungan antara anak dengan orang tua. Cara ini sangat bagus untuk meningkatkan rasa kasih sayang, saling pengertian, dan orang tua jadi bisa lebih memahami selera anak-anak.

4. Pilih Destinasi Wisata yang Sesuai Keinginan Anak-anak

liburan-dengan-anak-di-sapporo-jepang

Ketika memilih destinasi, tips jalan-jalan ke Jepang dengan anak berkaitan dengan ini ialah anda harus memprioritaskan bahwa rencana liburan itu bukan untuk membuat hati anda sendiri bahagia, tapi anak-anak anda juga. oleh karenanya, jangan lupa untuk mengajak anak-anak memilih destinasi wisata yang ingin dikunjungi di jepang.

Misalnya bawalah anak-anak untuk pergi ke taman bunga sakura di Jepang, melihat kota Harajuku, atau ke pusat perbelanjaan game manual di kawasan tempat wisata di Tokyo Jepang. Bawalah anak-anak ke dunia yang juga disukainya, jangan paksakan anak untuk mengikuti seluruh kemauan orang tua.

Kalau anda bertujuan untuk memberikan pendidikan ke anak, anda bisa mengajak anak berkunjung ke museum, pusat seni di Jepang, pertunjukan seni tradisional Jepang, dan lain-lain. DI samping menyenangkan, semua itu bisa membuat anak menjadi lebih memahami budaya milik negara lain.

5. Pilih Paket Liburan yang Sesuai untuk Anak-anak

kuil-kiyomizu

Jika anda tidak merencanakan sendiri perjalanan tapi menyewa agen tour and travel, tips jalan-jalan ke Jepang berkaitan dengan  keputusan ini ialah pastikan bahwa paket liburan tersebut sesuai juga untuk anak-anak.

Hal-hal yang perlu diperhatikan di dalamnya antara lain seperti destinasi wisata (ada atau tidak yang sesuai untuk anak-anak), lokasi makan (apakah terdapat makanan yang sesuai untuk anak-anak atau tidak), lokasi menginap, dan lain sebagainya.

Semua hal harus diperhatikan secara mendetail, terutama soal makanan, jika makanan yang tersedia tidak sesuai dengan keinginan anak-anak, mereka bisa rewel sepanjang perjalanan. Meskipun anda bisa mengatasi itu dengan mampir ke restoran halal di Jepang misalnya,tetap saja piliha paket liburan yang sesuai untuk anak-anak harus menjadi prioritas, karena meskipun anda bisa mengatasi masalah makanan, tapi bagaimana dengan penginapan?

Jika anak-anak tidak nyaman, bisa jadi mereka tidak akan menikmati rencana liburan tersebut. Perhatikan juga masalah pilihan transportasi, apakah nyaman untuk anak-anak atau ada kecenderungan membuat anak-anak tidak nyaman.

6. Rencanakan Menu Makanan yang Disukai Oleh Anak-anak

Jungleland-Adventure-Theme-Park

Pada intinya jalan-jalan ke Jepang dengan anak berarti harus memberikan perhatian khusus kepada anak-anak selama perjalanan. Termasuk di antaranya adalah memberi makanan kepada anak-anak.

Memberi makan anak pada saat jauh dari rumah bisa sangat mahal karena anak-anak bisa menginginkan banyak hal. Maka, untuk mengatasi kemungkinan buruk tersebut ajari anak terlebih dahulu untuk memilih makanan yang benar-benar baik untuknya.

Anda pun bisa mengajari mereka untuk sarapan prasmanan di hotel, menggunakan voucher makan, dan lain sebagainya. Anda pun harus bisa mengajari anak-anak berhemat ketika sedang berkunjung ke negeri orang.

Untuk berhemat, anda pun bisa membawakan makanan ringan dan bekal berupa air dalam botol air. Biasakan anak-anak untuk tidak mudah membeli sesuatu di perjalanan, buat dia menikmati pemandangan atau makanan ringan popcorn, kue beras, dan lain-lain dalam perjalanan supaya tidak tergoda untuk melulu mencicipi makanan yang terlihat menarik. Sesekali saja ajak anak-anak untuk menikmati street food di Jepang. Pastikan keamanan jenis makanan yang akan anda beli untuk anak-anak, jangan sampai mereka mengalami sakit perut selama perjalanan liburan.

7. Perhatikan Moda Transportasi yang Anda pilih

jp-tokyo-disneysea-boat

Selain destinasi wisata, makanan, dan penginapan, anda harus memperhatikan juga moda transportasi yang akan anda pilih ketika menuju dan pulang dari Jepang. Di samping itu juga moda transportasi selama di Jepang. Moda transportasi juga sangat penting untuk kenyamanan anak-anak.

Lakukan persiapan yang berhubungan dengan hal ini seperti menyiapkan game hiburan untuk anak-anak supaya selama menempuh perjalanan panjang dari Indonesia ke Jepang mereka menjadi lebih terhibur dengan game kesayangan mereka.

Siapkan juga cemilan yang mereka sukai, supaya mereka tidak mudah merengek di perjalanan karena tidak menyukai suasananya. Untuk mereduksi suasana transportasi umum yang anda tumpangi anda pun bisa  membawakan berbagai macam hiburan yang disukai anak-anak dan itu tidak harus sebuah game, bisa juga musik atau video kesukaan anak-anak. Dengan cara ini anak-anak akan menjadi lebih mudah menikmati perjalanan.


Rekomendasi Tempat Berlibur dengan Anak-anak di Jepang

Ada beberapa tempat yang cocok sebagai lokasi berlibur dan juga makan bersama anak-anak anda di jepang, berikut beberapa pilihan yang mungkin menarik untuk anda pilih.

  • Di tempat wisata di Osaka, pergilah ke Okonomiyakiya “Kiji” yang terletak di mal restoran “Takimi-koji” di ruang bawah tanah Gedung Umeda Sky.
  • Taman Apung di Umeda
  •  Shinjuku Tsunahachi
  • Nara Deer Park
  • Istana Osaka
  • Pasar ikan Tsukiji
  • Universal studio

Sementara itu kami juga merekomendasikan makanan khas Jepang yang sebaiknya anda cicipi bersama anak-anak saat berlibur bersama ke Jepang. Berikut beberapa di antaranya:

  • Sushi
  • Tempura
  • Okonomiyaki
  • Takoyaki
  • Dorayaki
  • Natto
  • Ramen

Demikian pemaparan tentang tips jalan-jalan ke Jepang dengan anak yang dapat anda jadikan patokan suatu hari nanti jika memiliki rencana perjalanan ke Jepang.

, , ,
Post Date: Saturday 24th, November 2018 / 06:23 Oleh :
Kategori : Jepang