13 Wisata Kuliner Di Hong Kong Yang Wajib Dicoba Turis Pecinta Makanan

Tak bisa dielakkan bahwa Hong Kong adalah salah satu kota (atau jika kamu menganggapnya sebagai negara juga tak masalah) yang punya keunikan tersendiri. Mulai dari wisata belanjanya yang digilai banyak wisatawan termasuk dari Indonesia, hubungannya dengan China, juga kulinernya yang tak kalah menariknya untuk dibahas. Sebut saja di antara semua makanan yang telah mendunia, pasti ada juga makanan Hong Kong di sana.

Diawali dengan menyebut tempat wisata di Hong Kong seperti Victoria Peak mungkin sudah cukup membuatmu tertarik untuk berkunjung. Sebagai salah satu saudara terdekat China, banyak kemiripan yang bisa kamu temui dari negara ini namun tak sedikit juga perbedaannya. Sebut saja modernitas dan ragam kuliner yang berbeda karena Hong Kong yang lebih dekat dengan budaya Kanton. Indonesia juga tak bisa menolak bahwa ada banyak kuliner Hong Kong yang telah mempengaruhi negara kita tercinta.

Berikut ini mari kita bahas beberapa wisata kuliner di Hong Kong yang patut dicoba pecinta makanan. Yang juga patut dipahami adalah sebagai negara yang memiliki penduduk dengan agama mayoritas berbeda dari Indonesia, menu berbahan dasar babi tidaklah sukar ditemui di Hong Kong. Jadi, jangan kaget bila menemukan beberapa rekomendasi makanan dari babi di bawah ini, ya.

  1. Dim sum

hong-dim-sumDim sum telah dikenal di Indonesia sebagai makanan asal Hong Kong yang sudah banyak dimodifikasi dengan variasi isi a la lokal. Di Hong Kong sendiri, dim sum sebenarnya berasal dari budaya minum teh bernama yum cha yang akan didampingi dengan camilan ukuran kecil bernama dim sum.

Atas alasan ini, banyak dim sum di Hong Kong dijual di dalam warung teh. Isinya sendiri beragam, mulai dari ceker ayam, daging babi cincang, hingga udang.

Bila kamu ingin makan dim sum di Hong Kong, ada dua tempat yang cukup terkenal dan mampu memberikan pengalaman makan dim sum yang cukup otentik ala masyarakat Hong Kong.

  • Lin Heung Teahouse

Ini adalah tempat orang lokal berkumpul untuk makan dim sum. Suasananya agak riuh karena selalu dipenuhi orang dari berbagai generasi. Berlokasi di 162 Wellington St, rumah teh ini buka setiap hari dari pukul 6 pagi sampai 11 malam. Siapkan dana sekitar 50 sampai 100 HKD per orang.

  • Sam Hui Yat

Bila ingin pergi ke tempat yang lebih tenang dan kecil, ada Sam Hui Yat yang berlokasi di 11 Pokfulam Road. Buka setiap hari sejak pukul 10 pagi dan tutup pukul 9 malam (Senin – Sabtu)/ 6.30 sore (Minggu). Kisaran harganya sendiri mulai dari 100 HKD berdua.

  1. Lo mai gai

hong-lo-mai-gaiPercaya atau tidak, lo mai gai sangat mirip dengan arem – arem atau lontong di Indonesia. Bedanya, lo mai gai dibungkus di dalam daun teratai dan menggunakan beras ketan serta isian daging ayam, babi, atau campuran keduanya.

Biasanya lo mai gai tersedia di banyak restoran dim sum karena kerap dipesan bersama – sama. Untuk membelinya kamu bisa mengunjungi restoran yang menjual dim sum. Atau ada lagi rekomendasi restoran, yaitu:


  • Duen Kee

Restoran ini berada di pinggiran kota Hong Kong, dekat dengan gunung Chuen Lung. Restoran ini dioperasikan oleh keluarga dan terkenal dengan keotentikannya. Lokasinya ada di 57 – 58 Chuen Lung Estate dan buka sejak pukul 6 pagi hingga 2 siang. Harganya sekitar 50 – 100 HKD per orang namun dengan porsi lebih banyak.

  1. Ayam panggang

hong-chickenBerwisata ke Tian Tan Buddha bisa menjadi pengalaman spiritual tersendiri bagi beberapa orang dan menjadi wisata yang hanya berkesan bagi turis yang lain. Namun makan ayam panggang a la Hong Kong dijamin memberikan pengalaman serupa bagi semua wisatawan.

Ayam panggang adalah salah satu wisata kuliner di Hong Kong yang patut dicoba pecinta makanan selain daging panggang lainnya yang ada dalam menu Kanton. Rasanya yang gurih, renyah, empuk, dan lebih mirip ayam goreng akan membuat kamu melayang.

Salah satu restoran yang bisa dituju untuk makan ayam panggang a la Kanton paling enak adalah:

  • Restoran Wing Kee

Berlokasi di Pusat Jajan dan Makan Pasar Bowrington, restoran ini berada di lantai dua. Kamu bisa datang pada pukul 6 sore sampai 2 pagi setiap harinya dan cukup mengeluarkan uang 100 – 200 HKD untuk makan enak.

  1. Mie daging

hong-mie-dagingBicara soal Hong Kong tentunya tak akan lepas dari mie. Secara tak langsung bisa juga dikatakan bahwa mie berasal dari Hong Kong. Salah satu menu yang paling direkomendasi adalah mie daging yang memiliki banyak variasi. Dagingnya dimasak dengan berbagai macam rempah China serta dimasak hingga sangat empuk. Yang paling terkenal adalah mie daging dan mie daging kari.

Salah satu restoran yang paling digemari tak hanya turis tapi juga orang lokal adalah:

  • Restoran Kau Kee

Di restoran ini kamu bisa memilih antara mie kuah bening atau mie dengan daging kari yang sausnya kental. Harga semangkuk mie di Kau Kee sekitar 40 HKD. Lokasinya sendiri berada di 21 Gough Street. Restoran ini buka hanya setiap Senin – Sabtu pukul 12.30 siang sampai 10.30 malam.

  1. Char siu

hong-char-siuJangan hanya pergi ke Hong Kong untuk mengunjungi Madame Tussauds Hong Kong. Pastikan juga kamu mencoba char siu, babi panggang barbekyu khas Kanton. Dibuat dari campuran marinasi saus dengan lima rasa seperti kecap asin, saus hoisin, madu atau gula, dan rempah – rempah, menu ini adalah salah satu yang paling banyak tersedia di Hong Kong.

Namun, tentunya selalu ada tempat yang mampu membuatnya jauh lebih enak sehingga masih tetap terdata dalam rekomendasi wisata kuliner di Hong Kong yang patut dicoba pecinta makanan

  • Daging Panggang Kwan Yu

Tempat ini tak hanya menjual char siu saja, melainkan juga ayam, bebek, dan merpati panggang. Namun pastikan untuk pergi ke sini dengan teman lokal bila kamu tak bisa bahasa Kanton atau harganya mungkin bisa lebih mahal (harga lokal 40 HKD). Lokasinya ada di G/F 102 Electric Road dan buka sejak pukul 9 pagi sampai 10 malam setiap hari.

  1. Nasi kuali

hong-nasi-kualiOrang Indonesia tentu tidak akan bisa lepas dari yang namanya nasi. Namun jika sudah jauh – jauh pergi ke Hong Kong dan hanya makan makanan Indonesia tentu tidaklah lucu. Akan tetapi Hong Kong juga punya menu nasinya sendiri seperti nasi kuali.

Seperti namanya, nasi ini dimasak dalam kuali serta dicampur dengan berbagai bahan makanan seperti pilihan antara babi, ayam, sosis China atau jamur. Jangan dulu berkomentar sebelum menemukan permukaan nasi yang renyah di bagian dasar.

Salah satu lokasi paling tepat untuk mencicipi nasi kuali a la Hong Kong adalah:


  • Four Seasons Clay Pot Rice

Jangan salah kira, ini bukan restoran yang berjaringan dengan hotel internasional. Bentuk restoran ini lebih mirip warung bakso sederhana ketimbang berkesan mewah. Namun rasanya bisa dibuktikan lewat jumlah pengunjungnya setiap hari.

Lokasi Four Seasons berada di 46 – 58 Arthur Street, Yau Ma Tei atau untuk patokan, dekat dengan Temple Street. Harga nasi per kuali seporsinya adalah sekitar 40 – 50 HKD (tergantung ukuran dan pilihan bahan campuran nasi). Restorannya buka setiap hari sejak pukul 5 sore hingga 12 dini hari. Jadi tak perlu khawatir kelaparan.

, , ,
Post Date: Thursday 03rd, May 2018 / 07:47 Oleh :
Kategori : Hong Kong