13 Tempat Wisata di Johor Bahru Malaysia Yang Wajib DiKunjungi

Tempat wisata di Johor Bahru – Johor Bahru merupakan ibukota dari negara bagian Johor yang masih dalam wilayah negara kesatuan pemerintahan kerajaan Malaysia. Johor sendiri merupakan negara terbesar ketiga dan sebagai pintu gerbang bagian selatan dari semenanjung Malaysia. Jadi Johor bahru merupakan perbatasan dengan Singapura.

Jika kebetulan anda mengunjungi tempat wisata di Singapura dan memiliki cukup waktu anda bisa mampir menjelajahi beberapa tempat wisata di Johor Bahru, karena Johor Bahru berseberangan dengan Singapura. Kota ini memiliki bentang alam dan berbagai tempat wisata modern yang cukup menarik. Untuk itu, simak yuk beberapa tempat wisata di johor bahru yang wajib dikunjungi berikut ini.

1. Legoland

LegolandMerupakan salah satu tempat wisata di Malaysia yang Populer dan tempat wisata favorit di Malaysia. Legoland terletak di wilayah Johor merupakan taman bermain Lego yang telah beroperasi sejak 2012. Taman ini juga merupakan taman hiburan Lego pertama di Asia dan keenam di dunia. Di taman bermain ini, anda akan merasakan penuh dengan kesenangan dan sangat cocok untuk liburan keluarga. Dimana terdapat lebih dari 40 wahana, pertunjukan dan atraksi yang bisa anda mainkan.

Di Legoland ini juga terdaat taman bermain air ramah anak-anak dan dimana fitur-fitur yang dibuat memang khusus menjaga anak-anak agar aktif, aman dan menyenangkan. Anda juga bisa bermain Game laser blaster, atau mencoba bermain mengendarai mobil dan pesawat disini.

Lokasi : Taman bermain ini tepat di seberang Singapura dan hanya berjarak 20 menit dari Pulai Springs resort.

2. Kuil Lama Johor

Kuil-Kuno-JohorKuil ini dibangun pada abad ke-19 untuk menghormati 5 dewa masyarakat Cina pada saat itu. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan tertua yang masih tersisa di Johor Bahru. Memiliki warna khas putih merah dan dengan sentuhan ornament-ornamen china yang khas. Letak Kuil ini juga cukup unik karena terletak diantara gedung-gedung pencakar langit yang tinggi.

Salah satu hal yang menarik di kuil ini adalah Festival tahunan para dewa yang diadakan setiap tahun baru Imlek. Festival ini juga disebut The Chinngay oleh masyarakat sekitar. Selain itu, dikuil ini juga terdapat pameran yang menceritakan sejarah orang-orang Tionghoa di Johor Bahru.

Lokasi: Kuil Cina Kuno terletak di distrik Jalan Trus di pusat kota Johor Bahru.

3. Angry Bird Theme Park (JBCC)

Angry-Bird-parkSesuai dengan namanya, The Angry Birds Theme Park di Johor Bahru Malaysia merupakan taman hiburan dengan tema Angry Birds. Ya, Game garapan rovio ini memang populer dan cukup banyak penggemarnya di dunia. Taman Bermain ini terletak sangat dekat dengan jalan menuju Singapura. Terletak tidak jauh dari Legoland dan anda bisa mencapainya hanya dengan berjalan kaki saja.

Untuk anda penggemar Angry Bird, tentunya tempat ini merupakan salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Namun, jika anda bukan penggemar Angry Birds, Ada banyak wahana yang bisa anda nikmati disini. Angry Birds Theme Park dibangun diatas tanah seluas 26.000 kaki persegi. Buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam setiap harinya.


Lokasi: Taman Angry Birds terletak di KOMTAR JBCC di pusat kota Johor Bahru.

4. Istana Besar (Sultan Johor)

Istana-Sultan-JohorIstana Besar merupakan Istana Kerajaan yang dulu menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan Johor. Dibangun oleh Sultan Abu Bakar pada tahun 1866 sebagai tempat tinggalnya. Istana ini memiliki warna dominan putih dengan atap berwarna biru dimana dikelilingi taman hijau yang luas dan dengan pemandangan selat Johor yang indah.

Desain dari Istana ini berarsitektur Anglo dan Melayu. Kubah dan atap biruna, membuat istana ini cukup mencolok di langit Johor. Hingga saat ini, istana Besar Johor digunakan untuk kepentingan negara.

Di istana ini juga terdapat Museum Royal Abu Bakar. Dimana terdapat koleksi pameran yang meliputi pusaka, artefak dan barang-barang lainnya yang menjelaskan sejarah dan pengaruh Keluarga Kerajaan Johor terhadap kerajaan Malaysia.

Lokasi: Istana Besar terletak di pusat kota Johor Bahru

5. Puteri Harbour

Puteri-HarbourPuteri Harbour merupakan pelabuhan paling selatan di daratan benua Asia, menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi di peta pelayaran dunia. Terletak di titik paling sempit antara Singapura dan Johor; dikenal sebagai Puteri Narrows, Malaysia. Beberapa wahana yang ditawarkan di Puteri Harbour adalah sebagai berikut:

  • Perjalanan kapal pesiar dari Puteri Harbour ke Sungai Perapat atau Sungai Pendas, Pulau Merambung, Kukup, RAMSAR Sungai Pulai dan Danga Bay.
  • Memancing dan menyelam di Pulau Pisang atau beberapa spot yang anda pilih.
  • Olahraga air seperti kano, kayak, perahu dayung, polo air dll
  • Joy ride
  • Banana boat dan wakeboard
  • Penyewaan sepeda
  • Kursus berperahu dan berlayar

Lokasi : Terletak 35 kilometer dari kota Johor Bahru dan sekitar setengah jam dari Singapura.

6. Arulmigu Sri Rajakaliamman Glass Temple

ArulmiguArulmigu Sri Rajakaliamman Glass Temple merupakan candi kaca Hindu pertama di dunia.Didekorasi seluruhnya dengan kaca baik eksterior maupun interiornya. Bangunan ini terlihat sangat memukau terutama ketika bersinar dengan anggun di bawah sinar matahari. Di kuil ini anda juga akan menemukan patung-patung Yesus Kristus dan Buddha Gauthama di dalamnya. Namun, meskipun begitu, kuil ini benar-benar sebagai kuil Hindu di Johor Bahru. Jam Buka Setiap hari mulai dari 1:00 siang hingga 5:00 sore. Biaya Masuk untuk wisatawan asinga adalah RM10.

Lokasi: 22, Lorong 1, Jalan Tebrau, Johor Bahru, Malaysia.

7. Istana Bukit Serene Johor Bahru

Istana-mahkota-johorIstana Bukit Serene merupakan kediaman resmi Sultan Johor yang terletak di Johor Bahru. Di sini, Anda akan disambut oleh mahkota raksasa Sultan yang dipajang diatas tiang melengkung yang berada di depan istana. Ada taman besar di dalam istana yang sering digunakan sebagai tempat berkumpul para pejabat kerajaan.

Anda tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam  istana, Namun Anda masih bisa mengambil foto-foto indah dari depan istana yang  megah ini.

Lokasi: Jalan Straits View, Bukit Serene, 80200 Johor Bahru, Johor Bahru, Johor, Malaysia.

8. Kebun Binatang Johor

Zoo-johorKebun Binatang Johor merupakan salah satu kebun binatang pertama di seluruh Asia. Dibangun pada tahun 1928 dan masih beroperasi hingga saat ini. Kebun binatang ini juga menjadi tempat beraneka ragam hewan termasuk spesies yang terancam punah seperti singa, flamingo, gorila, gajah, dan terdapat lebih dari seratus spesies di kebun binatang ini.

Jika anda memiliki banyak waktu, anda bisa mengunjungi beberapa twmpat wisata di sekitar kebun binatang seperti Pusat Konvensi Internasional Johor, Museum Kerajaan, Taman Nasional Endau Rompin. Ada juga hotel-hotel bagus di sekitar kebun binatang.

Lokasi: Jalan Gertak Merah, tepat di jantung kota.

Selain tempat-tempat populer diatas anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lainya di Johor Bahru seperti di bawah ini.


  • Danga Bay , terdiri dari berbagai tempat perbelanjaan dan toko-toko high end dan beberapa hotel dan pusat hiburan untuk orang dewasa maupun anak-anak.
  • Johor Premium Outlet, kompleks pusat perbelanjaan yang memiliki berbagai gerai untuk kemewahan dan produk merek teratas yang ditawarkan di sini.
  • City Square, merupakan pusat kota Johor Bahru, dimana terdapat beberapa deretan mall megah dan taman bermain dan bersantai untuk anak-anak maupun dewasa.
  • Masjid Sultan Abu Bakar, Masjid Sultan Abu Bakar terletak di puncak bukit dan menghadap ke Selat Johor yang indah. Bangunan ini menggabungkan arsitektur Victoria dan Moor. Masjid ini dapat menampung hingga 2.000 jamaah. Namun, kaum non-muslim dilarang memasuki bangunan utama masjid.
  • Senrio Hello Kitty, Taman Bermain dengan tema Hello kitty, terletak tidak jauh dari Taman Angry Bird.

Diatas merupakan berbagai tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Johor Bahru. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Malaysia dan bawa pulang beberapa oleh-oleh khas Malaysia untuk teman ataupun keluarga anda di rumah.

, , ,
Post Date: Tuesday 01st, May 2018 / 13:57 Oleh :
Kategori : Malaysia