7 Tips Backpacker Ke New Zealand Paling Hemat

Perjalanan ke tempat wisata di New Zealand bisa ditempuh dengan berbagai cara. Sampai sekarang, New Zealand, sebagai ibu kota Selandia Baru masih diminati oleh warga seluruh dunia untuk mengisi liburan dengan menikmati perjalanan wisata di New Zealand.

Berlibur ke New Zealand memang sebuah pilihan yang menarik selain mengunjungi beberapa tempat wisata di Korea Selatan yang eksotis atau pun romantis. Banyak pula yang memilih New Zealand sebagai tempat berbulan madu.

Sebagaimana yang bisa kita lihat cuplikannya di film-film atau internet, tempat wisata di New Zealand memang nampak menjanjikan refreshing yang nyata, kesejukan, area pegunungan hijau yang nampak seperti kue lembut. Belum lagi dengan South Island Selandia Baru yang merupakan salah satu tujuan wisata favorit wisatawan dari seluruh dunia.

Ada banyak cara untuk menuju New Zealand, banyak wisatawan dari seluruh dunia melakukan kunjungan dengan cara menjadi backpacker ke New Zealand. Mereka tidak segan-segan untuk merencanakan perjalanan pribadi yang menantang daripada menyewa jasa agen travel untuk membantu mereka merencanakan perjalanan.

Berikut tips-tips backpacker ke New Zealand yang pasti bisa dilakukan oleh siapa saja.

1. Beli tiket pesawat di waktu yang tepat

Lake Rotoiti --- New Zealand

Kita bisa membeli tiket pesawat untuk melakukan perjalanan dengan cara menjadi backpacker ke New Zealand jauh-jauh hari. Bila memilih jenis perjalanan dengan cara menjadi backpacker maka memang lebih baik merencanakan pula penekanan budget dengan cara membeli tiket pesawat dari promo.

Tiket promo jalan-jalan ke New Zealand, tempat wisata di Australia biasanya tersedia di waktu-waktu tertentu, nah kitalah yang harus rajin-rajin melakukan cek dan ricek untuk melakukan booking di saat tiket sedang promosi.

Ada bulan-bulan tertentu di mana maskapai pesawat memberikan tiket promo perjalanan ke suatu tempat wisata. Salah satunya ke Selandia Baru, ada beberapa tiket yang tersedia, misalnya dari Bali langsung menuju Selandia Baru. Biasanya harga tiket promo akan jauh lebih murah dan membantu kita untuk lebih hemat, minimal dana untuk beli tiket bisa dialokasikan untuk keperluan lain.

2. Pilih penginapan ‘sharing’

new-zealand-panoramio

Melakukan perjalanan backpacker bukan berarti harus seperti gembel yang tidur di jalanan. Tentunya harus diperhitungkan juga di mana kita akan menginap. Jaman sekarang kita sudah bisa memesan penginapan via internet, jadi kita bisa memesan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.

Tips supaya biaya menginap bisa ditekan, lebih baik memilih penginapan yang bertipe sharing, di mana kita bisa berbagai ruangan dengan orang lain.


Cara ini akan menghemat pengeluaran kita daripada memilih single room untuk diri kita sendiri. Menginap di penginapan sharing juga akan memberi kita banyak keuntungan seperti mendapatkan teman baru, teman ngobrol yang sudah pergi ke suatu tempat bisa menjadi salah satu bentuk pengalaman tak langsung yang bisa kita dapatkan dalam perjalanan menjadi seorang backpacker.

3. Memilih transportasi umum selama perjalanan

alam-new-zealand

Selama di New Zealand, pilihlah transportasi umum untuk mengantarkan kita berwisata dari satu tempat ke tempat yang lain. bila tidak keberatan untuk berjalan kaki, itu pun tidak masalah. Kita bisa berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain untuk merasakan atmosfer Selandia Baru yang jelas berbeda dari tempat wisata kita.

Selandia Baru memiliki bermacam-macam jenis transportais umum mulai dari bus, taksi, dan kereta yang sudah disediakan dengan keamanan yang tinggi dan juga kenyamanan untuk penggunanya. Menjajal perjalanan dengan transportasi umum di Selandia Baru juga bisa membuat kita jadi lebih mengenali sistem transportasi di negara tersebut, hasilnya kita bisa memiliki lebih banyak cerita, lebih variatif dan lebih otentik. Harga transportasi di Selandia Baru cukup friendly dengan kantong kita, so, tak perlu meragukannya.

Kalau ingin lebih praktis bisa juga dengan menyewa mobil. Kalau datang bersama dengan teman-teman biaya sewa mobil bisa ditanggung bersama-sama, tentunya ini akan membuat kita jadi lebih praktis dalam melakukan petualangan.

4. Jangan datang sendiri, ajak teman-teman

backpack-new-zealand

Melakukan perajalanan backpacker ke New Zealand sebaiknya tidak dilakukan sendirian. Sangat sayang jika pergi sendirian ke tempat seindah New Zealand, sebaiknya kita membuat memori yang indah bersama dengan teman-teman kita.

Lagi pula, jika melakukan perjalanan sendirian bisa membuat kita lebih banyak melakukan pengeluaran karena akan menanggung segalanya sendirian. Saat bersama orang lain, kita bisa patungan dengannya soal dana. Di samping itu, jika terjadi sesuatu kita memiliki teman bicara yang akan membuat kita menjadi lebih tenang.

5. Datanglah saat low season atau di musim yang tepat

Milford-sound

Menjadi backpacker ke Newa Zealand berarti juga harus cerdas mengatur waktu kedatangan, jangan asal melihat tiket promo murah lalu pergi begitu saja ke negara yang dituju. Lihat baik-baik seasonnya, disarankan untuk tidak datang di musim dingin karena suhu di musim dingin bisa minus nol derajat celcius, bagi orang yang terbiasa hidup di negara tropis, cuaca seperti itu sangat tidak menguntungkan.

Selain musim yang tidak menguntungkan untuk tubuh kita yang tidak terbiasa, pada umumnya beberapa tempat wisata juga akan ditutup di musim dingin. Terutama South Island, jadi Anda tidak akan punya kesempatan untuk menikmati pantai favorit turis dari seluruh dunia ini. so, pergilah berlibur di musim panas atau musim semi, pada kedua musim itu, kita lebih mampu untuk beradaptasi. New Zealand selalu ramai dengan orang-orang berlibur di musim panas.

6. Beli Perlengkapan Camping

new-zealand_mt-cook-hiking-camp-ground

Beli dan kemudian bawa perlengkapan camping saat backpackeran ke New Zealand, adalah pilihan bijak agar kita tidak melulu menginap di hostel atau dipenginapan lainnya. kita bisa memilih beberapa tempat yang memang sudah dijadikan kawasan camp di New Zealand, dengan cara ini pengeluaran kita akan jadi lebih hemat.

Jadi, bawalah perlengkapan camping seperti alat memasak, tenda, matras, kompor portable, kursi piknik, perlengkapan makan, dan box untuk menaruh semua itu. Bila tidak ingin repot membawa, kita bisa membeli perlengkapan tersebut di Supermarket K-Mart atau The Warehouse.

Dengan perlengkapan ini, mulailah kita bisa menginap di campground di New Zealand. Di New Zealand, campground sudah tersedia dan dapt digunakan secara gratis. Ada juga yang berbayar, tapi meski berbayar, yang jelas harganya jauh lebih murah daripada di hostel. Kalau beruntung, kita bisa dapatkan camping ground dengan harga murah tapi dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi yang baik.


7. Masak Sendiri di New Zealand

auckland-new-zealand

Supaya pengeluaran lebih bisa ditekan, kita bisa memasak sendiri selama perjalanan di New Zealand. Belanja bisa dilakukan bersama dengan teman-teman ketika mampir ke supermarket. Bis dibilang, masak sendiri akan jauh lebih murah dan bisa memasak apa saja yang sesuai dengan selera kita. Bila makan di restoran, harga satu porsi mungkin sudah cukup untuk membeli bahan makanan yang bisa disantap untuk dua atau tiga orang bersamaan.

Jadi, tinggal kita pandai-pandai mengatur keuangan dan pengeluaran selama menjadi backpacker di New Zealand. Gaya hidup ini akan membantu kita semakin menghargai lingkungan, keuangan kita, dan setiap pengalaman yang kita miliki bersama dengan teman-teman kita. Walau apa adanya, tapi masakan sendiri akan terasa istimewa ketika dinikmati beramai-rami.

, , ,
Post Date: Monday 07th, May 2018 / 06:06 Oleh :
Kategori : New Zealand