16 Jajanan Khas Thailand Yang Wajib Dicicipi Saat Berada Di Thailand

pad see eiw

Wisatawan mengunjungi Thailand dengan banyak alasan, salah satunya untuk melakukan wisata kuliner di Bangkok dan kota-kota lain di negeri gajah putih ini. Tempat wisata di Thailand yang terkenal seperti Phang Nga Bay dan Wat Phra Kaew memang patut dikunjungi. Namun tanpa mencicipi makanan khas setempat, liburanmu tentunya akan kurang berkesan dan tak lengkap.

Thailand dikenal dengan makanan yang biasanya serba pedas. Akan tetapi, makanan Thailand sebenarnya memiliki karakteristik yang mirip dengan makanan Indonesia – walau rasanya tetap berbeda – yakni penyatuan lima cita rasa manis, asam, asin, pahit, dan pedas. Keseimbangan lima rasa ini tak hanya membuat makanan Thailand memiliki cita rasa khusus yang sangat nikmat namun juga membuat banyak makanan terasa enak.

Rasa-rasa ini membalut seluruh bahan makanan yang kerap digunakan di Thailand dengan perpaduan bumbu-bumbunya yang kaya. Tidak hanya di restoran kelas atas, seluruh tempat makan kaki lima di Thailand pun menjual makanan dengan cita rasa ini dan kualitasnya tak kalah meski harganya lebih murah dan tempatnya tak mewah. Berikut adalah beberapa jajanan khas Thailand yang wajib dicicipi.

  1. Pad See Eiw

Pad See Eiw adalah makanan Thailand yang berbasis kwetiau dengan bahan-bahan campuran seperti daging babi cincang, brokoli, dan kol. Pad see eiw dimasak dengan kecap asin dan biasanya dimakan dengan taburan bubuk cabai juga cuka. Makanan ini bisa kamu temui di banyak penjaja makanan di Thailand.

  1. Pad Kee Mao Sen Yai

Bila pad see eiw tidak bisa dimasukkan dalam daftar jajanan Thailand yang bisa kamu makan, maka alternatifnya ada pad kee mao sen yai. Makanan ini juga dibuat dari kwetiau, namun isinya biasanya menggunakan ayam atau bisa sesuai selera, tidak seperti pad see eiw yang umumnya selalu menggunakan babi cincang. Ditambah dengan jagung, wortel, dan sayuran lainnya, makanan ini bisa menjadi pilihan murah, mengenyangkan, sekaligus sehat.

  1. Kluay Tod

Kluay tod adalah sejenis pisang goreng. Namun tak seperti pisang goreng di Indonesia, kluay tod menggunakan pisang yang masih agak muda dengan dibalur adonan tepung bercampur kelapa parut dan wijen. Kluay tod biasanya dimakan sebagai hidangan penutup atau cemilan.

  1. Pad Kra Pao

Pecinta nasi putih dengan topping berbeda perlu mencoba pad kra pao. Makanan ini pada dasarnya lauk yang dibuat dengan daging cincang (biasanya ayam atau babi) yang ditumis dengan kemangi dan cabai. Rasa kemanginya sangat kuat dan tajam dan cabai membuat makanan ini jadi lebih pedas. Jika kamu tak mau terlalu pedas, cukup katakana ‘pet nit noi’ artinya ‘jangan terlalu pedas’. Selain nasi putih, dalam seporsi pad kra pao juga diberikan telur mata sapi.

  1. Som Tam

Som tam adalah sejenis asinan bila disamakan dengan makanan Indonesia. Namun tentunya som tam memiliki kekhasannya sendiri. Makanan ini dibuat dari campuran pepaya muda yang diserut, tomat, wortel, kacang tanah, udang kering, gula, bawang putih, kecap ikan, perasan jeruk nipis, dan cabai. Hasilnya mirip seperti rujak atau asinan dengan sedikit kuah. Kamu bisa meminta agar som tam tidak terlalu pedas dengan bilang ‘mai pet’.

  1. Gai Tod

Ingin mencicipi makanan yang serupa tapi tak sama? Gai tod adalah jawabannya. Gai tod adalah sejenis ayam goreng Thailand yang cukup populer. Ayam ini direndam dalam bumbu rempah lalu digoreng dengan dibalur tepung beras. Cara makannya mirip dengan ayam goreng di Indonesia, dengan nasi dan sambal. Kadang daun ketumbar juga diletakkan di atas ayam saat penyajian, menambahkan aroma kuat yang sedap.


  1. Guay Teow

Olahan bihun dan mie adalah salah satu makanan yang cukup terkenal di Thailand, di antaranya guay teow. Makanan ini biasanya dibuat dengan kuah dari kaldu ayam, babi, atau sapi yang bisa kamu pilih (beberapa tempat menjual versi halalnya juga). Biasanya makanan ini disajikan dengan topping pangsit, bakso, gula, bubuk cabai, jeruk nipis, dan kecap ikan.

  1. Poh Pia Tod

Lumpia mungkin sesuatu yang sudah biasa ditemukan di Indonesia, namun tak ada salahnya mencoba lumpia ala Thailand yang biasanya disajikan bersama sambal Thailand yang punya cita rasa manis dan pedas. Isiannya sendiri biasanya beragam, ada yang berisi daging, sayur, atau bihun. Namun yang patut dicoba adalah lumpia yang digoreng secara mendadak.

  1. Massaman Gai

Makanan Thailand yang satu ini memiliki pengaruh makanan Persia. Menunya sendiri sebenarnya mirip seperti sup kari Thailand lainnya, namun terdapat penggunaan kayu manis di dalamnya yang membuatnya terasa berbeda, namun menggunakan asam yang membuatnya tetap memiliki cita rasa Thailand. Biasanya massaman gai menggunakan daging ayam, namun untuk vegetarian pilihan massaman gai dengan tahu juga tersedia.

  1. Kao Niew Ma Muang

Makanan ini akan dengan mudah ditemui saat musim mangga yakni sekitar bulan April sampai Mei. Namun di bulan lain pun akan tetap banyak dijual, meski tak sesegar di bulan tersebut. Kao niew ma muang adalah sejenis makanan manis yang terbuat dari irisan mangga segar, ketan, dan saus putih manis yang terbuat dari santan.

  1. Nam Tok Moo

Makanan ini adalah salah satu menu yang memberikan cita rasa Thailand dan juga umum dimakan bersama ketan. Nam tok moo adalah babi panggang yang diiris tipis lalu dimasak bersama bawang dan cabai. Kemudian dibumbui dengan kecap ikan dan perasan jeruk nipis. Makanan ini menjadi favorit wisatawan internasional dan juga orang lokal.


  1. Khao Na Bpet

Makan menu bebek adalah salah satu hal yang mesti dilakukan saat di Thailand. Menu yang paling mudah ditemui dan rasanya tidak akan mengecewakan adalah khao na bpet yakni nasi putih yang disajikan dengan irisan bebek dengan saus dari panggangan bebek. Ada juga cara pengolahan lain yang tak kalah enak yaitu bebek yang direbus dalam kecap asin dan lima bumbu China.

  1. Kkao Kluk Kaphi

Kkao kluk kaphi adalah menu nasi campur khas Thailand yang juga cukup digemari. Makanan ini merupakan campuran nasi putih yang pera (tidak lengket seperti nasi tim) yang dimasak bersama terasi udang, lalu penyajiannya adalah dengan topping parutan mangga muda, daging babi goreng manis, bawang bombay merah besar, telur mata sapi, dan perasan jeruk nipis.

  1. Pad Phet Pla Duk Tod

Bosan dengan daging-daging merah atau ayam, kamu bisa beralih mencicipi menu yang bahan dasarnya adalah ikan lele ini. Daging ikan lele yang sudah dibersihkan duri-durinya akan digoreng hingga benar-benar garing lalu ditumis bersama saus pedas manis dan ditaburi daun jeruk sebelum disajikan. Makanan ini cocok dimakan bersama nasi.

  1. Hoy Lai Prik Pao

Selain ayam, babi, sapi, dan ikan, Thailand juga punya olahan kerang yang tidak boleh dilewatkan saat icip-icip jajanan. Prik pao adalah sejenis saus yang dibuat dari bawang merah dan cabai sangrai. Saus ini lalu dimasak bersama kerang hingga matang lalu ditaburi kemangi di atasnya. Makanan ini adalah salah satu jajanan yang patut kamu coba.

  1. Yam Takrai Goong Sot

Satu lagi salad yang tak boleh dilewatkan dari jajanan khas Thailand. Makanan ini adalah campuran udang rebus, bawang bombay merah, kacang mete, dan sereh yang diiris tipis. Dimakan dengan saus yang disiram dan menciptakan perpaduan rasa dan aroma antara sereh dan bahan lainnya. Tak perlu khawatir akan tersedak sereh, karena serehnya sangat tipis sehingga bisa dimakan dengan aman.

, , , ,
Post Date: Monday 02nd, April 2018 / 03:19 Oleh :
Kategori : Thailand