Wat Phra Kaew, Kuil Terfavorit Di Thailand Yang Wajib Dikunjungi

wat phra kaew 2Merupakan sebuah kuil Favorit wisatawan saat berlibur ke Thailand. Kuil ini terletak tidak jauh dari tempat wisata di Thailand yang terkenal lainya seperti wat pho thailand dan wat Arun; Bahkan Kuil ini menjadi salah satu Tempat wisata di Bangkok terfavorit.

Menurut Survey yang dilakukan oleh Universitas Bangkok pada tahun 2010, suara terbanyak dari wisatawan untuk tujuan favorit, saat berlibur di Thailand adalah Wat Phra Kaew. Survey ini dilakukan kepada beberapa responden dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Dan sudah sepantasnya menjadi kuil ‘yang terbaik dari yang terbaik’ di Thailand.

Wat Phra Kaew atau Kuil Zamrud Buddha sebenarnya bernama resmi Wat Phra Si Rattana Satsadaram. Bangunan ini merupakan sebuah kompleks kuil kerajaan yang terletak di sudut timur laut Grand Palace di Bangkok. Di sini juga terdapat patung sang Emerald Budha, Phra Phuttha Maha Mani Rattana Patimakon yang dianggap sebagai patung tersuci di Thailand. Dan Wat Phraw Kaew juga merupakan tempat di mana upacara-upacara penting keagamaan dilaksanakan.

Pembangunan kuil ini selesai pada tahun 1784 dan selalu direnovasi pada setiap masa pemerintahan, mulai dari Raja Rama I sampai IX. Di Bagian dalam Ubosoth terdapat banyak Patung manusia berkepala burung dengan tangan menengadah seperti mengangkat dan seluruh dindingnya dihiasi relief-relief  yang menakjubkan. Selain itu, daya tarik lainnya di dalam kuil adalah delapan stupa yang berwarna emas, seperti Phra Si Ratana Chedi dan stupa model Angor Wat.

Kuil  kerajaan yang berada di kawasan Grand Palace ini merupakan salah satu destinasi wisata pertama Thailand yang diperkenalkan ke dunia saat promosi pariwisata, yang dimulai 50 tahun lalu. Selain terdapat patung suci The Emerald Budha, arsitektur yang berasal dari berbagai era ini, merupakan ciri khas yang unik dan mempesona. Salah satu daya tarik dari bangunan  yang megah ini adalah relief nya yang merupakan relief terpanjang di dunia yang menggambarkan cerita epik Ramayana.

  • Alamat: 2 Na Phra Lan Rd, Khwaeng Phra Borom Maha Ratchawang, Khet Phra Nakhon, Krung Thep Maha Nakhon 10200, Rakhanosin, Bangkok
  • Harga Tiket : 500 Bath
  • Jam Buka : 08.00 – 15.30

Cara menuju kesana:

  1. Grand Palace terletak di daerah Rattanakosin, Bangkok di tepi timur sungai Chao Phraya.
  2. Tepat di sebelah Wat Pho , kuil Buddha berbaring sepanjang 46 meter.
  3. Cara termudah dan paling menyenangkan untuk sampai ke sana adalah dengan perahu ekspres Chao Phraya dari Sathorn Pier (Saphan Taksin BTS Station).
  4. Anda bisa turun di dermaga Tha Tien di ujung selatan kompleks Istana atau di dermaga Tha Chang di ujung utara.
  5. lalu dari situ anda bisa berjalan kaki ke Grand Palace.

Sejarah Wat Phraw Kaew

wat phra kaewMembahas mengenai wat phraw Kaew tentunya tidak lepas dari istana Grand Palace. Pembangunan Grand Palace sendiri dimulai pada tahun 1782, dan tidak lama kemudian pada tahun 1785 pembangunan wat phra kaew dimulai.

Pada saat itu Raja yang sedang memimpin Thailand adalah Raja Rama I (Raja Buddha Yodfa Chulaloke), dan ibu kota Thailand dipindahkan dari Thonburi ke Bangkok, oleh karena itu, Dibangunlah sebuah istana untuk tempat tinggal raja dan para pengawalnya. Dan hal ini juga menandai dimulainya Dinasti Chakri.

Tidak seperti kebanyakan kuil di Thailand yang digunakan sebagai tempat tinggal bagi para biarawan. struktur Wat Phra Kaew menyimpan banyak bangunan dan objek-objek sakral. Kuil ini dihiasi dengan ukiran, lukisan dan pagoda yang sangat rumit, dan secara estetis sangat enak dipandang.

Emerald Buddha

Emerald BudhaWat Phra Kaew sendiri merupakan daya tarik tersendiri di Grand Place. Dan merupakan kuil terpenting dan suci di Thailand. Jadi bersikaplah sopan ketika berada di dalam kuil ini. Wat Phra Kaew memiliki Emerald Buddha Phra Phuttha Maha Mani Rattana Patimakon dengan tinggi antara 60 dan 75 cm yang terbuat dari batu giok hijau atau jasper.

Patung ini berada di dalam Ubosot atau aula pentahbisan dan ditempatkan di tempat yang lebih tinggi yaitu berada diatas kepala pemuja dan turis. Dikarenakan kita tidak diperbolehkan  mengambil gambar di dalam Kuil, dan patung tersebut bertengger begitu tinggi di dalam kotak kaca, jadi sangat sulit sekali melihatnya secara rinci.


Patung Emerald Budha ini diperkirakan telah dibuat pada abad ke-15 dan merupakan penyebab beberapa perang  hingga akhirmya berada di Bangkok pada tahun 1782. Dan hal tersebut dianggap sebagai jimat dan sangat penting bagi Thailand. Ada banyak cerita dan legenda tentang asal The Emerald Budha ini; beberapa orang percaya bahwa patung ini diciptakan di India pada 43 SM di kota kuno Pataliputra , sementara ada juga yang mengatakan bahwa patung ini berasal dari Sri Lanka.

Pakaian yang dipakaikan di patung ini diganti 3 kali setiap tahunnyayang diganti langsung oleh Raja Thailand. Berikut adalah pakaian dari Sang Emerald Budha.

  • Musim panas, Cincin emas bertatahkan berlian
  • Musim dingin, Jubah emas
  • Musim hujan, Jubah biarawan dengan emas di dalamnya.

Di sekeliling Kuil Wat Phraw Kaew

Meskipun memiliki kepentingan nasional, Wat Phra Kaew adalah satu-satunya kuil suci di Thailand yang tidak memiliki biarawan pendatang, jadi bukan tempat belajar orang-orang Budha seperti yang ada di Wat Pho dan Wat Mahathat. Seperti kebanyakan kuil-kuil di Thailand

  • Di seluruh dinding interior kuil ini terdapat relief yang menggambarkan kisah Jataka. Juga terdapat relief orang-orang yang menghadap altar yang menggambarkan kemenangan Sang Buddha atas iblis jahat, Mara.
  • Terdapat juga relief yang yang sangat panjang yang menggambarkan kisah epik India, Ramayana versi Thailand . Secara total ada 178 bagian, yang dibuat pada masa pemerintahan Raja Mongkut (Rama IV 1825-1850). Dan kemudian di renovasi sehingga tetap terjaga keutuhanya sampai sekarang. Teks penjelasan dirancang oleh Raja Chulalongkorn (Rama V).
  • Miniatur kompleks candi yang merupakan salah satu Tempat wisata di Kamboja yang paling terkenal terkenal, Angkor Wat, yang dibuat pada masa pemerintahan Raja Mongkut (Rama IV) ketika wilayah Thailand meluas hingga di Kamboja.
  • Dua perpustakaan, dibangun untuk melindungi salinan literatur Buddhis yang penting. Yaitu Perpustakaan Phra Mondop yang hampir selalu tertutup untuk umum. Namun anda bisa berkunjung ke Wali Wat Phra Kaew.
  • Phra Si Rattana Chedi yang mengesankan, yang diklaim menampung abu dari Sang Buddha.
  • The Royal Pantheon, merupakan tempat dengan patung dari tujuh raja pertama dinasti Chakri yang memerintah (Rama I – Rama VII). Tempat ini baru dibuka pada tanggal 6 April pada saat ulang tahun berdirinya dinasti Chakri. Di sekelilingnya ada patung besar wali mistis, yang berbentuk setengah manusia setengah burung dan beberapa patung burung garuda Hindu; yang berisi Tripitaka yaitu kitab suci Buddha yang menakutkan.

Tips saat berkunjung di Wat Phraew Kaew


Wat Phraew Kaew merupakan kuil tersuci di Thailand. Dan anda diharuskan untuk bersikap sopan saat berkunjung disini. Berikut adalah tips untuk anda yang berlibur ke Wat Phraew Kaew.

  1. Persiapkan dana, Bagi kalian yang ingin mengujungi kuil ini, anda akan dikenakan biaya sebesar 500 Bath, cukup mahal memang, tapi bagi anda para pecinta sejarah dan punya cukup uang untuk berlibur, tentunya hal ini tidak terlalu masalah.
  2. Datang Lebih Awal, Grand Palace atau khususnya Wat Phraew Kaew merupakan landmarknya Thailand, jadi banyak sekali turis yang berbondong-bondong ingin mengunjungi tempat ini. Usahakan datang sebelum jam buka kuil ini untuk mendapatkan foto yang bagus dan tidak berebutan dengan wisatawan lain. Usahakan jam 06.00, anda sudah berderet di pintu masuk.
  3. Pakai Baju Sopan, Kuil ini adalah kuil yang dianggap paling suci di Thailand, jadi berpakainlah yang sopan, atau anda tidak diperbolehkan masuk ke sini. Pakailah celana sampai menutupi seluruh kaki anda. Baju dengan lengan yang panjang dan pakai kaus kaki sehingga kaki anda tidak terlihat. Jika anda terlanjur menggunakan pakaian yang dilarang, anda bisa menyewa kain penutup disini dengan membayar 200 Bath.
  4. Sediakan Waktu yang Cukup, Anda tak inginkan melewatkan salah satu tempat yang paling terkenal di Thailand ini kan. Karena biasanya anda menghabiskan waktu selama 3 hingga 4 jam untuk menjelajahi tempat ini, jadi jadwalkan liburan anda dengan baik.
  5. Sedia Payung, Topi, Jaket, Udara disini cukup panas, Jadi anda disarankan membawa peralatan sendiri untuk melindungi tubuh anda

Jangan lupa juga membeli Oleh-Oleh Khas Thailand karena akan menjadi cinderamata yang berharga dan menjadi buah tangan kerabat keluarga di rumah. Oke itu dia seputar wisata di wat phraw kaew semoga membantu, dan happy Travelling.

, , , ,
Post Date: Thursday 01st, March 2018 / 07:25 Oleh :
Kategori : Thailand