10 Tips Jalan-Jalan ke New York Paling Berguna Bagi Wisatawan

Menjadi salah satu pusat hiburan dunia, Amerika memiliki banyak tujuan wisata yang menarik. Salah satu di antaranya yang memiliki prestise tinggi adalah New York. New York merupakan salah satu dari 13 negara bagian Amerika, daerah dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di Amerika Serikat ini beribu kota di Albany dan menjadi salah satu kawasan metropolitan terbesar di Amerika. New York juga merujuk pada salah satu kota di negara bagian tersebut.

Setara dengan jumlah penduduknya yang banyak, ada banyak pula tempat wisata di New York yang bisa Anda kunjungi. Tempat wisata yang tersedia tidak terbatas pada Time Square New York saja, Anda juga bisa mengunjungi tempat lainnya. Kendati demikian, jalan-jalan ke New York tidak boleh dilakukan begitu saja tanpa rencana, Anda perlu mengetahui tips dan triknya agar perjalanan Anda semakin menyenangkan.

  1. Riset dan Buat Itinerary

Riset dan Buat ItineraryMelakukan riset dan membuat itinerary adalah tips dasar sebelum Anda berwisata ke New York, bahkan ke tempat wisata dunia lainnya. Sebab, hanya dengan risetlah Anda akan mengetahui secara gamblang kondisi dan situasi dari New York. Dengan begitu, Anda bisa melakukan banyak persiapan seperti jumlah budget yang perlu dibawa, simpanan makanan, serta pakaian.

Dari riset tersebut pula Anda bisa menyusun rencana perjalanan atau itinerary. Menyusun itinerary tentu juga merupakan tips liburan ke Amerika yang perlu Anda penuhi. Berwisata ke New York dengan itinerary akan memudahkan Anda melakukan perjalanan sekaligus dalam hal memanfaatkan waktu seoptimal mungkin.

  1. Menentukan Musim Kunjungan

Menentukan Musim KunjunganDari riset yang mendalam pula Anda bisa mengetahui aktivitas turisme New York setiap waktu. Dari hasil riset tersebut, tentukanlah musim kunjungan yang tepat dan sesuai dengan minat Anda. Just for your information, banyak wisatawan mengaku bahwa mengunjungi New York pada musim liburan atau high season akan memberikan Anda pengalaman yang luar biasa, tepatnya akhir tahun saat natal dan tahun baru.

Akan tetapi, pengalaman tersebut harus Anda bayar dengan budget yang biasanya lebih mahal serta ramai. Karena New York telah menjadi tujuan wisata dunia, mengunjungi daerah tersebut saat high season akan benar-benar menguras waktu Anda karena harus berbagi dengan banyak wisatawan. Alternatif lain adalah berwisata saat peak atau low season. Anda bisa berwisata dengan leluasa pada musim dingin sekitar bulan Januari – Maret atau musim panas sekitaran bulan Juli dan Agustus.


  1. Jangan Kunjungi Semua Sudut New York

Jangan Kunjungi Semua Sudut New YorkNew York sebagai kota dan negara bagian tentu adalah area yang luas dengan banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi, berwisata ke New York tidak menuntut Anda untuk mengunjungi semua sudutnya. Anda cukup memprioritaskan tempat-tempat wisata tertentu seperti tempat belanja murah di New York, kecuali jika Anda memiliki masa liburan  yang cukup panjang.

Selain bisa mengurangi buget untuk transportasi, Anda juga bisa memanfaatkan waktu sebesar-besarnya ketika berlibur. Mengunjungi neighborhood by neighborhood lebih disarankan, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang barangkali tidak sering dijamah oleh wisatan lain. Atau kunjungi tempat-tempat wisata besar yang memang menjadi minat Anda. Anda boleh menyimpan Time Square di lain hari ketika lebih terarik dengan Broadway.

  1. Jeli pada Masalah Transportasi dan Akomodasi

Jeli pada Masalah Transportasi dan AkomodasiSebagaimana kota besar di dunia lainnya, lalu lintas New York adalah bagian paling sibuk. Maka jangan heran jika Anda akan lebih sering melihat kemacetan. Oleh karena itu, jelilah dalam meilih transportasi. Transpotasi masal di New York terorganisir dengan baik, terutama subway. Alih-alih menggunakan taksi, Anda disarankan untuk menumpangi subway untuk optimlisasi budget dan waktu.

Jika Anda memiliki banyak tempat yang ingin dikunjungi, hindari melakukannya dengan berjalan kaki. New York adalah tempat wisata yang berat, apalagi untuk wisatawan wanita. Selain karena alasan keselamatan, berjalan kaki untuk mengitari kota New York tentu akan membuat kaki Anda cidera.

Begitu juga ketika Anda memilih akomodasi atau penginapan. Hotel dan penginapan lainnya di New York bisa sangat mahal jika Anda tidak pandai memilih lokasi. Rata-rata biaya hotel per malam di New York sekitar 290 dollar dan 32 dollar untuk hostels. Jelas, memilih hostels lebih baik dari pada bermalam di hotel. Carilah roommate jika bisa untuk menekan budget akomodasi.

  1. Menyisihkan Uang dengan Bijak

Menyisihkan Uang dengan BijakPoin utama dari berwisata dengan damai dan nyaman terletak pada kecerdasan Anda dalam mengatur keuangan. Sebab, uang menjadi tiket Anda untuk bisa tidur di tempat yang nyaman, makan dengan enak, serta berlibur dengan tenang. Bijaklah dalam mengeluarkan uang, terutama ketika Anda memutuskan untuk membeli oleh-oleh khas New York.

Jika Anda berwisata ke New York karena Broadway, Anda bisa mendapatkan harga tiket menonton pertunjukan Boradwoay dengan lebih murah jika membelinya secara online apalagi jika terdapat promo potongan harga. Untuk masalah makanan, ada banyak gerai makanan murah dengan harga mulai dari 3 dollar jika Anda jeli. Sementara itu, jalan-jalan ke New York bisa dipenuhi dengan mengunjungi berbagai tempat wisata dengan harga diskon saat happy hour, early birds atau special deals.

  1. Tips Belanja Paling Menguntungkan

Tips Belanja Paling MenguntungkanBerwisata ke New York tidak sempurna jika Anda tidak berbelanja. New York menjadi rumah bagi banyak brand internasional yang Anda idam-idamkan. Selain belanja berbagai produk, Anda juga bisa berbelanja berbagai jenis makanan khas New York. Namun jika budget Anda terbatas, maka window shopping adalah pilihan terbaik.

Jika Anda berminat dengan tempat belanja penuh diskon, berkunjunglah ke Century21 Discount Store yang terletak tidak jaduh dari World Trade Centre Memorial. Harga produk-produk di sana memiliki potongan hingga 65%.

Alternatif lain, Anda bisa mencari kupon diskon via online dan menunjukkannya pada kasir, beberapa toko besar memiliki kemudahan tersebut. Jangan lupa juga untuk memanjakan perut Anda dengan makanan halal di New York bagi Anda yang muslim. New York adalah kota heterogen yang mempermudah banyak kalangan.


Berwisata dengan bebas memang menyenangkan, Anda bisa mengeksplor banyak hal sesuai dengan keinginan Anda. Namun, melakukan perjalanan wisata dengan rencana matang akan memudahkan Anda menikmati wisata tanpa takut menyesalinya nanti. Selain enam tips di atas, cermati juga tips tambahan berikut ini ketika Anda jalan-jalan ke New York.

  • Bangunlah lebih pagi, New York masih memiliki hawa yang perawan ketika fajar. Dengan bangun pagi, Anda juga melakukan perjalanan lebih dini.
  • Hindari Time Square sebab tempat tersebut akan sangat padat oleh wisatawan, kecuali jika Anda benar-benar ingin mengunjunginya. Pilihlah waktu yang bijak.
  • Coba banyak makanan khas Amerika yang tersaji di New York. Akan tetapi, pilih-pilihlah gerai makanan agar Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau.
  • Act like Newyorkers, New York is not that rude, jadi jangan segan untuk bercampur baur baik dengan penduduk lokal mau pun dengan wisatawan mancanegara lainnya.

Selain New York, ada banyak negara bagian dan kota wisata di Amerika yang harus Anda kunjungi. Tips terakhir ketika Anda jalan-jalan ke New York adalah ambil waktu sejenak untuk menarik napas dan beristirahat, lalu rasakan New York secara pelan-pelan. Anda tidak perlu terburu-buru sebab dengan begitu, Anda akan meninggalkan banyak hal kecil yang bisa membuat wisata Anda lebih bermakna.

, , ,
Post Date: Monday 15th, October 2018 / 08:33 Oleh :
Kategori : Amerika Serikat