Menara Kuala Lumpur Obyek Wisata Tertinggi Ibu Kota Malaysia

Menara Kuala Lumpur – Menyaksikan sebuah kota dari ketinggian adalah salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan. Mengunjungi ibu kota Malaysia, Menara Kuala Lumpur adalah obyek wisata yang dapat memberikan kesempatan untukmu menikmati seluruh kota dari ketinggian 276 meter. Sebagai perbandingan, Skybridge Menara Kembar Petronas lebih rendah 100 meter darinya.

menara kuala lumpur berada di tengah hutanMenara Kuala Lumpur adalah salah satu obyek wisata paling terkenal di Malaysia. Namun sebenarnya menara yang adalah anggota dari Word Federation of Great Towers ini memiliki fungsi sebagai menara penyiaran. Salah satu televisi publik yang menggunakan antena Menara Kuala Lumpur adalah Media Prima Berhad.

Hal yang cukup menarik dari Menara Kuala Lumpur adalah lokasinya yang terletak di tengah hutan. Saat proses pembangunan, lokasi menara juga dipindahkan agar tidak merusak pohon jelutung yang usianya sudah mencapai 95 tahun. Dengan memikirkan konservasi pohon dalam konstruksi menara, biaya tambahan sebesar 430.000 Ringgit Malaysia (sekitar Rp 1,5 Miliar) harus digelontorkan.

Arsitektur Menara Kuala Lumpur

Menara Kuala Lumpur mulai dibangun sejak 1991 dalam 3 fase pembangunan dari mulai penggalian, pembangunan fondasi menara yang dilakukan dengan menuangkan 50.000 meter kubik semen tanpa henti selama 31 jam, dan pembangunan ‘superstructure’ meliputi badan dan kepala menara. Pada September 1994, Perdana Menteri Mahathir Mohammad datang untuk menyaksikan pemasangan antenna menara yang membuat tinggi bangunan menjadi 421 meter di atas tanah.

Bangunan Menara Kuala Lumpur dibagi dalam lima bagian dasar yakni:

  1. Tiga lantai dasar digunakan untuk keamanan dan gudang
  2. Area turistik yang memiliki kantor administrasi, toko souvenir, dan mall sepanjang 146 meter dengan kolam
  3. Badan menara memiliki 22 lantai, dengan empat lift, dan 2.058 anak tangga
  4. Kepala menara punya area observasi (viewing deck), restoran berputar, dan stasiun penyiaran
  5. Antena yang digunakan sebagai transmitter

Lobi utama Menara Kuala Lumpur didekorasi dengan kubah kaca yang berkelap-kelip seperti berlian raksasa. Dekorasi ini merupakan muqarnas, salah satu seni ornamen Islam, dan dibuat oleh seniman asal Isfahan, Iran. Menara ini dibuka untuk umum pertama kalinya pada 23 Juli 1996 walau kemudian kembali diluncurkan secara resmi oleh pemerintah pada 1 Oktober 1996.

Atraksi Menarik di Menara Kuala Lumpur

sky box di menara kuala lumpur

  1. Pemandangan dari ketinggian

Mengunjungi Menara Kuala Lumpur, yang harus kamu lakukan adalah menyaksikan pemandangan ibu kota. Terdapat beberapa tempat pilihan untuk menyaksikan Kuala Lumpur yakni dari Observation Deck, Sky Deck, dan Sky Box.

Observation Deck memberimu kesempatan untuk menyaksikan kota Kuala Lumpur dari ketinggian 276 meter di atas permukaan tanah. Tidak peduli pagi, siang ataupun malam, kamu akan selalu mendapatkan keindahan pemandangan metropolitan Kuala Lumpur yang berbeda-beda. Kamu bisa berkeliling deck dan menikmati pemandangan kota dari berbagai sudut.

Di area Sky Deck, kamu akan diajak untuk menyaksikan Kuala Lumpur dari titik yang lebih tinggi lagi di area balkon yang terbuka, tidak seperti Observation Deck yang seluruh ruangannya tertutup kaca. Sky Deck berada pada ketinggian 421 meter di atas permukaan tanah.


Sementara Sky Box memberikan pengalaman yang lebih menantang. Sky Box adalah bagian dari Sky Deck di ketinggian 300 meter yang menjorok keluar dengan lantai transparan, membuatmu bisa melihat pemandangan kota di ujung kakimu tanpa halangan.

  1. Flora dan Fauna

Pohon jelutung (Dyera costulata), sejenis pohon permen karet yang dijaga sejak masa pembangunan menara mengajakmu untuk mengenal salah satu flora tua yang masih terjaga di Kuala Lumpur dengan beragam informasi yang disediakan.

Tidak hanya satu pohon besar, ada juga hutan Bukit Nanas yang menjadi jantung kota dengan penghijauannya. Di sini kamu bisa berjalan di atas kanopi merasakan pengalaman berjalan di atas hutan yang terletak di tengah kota.

Selain flora, ada juga kebun binatang mini tempat tinggal binatang-binatang kecil seperti meerkat, rakun, musang bertelinga kelelawar, dan falabella (kuda terkecil di dunia). Dan blue coral aquarium yang menyajikan berbagai ikan laut eksotis juga bintang laut.

  1. Rumah Terbalik

Untuk sesuatu yang lebih unik, terdapat obyek wisata cukup populer bernama rumah terbalik yang menyajikan berbagai macam ruangan rumah dalam bentuk terbalik. Mulai dari dapur, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, ruang makan.

  1. Restoran Berputar

rumah terbalik menara kuala lumpur

Bila kamu ingin memandang kota dari ketinggian sambil makan, restoran Atmosphere 360 akan mengabulkan pengalaman itu. Ditambah lagi, restoran ini juga berputar dan terletak di ketinggian 282 meter. Menu yang disediakan juga beragam mulai dari a la carte, buffet, juga cocktail.

Jam Buka Menara Kuala Lumpur

  • Menara ini buka setiap hari dari pukul 9.00 – 22.00 termasuk akhir pekan dan hari libur.
  • Jam operasional ini tidak termasuk jadwal buka beberapa restoran dan atraksi lain di dalam gedung menara.

Tiket Masuk Menara Kuala Lumpur

  1. Harga tiket Observation Deck untuk wisatawan dewasa internasional 52 Ringgit Malaysia dan untuk anak sebesar 31 Ringgit Malaysia.
  2. Harga tiket Sky Deck (termasuk Sky Box dan Observation Desk) untuk wisatawan dewasa internasional 55 Ringgit Malaysia dan untuk anak sebesar 55 Ringgit Malaysia.
  3. Tersedia juga tiket combo Observation Deck dan combo Sky Deck yang meliputi tambahan akses ke satu atraksi lain berkisar dari 33 hingga 110 Ringgit Malaysia.
  4. Juga paket tiket Towerxcess yang meliputi akses ke Observation Deck atau Sky Deck serta Mini Zoo, Aquarium, dan Rumah Terbalik mulai dari 85 sampai 155 Ringgit Malaysia.
  5. Tiket untuk anak berlaku mulai dari usia 4 – 12 tahun.
  6. Tiket dapat dibeli di loket pada hari kedatangan atau secara online melalui situs Menara Kuala Lumpur.

Akses Menuju Menara Kuala Lumpur

wisata hutan di canopy walk menara kuala lumpur

Menara Kuala Lumpur berlokasi di Jalan Puncak, 50250

  1. Dengan LRT dari KL Sentral, kamu bisa turun di stasiun LRT Dang Wangi dan berjalan selama 10 menit ke arah stasiun monorail Bukit Nanas melewati hotel Concorde, Hard Rock Café, dan Menara Hap Seng.
  2. Atau kamu juga bisa turun di stasiun LRT Masjid Jamek dan melanjutkan dengan taksi atau berjalan kaki melalui Jalan Raja Chulan, Muzium Telekom, Gereja St. Andrew, dan Kementerian Kehutanan Malaysia.
  3. Di pos keamanan di ujung Jalan Puncak yang bersinggungan dengan Jalan P. Ramlee kamu bisa menaiki bus shuttle gratis menuju Menara Kuala Lumpur.
  4. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan, tersedia area parkir dengan tarif 6 Ringgit Malaysia per jam untuk mobil dan gratis untuk motor.
  5. Kamu juga bisa menggunakan taksi bila merasa menggunakan kendaraan umum terlalu membingungkan. Namun usahakan untuk menghindari jam sibuk atau kamu akan terjebak macet.

Fakta Menara Kuala Lumpur

  • Menara Kuala Lumpur adalah menara telekomunikasi ketujuh tertinggi di dunia setelah Jepang, Cina, Kanada, Rusia, dan Iran.
  • Untuk sampai ke puncak Menara dengan lift dibutuhkan waktu 54 detik, sementara untuk turun dibutuhkan waktu 52 detik.
  • Menjadi pemberhentian pertama pada The Amazing Race Asia 1
  • Setiap tahunnya, Menara Kuala Lumpur mengadakan perlombaan lari dari lantai dasar hingga ke puncak melalui tangga
  • Menara ini juga menjadi menara observasi untuk mengamati pergerakan bulan guna menentukan awal masuknya Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha.

, ,
Post Date: Friday 23rd, February 2018 / 03:49 Oleh :
Kategori : Malaysia