Tempat Wisata The Art Science Museum Yang Wajib Dikunjungi

Ada banyak sekali jenis destinasi wisata di Singapura, mulai dari destinasi wisata pertunjukan, destinasi wisata alam, sampai pada atraksi wisata untuk hiburan. Kalau Anda punya kesempatan untuk berwisata sampai singapura, kira-kira destinasi wisata mana yang akan Anda pilih sebagai objek wisata utama yang tak boleh dilewatkan?

Ikon destinasi wisata di Singapura ialah Patung Marline, di sebuah taman. Patung ini tidak hanya sebagai ikon wisata tetapi juga menjadi ikon singapura yang sangat terkenal. Di setiap brosur wisata Singapura, gambar patung ini pasti ada, seolah-olah Patung Marlin adalah wajah Singapura itu sendiri.

Infrastruktur Wisata Singapura

ARTSCIENCE MUSEUM

Selain destinasi wisata taman, pertunjukan dan hiburan, Singapura terkenal dengan infrastruktur yang memiliki keindahan dan kekokohan di berbagai tempat. Sampai-sampai wujud infrastruktur yang didesain dengan sentuhan seni itu menarik perhatian masyarakat global dan menjadi destinasi wisata baru, seperti Helix Bridge, sebuah jembatan yang didesain mirip dengan simbol DNA.

Selain itu, ada juga berbagai macam museum seni dan galeri seni. Kalau Anda berlibur ke Singapura, cobalah memilih salah satu destinasi wisata berupa mengunjungi salah satu museum atau galeri. Di dalam museum atau galeri seni, Anda  bisa melihat budaya melestarikan seni, pengetahuan, dan budaya masyarakat sekitarnya dalam memandang sebuah kesenian.

Salah satu museum yang terkenal di Singapura ialah Museum Artscience. Wisatawan dapat menghabiskan waktu berjam-jam selama melihat koleksi the art science museum.

ArtScience Museum di Marina Bay Sands

Salah satu destinasi wisata ikonik di Singapura ialah Artscience museum yang diklaim sebagai museum perwujudan nyata dari tema artscience. Pengunjung bebas mengeksplorasi display karya dan mengeksplorasi proses kreatif kesenian, sains, teknologi, dan budaya warga Singapura yang ditunjukkan di dalam museum ini.

Museum Artscience dibangun dalam rangka untuk menunjukkan proses terjadinya perpaduan antara kesenian dan sains yang memiliki pengaruh besar dan memiliki tempat tersendiri dalam kehidupan masyarakat. Sejak dibangun, museum Artscience mulai diperkenalkan melalui berbagai program antara lain pameran, event, konser, aktivitas pendidikan dan lain sebagainya.

Jadilah ArtScience Museum di Marina Bay Sands® sebagai destinasi wisata yang memadukan seni dan ilmu pengetahuan yang di dalamnya terdapat bagian khusus untuk menceritakan kisah-kisah menarik. Keunikan pengalaman yang diberikan oleh ArtScience kepada wisatawannya membuat tempat ini menjadi rujukan wisata wisatawan yang menyukai beragam hasil karya seni.

Terdapat 21 ruang galeri yang masing-masing dibangun dengan sentuhan arsitektur ikonik. Nampak perwujudan bunga lotus di dalam pembangunan infrastruktur ArtScience Museum. Sebagai langkah memperlihatkan peranannya dalam kebudayaan masyarakat nasional dan internasional, bangunan nan ikonik ini sering menyelenggarakan pameran besar, sampai memperoleh perhatian nasional dan internasional di tiga ruang galeri yang ada di dalam museum.


Pameran Karya seni di ArtScience Museum

artscience_museum

Luas galeri yang mencapai 6.000 meter persegi ini dibuka sejak tahun 2011. ArtSience memiliki program rangkaian tur spesial pameran internasional yang terus berganti. Program tur spesial pameran ini  sering berkolaborasi dengan berbagai organisasi dunia seperti American Museum of Natural History, Smithsonian Institute,  dan desainer furnitur kelas dunia Herman Miller.

Pameran-pameran tersebut menyita perhatian dunia. Bahkan pameran bertajuk FUTURE WORLD: Where Art Meets Science adalah pameran tetap ArtScience Museum yang baru, hadir berkat kolaborasi dengan teamLab.

Dengan daya tariknya, Museum ArtScience di Marina Bay Sands ini telah berhasil menerima penghargaan unggulan dari sebuah situs wisata yang diakui seluruh dunia Tripadvisor tahun 2015 dan 2017. Museum diakui sebagai destinasi wisata yang tidak hanya bagus, tapi juga memberikan sisi pengalaman edukasi dan sekaligus hiburan yang tiada tara. Pengakuan tersebut membuat museum ini memiliki posisi sejajar dengan destinasi wisata lainnya yang telah diakui dunia.

Sampai kini, ArtScience Museum telah menjadi tempat diselenggarakan beberapa pameran, antara lain:

  1. Titanic: The Artifact Exhibition
  2. Andy Warhol: 15 Minutes Eternal
  3. Harry Potter: The Exhibition™
  4. Dinosaurs: Dawn to Extinction
  5. Da Vinci: Shaping the Future, The Deep,
  6. DreamWorks Animation: The Exhibition
  7. Singapore Stories: Then, Now, Tomorrow and Collider.

Pertunjukan Dinosaurs dan Annie Leibovitz

the artscience museum

Di samping pengalaman rangkaian tur pameran, Artscience museum juga menampilkan berbagia macam pertunjukan untuk memberikan pengalaman lain kepada pengunjungnya. Salah satunya ialah pertunjukan yang turut memamerkan artefak bersejarah mulai dari rezim Genghis Khan sampai dengan suasana dan kostum dari film Harry Potter.

Berbagai macam pertunjukan pernah singgah di Artscience museum sebagai bagian dari tur pameran dan fasilitas hiburan untuk wisatawannya. Salah satu pertunjukan yang penrah singgah ialah bentuk pertunjukan seni seperti Annie Leibovitz: A Photographer’s Life 1990-2005 dan ilmu pengetahuan, seperti Dinosaurus: Dawn to Extinction.

Pertunjukan tersebut bahkan membuat ArtScience melakukan rekonstruksi dinosaurus Apatosaurus setinggi 18 meter. Di samping itu juga memperlihatkan objek dan artefak artefak seperti Mesin Terbang Leonardo da Vinci, menjadi bukti pencapaian artistik dan ilmiah manusia dari masa ke masa.

Desain yang memikat mata

Museum yang menampilkan pameran tetap berjudul A Journey Through Creativity tersebut juga memuat tiga galeri yang bernama Curiosity, Inspiration dan Expression. Museum memfasilitasi penggemarnya dengan fitur aplikasi mobile yang dapat diunduh, sehingga pengunjung bisa yang meningkatkan pengalaman menonton melalui aplikasi mobile tersebut.

Tidak hanya sajian pameran yang memberikan kebaruan dengan membuat pameran kelas dunia, desain arsitektur dari museum itu sendiri sudah ikonik, membuat orang-orang sudah tertarik sejak melihat arsitekturnya sebelum masuk melihat pamerannya.

Bangunan museum yang didesain dengan seni arsitektur tinggi tersebut dibangun dengan misi menjadi simbol Singapura menyambut wisatawan dengan tangan terbuka. Arsitektur yang memperlihatkan desain nampak seperti ujung-ujung jari difilter oleh cahaya alami tampil menjadi daya tarik eksternal yang memikat siapa saja yang lewat di dekatnya.

Terdapat 21 galeri yang tersebar di dalam satu desain pembangunan Artscience museum. Ke 21 galeri tersebut terbesar di lebih dari tiga lantai dengan luas lantai mencapai 50 ribu meter persegi.

Gedung berbentuk menyerupai bunga lotus

Rangkaian yang nampak seperti ujung-ujung jari terbuka tersebut bila dilihat dari perspektif lain akan nampak seperti bunga lotus. Dari luar, arsitekturnya nampak seperti makan tempat dan sesak, tapi ketika Anda sudah masuk di dalamnya, Anda Akan tahu bahwa tempat itu benar-benar luas.

Museum dibuka sejak 2011, tepatnya tanggal 17 Februari oleh Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Art Science Museum menjadi museum Seni-Sains pertama di dunia. Museum ini tidak hanya tempat pameran seni berteknologi tinggi, tetapi juga menjadi kebanggan Singapura terkait dengan penguasaan teknologi dan pengetahuan mereka.

Apabila Anda Menginap di salah salah satu kamar marina bay sands hotel, Anda bisa melihat penampakan museum ini dari luarnya. Nampak megah, bernilai seni tinggi, dan juga berteknologi tinggi. Silahkan mampir untuk membuktikan sendiri keagungannya.

JAM BUKA

  • Setiap Hari: 10.00 – 19.00
  • Termasuk libur nasional
  • Penerimaan masuk terakhir pukul 18.00

Harga Tiket Masuk Art Science Museum Marina Bay Sands Singapore


  • dewasa 16 SGD
  • anak (usia 2-12 tahun) 9 SGD
  • Lansia (65 tahun ke atas) 13 SGD
  • Tiket harus ditukarkan sebelum pukul 17.00 di hari yang sama di B2 Concierge di The Shoppes at Marina Bay Sands.

Akses mencapai Lokasi Art Science Museum Marina Bay Sands

Akses menuju lokasi Art science museum marina bay sands cukup mudah karena lokasi museum tepat berada di depan gedung mall marina bay sands. Jadi, yang Anda perlukan ialah menemukan alamat Marina Bay Sands, 6 Bayfront Ave, Singapore.

Anda bisa menjangkau lokais dengan naik MRT, turun di stasiun Bayfront, melalui jalur biru atau jalur kuning kemudian ikuti petunjuk menuju Marina Bay Sands setelah turun di stasiun. Anda bisa sampai di lokasi dengan berjalan kaki.

Demikian artikel mengenai the art science museum. Semoga informasi yang ada pada artikel ini dapar bermanfaat dan menjadi referensi anda sekeluarga.

, , ,
Post Date: Friday 23rd, February 2018 / 03:18 Oleh :
Kategori : Singapura