10 Minuman Khas Kanada Terenak Dan Terfavorit Wisatawan

Kanada merupakan negara yang berada dibagian Utara Amerika. Negara ini merupakan tempat wisata di Amerika Serikat yang biasa menjadi pilihan liburan anda selanjutnya. Namun, meski berada satu daratan dengan Amerika, Kanada merupakan negara yang berdiri sendri. Banyak orang Amerika yang berimigrasi ke Kanada untuk memulai kehidupan yang lebih baik. Memang tidak sebesar Amerika, namun Kanada merupakan negara dengan alam yang indah dan suasananya yang sejuk. Banyak tempat wisata di Kanada yang bisa anda kunjungi.

Negaranya yang berdekatan dengan Antartika, membuat iklim di negara ini sangat dingin. Pada musim dingin, udara di Kanada bisa mencapai -20 celcius. Udara yang sangat dingin membuat para penduduk setempat sangat suka mengkonsumsi minuman berakohol yang menghangatkan tubuh. Cocktail adalah salah satu jenis minuman dengan kadar alkohol lebih rendah yang bisa anda coba. Campurannya yang menarik juga bisa memberikan cita rasa lebih dari sekedar pahit yang biasanya terasa pada minuman berakohol. Berikut minuman khas Kanada yang patut dicoba ketika berkunjung ke negara beriklim dingin satu ini.

1. Caesar

kanada.1Cocktail Caesar khas Kanada ini sering disebut juga serupa dengan salah satu minuman khas Amerika yaitu Bloddy Marry (sejenis coctail juga). Cocktail satu ini merupakan minuman dengan bahan dasar Vodka, yang kemudian diberi berbagai bahan tambahan.

Bahan tambahan tersebut terdiri dari caesar mix (campuran jus tomat dan jus kerang), saus pedas, saus worcestershire, dan sebongkah es batu. Disajikan dalam geras berukuran kecil dengan hiasan batang seledri dan jeruk nipis sebagai penyegar. Minuman ini memiliki rasa yang kuat dan pedas yang pastinya ampuh untuk menghangatkan tubuh.

Minuman ini pertama kali dibuat oleh manager hotel di Calgary Inn (sekarang dikenal dengan Westin Hotel) yang berlokasi di Alberta, Kanada. Semenjak minuman ini disajikan di bar hotel, minuman ini langsung terkenal dan menjadi minuman khas Kanada dikemudaian harinya.

2. Sir John A. Cocktail

kanada.2Minuman satu ini sangat populer dan khas untuk disajikan ketika pesta Hari Kanada. Minuman ini diberi nama yang terinspirasi dari perdana mentri pertama Kanada yaitu Sir John A. Macdonald. Sir John juga dikenal sebagai pecandu berat minuman berakohol.

Memiliki kebiasan minum bukan hal buruk di Kanada, melainkan sebuah kebutuhan. Asalkan diminum dalam takaran yang tepat. Sir John Cocktail berbahan dasar Collingwood Whisky dan Persik Ontario. Dengan campuran sirup maple kanada, teh earl grey, dan fee brothers. Minuman ini biasa diminum oleh masyarakat Kanada saat bersantai dengan teman-teman atau kolega sambil membicarakan topik-topik politik yang sedang hangat di kota.


3. Shooter

kanada.3Shooter merupakan salah satu minuman populer dalam jajaran minuman berakohol. Sama halnya sake yang bisa anda temukan di tempat wisata di Jepang, biasanya diminum saat pesta dan perayaan tertentu untuk menyemarakan suasana. Shooter memiliki komposisi dari McGuinnes Cherry Brandy, McGuiness Triple Sec, dan Ale jahe kering Kanada. 

Shooter merupakan salah satu jenis minuman berakohol dengan kadar yang cukup kuat. Oleh karena itu, minuman satu ini dihidangkan dalam gelas mini (sherry glass) seperti espresso. Hal ini untuk menghindari efek samping mabuk berat. Cara minum Shooter yang benar pada umumnya langsung dihabiskan dalam satu tegukan. Minuman ini biasa dijadikan sebagai minuman pendamping dari minuman dengan porsi lebih banyak di bar-bar.

4. White Ice Cosmo

kanada.4White Ice merupakan salah satu cocktail yang biasa berada di bar-bar yang anda temukan di tempat wisata di Eropa. Kanada memiliki versi White Ice-nya sendiri yaitu White Ice Cosmo. Cocktail khas Kanada satu ini terdiri dari Polar Ice Vodka, McGunnies Triple Sec, dan Ocean Spray White Cranberry Juice.

Pada umumnya minuman satu ini berwarna bening seperti air mineral, namun coba anda cicipi dan rasakan kesegaran yang memberikan kehangatan dari minuman ini. Campuran juice Cranberry juga membuat cocktail satu ini tidak memiliki rasa pahit yang begitu kuat, sangat cocok pagi perempuan yang suka minum cocktail. White Ice Cosmo biasanya disajikan dalam gelas cocktail glass dengan garnish buah berry.

5. Maple Leaf Cocktail

kanada.5Maple adalah salah satu pohon terkenal di Kanada. Kanada menghasikan banyak sirup maple hingga menjadaikan daun pohon maple sebagai simbol negara mereka. Oleh karena itu, tak jarang cocktail dengan bahan campuran sirup maple akan anda temukan di Kanada.

Cobalah Maple Leaf Cocktail ketika berkunjung ke bar-bar di Kanada. Minuman cocktail satu ini terdiri dari campuran sirup maple khas Kanada, Crown Royal Whiskey, dan jus lemon untuk memberikan sentuhan asam yang segar. Minuman ini wajib anda coba saat berkunjung ke bar-bar di Kanada. Rasakan segelas cita rasa khas maple Kanada yang terkenal yang sayang jika dilewatkan.

6. Canadian Carbomb

kanada.6Minuman satu ini juga terkenal di Irlandia, tempat wisata di Eropa Barat yang terkenal berudara dingin juga. Carbomb merupakan minuman yang sejenis dengan Shooter. Nama Carbomb sendiri terinpirasi pada peristiwa pengemboman mobil dalam keributan yang sempat terjadi di Irlandia Utara pada abad ke-21. Beberapa bar di Inggris sempat menolak sebutan Carbomb pada minuman ini, mereka lebih memilih sebutan ‘Irish Slammer atau ‘Irish Bomb’.

Canada Carbomb memiliki komposisi yang berbeda dengan Carbomb dari irlandia. Dengan bahan dasar Molson Canadian dengan campuran sirup maple dan Alberta Premium Rye.

7. Caribou

kanada.7Caribou adalah alkohol manis Quebecois yang memiliki komposisi anggur merah, whisky, dan sirup ample atau bisa diganti dengan gula yang cukup ampuh untuk menghangatkan tubuh. Minuman ini bisa dinikmati dalam keadaan panas atau dingin sesuai dengan musim.

Biasanya disajikan dengan citrus dan kayu manis. Minuman ini biasanya dinikmati pada hari raya Quebec (salah satu provinsi di Kanada), Festival Musim Dingin Quebec, dan Festival du Voyageur, dimana suhu di Kanada biasanya sedang dingin-dinginnya.

8. Pressyterian Highball

kanada.8Minuman satu ini bisa jadi coctail dengan kadar alkohol rendah dan ringan untuk anda yang tidak terbiasa dengan minuman yang terlalu keras. Pressterian memiliki komposisi Canadian Club Rye (sejenis whisky), Ale jahe kering Kanada, dan air soda.

Diberi nama ‘Highball’ karena biasanya disajikan dengan gelas yang disebut Highball dalam standar bar minuman. Disajikan dengan potongan jeruk sebagai garnish dan bongkahan es untuk menambah sensasi segar. Minuman ini cukup populer di bar-bar Kanada sebagai cocktail ringan untuk menemani hang out santai anda bersama teman-teman ketika sedang berlibur di Kanada.

9. Sortilege Maple Whisky Liqueur

kanada.9Jika tempat wisata di Australia terkenal dengan berbagai merek anggur botolan premium, Kanada memiliki merek Whisky dari Quebec. Cobalah Sortilege Maple Whisky Liqueur jika berkunjung ke Kanada. Whisky ini memiliki komposisi krim susu dan bahan khas Kanadia apalagi kalau buka sirup maple. Whisky ini bisa diteguk dalam keadaan panas atau dengan es batu sesuai selera.

Adapun whisky ini dijadikan campuran coctktail maupun dalam secangkir kopi. Beberapa minuman lezat yang dihasilkan dari campuran whisky ini adalah Sortilege Coffee, Sortilege Maple Cream on The Rocks, Sortilege Colada dan Blue Frost dengan potongan jeruk yang menyegarkan. Satu botol Sortilege Maple Whisky Liqueur bisa anda nikmati dengan harga 19CAD (sekitar Rp 200.000).


10. Moose Milk Cocktail

kanada.10Cocktail satu ini juga merupakan jeins cocktail yang manis dan ramah dilidah anda. Moose Milk merupakan salah satu minuman khas Kanada yang terkenal di kalangan militer Kanada. Minuman ini juga masuk dalam jajaran minuman berakohol yang dinikmati saat perayaan-perayaan besar seperti tahun baru dan hari jadi militer Kanada.

Para peminum Moose Milk diberi julukan ‘Moosers’ di kalangan tentara Kanada. Minuman ini memiliki rasa manis yang tradisional karena campurannya yang terdiri dari berbagai bahan manis dan tradisional. Tak lupa diberi campuran liquid dengan kadar alkohol.

Moose Milk terdiri dari campuran whisky Kanada, kahlua dan es krim. Jika ingin memberi kadar alkohol ringan bisa ditambahkan rum sebagai pengganti whisky. Sebaliknya jika ingin minuman dengan kadar alkohol keras, biasanya bahannya diganti dengan vodka. Bahan pemanis lain yang ditambahkan biasanya sirup maple atau gula. Cocktail satu ini serupa dengan milkshake hanya saja memiliki kadar alkohol.

, , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, May 2018 / 02:59 Oleh :
Kategori : Kanada