10 Daftar Oleh Oleh khas Dubai Yang Wajib Dibawa Pulang

Banyak tempat menarik di Dubai yang dijadikan destinasi wisata dunia. Salah satunya mungkin Anda. Nah, beberapa Oleh Oleh khas Dubai adalah hal yang wajib Anda bawa pulang sebagai cendera mata. Dubai adalah salah satu kota yang terletak di wilayah Uni Emirat Arab dan kerap dijadikan destinasi wisata kekinian.

Kebudayaan di Dubai sendiri berkembang seiring pesatnya kunjungan wisata dari mancanegara. Secara tak langsung membuat standar gaya hidup di Dubai perlahan berubah. Acara rutin yang digelar seperti Dubai Shopping Festival adalah event wisata yang berhasil menarik minat turis  untuk berburu oleh-oleh khas Dubai. Nah, apa saja jenis souvenir yang wajib dibawa pulang dari Dubai?

1. Arabic Attars

Oleh-oleh khas Dubai yang terkenal adalah Arabic Attars, sejenis parfum yang disuling dari sari tumbuh-tumbuhan. Parfum yang mempunyai wangi khas ini bebas alkohol dan dapat digunakan oleh pria maupun wanita.

Arabic Attars yang dijajakan pedagang memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan daerah penghasil jenis tumbuh-tumbuhan tersebut. Di beberapa tempat produsen parfum, Anda bahkan bisa mencoba bereksperimen dengan wangi yang diinginkan.

Souvenir khas Dubai ini sangat cocok untuk sebagai hadiah untuk kekasih, atasan, kawan ataupun keluarga terkasih. Anda dapat menjumpai Arabic Attars di Perfume Souk di Deira atau di berbagai Mall di Dubai.

2. Coklat Unta

coklat-unta

Siapa yang tak senang diberi coklat sebagai buah tangan liburan? Semua orang pasti menyukai makanan eksotis nan manis ini. Oleh-oleh khas Dubai yang bisa dibawa untuk orang-orang tersayang berikutnya adalah coklat.

Coklat yang terkenal sebagai ciri khas Dubai ini tentunya berbentuk hewan unta, menyesuaikan dengan asal hewan tersebut. Coklat ini diproduksi oleh Al Nassma, produsen coklat terbesar di Dubai. Dan telah diekspor ke berbagai negara dengan kemasan eksklusif.

Coklat yang memiliki berbagai varian rasa ini akan menjadi makanan yang dinanti keluarga di rumah, jadi sisihkan budget lebih untuk memborong coklat cantik ini.

3. Kurma Dubai

kurma-Dubai

Berlibur ke tempat wisata di Timur Tengah, tentu tidak sah tanpa membeli kurma sebagai oleh-oleh. Ya, buah kering manis ini memang sangat identik dengan negara Arab dan suasana Ramadhan.

Kurma banyak dijadikan camilan yang dicari karena kandungan berbagai nutrisi penting seperti serat, kalsium, besi dan zat gizi lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Jadi Anda bisa menjadikan buah kering ini sebagai camilan sehat pada perjalanan wisata selama di Dubai.

Mungkin Anda bisa menjumpai oleh-oleh khas Timur Tengah ini di tanah air juga. Namun kelebihan berbelanja kurma langsung di negara penghasilnya ini adalah Anda bisa memilih sendiri sekitar 20 jenis kurma dengan rasa khas yang berbeda. 

4. Oudh & Bakhoor

Ada wewangian khas yang dihasilkan dari pembakaran sejenis rempah-rempah alami. Wewangian ini seperti menjadi ciri khas yang akan selalu tercium saat Anda jalan-jalan ke kota Dubai.

Wewangian khas Timur Tengah ini adalah Oudh & Bakhoor, tercipta dari campuran getah sejenis damar yang menghasilkan wangi yang unik. Eksotis dan sensual adalah sensasi aroma yang keluar dari perpaduan pembakaran oudh & bakhoor.

Menjadikan benda ini sebagai oleh-oleh khas Dubai adalah pilihan tepat. Anda tak akan menemukan sensasi wangi ini di tempat wisata lain yang pernah dikunjungi. Karena aroma wanginya yang khas, Oudh & Bakhoor banyak dipilih sebagai kado untuk para wanita.

5. Karpet Persia

Karpet Persia

Negara Timur Tengah sangat terkenal dengan industri karpetnya. Jika Anda mengunjungi Dubai, tak ada salahnya membawa pulang benda yang satu ini sebagai oleh-oleh orang di rumah.

Iran dan Persia adalah negeri yang terkenal sebagai penghasil karpet kualitas terbaik. Motif atau corak unik khas Timur menjadi pilihan utama ketika membeli karpet tersebut.

Pilihlah barang yang benar-benar asli dihasilkan oleh pengrajin disana dengan memesan sendiri corak karpet. Selain otentik tentu karpet pesanan Anda tidak akan sama dengan milik tetangga.

6. Pashmina

Pashmina

Jika Anda memiliki pasangan wanita terkasih atau perempuan yang dihormati, memberikan Pashmina sebagai oleh-oleh khas Dubai, tentu merupakan pilihan yang tepat. Pashmina merupakan souvenir populer yang bisa Anda temui dihampir semua tempat wisata di Uni Emirat Arab.

Pashmina asli yang sering dipakai membalut kepala wanita timur ini terbuat dari bahan wool berkualitas tinggi. Ada semacam uji kualitas untuk membuktikan pashmina tersebut asli atau palsu, yaitu dengan memasukkannya melewati sebuah cincin. Apabila bisa dilalui maka bisa dipastikan barang tersebut asli.

Ketahanan dan kehalusan bahanlah yang menyebabkan harga pashmina asli bisa sedikit lebih mahal, daripada Pashmina palsu yang dijual di kaki lima. Luangkan sedikit waktu untuk menemukan kain cantik ini saat Anda berada di Dubai.

7. Kopi dan teko Arab

Kopi dan teko Arab

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Timur Tengah dulunya dikenal sebagai penghasil kopi. Itulah mengapa ada jenis kopi Arabica yang menjadi salah satu biji kopi pilihan dengan cita rasa enak di dunia.

Tradisi minum kopi ini juga banyak dilakukan masyarakat Arab. Sehingga perangkat minum kopi berikut penyajian khasnya di teko berlapis tembaga bisa Anda temui dan banyak dijual sebagai souvenir khas di Dubai.

Oleh-oleh ini cocok diburu sebagai cindera mata untuk diri sendiri ataupun bos Anda yang mencintai kopi. Tetapi jika Anda bukan pecinta kopi, tak ada salahnya membawa teko cantik ini untuk pajangan di rumah.

8. Perhiasan emas

Perhiasan emas

Banyak yang menjadikan perhiasan emas sebagai souvenir ketika mereka berkunjung ke Dubai ataupun tempat wisata di Timur Tengah lainnya. Ya, perhiasan emas memang menjadi barang yang lazim ditemui di sana. Hal ini tak lepas dari budaya masyarakat Arab yang mencintai perhiasan.

Perhiasan emas yang banyak dijual mempunyai desain menarik dan unik. Perhiasan emas asli ataupun yang dipadu dengan mutiara dan batu-batuan berharga akan membuat benda ini menjadi kado cantik bagi wanita tercinta.

Karena banyaknya pedagang yang menjual perhiasan baik di toko ataupun di kaki lima. Sebaiknya Anda sedikit teliti dalam membeli benda berharga ini. Perhiasan emas yang asli tentu berharga lebih mahal namun pastikan ada sertifikat garansi ketika Anda membelinya.

9. Rempah khas Dubai

rempah-khas-dubai

Masakan di Dubai hampir sama dengan masakan khas Yordania atau negeri Timur Tengah lainnya, tak lepas dari perpaduan rempah-rempah. Jika Anda pecinta jenis masakan berempah, tak ada salahnya membawa pulang bumbu oleh-oleh khas Dubai ini.

Ada satu toko yang bernama The Spice Souk. Toko ini terkenal dengan banyaknya jenis rempah yang dijual. Mereka bahkan mengklaim bahwa jenis rempah yang mereka punya adalah yang terlengkap di wilayah Uni Emirat Arab.

Maka sempatkan untuk berburu bumbu eksotis ini dan membawanya pulang. Rempah ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk istri atau mertua tercinta. Tentu mereka akan sangat senang bisa bereksperimen di dapur dan mengolah masakaan seperti masakan khas India. 

10. Souvenir murah

Untuk Anda yang jalan-jalan ke Timur Tengah dengan budget pas-pas an, tentu masih bisa membawa pulang oleh-oleh khas Dubai sebagai tanda mata kenang-kenangan. Ada banyak sekali oleh-oleh murah meriah di Dubai yang bisa dibawa pulang sebagai cindera mata.

Ada beberapa tempat belanja murah di Dubai yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan souvenir murah meriah. Jika Anda mau meluangkan sedikit waktu untuk mengunjungi jalanan kota Dubai, souvenir seperti Gantungan kunci, kain, kaftan, atau hiasan unik lainnya bisa Anda dapatkan dengan murah.

Textile Souk, Spice Souk ataupun Gold Souk adalah tempat-tempat belanja murah yang bisa di agendakan untuk dikunjungi sesaat sebelum pulang ke tanah air. Pastikan untuk bertanya ke beberapa pedagang terlebih dulu untuk mendapatkan kisaran harga terbaik yang ditawarkan sebelum membeli souvenir tersebut.

Itulah Oleh Oleh khas Dubai yang bisa menjadi gambaran berbagai tempat wisata di Uni Emirat Arab pada liburan mendatang. Sebetulnya tidak ada yang mewajibkan Anda membeli oleh-oleh. Namun kenangan yang tertinggal dari barang yang dibeli saat berlibur itulah yang akan membuat perjalanan Anda menjadi berkesan.

, , , ,
Post Date: Friday 30th, August 2019 / 14:51 Oleh :
Kategori : Uni Emirat Arab