Tempat Wisata Pulau Mabul Yang Wajib Dikunjungi

Pulau MabulPulau Mabul merupakan sebuah pulau kecil di tenggara Kalimantan yang menjadi salah satu destinasi populer di Malaysia. Pulau ini terkenal keindahan dalam lautnya, dan menjadi tempat favorit untuk diving dan snorkeling. Terletak tidak jauh dari Pulau Sipadan yang juga merupakan spot diving terkenal di dunia.

Berbeda dengan Sipadan yang  banyak spesies-spesies besar nya, Mabul sendiri dikenal sebagai surga penyelaman makro, disini anda bisa menemukan Ikan kalajengking, ikan kodok, nudibranch, buaya, pipefish, jawfish, cumi-cum flamboan, gurita cincin biru, dan berbagai krustasea dan banyak bentuk kehidupan laut lainnya yang menarik dan langka yang dapat anda temukan di sini.

Pulau ini ditutupi pohon palem danterdapat  sebuah pantai kecil; Serta Anda dapat dengan mudah menemukan tempat penginapan, mulai dari homestay, hotel dan resort dengan villa airnya yang tersebar di sekitar Pulau.

Jika Anda berkunjung kesini sekitar bulan April, Jangan lewatkan meniknati keseruan festival Regatta Lepa. Serta pulau Mabul juga menjadi tempat untuk kompetisi Miss Scuba International; yang biasanya diadakan spada bulan November.

Cara menuju ke Pulau Mabul

Rute menuju Pulau Mabul hampir sama seperti Pulau-pulau sekitarnya seperti  Kapalai , Pom Pom , Mataking atau pulau-pulau tetangga lainya termasuk Pulau Sipadan. Berikut adalah rute menuju Pulau Mabul:

  • Terbang ke Tawau
    • Bandara Tawau Terletak di Sabah, salah satu negara bagian Malaysia yang  berada di Pulau Kalimantan dan juga letaknya paling dekat dengan pulau Mabul. Penerbangan langsung ke Bandara Tawau tersedia dari 5 kota berikut:
    • Dari Kuala Lumpur, lama penerbangan 2,5 jam dan tersedia 6 penerbangan setiap hari
    • Dari Kinabalu, lama penerbangan 55 menit tersedia 7 penerbangan setiap hari
    • Dari Sandakan, lama penerbangan 40 menit, tersedia 2 penerbangan setiap hari
    • Dari Johor Bahru, lama penerbangan 2,5 jam, tersedia 4 penerbangan per minggu
    • Dari Tarakan (Indonesia), 40 menit, tersedia, 5 penerbangan per minggu
  • Bandara Tawau menuju dermaga Semporna
    • Taksi, Biaya sekitar RM95 per taksi bandara dari Bandara Tawau ke dermaga Semporna. Lama perjalanan sekitar 75 menit. Jika Anda bepergian secara berkelompok, Taksi mungkin menjadi pilihan terbaik karena ongkos taksi dapat dibagi antar anggota kelompok.
    • Bus, Jika Anda berencana naik bus, Anda harus terlebih dahulu berangkat dari Bandara Tawau ke Terminal Bus Sabindo Square Express (di kota Tawau). Untuk sampai ke terminal Anda bisa naik Taksi dari Bandara Tawau hingga ke terminal, lama perjalanan .sekitar 35 menit dengan biaya kira-kira RM 48, kemudian dari terminal menuju Semporna memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan biaya sekitar RM15
  • Speedboat dari Semporna ke Mabul

Lama perjalanan dari dermaga Semprna  ke pulau Mabul sekitar 35 sampai 45 menit (tergantung pada kondisi cuaca), Biasanya Perahu dari Semporna ke Mabul dan pulau-pulau tetangga sudah difasilitasi oleh agen ataupun resort yang anda sewa.

Snorkeling di Mabul

Dive MabulDaya tarik utama snorkeling di Pulau Mabul adalah dimana Anda bisa melihat berbagai jenis kehidupan laut yang tidak terlihat di tempat lain. Snorkeling di Mabul juga sangat berbeda dengan spot-spot diving di Sipadan. Meskipun pulau ini berdekatan, di Sipadan anda akan lebih banyak melihat penampakan ikan-ikan besar; sedangakan di Mabul lebih ke penampakan ikan-ikan makro yang tidak terlalu berbahaya untuk pemula

Sebagai salah satu tujuan menyelam terbaik dunia, snorkling di sini merupakan cara yang bagus untuk menikmati beberapa kehidupan laut terkecil dan langka, tanpa harus menggunakan peralatan dan keterampilan khusus yang diperlukan untuk menyelam scuba.


Diawal perjalanan, Mungkin anda akan menerima pengarahan singkat dari pemandu yang sudah berpengalaman, yang mencakup beberapa aspek seperti keselamatan dasar, cara penggunaan peralatan, apa yang harus diwaspadai dan petunjuk konservasi dimana karang adalah organisme rapuh yang mudah rusak.

Snorkeling tidak membutuhkan pelatihan khusus, hanya kemampuan berenang dan bernapas melalui snorkel. Seperti halnya scuba diving, kegiatan snorkeling juga disarankan untuk berkelompok. Jika anda membawa anak-anak, anda bisa memesan pelampung untuk keselamatan si buah hati. Disini anda juga bisa menyewa kamera bawah laut, untuk mengabadikan momen yang sangat indah ini.

Anda tidak harus tinggal di Mabul agar bisa snorkeling atau menyelam disini. kebanyakan pengunjung lebih memilih tinggal di hotel di Semporna , dimana akomodasi dan perjalanan sehari umumnya lebih murah, jika dibandingkan anda bermalam di Mabul.

Spot-spot Penyelaman di Mabul

MabulSelain anda bisa bersnorkeling di tempat yang dangkal; Anda juga bisa menikmatii menyelam di kedalaman laut Mabul yang juga tak kalah eksotis. Ada lebih dari 15 tempat penyelaman di Mabul yang populer, masing-masing memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Berikut adalah tempat-tempat penyelaman paling populer di Mabul:

  • Lobster Wall, Memiliki kedalaman berkisar antara 10 hingga 40 meter,merupakan spot terdekat dengan pulau mabul; dan memiliki dinding vertikal. Disini terdapat banyak lobster, nudibranch, supir laut, squirrelfish, soldierfish dan boxfish yang dapat dengan mudah anda temukan.
  • Paradise,Memiliki kedalaman antara 5 sampai 18 meter. Di area ini terdapat spesies-spesies  seperti Ghost pipefish, juvenile cuttlefish, frogfish, yellow-spotted burrfish , sea moths, spotted-face moray eels, black-saddled tobies, ribbon eels dan masih banyak lagi yang dapat ditemukan di area ini.
  • Seaventures Oilrig Platform, Sekitar 300 meter di utara spot Sipadan Water Village jetty. Disini anda akan merakan sensasi menyelam di bawah tempat pengeboran minyak. Spot diving disini sedalam 12 sampai 17 meter. Dan disini terdapat spesies-spesies seperti Belut moray, buaya, udang mantis, stonefish, frogfish dan leaffish.
  • Ribbon Valley, Terletak di sebelah selatan Pulau Mabul. Disini anda akan disuguhkan terumbu karang bertingkat sampai ke dasar berpasir sekitar 25 sampai 30 meter. Di sini Anda bisa menemukan butterfly fish, angelfish, damselfish, emperorfish, parrotfish, scorpionfish dan gorgonian, dan beberapa ikan lainya.
  • Eel Garden,Berada di barat daya pulau mabul dan terletak di sebelah ribbon Valley, memiliki kedalaman penyelaman sekitar 10 hingga 25 meter. Disini anda bisa melihat koloni belut taman, frogfish, belut pita, belut moray, udang mantis, gobies dan beberapa spesies yang lain yang menghui tempat ini
  • Crocodile Avenue, Merupakan area dengan Lereng berpasir lembut, sedalam 5 sampai 20 meter. Jarak pandang  berkisar antara 5 hinga 10 meter. Bagus untuk penyelaman malam. Kehidupan laut yang umum di daerah ini meliputi kuda laut, buaya, ghost pipefish dan garden eel

Akomodasi di Mabul

Meskipun untuk menikmati keindahan dalam laut di Pulau Mabul bisa anda lakukan dalam sehari. Tak ada salahnya jika anda menjenakkan diri dan menikmati sensasi menginap di pulau ini. Di Pulau ini menyediakan penginapan dari berbagai harga mulai dari homestay, penginapan, hotel dan resort-resort yang  terletak di tersebar di atas pulau.

Berikut beberapa hotel dan resort yang berada di Pulau Mabul

  • Uncle Chang , Merupakan Pondok kayu yang dibangun di atas laut. Disini terdapat Asrama, double, ruang keluarga dan vila seaview. Semua kamar dilengkapi dengan kamar mandi pribadi. Resort ini juga menyediakan paket 1 hari menyelam di Sipadan untuk 7 orang wisatawan. Harga di resort ini mulai dari RM600 (non-penyelaman), RM720 (2 kali menyelam) dan RM750 (3 kali menyelam).
  • Billabong Scuba, Homestay ini di dibangun diatas panggung di tengah air dengan berbagai jenis kamar yang tersedia. Pilihan meliputi kamar dengan AC dan kamar mandi pribadi. Selain itu puau ini juga menyediakan paket 1 hari menyelam di Sipadan untuk 6 orang wisatawan, harga mulai dari RM848 (3 kali menyelam).
  • Mabul Paradise Lodge, Semua kamar single, double dan triple dilengkapi dengan AC di pondok yang dibangun di atas air. Resort ini juga menediakan Prasmanan nikmat, dek berjemur yang luas dan kamar mandi pribadi tersedia.
  • Arung Hayat Adventures Dive Center,Akomodasi Mabul yang terdiri dari wisma yang dibangun di atas laut. Kamar Fan, Air-cond dan kamar VIP juga tersedia disini.
  • Spheredivers Lodge, Terletak di desa Bajak Laut ( Sea Gypsies ) di pulau ini, homestay ini dibangun di atas panggung di atas lautan.
  • SDC Mabul Lodge, Sebuah pondok tepi pantai dengan 10 kamar yang dilengkapi dengan AC dan kamar mandi en suite (shower air panas), dan 4 Goby room dengan pemandangan desa
  • Seahorse Scuba Lodge, Memiliki kamar standar dengan kamar mandi, kipas langit-langit dan pemandangan laut yang bisa dilihat dari homestay ini.
  • Scuba Jeff,Resoert ini dibangun di atas laut tersedia yang terdapat pantai pribadi disini, Memiliki area ‘tempat tidur gantung’ yang menghadap ke laut.
  • Summer Friends Homestay, Homestay dibangun di atas panggung di tengah sebuah desa nelayan dengan 10 kamar (single, twin, triple & quad sharing) dan 6 kamar mandi terpisah., Semua kamar dilengkapi dengan kipas angin.
  • Borneo Divers Mabul Dive Resort , Memiliki 30 vila bertema tropis. Kamar-kamar dengan Runggus Double yang mewah yang dengan  tempat tidur ala tradisional. Terdapat 14 izin untuk mengujungi pulau Sipadan
  • Seaventures Dive Rig Resort , Anda bisa menyelam sepuasnya di bawah area pengeboran minyak. Dan resort ini memiliki 11 izin untuk penyelaman di Sipadan
  • Mabul Beach Resort , Resor Mabul ini terdiri dari 24 ruang layanan baru yang terletak di depan pantai. Resort ini juga  mengoperasikan Scuba Junkie Backpackers yang berbasis di Semporna. Memiliki 7 izin wisatawan yang ingin menyelam di Sipadan
  • Sipadan-Mabul Resort (SMART), Terdiri dari 40 pondok kayu yang dikelilingi oleh pohon kelapa. Memiliki 14 izin untuk wisatawan yang ingin menyelam di Sipadan. Harga mulai dari RM2168 (US $ 506) per non-penyelam (4 hari 3 malam).
  • MV Celebes Explorer , Satu-satunya liveaboard yang melayani perjalanan ke Mabul, Kapalai dan Sipadan. Perahu ini memiliki 8 kabin. Harga mulai US$943 untuk 9 penyelam (4 hari 3 malam)
  • Mabul Water Bungalows, Resor Mabul super eksklusif dengan 16 unit bungalow kayu mengambang yang dibangun seluruhnya di atas air dengan balkon pribadi yang luas dan menawarkan pemandangan panorama laut yang Indah. Harga mulai RM3103 (US $ 725) per non-diver paket 4 hari 3 malam. izin untuk 14 orang wisatawan ke Sipadan
  • Sipadan Water Village Resort , Tersedia 45 pondok air yang dibangun dengan desain arsitektur Bajau, masing-masing dengan dek pribadi menghadap ke laut.. Harga paket 4D3N mulai dari US $ 1203 per non-diver)

Diatas merupaka hotel, resort dan homestay yang berada di Pulau Mabul. Selain itu,jika anda ingin lebih berhemat, anda bisa menginap di hotel di daerah semporna yang harganya lebih murah. Berwisatalah sesuai budget anda, dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Thursday 22nd, February 2018 / 13:19 Oleh :
Kategori : Malaysia