Indahnya Wisata Pulau Sipadan, Spot Diving Terbaik Di Malaysia

Pulau SipadanPulau Sipadan merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Malaysia. Dan tentu saja pulau ini sangat familiar di telinga orang Indonesia, Karena dulu pernah menjadi pulau persengketaan antara Malaysia dan Indonesia. Karena memang pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa untuk di perebutkan.

Selain memiliki pasir putih dan air lautnya yang bening, di sekitar pulau Sipadan terdapat beberapa spot untuk menyelam yang sangat mengaggumkan, bahkan spot-spot tersebut menjadi salah satu tempat terbaik di dunia untuk aktivitas penyelaman. Hingga pada tahun 2002, akhirnya Pulau sipadan secara sepenuhnya menjadi milik Malaysia melalui persidangan di ICJ.

Akses Menuju ke Sana

Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 50 hektar.  Terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan dan berada di tengah Laut Sulawesi.

  1. Untuk mencapai Pulau Sipadan anda bisa naik pesawat dari Bandara Kuala Lumpur menuju Tawaru,
  2. Selanjutnya dari bandara Tawaru, anda bisa menggunakan bus atau taksi untuk menuju Semporna yang kira-kira berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan.
  3. Setelah itu, anda bisa menaiki speed boat dari dermaga Samporna menuju ke Pulau Sipadan yang memakan waktu kira-kira 45 hingga 60 menitan.
  4. Sambil menaiki boat, anda bisa menikmati keindahan alam dan jernihnya air laut yang cukup memanjakkan mata.

Resort

resort pulau sipadanSejak tahun 2002 setelah Malaysia memenangkan klaimnya atas Indonesia. Semua resort di Pulau Sipadan di tutup guna untuk menjaga kelestariaan lingkungan di sekitar Pulau. Sedangkan untuk resort dan penginapan di pindahkan ke pulau-pulau sekitar Sipadan, seperti Mabul, Samporna dan Kapalai yang letaknya tak Jauh dari Sipadan. Untuk dapat menikmati keindahan Sipadan, anda diharuskan untuk mendaftar jauh-jauh hari, karena kuota untuk sehari dibatasi hanya untuk 120 orang. Biasanya, para wisatawan menghabiskan sekitar 5 hari 4 malam untuk menginap. Dan berikut beberapa harga untuk resort-resort di sekitar Pulau Sipadan.

  • Bungalow Mabul : $935 untuk penginapan dan $2168 untuk satu paket penginapan dan penyelaman.
  • Sipadan Kapalai Dive resort : $926 untuk penginapan dan $1157 untuk satu paket penginapan dan penyelaman.
  • Sipadan Mabul Resort : $651 untuk penginapan dan $1127 untuk satu paket penginapan dan penyelaman.
  • Borneo Dives Mabul Resort : $601 untuk penginapan dan $751 untuk satu paket penginapan dan penyelaman.
  • Seaventures Dive Rig : $505 untuk penginapan dan $2250 untuk satu paket penginapan dan penyelaman.
  • Sipadan Resort Village : $1135 untuk penginapan dan $1800 untuk satu paket penginapan dan penyelaman.
  • Reef Dive Resort : $792 untuk penginapan dan $1214 untuk satu paket penginapan dan penyelaman.
  • MV Celebes Explore : $1038 Perjalanan langsung dengan menggunakan kapal feri.

Harga diatas adalah harga 4 malam 5 hari menginap untuk 1 kamar. Tiap resort memiliki fasilitas dan daya tarik tersendiri. Jadi anda bisa mengukur budget dengan paket tour yang disediakan. Harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu.

Keindahan Sipadan

Diving Pulau SipadanPulau Sipadan sendiri ditetapkan UNESCO sebagai salah satu cagar budaya yang harus dilindungi. Di atas daratan terdapat pasir putih dan juga hutan lebat dengan bukit purbanya setinggi 600 mdpl. Keindahan dalam laut pulau sipadan sudah tidak diragukan lagi.

Terdapat sekitar 3.000 spesies ikan dan ratusan spesies terumbu karang dapat anda temukan disini. Ikan-ikan seperti  barakuda, kura-kura laut, hiu, angelfish, triggerfish, moray dan gobies dapat dengan mudah anda temukan disini.

Jika anda beruntung, anda bisa bertemu dengan hiu paus, dan pari manta yang eksotis. Ketika menyelam anda bisa melihat hingga 20 meter kedalam lautan saking bening nya air di sekitar Pulau ini. Bahkan jika musim kemarau anda bisa melihat hingga 50 meter di dalam air. 


Untuk mengunjungi Pulau Sipadan anda memerlukan izin yang dikeluarkan oleh Sabah Parks. Izin hanya dibatasi sebanyak 120 wisatawan setiap harinya. Hal ini adalah langkah dari  Pemerintah Malaysia untuk meminimalisir kerusakan pada terumbu karang dan kehidupan laut di sekitar Sipadan. Untuk jam kunjungpun juga dibatasi dari jam 08.00 hingga jam 15.00. dan untuk makanan dan minum di Pulau Sipadan tidak terdapat restoran, jadi anda bisa mempersiapkanya dari resort, atau terkadang sudah satu paket dengan penginapan.

peta pulau sipadanTerdapat 12 spot diving yang tersebar di sekitar Pulau Sipadan dan kesemuanya memiliki keunikan tersendiri.  Keduabelas spot itu adalah

  • Hanging Garden, Sebuah taman karang yang berada pada kedalaman satu meter hingga kira-kira 65 meter. Spot menyelam yang menakjubkan ini dipenuhi dengan karang lunak / keras dan banyak ikan-ikan yang berlalu lalang. Disini anda bisa menemukan ikan seperti parrotfish bumphead yang terkenal, Moorish Idol, Batfish dan kerapu yang menjadikan terumbu ini rumah mereka serta banyak anemon dengan ikan badut yang lucu.
  • West Ridge, Spot ini terletak di ujung utara Pulau Sipadan. Terdapat jenis karang hitam yang cukup banyak, disana terdapat banyak jenis ikan karang seperti sweet lips, kerapu karang, ikan kakap berekor kuning , Moorish Idol, Penyu Hawksbill, surgeonfish, dan gold-band fusilier menyebut terumbu ini rumah mereka. Jika anda beruntung anda bisa menemui kura-kura hijau dan napoleon wrasse dengan warna-warni karang keras dan lunak, yang menciptakan taman bawah laut yang indah. 
  • Drop Off, atau biasa disebut Sipadan Jetty terletak di utara Pulau Sipadan. Disini anda akan dengan mudah melihat gerombolan ikan barakuda, tenggiri dan Batfish yang berenang kesana kemari. Selain itu karang disini juga cukup menakjubkan. Terkadang anda juga akan melihat hiu putih dan hiu tutul.
  • Turtle Tomb/turtle cavern, merupakan spot diving yang terkesan paling mistis di Sipadan. Berada 20 meter dikedalaman laut, anda akan menemukan gua yang luas. Penduduk setempat mengatakan bahwa spot ini adalah tempat penyu datang untuk mati, dan memang benar,  disini anda bisa menemukan kerangka penyu yang sudah mati. Meski begitu, disini juga banyak terdapat penyu hidup berlalu lalang.
  • Baracudda Points,Merupakan spot dengan gerombolan besar ikan baracuda. Ratusan barakuda berkumpul di sini dan jika Anda beruntung, Anda mungkin bisa melihat tornado barakuda. Yaitu saat dimana gerombolan barracuda berenang secara spiral dan cepat, yang membentuk dinding ikan yang berputar. Selain Baracuda, disini anda juga bisa melihat hiu moncong hitam, ikan bump-head, Eagle eye, dan ikan cemara. Barracuda Point berjarak sekitar 3 menit naik perahu ke kanan Jetty, dan situs ini terbentang sekitar 20 meter ke bawah. Pastikan untuk berhati-hati terhadap arus di sini, yang terkadang bisa menjadi kuat.
  • Coral Gardens, merupakan surga bagi fotografer bawah air, dengan keragaman karang yang tumbuh dengan hampir semua spesies bawah laut yang ditawarkan sipadan. Disini anda bisa bertemu penyu hijau, ikan cemara badut, wrasse raksasa, hiu macan tutul, udang belalang, kura-kura hijau yang merupakan sebagian kecil dari kehidupan laut yang menakjubkan di sini.
  • White-Tip Avenue, Disini adalah parade kehidupan bawah laut yang memukau. Anda disini bisa menemukan Penyu hijau, penyu sisik, hiu karang putih, hiu moncong hitam, hiu karang abu-abu, Gerombolan Jack Fish dan barakuda serta banyak spesies langka dan aneh.
  • Midreef, Salah satu tempat menyelam Sipadan yang paling berwarna, karena disini anda akan melihat keindahan panorama karang yang berwarna-warni. Berada di sebelah timur pulau, spot ini berjarak sekitar 10 menit dari dermaga dengan kapal, dengan kedalaman menyelam 15-20 meter. Anda akan dimanjakan dengan panorama karang berwarna-warni dan ikan anemon yang mendominasi pemandangan bawah laut disini.
  • Turtle Patch, Disini anda bisa menemukan beberapa penyu, serta Banyak hiu di spot ini. Anda juga bisa menemukan ikan puffer, sweetlips, lionfish, belut moray dan ikan anemon yang cukup banyak di sekitar karang staghorn Anda juga bisa melihat ikan daun bergoyang perlahan di arus. 

  • South Point, Anda bisa mencapainya dengan naik perahu 15 menit dari Dermaga. Pastikan untuk melihat-lihat hiu langka seperti hiu martil dan hiu perontok, yang biasanya hanya terlihat sekitar kedalaman 40 meter. Hiu moncong putih dapat ditemukan di perairan dangkal bersama dengan ikan banner, belut moray, dan berbagai karang keras. Dan berhati-hatilah dengan arus kuat yang ada disini.
  • Staghorn Crest, Disini terdapat Terumbu karang yang berkerudung dengan ukuran besar dan karang hitam yang sangat bagus bagi fotografer di bawah sinar matahari siang. Di dalam taman koral banyak makhluk seperti ikan cemara, ikan kerapu, udang, nudibranch, gobies, angelfish dan beberapa hiu paus dan ikan pari manta yang terkadang bisa anda lihat disini.
  • Lobster Lair, merupakan salah satu spot penyelaman dangkal di Sipadan, anda bisa menemukan ikan pipefish, scorpion fish, lion fidh, kuda laut, ikan kodok dan ikan daun serta hiu macan tutul.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah pada musim panas yang berlangsung dari Bulan Maret hingga Oktober. Satu lagi yang perlu diingat disini adalah keselamatan anda sendiri. Tetap waspada dengan arus laut, dan beberapa ikan yang terlihat cukup berbahaya. Selalu ikuti instruksi dari pemandu, dan happy travelling.

, , , ,
Post Date: Friday 16th, February 2018 / 14:01 Oleh :
Kategori : Malaysia