7 Restoran Halal Di Jepang Untuk Wisatawan Muslim

Islam sebagai agama yang memiliki aturan untuk memakan hanya makanan yang halal, kadang membuat wisatawan muslim merasa ragu untuk pergi mengunjungi tempat wisata atau negara yang tidak memiliki komunitas muslim besar atau yang makanannya kerap menggunakan bahan non halal. Salah satunya Jepang, yang pesona wisatanya tak pernah surut dan selalu diminati para wisatawan internasional termasuk wisatawan asal Indonesia. Berikut restoran halal di jepang:

yakinikuBeberapa wisata di Jepang yang terkenal seperti Fushimi Inari Taisha, sebuah kuil yang terkenal dengan tiang berjejernya atau Teluk Tokyo yang keindahannya menjadi salah satu daya tarik wisata baik orang lokal maupun wisatawan asing. Namun keindahan tempat wisata di sini kadang tak jadi disinggahi para wisatawan muslim hanya karena ketakutan tidak akan menemukan makanan halal.

Mayoritas masyarakat Jepang memang menganut agama yang berbeda dengan Indonesia dan penggunaan bahan makanan non halal banyak digunakan. Namun negeri ini cukup toleran dengan beragam agama di muka bumi dan telah memiliki banyak restoran bersertifikat halal yang cukup digemari. Bahkan makanan khas Inggris yang halal saja bisa didapati salah satunya di tempat makanan halal di London, jadi tak perlu takut Jepang tak akan memilikinya!

Malaychan di Ikebukuro

malaychan

Restoran ini adalah satu-satunya restoran yang telah meraih sertifikasi halal dari pemerintah Malaysia. Di sini menu-menu yang disajikan adalah makanan Peranakan (campuran Malaysia dan China) berupa nasi dengan beragam lauk dan sup serta olahan kari. Makan di sini kamu akan mengeluarkan uang mulai dari 900 Yen untuk makan siang dan 1000 Yen untuk makan malam.

Alamatnya ada di 3 Chome 22-6 Nishi Ikebukuro, Toshima Ku, Tokyo. Jam bukanya berbeda-beda, jadi jangan sampai lupa ya. Hari Senin pukul 17.00 – 23.00 ; Selasa – Kamis 11.00 -12.30 dan 17.00 -23.00 ; Jumat – Sabtu 11.00 -12.30 dan 17.00 – tengah malam dan Minggu 11.00 – 23.00.

Sumiyakiya di Roppongi

sumiyakiya

Roppongi sebagai salah satu area belanja di Tokyo yang cukup terkenal juga memiliki restoran halal. Tempat ini wajib kamu datangi bila kamu adalah pecinta yakiniku dengan sajian lengkap mulai dari daging, sayuran, hingga minumannya. Satu fakta unik adalah mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad pernah makan di sini.

Harga makanan di restoran ini pun masih cukup bisa dijangkau meski pernah didatangi orang penting dari suatu negara. Untuk makan siang harganya mulai dari 1000 Yen dan makan malam mulai dari 4000 Yen. Lokasinya berada di 3-29-16, Nishiazabu, Minato Ku, Tokyo. Jam bukanya juga berbeda-beda yakni Senin – Jumat pukul 11.30 – 15.00 saat makan siang dan 18.00 -23.30 saat makan malam lalu di hari Sabtu buka pukul 18.00 – 23.30. Restoran ini tutup pada hari Minggu dan hari libur.

Gyumon di Shibuya

gyumon

PIlihan lain bagi pecinta yakiniku ada di Shibuya. Restoran bernama Gyumon ini agak kecil namun selalu menjadi kegemaran masyarakat dan wisatawan. Jadi sebelum kamu datang ada baiknya lakukan reservasi terlebih dulu agar tidak menunggu terlalu lama. Salah satu menu favoritnya adalah daging tenderloin. Semua menu daging di sini bisa dipilih ukuran potongannya dan kamu akan bisa bersenang-senang memanggang sendiri dagingmu.

Cocok menjadi tujuan tempat makan sehabis belanja di Shibuya yang juga pusat perbelanjaan, tempat ini buka pukul 17.00 – 23.00 setiap harinya. Harga makanannya mulai dari 3000 Yen. Lokasinya sendiri berada di 3 Chome 14-5 Shibuya, Tokyo.


Hanasakaji-san di Shibuya

Satu lagi restoran yang juga berlokasi di Shibuya adalah Hanasakaji-san yang menyajikan menu shabu – shabu dengan daging ekstra tipis yang sedap dimakan setelah dimasak di dalam kuah kaldu. Restoran ini berada di lokasi yang tidak jauh dari restoran Gyumon. Pergi ke sini, kamu mesti menyiapkan uang yang sedikit lebih banyak yakni mulai dari 2500 Yen untuk makan siang dan kisaran harga sekitar 4000 sampai 18.500 Yen untuk makan malam.

Restoran ini buka setiap hari dengan jam buka berbeda di hari kerja dan akhir pekan. Pada Senin – Jumat jam bukanya adalah pukul 10.30 – 15.00 dan 17.00 – tengah malam. Sementara di akhir pekan restoran ini buka pukul 17.00 – tengah malam.

Kappou Yama di Saitama

kappou yama

Mungkin kamu sering melihat yakitori dan ramen di anime atau dorama Jepang dan ingin sekali mencicipinya saat berkunjung ke Jepang. Namun kamu menyadari bahwa banyak restoran menggunakan kaldu babi yang tentunya tak sesuai dengan aturan Islam. Jangan dulu bersedih, karena Kappou Yama yang berlokasi di Saitama memiliki menu-menu ini dengan sertifikasi 100 persen halal. Bahkan tidak hanya itu, mereka juga memiliki menu bento dan lauk kecil yang bisa diantar.

Lokasinya berada di 3-15-1 Uemine, Chuo ku, Saitama. Dengan harga mulai dari 2000 Yen kamu bisa menikmati banyak menu yang enak. Jam bukanya sendiri hanya dari hari Selasa hingga Minggu pada pukul 19.00 – 21.00 dengan persyaratan kamu harus melakukan reservasi setidaknya sehari sebelumnya. Di hari Senin restoran ini tutup.


Gyoen Ramen Ouka di Shinjuku

ouka

Kembali lagi ke Shinjuku, ada restoran ramen super enak dengan paket menu yang cukup menjanjikan perut kenyang. Sebagai salah satu restoran ramen halal di Jepang, Gyoen Ramen Ouka menawarkan paket yang cukup berbeda dari restoran kebanyakan, yaitu ramen yang disajikan dengan nasi juga yakitori dan ayam bakar. Namun tidak seperti kita yang biasa makan mie instan bersama dengan nasi, fungsi nasi di sini adalah untuk dimakan dengan kuah ramen setelah mie habis. Dijamin kenyang!

Lokasinya sendiri tidak jauh dari stasiun Shinjuku, hanya butuh berjalan sekitar 8 menit. Alamat lengkapnya adalah 1 Chome 11-7 Shinjuku, Tokyo. Harga makanannya dimulai dari 1000 Yen dan restoran ini buka setiap Senin – Kamis pukul 12.30 – 15.00 dan 18.00 – 22.00 juga pada hari Sabtu dan Minggu pada pukul 12.30 – 22.00. Restoran ini tutup di hari Jumat.

Gyukaku di Akasaka

gyukaku

Ingin menikmati yakiniku dengan paket lengkap dan ragam menu yang berbeda? Gyu kaku adalah jawabannya. Gyu kaku adalah salah satu restoran yakiniku paling terkenal di Jepang dan di lokasi ini ia menawarkan paket halal dengan menu Muslim Friendly juga Muslim Friendly Wagyu Course di mana kamu akan disajikan beragam daging mulai dari daging sapi, ayam hingga makanan laut. Tentunya juga lengkap dengan sayur mayur dan lauk yang tak mengandung babi atau alkohol sama sekali.

Bila kamu masih penasaran, seluruh peralatan yang digunakan di restoran ini juga tersertifikasi halal yakni terpisah dari makanan lain yang tidak memiliki sertifikasi halal. Seluruh makanan dimasak dengan alat berbeda dari yang tidak halal. Dicucinya pun pada tempat berbeda dan dengan sabun yang juga halal. Dan semua peralatan juga telah disertifikasi halal oleh Pusat Islam Jepang seperti teko, cawan, mangkuk, dll. Untuk bisa mengunjungi restoran ini, kamu harus melakukan reservasi dahulu setidaknya tiga hari sebelum kedatangan.

Harga makanan di restoran ini mulai dari 4500 Yen. Restoran ini melayani pengunjung setiap hari sejak pukul 11.30 – 3.00 (ya benar, pukul 3 dini hari). Lokasinya sendiri berada di 3-12-11 Akasaka, Central Akasaka Building Lantai 2, Minato ku, Tokyo. Yang perlu diingat adalah, restoran Gyu kaku memiliki cabang di banyak tempat, namun hanya yang berlokasi di Akasaka yang memiliki menu halal dan dikhususkan untuk konsumen muslim.

Demikiana artikel mengenai restoran halal di jepang, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

, ,
Post Date: Thursday 05th, April 2018 / 04:17 Oleh :
Kategori : Jepang