Tempat Wisata Singapore Flyer : Harga Tiket Dan Transportasi

Singapore Flyer Singapura – Menaiki kincir ria adalah hal yang biasa dalam setiap kunjungan ke taman bermain. Namun Singapore Flyer atau yang kerap juga disebut Pelayang Singapura dalam bahasa Melayu ini bukanlah kincir ria yang biasanya. Kincir ria ini berputar selama sekitar 32 menit dan berdiri menunjang setinggi 165 meter atau setara dengan gedung 42 lantai.

Singapore Flyer adalah salah satu ikon dan kebanggaan Singapura karena hingga Maret 2014 kincir ria ini adalah yang terbesar sebelum Amerika Serikat mengambil alih. Berlokasi di 30 Raffles Avenue, #01-07, Singapura 039803, wahana ini mengklaim dapat mengakomodasi hingga 7,3 juta pengunjung per tahunnya termasuk penyandang disabilitas.

Awal Berdiri Singapore Flyer

singapore flyer dari jauh

Singapore Flyer adalah proyek yang dicanangkan oleh Pariwisata Singapura pada 2003. Mereka membeli lahan di sekitar Marina Bay dan bersama beberapa perusahaan mulai mendesain wahana yang dirancang sebagai ikon Singapura. Awalnya, rancangan Singapore Flyer begitu mirip dengan London Eye sehingga menimbulkan kritikan karena tak punya orijinalitas.

Desain awal kemudian berubah dan pembangunan dilanjutkan, namun di tahun 2005 sempat terhenti karena kendala dana. Kemudian dua bank asal Jerman menyuntik dana sehingga pembangunan bisa terus dilanjutkan. Pembangunan selesai pada Oktober 2007 dan mulai dibuka sejak 2008. Publik mendapatkan kesempatan menaikinya pertama kali pada hari Valentine.

Beberapa kendala sempat terjadi selama Singapore Flyer beroperasi. Masalah berkaitan dengan sistem rem, mesin, dan cuaca yang buruk seperti kabut dan polusi namun penumpang selalu berhasil dievakuasi. Setelah kendala terjadi, perusahaan menambah dukungan generator, sistem anti kebakaran, dan pendeteksi panas.

Desain Singapore Flyer

Diameter kincir ria ini adalah 150 meter atau setara dengan panjang dari 87 laki-laki Singapura saat berbaring. Kincir ria ini berdiri di atas lahan seluas 33.700 meter persegi atau setara dengan 172 lapangan tenis. Awalnya, Singapore Flyer berputar berlawanan dengan jarum jam namun kemudian berubah setelah mendapat saran dari seorang ahli Fengshui.

Ada sebanyak 28 kabin dengan tempat duduk, atau yang lebih sering disebut kapsul, berukuran 4 x 7 meter yang tergantung di Singapore Flyer. Ukuran kapsul itu setara dengan sebuah bus kota. Setiap kapsul mampu menampung 28 orang, sehingga totalnya wahana ini dapat menampung 784 orang dalam setiap putarannya. Setiap kapsul juga menyediakan akses bagi pengguna kursi roda.

Untuk mengakomodasi ratusan pengunjung, Singapore Flyer memiliki gedung bertingkat tiga yang dilengkapi dengan beragam fasilitas umum seperti alat pendeteksi keamanan, tempat ibadah, toilet, galeri teknologi, restoran, ruang simulasi terbang, bahkan spa. Gedung juga dilengkapi dengan sistem keamanan layaknya bandara, untuk menjamin keamanan setiap pengunjung.

Melihat Seperti Burung dengan Singapore Flyer

Kapsul Singapore Flyer di siang hari

Dengan desain kapsul yang berdinding transparan, setiap penumpang Singapore Flyer akan memiliki kesempatan untuk melihat seluruh Singapura dalam rotasi 360 derajat dari ketinggian seperti seekor burung. Dilengkapi dengan AC dan material yang kokoh, bahkan bagi yang tidak suka ketinggian, kapsul benar-benar terasa nyaman.

Kamu bisa menikmati panorama Marina Bay Sands, Collyer Quay, Pusat Area Bisnis Singapura, The Fullerton Singapore yang merupakan hotel termewah di Singapura, Teater Esplanade, Merlion Park, dan banyak lagi atraksi terkenal Singapura. Singkatnya kamu akan menyaksikan banyak tempat hingga sejauh 45 kilometer, termasuk beberapa bagian Malaysia dan Indonesia.


Tempat Menarik di Singapore Flyer

Selain keajaiban pemandangan dari ketinggian, Singapore Flyer juga menyediakan beberapa kegiatan lain yang akan membuatmu bisa merasakan Singapura yang seutuhnya.

  1. Journey of the Dreams

Di sini kamu bisa memahami cara kerja Singapore Flyer dengan lebih baik lewat presentasi multimedia yang mempesona. Di sini terdapat tujuh galeri yang masing-masing memberikan presentasi teknologi memukau menggunakan augmented reality. Bagi penikmati sains, Journey of the Dreams adalah area yang harus dikunjungi saat pergi ke Singapore Flyer.

  1. Joyscoot

Kamu bisa menikmati pemandangan baru di sekitar Marina Bay dengan menggunakan skuter elektronik, papan hover, hingga sepeda elektronik dan bahkan kesempatan untuk bisa mempelajari cara menggunakannya.

  1. XD Theater

Di atraksi Singapore Flyer yang satu ini kamu akan bisa merasakan berkompetisi di area gunung bersalju dan seluruh permukaan glasial Arktika lengkap dengan multisensor 6D sehingga kamu akan merasa seperti benar-benar berada tengah es.

  1. Flight Experience

Di sini kamu akan bisa merasakan menjadi pilot selama sehari dan bisa memilih melandaskan pesawatmu di salah satu dari 24.000 bandara di dunia. Dilengkapi dengan kokpit lengkap yang berfungsi seperti pesawat sungguhan dan dipandu oleh instruktur.

Jam Buka Singapore Flyer

  • Setiap harinya, kincir ini buka sejak pukul 8.30 hingga 22.30
  • Loket buka pukul 8.00 dan tutup pukul 22.00
  • Kincir ria memulai pergerakan terakhirnya pada pukul 22.15

Tiket Masuk Singapore Flyer

  1. Harga tiket sebesar 33 dolar Singapura (dewasa), 24 dolar Singapura (lanjut usia), dan 21 dolar Singapura (anak usia 3 – 12 tahun).
  2. Bila membeli tiket online, kamu mungkin bisa memperoleh diskon 10%
  3. Harga tiket termasuk akses gratis ke Journey of the Dreams
  4. Ada juga tiket terusan yang dapat ditemukan di situs Singapore Flyer. Tiket ini termasuk akses ke atraksi lainnya di Singapura seperti Universal Studios, Jurong Bird Park, dan Kebun Binatang Singapura.

Akses Menuju Singapore Flyer

Kapsul Singapore Flyer di malam hariPeta Singapore Flyer tersedia di Google Maps dan dapat ditemukan dengan mudah. Lokasi Singapore Flyer juga cukup dekat dengan berbagai pemberhentian transportasi umum.

  1. Dengan MRT, kamu bisa berhenti di stasiun The Promenade (Circle Line, CC4) dan berjalan keluar lewat pintu A sekitar 5 menit. Cari tanda biru untuk pejalan kaki menuju Singapore Flyers.
  2. Dengan bus, kamu bisa menggunakan bus umum no. 56, 75, 77, 97, 97e, 171, 195, 960, 961C dan berhenti di Temasek Avenue (Halte 02191).
  3. Dari Orchard Road kamu bisa naik bus 106 dan berhenti di salah satu halte di area Temasek Avenue yang berseberangan dengan hotel The Ritz-Carlton
  4. Kamu juga bisa menggunakan bus apapun yang berhenti di Marina Centre Bus Terminal dan melanjutkan dengan berjalan kaki.
  5. Dengan mobil, Singapore Flyer dapat diakses dengan cepat. 5 menit dari Central Business District (CBD), 10 menit dari Orchard Road, dan 20 menit dari bandara Changi.
  6. Singapore Flyer menyediakan area parkir bertingkat sebanyak 284 dan 3 area disabilitas. Untuk bus juga terdapat area parkir sebanyak 25.
  7. Bila ingin menggunakan taksi, umumnya supir taksi juga tahu atau kamu bisa bilang Singapore Flyer di Raffles Avenue. Bahkan di dekat pintu masuk juga terdapat area pick-up dan drop-off taksi.

Tips Mengunjungi Singapore Flyer

  1. Sisihkan waktu setidaknya satu jam untuk menaiki Singapore Flyer dan melihat-lihat beberapa atraksi lainnya.
  2. Beberapa tempat di area Singapore Flyer mungkin memintamu untuk membayar lagi, jangan lupa bawa uang lebih.
  3. Jangan lewatkan promosi tiket terusan bila kamu berencana untuk mengunjungi atraksi selain Singapore Flyer di Singapura, ini bisa menghemat pengeluaranmu.
  4. Bila kamu menyandang disabilitas, lakukanlah reservasi terlebih dulu agar staff Singapore Flyer dapat memberikan tempat terbaik.
  5. Jangan bawa barang-barang terlalu banyak apalagi barang berbahaya yang mungkin mengganggu keamanan umum.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

, , , ,
Post Date: Thursday 22nd, February 2018 / 06:12 Oleh :
Kategori : Singapura