10 Oleh-Oleh Khas Arab Untuk Wanita Terfavorit Yang Wajib Dibeli

Arab merupakan salah satu negara yang sering dikunjungi umat Islam baik dari Indonesia atau negara lainnya untuk menjalankan ibadah haji, umroh, atau bahkan sekedar berjalan-jalan menikmati tempat wisata disana. Ketika berwisata ke Mesir, tak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas mesir begitu pula ketika berwisata ke Arab maka tak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas Arab.

Namun, selera wanita dan pria tentu berbeda sehingga kita perlu membeli oleh-oleh khusus pria dan juga wanita. Tetapi jika ingin lebih mudah dan praktis maka bisa membeli oleh-oleh khas arab yang bisa digunakan untuk pria maupun wanita. Pada pembahasan kali ini, alowisata.com akan memberi rekomendasi oleh-oleh khas Arab untuk wanita baik keluarga ataupun sahabat.

Oleh-oleh khas arab saudi sendiri memiliki berbagai macam pilihan mulai dari pernak-pernik benda unik, makanan khas, hingga kosmetik ataupun alat kecantikan lainnya untuk wanita. Oleh karena itu, jika ingin tahu lebih lengkapnya berikut ini adalah oleh-oleh khas Arab yang bisa Anda beli:

1. Air Zam-zam

Air Zam-zam

Salah satu souvenir khas madinah, Arab Saudi yang sering dicari saat haji atau umroh adalah air zam-zam. Meskipun air zam-zam ini merupakan air suci yang mengalir di bawah wilayah Mekah, Anda tetap bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh Arab Saudi.

Air zam-zam ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas arab untuk pria maupun wanita. Apabila Anda membelinya di tempat zamzamiah langsung, harga yang ditawarkan adalah 5 riyal untuk 10 liter. Sedangkan, jika membeli di luar tempat zamzamiah dibanderol dengan harga 10 hingga 15 riyal.

2. Kurma

Kurma

Australian memiliki salah satu makanan khas australia yaitu pavlova, begitu pula Arab yang memiliki makanan khas salah satunya adalah kurma. Tak heran jika kurma ini banyak dicari wisatawan sebagai oleh-oleh khas Arab.

Kurma banyak diminati karena cita rasanya yang manis. Selain cita rasanya yang manis, kurma ini juga mengandung nutrisi dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk harga kurma asli ini berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 350.000 per kilogram. Jadi, kurma bisa jadi rekomendasi oleh-oleh yang menarik.


3. Henna

Henna

Selanjutnya, oleh-oleh khas Arab yang cocok untuk wanita adalah henna atau sering kita sebut pacar kuku. Selain digunakan untuk mewarnai kuku agar terlihat cantik, henna juga digunakan untuk menghias tangan hingga pergelangan tangan.

Biasanya di Indonesia, henna ini sering digunakan oleh pengantin muslim wanita untuk menghias pergelangan tangan dan kukunya agar terlihat cantik. Pacar kuku yang halal ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 50.000 per lusin. Apabila Amda berwisata ke Maroko maka sempatkan mencoba makanan khas maroko.

4. Lipstik Arab

Lipstik Arab

Lipstik arab bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Arab untuk wanita, karena dapat digunakan wanita beraktivitas sehari-hari agar selalu cantik dan menarik. Meskipun dari wadahnya memperlihatkan warna yang mencolok, namun hasilnya setelah diaplikasikan di bibir tetaplah natural dan terlihat alami.

Harganya pun sangat terjangkau, dengan Rp. 25.000 Anda sudah bisa mendapatkan setengah lusin lipstik arab ini. Tips menggunakannya adalah cukup oleskan secara tipis dan merata untuk hasil yang natural. Tak hanya di Arab, ketika berkunjung ke qatar, Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas qatar untuk wanita maupun pria.

5. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil merupakan olahan buah zaitun, pohon tradisional, dan basin mediterania yang menghasilkan minyak. Manfaat dari minyak zaitun ini sendiri biasanya digunakan dalam perawatan kulit atau untuk menjaga kecantikan.

Selain digunakan untuk menjaga kecantijkan, minyak zaitun ini juga bisa dimanfaatkan dalam bidang kesehatan misalnya mengatasi penyakit jantung koroner. Minyak zaitun ini dibanderol dengan harga sekitar 5 hingga 15 riyal per botol. Arab sendiri masih serumpun dengan Turki, sehingga Anda juga bisa mencoba pergi ke tempat wisata di turki.

6. Mukena

Mukena

Memberi oleh-oleh mukena tentu akan bermanfaat karena bisa digunakan untuk sholat. Jadi, tak ada salahnya jika ingin membeli oleh-oleh yang satu ini. Motif dan harga yang bervariasi bisa Anda pilih sesuai selera dan biaya yang dimiliki.

Mukena ini sendiri dibanderol dengan harga yang berbeda-beda mulai dari Rp. 35.000 hingga Rp. 70.000 per buahnya. Sehingga, jika ingin membelinya sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Ketika pergi ke luar negeri, kurang puas jika tidak membeli oleh-oleh khas negara tersebut, termasuk membeli oleh-oleh khas malaysia saat ke malaysia.

7. Sajadah

Sajadah

Sajadah bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas arab untuk pria maupun wanita, karena bisa digunakan oleh keduanya. Berbagai motif dan gambar seperti kaligrafi ataupun motif islam lainnya bisa menjadi pilihan, yang tentunya dengan harga bervariasi.

Ada berbagai pilihan sajadah dari buatan arab hingga china, dengan harga dan motif yang beragam pula. Untuk harga, sajadah memang jauh lebih murah dibandingkan dengan mukena yaitu sekitar Rp. 250.000 hingga Rp. 3.500.000 per kodi. Sehingga cocok bagi Anda yang memiliki budget terlalu banyak. Dan bisanya sajadah ini dujadikan sebagai oleh-oleh khas haji maupun umroh.

8. Tasbih

Tasbih

Oleh-oleh khas umroh yang juga merupakan oleh-oleh khas Arab selanjutnya adalah tasbih. Orang-orang Arab biasanya menyebut tasbih ini dengan nama berbeda-beda, misalnya misbahah, taasabih, nizam, dan subhah. Jumlah batu dalam setiap tasbih pun beragam, ada yang jumlahnya 99 dan ada pula yang jumlahnya hanya 33.

Namun, meski jumlahnya berbeda tasbih 33 batu tetap bisa digunakan dengan cara mengulang membacanya sebanyak sembilan kali. Tak hanya jumlah batuan yang bervariasi, bahan yang digunakan dan harganya pun beragam. Untuk oleh-oleh Anda bisa membelinya dengan harga 10 riyal per 20 buah. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan tasbih dengan batuan yang spesial seperti permata maka perlu mengeluarkan uang lebih karena bisa dibanderol harga ribuan riyal.

9. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci

Saat berkunjung ke luar negeri misalnya Beijing tentu akan menemukan oleh-oleh khas beijing berupa gantungan kunci. Begitu pula ketika berwisata ke Arab, maka kita juga bisa membeli oleh-oleh berupa gantungan kunci.

Terdapat berbagai gambar dan bentuk gantungan kunci mulai dari gambar ka’bah hingga gambar lainnya. Harganya pun terbilang murah yaitu sekitar Rp. 39.000 untuk satu lusinnya. Gantungan kunci ini cocok jadi oleh-oleh dalam jumlah yang banyak.

10. Parfum Arab

Parfum ArabKetika berkunjung atau berwisata ke Jerman, biasanya kita akan menemukan oleh-oleh khas Jerman seperti parfum. Sama halnya dengan Jerman Arab juga memiliki oleh-oleh khas berupa parfum arab yang memiliki wangi khas berbeda dari parfum di Eropa.

Parfum Arab ini cocok menjadi oleh-oleh untuk sahabat atau saudara baik pria maupun wanita. Tak hanya wanginya yang khas, parfum arab juga hala sehingga cocok bagia umat muslim. Anda bisa mendapatkan parfum-parfum Arab terbaik di Jeddah yang terkenal sebagai surganya parfum. Harganya pun bervariasi mulai yaitu 45 hingga 65 riyal.


Itulah 10 oleh-oleh khas Arab untuk wanita yang bisa menjadi pilihan Anda ketika sedang mencari buah tangan setelah berwisata di sana. Pilih barang dengan kualitas terbaik dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Bagi jamaah haji atau umroh yang ingin membeli dalam jumlah banyak namun terkendala dengan batas maksimal bagasi, maka Anda bisa membelinya di toko pusat oleh-oleh haji/umroh di Indonesia.

Namun, Anda juga bisa membeli beberapa barang khas Arab asli sebagai kenang-kenangan. Misalnya untuk sahabat atau saudara wanita Anda, oleh-oleh khas arab yang cocok adalah mukena, henna, lipstik, parfum, atau peralatan kosmetik lainnya. Anda juga bisa memilih makanan-makanan khas Arab sebagai buah tangan seperti kurma. Sajadah dan tasbih juga bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh atau souvenir khas Arab.

, , , ,
Post Date: Saturday 28th, April 2018 / 03:21 Oleh :
Kategori : Arab Saudi