8 Oleh-Oleh Khas Arab Untuk Pria Yang Paling Dicari

Arab Saudi merupakan destinasi wisata populer bagi warga Indonesia khususnya umat muslim. Banyak warga Indonesia melakukan ibadah umroh maupun naik haji di Arab Saudi. Selain untuk menunaikan kewajiban sebagai umat muslim, and juga bisa menikmati wisata santai di Arab Saudi.

Mengunjungi tempat wisata di Arab Saudi akan terasa kurang tanpa membawa oleh-oleh bagi kerabat maupun sanak saudara. Banyak oleh-oleh khas Umroh yang bisa anda beli seperti air zamzam atau tasbih. Begitu pula oleh-oleh makanan khas Arab yang lezat yang bisa anda bawa pulang seperti kurma dan berbagai macam kacang-kacangan.

Terdapat pula barang-barang khusus pria yang tersedia di pasar-pasar tradisional Arab. Mulai dari parfum khas Arab atau aksesoris tertentu. Oleh-oleh tersebut bisa anda berikan untuk pasangan, orang tua, maupun teman-teman dekat anda. Berikut oleh-oleh khas Arab untuk Pria yang bisa anda beli.

1. Tasbih

arab.12Tasbih merupakan salah satu benda religius khas umat muslim. Umat muslim menggunakan tasbih untuk beribadah atau pajangan di mobil maupun rumah. Tasbih biasanya terbuat dari batuan atau kayu.

tidak hanya di tempat wisata di Hongkong, batu giok juga bisa anda temukan sebagai bahan manik-manik tasbih. Ada pula tasbih terbuat dari kayu kokka. Tasbih memiliki variasi bahan juga yang terbuat dari batu mulia seperti permata. Tidak hanya untuk beribadah, tasbih juga menunjukan status sosial seseorang.

Anda bisa menemukan berbagai macam tasbih di pasar-pasr tradisionla di Arab. Khisaran harga untuk tasbih biasa pada umumnya adalah 25 Riyal (sekitar Rp 90.000). Anda juga bisa membeli dalam jumlah lusinan sebagai oleh-oleh untuk kerabat pria anda seharga 500 Riyal (sekitar Rp 1,8 juta). Adapula tasbih yang terbuat dari batuan mulia untuk pasangan pria atau orang tua anda yang bisa dibeli seharga rata-rata 272 Riyal (sekitar Rp 1 juta).

2. Sajadah

arab.11Sajadah juga merupakan salah satu perlengkapan umat muslim. Sajadah juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Arab untuk Pria. Layaknya permadani dari tempat wisata di Mesir, sajadah Arab memiliki ukuran yang lebih kecil dan motif yang indah.

Sajadah untuk umat muslim yang dijual di Arab biasanya memiliki motif bordiran kaligrafi arab, pemandangan Mekkah dengan masjid, pemandangan kota Madinah, dan berbagai ikon yang bertema muslim.

Sajadah-sajadah indah tersebut bisa anda beli sebagai oleh-oleh di pasar tradisional di Arab atau area sekitar masjid. Biasanya satu buah sajadah khas Arab ini dibandrol dengan harga 10 Riyal (sekitar Rp 23.000) hingga 100 Riyal (sekitar Rp 230.000), sesuai dengan tingkat kesulitan bordir dan bahan kain sajadah.


3. Miswak

arab.13Miswak merupakan kisat gigi kuno asal Arab yang dulunya dipakai oleh Nabi Muhammad (swa) untuk menyikat gigi. Sikat gigi kuno ini terbuat dari akar pohon miswak, tanaman khas Arab.

Sikat gigi unik dan kuno satu ini bisa menjadi oleh-oleh untuk kerabat maupun teman-teman pria anda.

Anda bisa membeli sikat gigi dari akar pohon miswak ini di pedang asongan di sekitar Mekkah. Para pedagang asongan biasanya menjual miswak dalam jumlah lusinan yang dibandrol dengan harga 10 Riyal (sekitar Rp 23.000). Sangat murah bukan?

4. Kopiah

arab.14Seperti halnya mukena pada wanita, kopiah merupakan pelengkap bagi kaum pria saat menjalani sholat di masjid umum. Kopiah memiliki berbagai motif dan bentuk. Mulai dari yang hitam polos hingga yang memiliki bordiran. Kopiah memang sudah sering dijumpai di Indonesia, namun apa salahnya membeli kopiah di Arab sebagi oleh-oleh untuk kerabat maupun teman-teman pria anda.

Anda bisa menemukan kopiah berbahan benang kait warna-warni di dekat Masjid Nabawi. Selain motifnya yang memiliki warna menarik, kopiah berbahan benang kait juga nyaman digunakan.

Harga untuk kopiah berbahan benang kait dari Arab ini biasanya dibandrol dengan harga 2 Riyal (sekitar Rp 7.000) hingga 5 Riyal (sekitar Rp 17.500). Sangat murah dan terjangkau.

5. Hajar Jahanam

arab.15Ini dia oleh-oleh khas Arab untuk pria yang paling dicari oleh wisatawan tanah air, yaitu Hajar Jahanam. Hajar Jahanam merupakn obat kuat pria yang terbuat dari ramuan tradisional Mesir dalam bentuk batuan. Obat ini tidak diminum, oleh karena itu aman digunakan. Tersedia dalam bentuk spray, oles, dan roll on.

Memang banyak Hajar Jahanam yang sudah dijual di tanah ari melalui toko-toko online. Namun ada baiknya anda beli langsung di Arab agar mendapatkan yang asli. Karena Hajar Jahanam palsu bisa berisiko untuk penggunanya.

Obat kuat populer satu ini bisa anda dapat di Pasar Balad di Jeddah atau berkelilinglah di sekitar Zam Zam Tower di Mekkah.

Harga Hajar Jahanam perkemasannya dibandrol seharga 5 Riyal (sekitar Rp 18.000) hingga 25 Riyal (sekitar Rp 88.000) sesuai dengan berat kemasan.

6. Parfum Arab

arab.16Di Indonesia, parfum Arab merupakan salah satu produk yang populer dengan berbagai pilihan dan variasi aroma. Jika anda berkunjung ke Arab jangan lupa membeli parfum sebagai oleh-oleh untuk kenalan pria anda, pasangan maupun orang tua.

Anda bisa membelinya di Pasar Bab Mekkah. Pasar ini merupakan pasar tradisional di Arab yang mejual berbagai oleh-oleh dengan harga murah. untuk sebotol parfum berukuran 100 ml dijual dengan harga 50 Riyal (sekitar Rp 150.000). Di Indonesia, harga parfum 100 ml bisa mencapai Rp 500.000, jauh lebih murah bukan?

Tersedia berbagai brand parfum Arab yang bisa anda pilih sebagai oleh-oleh.

7. Thawb, Baju Pria Khas Arab

arab.17Setiap negara pasti memiliki baju khas. Seperti halnya kimono yang bisa disewa di tempat wisata di Jepang. Adapun busana pria khas Arab yang biasa disebut dengan Thawb.

Busana ini merupakan busana terusan sederhana berwarna putih berlengan panjang dan memiliki bagian yang panjang pula sampai mata kaki. Busana ini biasanya digunakan saat sedang merayakan perayaan besar. Namun ada pula pria-pria Arab yang memakai busana ini sehari-hari dengan sorban. Raja Arab juga selalu menggunakan busana satu ini di setiap kesempatan, begitu pula saat berkunjung ke Indonesia.

Biasanya busana tradisional satu ini berbahan katun. Didesain khusus menyesuaikan dengan iklim di Arab yang sangat panas. Tak perlu khawatir berkeringat karena modelnya yang hampir menutupi seluruh tubuh. Selain dapat melindungi kulit dari sinar matahari, bahannya tetap nyaman digunakan saat udara panas. Baju ini bisa anda jadikan oleh-oleh khas Arab untuk pria seperti, pasangan, atau orang tua. Bisa digunakan untuk merayakan Lebaran.


8. Baju-baju brand Ternama

arab.18Kunjungi pasar Tahlia Street, yang disebut-sebut sebagai pusat perbelanjaan di Arab yang paling besar. Di sini tersedia berbagai baju brand ternama lokal maupun mancanegara seperti Gucci, Prada, Giorgio Armani, dan masih banyak lagi yang biasa anda temukan di tempat wisata di Paris.

Kemeja atau kaos polo dari brand ternama bisa menjadi pilihan oleh-oleh untu pria sepulangnya anda dari Arab. Bisa diberikan untuk pasangan maupun kerabat dekat.

Karena memiliki kualitas yang bagus alias bukan kw, pakaian-pakaian di kawasan Tahlia Street memang terkenal mahal pula. Untuk harga pakaian perpotongnya bisa mencapai ratusan hingga ribuan Riyal. Namun, harga yang ditawarkan sebanding dengan produk yang anda dapatkan.

, , , ,
Post Date: Friday 20th, April 2018 / 02:41 Oleh :
Kategori : Arab Saudi