10 Tempat Bersejarah Di Australia Terfavorit Wisatawan

Setiap negara pasti punya latar belakang sejarah yang menarik dan menyisakan bukti sejarah. Termasuk benua Australia. Australia merupakan sebuah lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi posisi Australia tidak begitu jauh dari Indonesia. Hal ini menjadikan cukup banyak wisatawan asal Indonesia yang berlibur bahkan Backpacker Ke Australia. Bagi Anda yang suka dengan wisata sejarah, berikut ini ada beberapa tempat bersejarah di Australia yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi.

1. Port Arthur

Port ArthurSalah satu tempat sejarah di Australia adalah Port Arthur yang merupakan satu dari 11 situs narapidana Australia. Situs ini masuk ke dalam daftar UNESCO sebagai contoh terbaik dari transportasi napi dalam skala besar.

Port Arthur juga merupakan salah satu tempat wisata di Tasmania yang terkenal. Kawasan ini dibangun pada tahun 1830-an. Kawasan ini memiliki lansekap pemandangan yang indah namun juga menyimpan kisah sejarah yang kelam dari masa lalu.

Pada masa itu Port Arthur dikenal sebagai penjara yang kejam dengan area sekitarnya diisi dengan ikan hiu. Sehingga upaya melarikan diri dari penjara ini tidak akan mudah. Apalagi dengan adanya penyiksaan kejiwaan yang benar-benar kejam pada masanya.

2. Melbourne Royal Exhibition Building

Melbourne Royal Exhibition BuildingMelbourne Royal Exhibition Building merupakan sebuah Tempat Wisata Di Australia, bangunan bersejarah yang didirikan ketika terdapat gerakan pameran internasional besar-besaran pada masa lalu. Tepatnya setelah Pameran Crystal Palace di London pada sekitar 1850-an.

Melbourne Royal Exhibition Building dibangun untuk menampung pameran internasional di Melbourne. Pembangunan bangunan ini selesai pada tahun 1880. Pameran pertama dilakukan pada tahun yang sama.

Gedung ini didesain oleh Joseph Reed yang merupakan seorang arsitek. Desain gedung terinspirasi oleh beberapa langgam arsitektur, mulai dari Bizantium hingga Renaissance. Situs ini sudah masuk ke dalam warisan dunia UNESCO.

3. Old Melbourne Gaol

Old Melbourne GaolTempat bersejarah di Australia berikutnya adalah Old Melbourne Gaol yang merupakan sebuah bangunan megah yang dibuka pada tahun 1845. Old Melbourne Gaol merupakan bangunan untuk penjara dan eksekusi para penjahat di masa lalu.

Ada lebih dari 130 orang yang dieksekusi di sana. Namun fungsi bangunan ini tidak bertahan lama, karena pada tahun 1924, bagunan itu ditutup. Bagian-bagian strukturnya dimasukkan ke dalam Royal Melbourne Institute of Technology pada tahun 1970-an.

Saat ini gedung berfungsi sebagai sebuah museum dengan tiga lantai. Di dalamnya terdapat wisata sejarah dan edukasi yang berkaitan dengan penjara dan segala macam karakteristiknya.


4. National Museum of Australia

National Museum of AustraliaNational Museum of Australia atau Museum Nasional Australia merupakan sebuah museum bersejarah yang menarik untuk dieksplorasi saat Anda menginginkan sebuah wisata sejarah yang sederhana namun cukup lengkap.

Hal ini dikarenakan National Museum of Australia memiliki koleksi yang berkaitan dengan budaya, sejarah, dan juga warisan khas Australia. Tampilan museum lengkap dengan informasi, artefak dan juga presentasi multimedia.

Di dalam National Museum of Australia pengunjung bisa mengeksplroasi berbagai tema, masalah, dan juga peristiwa yang pernah terjadi di Australia secara lebih lengkap. Sehingga cocok untuk wisata yang singkat.

5. Hyde Park Barracks

Hyde Park BarracksTempat bersejarah di Australia berikutnya adalah Hyde Park Barracks Museum. Museum ini menempati bangunan bata dan dirancang oleh arsitek Francis Greenway pada tahun 1818.

Tempat ini merupakan museum terbuka untuk umum yang bisa dimasuki dengan harga yang terjangkau. Situs ini terdaftar sebagai salah satu Daftar Warisan negara bagian New South Wales dan UNESCO.

Anda bisa mengunjungi situs bersejarah ini untuk melihat lebih dekat mengenai dunia penjara di Australia pada masa lalu.

6. Fremantle Prison

Fremantle PrisonPenjara Fremantle, disebut juga sebagai Fremantle Gaol atau Fremantle Jail, adalah bekas penjara Australia. Penjara ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia di Fremantle, Australia Barat.

Situs seluas 6 hektar ini terdiri dari penjara, gerbang, dinding perimeter, cottage, dan juga terowongan. Pada awalnya situs ini digunakan unruk narapidana dari Inggris.

Penjara ini pernah mengalami kekacauan pada tahun 1988 dimana kerusuhan terjadi karena ketidakpuasan tahanan. Dimana penjaga disandera dan penjara mengalami kebakaran. Akibatnya penjara ditutup pada 1991.

7. Bennelong Point

Bennelong PointTempat bersejarah di Australia berikutnya adalah Bennelong Point. Di sanalah Sydney Opera House berada. Tempat ini memang merupakan area bersejarah di Australia.

Bennelong Point adalah sebuah tanjung dengan pantai kecil di area baratnya. Pulau ini menjorok ke Port Jackson pada tahun 1788 dan sering dimanfaatkan untuk mengurung ternak.

Kawasan ini juga pernah menjadi area yang dipenuhi dengan kulit tiram. Kulit-kulit tiram ini dikumpulkan oleh wanita lokal yang tinggal di sana dan juga oleh tahanan wanita. Tiram ini kemudian dibakar untuk semen mortar dan batu kapur. Hasil inilah yang digunakan untuk pembangunan.

8. Fort Scratchley

Fort ScratchleyFort Scratchley merupakan sebuah situs bersejarah berbentuk benteng di kawasan pesisir New South Wales. Benteng ini dibangun pada sekitar tahun 1800-an dan merupakan salah satu yang menarik untuk dikunjungi.

Benteng memiliki jaringan terowongan yang bisa dijelajahi selama tur wisata. Pengunjung akan melihat benteng dan sejarah militernya. Benteng ini juga terlibat pada peristiwa besar di masa lalu yaitu Perang Dunia II.

Fort Scratchley buka setiap hari kecuali Selasa. Anda bisa mengunjunginya sejak pukul 10.00 hingga 16.00 waktu setempat. Dari Sydney, tempat ini bisa dikunjungi dengan perjalanan kurang lebih 2 jam dengan kereta api dari Central Station Sydney.

9. Maitland Gaol

Maitland GaolTempat berikutnya yang menarik untuk wisata sejarah di Australia adalah Maitland Gaol. Tempat ini dikenal juga sebagai Maitland Correctional Center.

Maitland Gaol adalah sebuah bekas penjara di Australia yany berada di New South Wales, East Maitland. Bangunan ini didirikan pada tahun 1844. Adapun tahanan atau napi pertama mulai memasuki bangunan ini sejak tahun 1848.

Mailtand Gaol ditutup pada tahun 1998. Sejak saat itu gaol ini menjadi yang terpanjang di Australia. Kini gaol ini menjadi sebuah museum. Pada tahun 1999, Maitland Gaol masuk ke dalam daftar warisan budaya New South Wales.


10. Kakadu National Park

Kakadu National ParkWisata sejarah tidak hanya bisa dilakukan di bangunan kuno atau museum yang menyimpan artifak klasik. Namun bisa juga dilakukan di sebuah taman nasional yang terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu. Salah satunya adalah Kakadu National Park.

Taman nasional ini adalah yang terbesar di Australia. Situs ini sudah masuk ke dalam daftar UNESCO. Anda akan mendapati pemandangan alam yang cantik dan memukau.

Ada tebing curam dan juga hutan hujan. Anda juga bisa menemukan bebatuan cadas yang sudah berusia 50.000 tahun. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa mempelajari kebudayaan dari suku Aborigin, suku asli Australia. Flora dan fauna yang masih asri juga bisa dinikmati di sana.

Demikianlah beberapa tempat bersejarah di Australia yang menarik dan bisa dikunjungi saat berwisata ke Australia. Ketahui juga Cara Apply Visa Australia untuk Anda yang sudah merencanakan liburan ke sana. Semoga bisa memberikan referensi wisata yang bermanfaat untuk Anda.

, , ,
Post Date: Friday 16th, November 2018 / 01:51 Oleh :
Kategori : Asia