17 Tempat Wisata di Kundasang Malaysia Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Bagi yang sedang mencari referensi  tempat wisata alam Malaysia, mungkin kota Kundasang yang berada di Sabah, Malaysia  bisa menjadi salah satu pilihannya. Kota Kundasang ini dianugerahi dengan panorama alam khas pegunungan yang indah karema kota ini merupakan kota terdekat dengan Gunung Kinabalu

Kota Kundasang ini terkenal juga akan hasil pertaniannya yang baik yang dijual petani di pasar sayurnya yang buka setiap hari. Selain itu, kota kundasang ini terkenal dengan Tugu peringatannya yang dibangun untuk mengenang tawanan perang Australia dan Inggris yang gugur pada perang di Ranau pada waktu Perang Dunia II

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Kundasang yang mempunyai pemandangan ini dan wajib dikunjungi ketika berada di Negara Malaysia, khususnya di Sabah

1. Taman Nasional Kinabalu

Taman Nasional Kinabalu

Di Gunung Kinabalau yang lokasinya tak jauh dari Kundasang terdapat sebuah taman nasional seluas 754 KM yang mengelilingi Gunung tersebut. Taman Nasional Kinabalu ini merupakan taman Nasional pertama di Malaysia dan juga warisan dunia pertama dari Malaysia yang diakui UNESCO sejak tahun 2000

Taman Nasional Kinabalu yang didirikan pada tahun 1964 ini  merupakan kawasan cagar alam dan habitat bagi beragam fauna dan flora. Setidaknya di taman ini tercatat ada 112 spesies mamalia, 21 spesies kelelawar, 326 jenis butung dan juga 62 jenis katak

Taman Nasional Kinabalu ini juga menawarkan berbagai pemandangan alam khas pulau Borneo yang indah dan pasti membuat para pengunjungnya jatuh cinta. Gunung Kinabalu yang mempunyai ketinggian sekitar 4000 mdpl ini juga menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan untuk mendaki gunung.

Satu hal menarik yang ada di tempat wisata Taman Nasional Kinabalu ini adalah juga terdapatnya tempat pameran flora dan fauna Taman Nasional Kinabalu. Di tempat ini juga pengunjung juga terdapat permandian air panas yang ada di ketinggian 400 mdpl yang juga menjadi favorit banyak pengunjung.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di taman Nasional Kinabali ini juga disediakakn berbagai tempat penginapan yang nyaman dengan fasilitas yang cukup lengkap.

2. Desa Cattle Dairy Farm

Desa Cattle Dairy Farm

Tempat wisata di Kundasang ini merupakan sebuah desa yang lokasinya berada di kaki gunung Kinabalu di di ketinggial 1515 mdpl. Di desa ini pengunjung bisa melihat peternakan sapi dan juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan atau ikut memerah susu sapi.

Di Desa Cattle Farm setidaknya terdapat 5 kandang sapi yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk memberi makan sapi di sini. Pengunjungpun bisa melihat aktivitas pemerahan susu sapi di desa ini pada pukul 14.30-16,30 waktu setempat.


Di Desa Cattle Farm yang luasnya sekitar 199 hektar ini setidaknya menghadilkan 900 liter susu sapi per tahunnya, Susu Sapi tersebut sebagian besar berasal dari sapi Fresian, yang merupakan jenis sapi dengan produksi susu terbesar dari semua jenis sapi.

Di tempat ini pengunjung juga dapat membeli berbagai olahan dari produk susu seperti es krim dan pancake maupun susu itu sendiri. Para wisatawan banyak yang rela antre untuk membeli berbagai olehan produk susu yang di jual di desa ini.

Pengunjung juga bisa melakukan swafoto di desa ini dengan latar belakang yan bagus maupun membeli oleh-oleh khas Malaysia di toko souvenir yang ada di pintu masuk desa ini.  Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Desa ini dikenakan biaya tiket masuk sebesar 4 hingga 5 RM per orangnya.

3. Kundasang War Memorial

Kundasang War Memorial

Tempat wisata di Kundasang ini merupakan tempat bersejarah di Sabah, khususnya Kundasang yang menjadi favborit bagi para wisatawan jika berkunjung ke kota ini. Tugu peringatan perang ini dibangun untuk tahun 1962 mengenang para tawanan perang Inggris dan Australia yang gugur di Sandakan dan Pawai Kematian ke Ranau pada Perang Dunia II.

Tugu peringatan yang pembangunanya diarsiteki oleh J.C Robinson ini mempunyai 4 taman yang melambangkan tanah air mereka yang telah gugur. Keempat taman  yaitu Taman Inggris, Taman Australia,  Taman Borneo dan juga Taman Kontemplasi yang mempunyai taman refleksi dan juga pagoda.

Di Taman Australia terdapat sebuah bendera Australia dan plakat perunggu serta panel yang diciptakan oleh Ross J Bastian tahun 1988. Di Taman Inggris pengunjung bisa melihat kebun mawar serta marmer hitam dan bendera Britania Raya untuk mengenang para tawanan Inggris.

Di Taman Kalimantan ditanam beberapa spesies anggrek langka yang merupakan tanaman asli Sabah sebagai bentuk penghormatan terhadap para korban dari Kalimantan, khususnya Sabah. Sedangkan di Taman Kontemplasi ini juga terdapat monumen yang memasang daftar nama korban perang di Ranau tersebut.

Tempat wisata Kundasang Memorial Park ini berada sekitar 90 km atau 2 jam perjalanan dari kota Kinabalu, Sabah Malaysia. Bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Taman Memorial Perang Kundasang ini dikenakan biaya RM 10 dan jam buka tempat wisata ini dibuka mulai pukul 08.30-17.30 waktu setempat.

4. Sosodikon Hill Kundasang

Sosodikon Hill Kundasang

Tempat wisata di Kundasang ini bisa menjadi salah satu tempat pendakian yang sebaiknya dikunjungi sebelum mendaki Gunung Kinabalu. Tempat wisata yang bernama Sosodikon Hill Kundasang ini hanya membutuhkan 20 menit pendakian untuk mencapai puncak bukit dengan berjalan kaki.

Pemandangan indah yang ada di atas bukit ini sungguh menjadi seperti hadiah yang bisa didapatkan setelah berjuang mendaki bukit ini. Sosodikon Hill Kundasang ini juga sering disebut penduduk sekitar sebagai bukit piramida karena bentuk dari bukit ini yang menyerupai piramida.

Tempat wisata ini terletak kurang lebih 5 km dari pusat kota Kundasang dan tak jauh dari Desa Cattle Dairy Farm. Untuk dapat menikmati pemandangan yang indah di bukit ini disarankan untuk mendaki sebelum jam 6.30 pagi agar dapat melihat matahari terbit dan juga pemandangan Gunung Kinabalu

Pintu Gerbang dari Sosodikon Hill Kundasang berjarak sekitar 1,5 km dari Jalan utama dimana pengunjung diwajibkan meninggalkan kendaraannya di sana. Di pintu gerbang tersebut pengunjung dapat membeli tiket masuk ke Sosodikon Hill Kundasang di loket yang disediakan sebesar 3 RM per orangnya.


Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Malaysia, khususnya di  kota Kundasang yang sayang untuk dilewatkan . Selain tempat wisata yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa tempat wisata di Kunndasang lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, seperti :

  • Arnab Village Kundasang
  • Taman Botani Kundasang
  • Little Wonderland Taman Rekreasi Batu 5 Ranau
  • Kemuncak Lows
  • Roundabout monument Kundasang
  • Lembah permai Kundasang
  • Mesilau Village Kundasang
  • Pooring Treetop Canopi Walk
  • Nabalu Market
  • J,S Nursery Kundasang
  • Strawberry and Rose Garden Kundasang
  • Cristal Hill
  • Dream World Resort Kundasang
  • Dan masih banyak lagi tempat lainnya

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terutama bagi yang membutuhkan rekomendasi tempat wisata dan tips liburan ke Malaysia, khususnya ke Kundasang. Mohon maaf jika ada salah kata dan terimakasih juga sudah membaca serta mendukung dengan share artikel ini ke media sosial. Selamat Berilibur.

, , ,
Post Date: Thursday 10th, January 2019 / 07:03 Oleh :
Kategori : Asia, Malaysia