7 Tips Paling Berguna Jalan-Jalan Ke Luar Negeri Murah

Saat berencana travelling ke luar negeri, sering kali kendala terhadap besarnya biaya di keluarkan menjadi kendala. Kebutuhan dan biaya yang dikeluarkan untuk mengunjungi objek wisata bisa saja menguras kantong. Karena itulah dibutuhkan antisipasi sejak awal agar perjalanan liburan tetap berjalan lancar dan tanpa kendala meskipun dengan biaya terbatas.

Walaupun dengan biaya minim, jangan kawatir karena liburan anda tetap dilakukan dengan menyenangkan. Hal pertama yang harus dilakukan untuk jalan-jalan ke luar negeri murah adalah mempersiapkannya dengan cukup matang sejak jauh-jauh hari. Apa saja kira-kira tips paling berguna untuk jalan-jalan ke luar negeri murah? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Rencana perjalanan

Rencana perjalanan

Pastikan untuk memiliki rencana perjalanan yang tepat, dimana waktu dan biaya perjalanan telah diperhitungkan dengan matang. Sebagian besar orang bahkan mengagendakan kegiatan travelling mereka jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, bahkan beberapa bulan sebelumnya.

Sehingga ada waktu untuk memilih berbagai fasilitas dan kebutuhan yang diperlukan dengan harga yang cukup terjangkau. Berbeda jika kegiatan liburan ke luar negeri di lakukan secara mendadak, maka akan ada sejumlah biaya yang cukup mahal.

Seperti untuk membeli tiket pesawat dan juga hotel untuk menginap di negara tujuan. Perencanaan awal untuk jalan-jalan ke luar negeri murah ini pasti sangat bermanfaat untuk membantu membatasi pengeluaran anda. Baik destinasi wisata tujuan, penginapan, transportasi, hingga oleh-oleh dan makanan bisa anda masukkan dalam list rencana liburan anda ke luar negeri tahun ini.

2. Pilih waktu yang tepat

Pilih waktu yang tepat

Hal lain yang perlu anda pertimbangkan ketika akan bepergian ke luar negeri adalah pemilihan waktu yang tepat. Karena hal ini juga berkaitan dan cukup berpengaruh dalam jumlah pengeluaran yang dibutkan untuk perjalanan nantinya.

Sangat dianjurkan untuk melakukan perjalanan saat di waktu low season. Di saat itulah harga tiket dan penginapan serta kebutuhan liburan lainnya umumnya berada di harga yang cukup terjangkau.

Pada saat-saat itulah anda bisa jalan-jalan ke luar negeri murah dan bisa menekan pengeluaran anda dengan cukup baik. Berbeda jika anda memilih untuk liburan di high season, akan ada beberapa pengeluaran yang cukup tinggi.


Baik pembelian tiket pesawat, penginapan, bahkan untuk tiket masuk ke berbagai tempat wisata di negera tujuan anda nantinya. Jangan salah, karena ada perbedaan harga diantara kedua musim ini yang bisa dibilang cukup besar.

Sehingga sangat tepat jika anda telah mempertimbangkannya sejak awal, pilihlah waktu liburan diluar musim liburan umumnya, sehingga uang yang anda keluarkan tidak terlalu tinggi nantinya. Apalagi di saat-saat tertentu ada sejumlah promo tiket pesawat yang bisa anda dapatkan.

Jadi tidak ada salahnya jika anda rajin-rajin memantau website penjualan tiket pesawat untuk mendapatkan promo tiket pesawat dengan ahrga yang lebih miring.

3. Penginapan Murah

Penginapan Murah

Selain tiket perjalanan, biaya penginapan juga menjadi salah satu hal terbesar dalam pengeluaran selama liburan. Karena itulah, penting sekali untuk mempersiapkan hal ini dengan baik sejak awal.

Sama halnya dengan tiket pesawat, sewa hotel juga akan mengalami peningkatan tajam di saat musim liburan, jadi akan lebih baik jika anda bisa memesannya sejak jauh-jauh hari. Tidak harus yang mahal dan mewah, anda bisa menginap di hotel yang murah dengan fasilitas dan kualitas yang layak.

Ada banyak pilihan hotel yang bisa dipertimbangkan, anda hanya perlu mencari informasi tersebut melalui internet, bahkan bisa langsung memesannya sekaligus. Hindari untuk menginap di hotel yang berdekatan dengan kawasan tempat wisata, karena umumnya memiliki harga yang lebih mahal.

Ada baiknya untuk memilih penginapan yang jauh dari keramaian publik namun masih dekat dengan fasilitas angkutan publik. Sehingga anda lebih mudah untuk bepergian dan menemukan beberapa kebutuhan selama di sana.

Contohnya anda bisa memilih untuk menginap di hostel yang biasanya menjadi alternatif penginapan bagi para backpacker. Karena biasanya selama siang hingga malam anda akan jalan-jalan dan mengunjungi berbagai tempat wisata.

Jadi hotel ini atau hostel ini dibutuhkan hanya untuk tidur saja. Di hostel biasanya anda juga akan bertemu dengan backpacker lain dari berbagai negara yang berbeda, inilah kesempatan untuk bertukar informasi dan pengalaman bersama.

4. Gunakan transportasi publik

Gunakan transportasi publik

Jika inign jalan-jalan ke luar negeri murah, selalu manfaatkanlah alat transportasi publik seperti, bus, kereta, dan yang lainnya. Anda hanya akan dikenai sejumlah biaya yang cukup terjangkau, sehingga anda juga lebih hemat dalam mengeluarkan biaya jalan-jalan di sana.

Usahakan untuk mencari tahu jadwal operasi transportasi publik di kawasan yang akan anda tuju, sehingga anda bisa datang atau pulang ke penginapan dengan tepat waktu.

Jika anda memilih untuk menggunakan taksi, umumnya biaya yang dikeluarkan lebih mahal. Contohnya jika anda travelling ke Tempat Terkenal Di Belanda, karena seperti yang semua orang ketahui, Belanda merupakan salah satu negara dengan alat transportasi publik terbaik. Atau anda ingin menghabiskan waktu liburan mengunjungi Kota Terindah Di Swiss menggunakan kereta atau bus.

5. Makan dan belanja hemat

Makan dan belanja hemat

Saat memutuskan untuk liburan ke luar negeri, tentu anda membutuhkan asupan gizi yang baik agar perjalanan wisata berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Meskipun begitu, hindarilah untuk makan di kafe atau restauran yang banyak dikunjungi oleh pendatang atau turis seperti anda.

karena biasanya harga yang ditawarkan cukup mahal. Jika anda memlih untuk jalan-jalan ke luar negeri murah, pilihlah untuk makan di warung biasa yang banyak dikunjungi oleh warga lokal.


Atau bisa juga makan makanan street food yang tak kalah enak dan lezat. Seperti contohnya Tempat Wisata Kuliner Johor Bahru yang emnawarkan deretan kuliner lezat dnegan harga yang ramah di kantong. Selain makanan, belanja juga menjadi salah satu aktivitas menarik yang tidak boleh ketinggalan untuk anda lakukan. Meskipun begitu, jangan sampai anda jadi lupa diri dan membeli terlalu banyak barang.

Cermati dulu barang apa yang anda butuhkan dan ingin dibeli, lalu bandingkan harganya dengan toko lain. Anda juga bisa melakukan tawar-menawar seperti saat membeli Oleh-Oleh Khas Taiwan. Atau seperti saat anda membeli Mozartkugeln yang merupakan sala satu Oleh-Oleh Khas Eropa Barat yang menjadi incaran wisatawan. Selain lima tips jalan-jalan murah ke luar negeri di atas, berikut ini beberapa tips yang berguna bagi anda jika ingin travelling murah ke luar negeri.

  • Jelajahi Satu Kawasan Saja, saat berkunjung ke beberapa wilayah di satu negara yang cukup luas. Mungkin anda akan membutuhkan biaya transportasi yang cukup besar, hindari saja untuk melakukan hal ini, sebab uang anda akan habis untuk memenuhi akomodasi perjalanan anda. memilih destinasi wisata yang terletak di satu kawasan bisa menjadi pilihannya, misal anda mengunjungi tempat wisata yang terletak di satu provinsi atau kota. Contohnya seperti memilih untuk travelling ke Tempat Wisata Di Volendam yang bisa diakses menggunakan transportasi publik.
  • Kunjungi Negara Bebas Visa, biaya untuk mengurus Visa terbilang cukup besar, terutama jika anda ingin mengunjungi beberapa negara sekaligus dalam satu perjalanan. Karena itulah, anda bisa memilih negara bebas Visa untuk meringankan beban pengeluaran anda.

, , ,
Post Date: Monday 01st, April 2019 / 15:46 Oleh :
Kategori : Asia