11 Tips Jalan-Jalan Ke Tokyo Yang Wajib Kamu Tahu

tips-jalan-jalan-tokyo-3Tips Jalan-jalan ke Tokyo – Jepang memiliki pesona wisata yang sangat menarik bagi wisatawan mancanegara. Memiliki budaya yang kental dan wisata alam yang indah membuat jepang menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Ada banyak kota di Jepang yang bisa anda kunjungi, dimana setiap kota memiliki karakteristik dan keunikan masing-masing.

Salah satu kota yang menjadi tujuan utama ketika menjekajahi tempat wisata di jepang adalah kota Tokyo. Kota yang satu ini memadukan berbagai keindahan teknologi modern dan budaya jepang yang kental. Selain itu, akses transportasi, makanan, hiburan juga sangat mudah untuk dijangkau. Hal ini sangat memanjakan bagi wisatawan yang berlibur ke Tokyo. Bagi anda yang ingin berlibur ke Tokyo, berikut kami sajikan tips jalan-jalan ke Tokyo berikut ini.

1. Beli Kartu Transportasi

tiket-tokyoTokyo memiliki sistem transportasi yang terkenal di dunia. Transportasi di Ibu kota jepang ini bisa dibilang merupakan salah satu transportasi umum terbaik didunia. Segera setelah Anda tiba di Tokyo, Anda bisa langsung membeli kartu perjalanan yang bisa diisi ulang. Anda bisa membelinya di mesin tiket ,untuk bisa maniki pada hampir semua transportasi umum di Tokyo.

Sistem transportasi di Tokyo sangatlah baik, mulai dari transportasi bawah tanah, transportasi kereta api cepat, Bus dan lain sebagainya. Anda bisa mengambil Panduan Wisata dan peta lokal mengenai sistem transportasi di Tokyo yang bisa diambil di setiap stasiun di Tokyo yang  juga sudah dilengkapi dengan bahasa Inggris.

2. Norma dalam bertransportasi di Tokyo

tips-jalan-jalan-tokyoJepang memang terkenal dengan kesopanan dan kedisiplinanya. Transportasi di Jepang sangatlah tepat waktu jadi anda tidak perlu khawatir dengan itenary yang sudah anda susun.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika menaiki transportasi umum dijalan seperti selalu men-set ponsel anda dalam mode diam, dan usahakan jangan menjawab panggilan telepon ketika sedang berada dalam transportasi umum. Jika anda sedang duduk, dan ada anak kecil, wanita hamil, orang tua, orang cacat anda bisa merelakan tempat duduk anda untuk mereka.

3.Persiapkan Plastik Untuk Sampah anda

Selain jepang sangat menjunjung tinggi kesopanan, orang-orang jepang juga sangat mementingkan kebersihan. Namun, ketika anda sedang berlibur di Tokyo, akan sangat sulit sekali untuk menemukan tempat sampah. Jadi persiapkan kantong plastik yang bisa anda masukkan kedalam tas anda, hingga anda menemukan tempat sampah untuk membuangnya. Dan juga jangan pernah membuang sampah sembarangan, karena anda bisa terkena denda.


4.Unduh Aplikasi QR Code

Kalau di Indonesia QR Code memang sangat jarang yang memperhatikanya dan bahkan bisa dibilang QR kode bukanlah barang yang penting. Di Tokyo nantinya, anda akan banyak sekali menemukan QR kode di tempat umum ataupun banner-banner toko. Dari situ anda bisa memperoleh informasi mengenai tempat berbarcode tersebut, sehingga mempermudah anda dalam memperoleh informasi.

5.Pelajari Logat dan  Bahasa Jepang

Meskipun di Tokyo merupakan kota besar dengan banyak warganya yang bisa berbahasa Inggris, ada baiknya anda mempelajari sedikit mengenai bahasa mereka. Atau anda bisa mengandalkan aplikasi translate bahasa di smartphone anda sebagai alat untuk berkomunikasi dengan warga setempat.

Dan logat orang jepang dalam berbahasa inggris terkadang masih banyak yang masih medok atau sangat kental dengan logat jepangnya. Jadi anda perlu sedikit konssentrasi untuk berkomunikasi jika menggunakan bahasa inggris.

6.Siapakan tisu di tas anda

Toilet umum  di Tokyo sangatlah bersih dan dirawat dengan baik, namun terkadang disana anda tidak menemukan tisu toilet. Anda bisa membawa tisu cadangan untuk berjaga-jaga jika tidak ada atau kehabisan tisu toilet saat dalam keadaan darurat.

7.Pakai Lajur Kiri

Hampir sama dengan di Indonesia, di Jepang lajur jalan yang digunakan adalah lajur sebelah kiri. Ketika ada tangga umum ataupun eksalator anda bisa mengambil jalan  yang berada disebelah kiri anda. Begitu juga dengan lalu lintas pejalan kaki, dimana anda harus berjalan pada lajur kiri.

8.Jangan Memberikan tip saat di restoran

Kalau di Indonesia bila pelayanan restoran bagus, maka tak jarang anda memberikan tip kepada pelayan anda. Nah, jika anda di Tokyo, ketika anda makan di restoran dengan pelayanan yang bagus dan anda berinisiatif untuk memberikan tips, sebaiknya anda urungkan niat anda. Karena ketika anda memberikan tip atau membayar ekstra ke restoran tempat anda makan, itu adalah hal yang malah mereka anggap sebagai penghinaan. Jadi hindari member tip saat anda makan.

9.Ambil Uang di 7eleven

Satu-satunya ATM yang menyediakan uang tunai adalah di  toko 7-Eleven , dan ATM di 7eleven minimal mengeluarkan uang yen jepang senilai $ 100 USD. ATM ini memungkinkan Anda untuk menarik uang tunai dengan kartu kredit dan kartu debit yang dikeluarkan di luar Jepang, termasuk kartu Visa, Plus, Mastercard, Maestro, Cirrus, American Express dan JCB yang menyediakan menu bahasa Inggris.

10.Pisahkan sampah saat mebuangnya

Alasan mengapa Tokyo tidak memiliki banyak tempat sampah diarea umum adalah karena adanya  aturan daur ulang yang ketat . Sampah harus dibagi ke dalam beberapa kategori yang sudah ditentukan sesuai paduan yang juga tertera pada tiap tempat sampah, Namun Panduan tersebut berbahasa jepang. Jadi, akan sangat sulit sekali untuk anda memahami cara memilah dan membuan tiap-tiap sampahnya. Jika anda kebingungan, lebih baik anda mencari tempat sampah umum di toko swalayan dimana anda bisa membuangnya tanpa bingung untuk mengkategorikan sampah yang sesuai.

11.Distrik di Tokyo

Tokyo merupakan kota besar yang juga ditinggali lebih dari 38 juta orang.Ada banyak distrik yang bisa anda jelajahi ketika mengunjungi tempat-tempat wisata di Tokyo. Dan berikut, kami sajikan distrik-distrik di Tokyo yang cocok untuk beribur dan menawarkan berbagai pilihan bagi para wisatawan. Dan referensi yang bisa anda jadikan untuk menyusun itenary anda.

  • Shubuya Crossing, Shibuya Crossing adalah salah satu persimpangan tersibuk di dunia. Selama jam sibuk, Anda akan menemukan lebih dari 1.000 orang melintasi tempat terkenal ini.
  • Harajuku, Distrik Harajuku adalah pusat mode dan budaya para remaja di Jepang . Mulailah dengan melihat butik-butik dan toko-toko vintage di Takeshita Street. Anda bisa mampir ke salah satu dari banyak bilik foto, kemudian menghiasnya dengan desain yang absurd dan imut dan bisa anda jadikan oleh-oleh untuk kenangan saat berlibur kesini
  • Ebisu, Ebisu merupakan salah satu distrik di Tokyo yang terkenal dengan makanan khas terbaik di Jepang. Disini anda akan banyak menemui rumah makan, mulai dari restoran tradisional Jepang hingga tempat makan hot food dengan teknologi yang modern.
  • Akihabara, Terkenal sebagai surganya teknologi dan hiburan di Jepang, disini anda bisa menemukan berbagai barang elektronik, berbagai macam game, anime, dan komik-komik khas jepang juga dapat dengan mudah anda dapatkan disini. Salah satu markas idol grup terkenal didunia AKB48 juga berada di distrik ini. Jangan lewatkan untuk mengunjungi maid caffe, dimana sebuah kafe dengan pelayan-pelayan yang berdandan seperti pembantu di jepang yang memiliki wajah yang imut dan menggemaskan.

  • Istana Kekaisaran, Istana Kekaisaran Tokyo adalah kediaman Kepala Negara Jepang, juga dikenal sebagai Kaisar Jepang. Anda bisa berjalan-jalan disekitar istana ini dan nikmati keanggunanan bangunan dan arsitekturnya yang megah.
  • Roppongi, Menara tertinggi di Jepang, yaitu Tokyo Tower terletak di distrik ini. Anda bisa menikmati indahnya kota Tokyo dari atas ketinggian.
  • Ginza, Ginza terkenal dengan distrik nya yang mewah dan berkelas. Merupakan tempat yang cocok untuk Anda yang ingin memanjakan diri dengan toko-toko kelas atas, restoran, dan galeri.
  • Asakusa, Asakusa memiliki sejarah yang menarik. Anda bisa berkeliling dengan berjalan kaki. Dan di Asakusa banyak restoran yang menjual makanan halal di Jepang.
  • Shinjukku, Terkenal dengan kehidupan malamnya di Tokyo, di distrik ini juga terdapat restoran yang pelayanya adalah robot yaitu restoran robot Tokyo.

Diatas merupakan tips jalan-jalan di Tokyo semoga bermanfaaat dan selamat berlibur.

, , , , ,
Post Date: Wednesday 30th, May 2018 / 13:13 Oleh :
Kategori : Jepang