5 Tempat Wisata Di Ho Chi Minh Terfavorit Yang Wajib Dikunjungi

Ho Chi Minh adalah tempat wisata di vietnam dan merupakan kota terbesar dan teramai di Vietnam yang sering menjadi destinasi berlibur dengan berbagai tempat wisata populer bersejarah yang selalu ramai dengan wisatawan mancanegara. Destinasi satu ini juga bisa dijadikan sebagai tempat bulan madu romantis di Asia bagi anda dengan pasangan anda yang suka dengan situs sejarah dan budaya.

Dulunya kota ini dikenal sebagai Saigon, namun mengalami pergantian nama pada tahun 1975 pasca reunifikasi Vietnam. Ho Chi Minh berada di tepi selatan Sungai Saigon, berdekatan dengan area Pecinan tradisional yang lebih ke arah barat yang secara umum dikenal sebagai Cholon.

Kota ini bahkan lebih besar dari ibukota Vietnam, Hanoi. Ho Chi Minh terhubung dengan Hanoi yang terkenal dengan Danau Hoan Kiem nya. Disebelah barat laut Sungai Saigon, terdapat Dong Khoi yang ramai sebagai jantung Distrik Prancis lama dan mengarah langsung ke Notre Dame Cathedral.

Latar Belakang sejarah Saigon sangat mempengaruhi tata letak dan desain-desain bangunan di Ho Chi Minh yang terdiri dari beberapa corak budaya. Pusat kota Saigon memiliki arsitektur perpaduan kreasi Perancis dan Vietnam. Adapun beberapa sudut kota didominasi dengan gaya kolonial yang masih dipertahankan bentuk aslinya pasca Saigon menjadi ibukota Republik Vietnam dengan dukungan Amerika Serikat.

Berikut 5 tempat wisata  di Ho Chi Minh yang populer dan memiliki nilai sejarah dan budaya yang wajib anda kunjungi ketika berlibur ke Vietnam.

1. War Remnants Museum 

hochiminh.1War Remnants Museum merupakan museum yang menampung dan memamerkan berbagai senjata, fotografi, dan dokumen-dokumen peting yang berhubungan dengan sejarah Vietnam dan perang Indochina yang melibatkan kolonial Perancis.

Museum satu ini merupakan tempat wisata di Ho Chi Minh  yang populer terutama dikalangan wisatawan negeri barat, karena pastinya negara meraka tidak akan memberikan informasi tentang kekejaman yang pernah mereka lalukan pada masa peperangan. Banyak dokumentasi yang menunjukan kekejaman selama masa peperangan termasuk dokumen My Lai Massacre tentang pembunuhan masal yang dilakukan oleh kolonial Amerika pada rakyat Vietnam.

Anda juga bisa melihat berbagai kendaraan perang dan senjata berukuran besar yang dipajang di halaman depan museum. Terdapat satu bagian pada museum yang dikhususkan untuk menampilkan dokumentasi kekejaman Perancis di Phu Quoc dan Pulau Con Son.

Pada area lain meseum memamerkan berbagai koleksi dokumen dan publikasi yang menunjukan pergerakan anti . perang international pada masanya. Pada lantai atas museum, anda bisa melihat Requim Exhibition yang merupakan pameran dari kumpulan fotografer perang, Tim Page, Larry Burrows, dan Robert Cappa. Museum Remnants War berlokasi di 28 Vo Van Tan, Distrik 3 kota Ho Chi Minh yang buka mulai pukul 07.30 pagi hingga 18.00 sore. Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar 40.000 Dong (sekitar Rp 20.000).


2. Giac Lam Pagoda

hochiminh.6Tak kalah dengan Wat Phra Kaew di Thailand, Vietnam juga terkenal dengan berbagai pagodanya yang memiliki ukiran detil nan indah. Adapun tempat wisata di Ho Chi Minh yaitu Giac Lam Pagoda. Pagoda satu ini merupakan kuil Buddha dengan suasana tenang dikelilingi oleh taman yang indah. Pagoda ini masih difungsikan juga sebagai tempat ibadah umat Buddha di kota Ho Chi Minh.

Karakter bangunan Giac Lam Pagoda didominasi oleh arsitektur khas Tiongkok dengan dekorasi kebun yang berpusat pada pohon Bodhi, pohon keramat bagi umat Buddha, pemberian biksu Sri Lanka. Di sebelah pohon tersebut, terdapat pula patung Quan The Am Bo Tat yang dikenal sebagai Dewa Kasih dan simbol dari kemurnian bagi umat Buddha.

Terdapat banyak patung dewa-dewa Buddha lainnya pada area Giac Lam Pagoda yang bisa anda jadikan spot berfoto menarik, seperti; A Di Buddha dan Ameda. Giac Lam Pagoda berlokasi sekitar 3km dari Cholon yang bisa anda akses dengan xe om, ojek khas Vietnam. Area pagoda dibuka untuk umum pada pukul 06.00 pagi hingga 12.00 siang dan pukul 14.00 siang hingga pukul 20.30 malam. 

3. Notre Dame Cathedral

hochiminh.3Notre Dame Cathedaral merupakan bangunan bersejarah dan tempat wisata di Ho Chi Minh yang terkenal karena keindahan arsitektur bangunannya. Dibangun pada tahun 1877 dan 1883, Notre Dame Cathedral berlokasi di jantung kota Ho Chi Minh yang berdekat dengan Don Khoi dan Istana Reunifikasi.

Gereja ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Katholik di kota Ho Chi Minh pada hari Minggu dan dibuka sebagai tempat tur wisata pada hari biasa dengan pemandu dari staff Notre Dame Cathedral.

Di sini Anda bisa menyaksikan keindahan interior klasik khas gereja tua bergaya neo-Romanesque. Gereja ini dibangun dengan bata merah dan memiliki dua menara kembar setinggi 40 meter. Bagian dalam gereja didominasi dengan furnitur kayu kuno dan meja altar yang terbuat dari kaca berwarna khas interior gereja Katholik. Notre Dame Cathedral dibuka untuk umum sebagai tempat tur wisata setiap hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 09.00 pagi hingga 11.00 siang.

4. Central Post Office

hochiminh.5Masih berlokasi dekat Notre Dame Cathedral, terdapat tempat wisata di Ho Chi Minh populer lainnya yaitu Central Post Office. Bangunan ini juga merupakan situs bersejarah di Ho Chi Minh.

Bangunan Central Post Office dirancang oleh arsitek Perancis bernama Marie-Alfred Foulhoux yang merupakan salah satu arsitek yang memiliki bagian dalam pembangunan Menara Eiffel Paris.

Bangunan ini merupakan kantor pos yang dibangun dengan gaya klasik Perancis pada masa kolonial Perancis di Ho Chi Minh. Bangunan ini memiliki interior menakjubkan yang masih dipertahankan bentuk aslinya. Bagian dalam kantor pos didesain megah dengan lukisan peta Vietnam Selatan pada langit-langit gedung yang lega. lantainya dihiasi keramik berpola dan setiap sisi bangunan dihiasi dengan pilar dan aksen berwarna hijau yang meberikan keindahan tersendiri pada interior gedung.

Central Post Office buka setiap hari untuk umum mulai pukul 07.00 pagi hingga 19.00 malam pada hari Senin sampai Jumat, pukul 07.00 pagi hingga 18.00 sore pada hari Sabtu, dan pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore pada hari Minggu.

5. Cu Chi Tunnels

hochiminh.4Satu lagi tempat wisata di Ho Chi Minh yang terkenal dengan nilai sejarah adalah Cu Chi Tunnels. Cu Chi Tunnels merupakan lorong bawah tanah peninggalan dari masa peperangan di Vietnam. Lorong ini berfungsi sebagai area pertahanan bawah tanah pada masa perang dengan panjang lorong keseluruhan sepanjang 250km yang terhubung dengan lokasi evakuasi, rumah sakit, gudang penyimpanan, pabrik senjata dan fasilitas-fasilitas lainnya.


Anda bisa memesan paket tur untuk menelusuri Cu Chi Tunnels dengan pemandu yang akan menunjukan arah selama perjalanan dan memberikan informasi seputar sejarah lorong ikonik satu ini. Para wisata biasanya akan memulai penelusuran dari akses masuk yang berlokasi di desa Ben Dinh dan keluar di akses terdekat lainnya dengan jarak 15km di Ben Douc.

Anda bisa menikmati tur sejarah bawah tanah Cu Chi dengan paket tur seharga 110.000 Dong (sekitar Rp 60.000) untuk dewasa dan 30.000 Dong (sekitar Rp 18.000) untuk anak-anak.

, , ,
Post Date: Monday 09th, April 2018 / 06:27 Oleh :
Kategori : Vietnam