21 Tempat Wisata Di Izmir Terfavorit Wisatawan Dunia

Tempat Wisata di Izmir – Memiliki nama lain Smyrna, Izmir adalah salah satu kota metropolitan yang bisa Anda jadikan tempat wisata pilihan ketika jalan-jalan ke Turki. Kota dengan jumlah penduduk sekitar 2.847.691 ini terletak di ujung barat Anatolia. Jangan khawatir, sebagai kota terbesar ketiga di Turki setelah Istanbul dan Ankara, Anda akan menemukan banyak tempat wisata di Izmir yang layak untuk dikunjungi.

Izmir bisa Anda jadikan salah satu kota prioritas ketika menjalani wisata ke Turki murah. Terletak di pesisir, ada deretan pantai cantik yang bisa Anda kunjungi ketika musim panas. Di musim selain itu, nikmatilah pengalaman kembali ke zaman kuno ketika Anda berkunjung dengan deretan bangunan bersejarah dan peninggalan lainnya. Agar bisa menikmati semua tempat wisata di Izmir dengan optimal, berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa Anda masukkan ke dalam rencana perjalanan Anda.

  1. Hisar Mosque

Hisar MosqueSebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, mesjid adalah bangunan ibadah yang tidak akan sulit Anda temukan. Begitu juga ketika Anda mengunjungi kota Izmir. Bedanya.

di kota ini Anda bisa berwisata religi ke sebuah mesjid yang menyandang status sebagai mesjir terbesar dan tertua di Izmir yakni Hisar Mosque. Mesjid yang memiliki daya tarik pada sisi dekorasi interior, pulpit, dan altar ini dibangun pada abad ke 16 masehi.

Hisar Mosque adalah salah satu masjid terkenal di Turki. Banyak wisatawan yang tiba tidak hanya untuk beribadah melainkan juga untuk menikmati arsitektur dan atmosfer di dalamnya. Anda akan menemukan perpaduan warna biru dan emas pada motif dalam interior bergaya quintessentially Izmir. Arsitektur dari Hisar Mosque terhitung lebih simpel jika dibandingkan dengan desain klasik Ottoman.

Di sekitar Hisar Mosque terdapat banyak coffehouse yang bisa Anda kunjungi untuk wisata kuliner di Turki. Anda juga akan lebih mudah mencari souvenir karena banyaknya penjual di sekitar Hisar Mosque. Selain Hisar Mosque, berikut adalah tempat wisata religi di Izmir yang bisa Anda kunjungi.

  • Isabey Mosque
  • Basilica of St. John
  • Temple of Hadria
  • Church of Mary
  1. Izmir Clock Tower

Izmir Clock TowerSalah satu bangunan bersejarah di Turki tepatnya di kota Izmir selain Hisar Mosque adalah Izmir Clock Tower. Menara jam kota ini bahkan sudah menjadi ikon yang tidak bisa dipisahkan dari kota Izmir.

Dibangun pada tahun 1901 oleh arsitek asal Perancis, Izmir Clock Tower ternyata dibangun sebagai hadiah pada ulang tahun sultan Abdulhamid yang ke 25. Selain Izmir Clock Tower, Sultan juga membangun 100 menara jam lainnya di alun-alun publik kerajaan Ottoman.

Tempat wisata di Izmir ini tepatnya terletak di Konak Square, distrik Konak. Menara jam ini memiliki gaya arsitektur paduan Eclectic, Neoclassical, serta arsitektur khas Ottoman dengan tinggi mencapai 25 meter.


Karena sejarah yang dikandungnya, Izmir Clock Tower pernah menghiasi uang kertas negara Turki tepatnya pada uang kertas bernilai 500 lira yang dikeluarkan pada tahun 1983 hingga 1989. Ada banyak tempat bersejarah Turki sejenis yang terletak di kota Izmir, beberapa di antaranya yang bisa dijadikan alternatif adalah sebagai berikut.

  • Asansor
  • Kadifekale
  • Key Meseum
  1. Kemeralti Market

Kemeralti MarketTidak hanya mesjid dan menara jam kota, Izmir memiliki pasar tradisional yang bersejarah. Pada dasarnya, Kemeralti Market adalah perluasan wilayah dari Konak Square.

Wilayah yang kini menjadi salah satu tempat wisata di Turki terfavorit ini mulai hidup sejak abad ke 17 masehi dan menjadi rumah bagi berbagai jenis toko, perajin, lokakarya, kafe tradisional, tempat ibadah, restoran, dan kebun teh.

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi kemeralti Market, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Turki seperti Sticky Turkey Delight. Permen tradisional yang menyerupai gulali ini tersedia dalam berbagai jenis bentuk dan warna.

Anda bisa memesannya sesuai dengan keinginan. Mengunjungi kemeralti Market adakan lebih menyenangkan jika dilakukan bersamaan dengan mencari souvenir khas Turki untuk dijadikan oleh-oleh. Selain Kemeralti Market, Anda juga bisa mencari oleh-oleh khas Turki di tempat wisata di Izmir lainnya seperti berikut ini.

  • Sirince
  • Bergama Back Streets
  • Karsiyakan Bostanli Pazar
  1. Ephesus

EphesusDalam perkembanganbya hingga menjadi kota modern seperti saat ini, Izmir mendapat banyak pengaruh dari kebudayaan di sekitarnya. Salah satu pengaruh yang cukup kental adalah kebudayaan Yunani.

Pengaruh tersebut bisa Anda nikmati di Ephesus. Ephesus merupakan kompleks kota tua Yunani kuno. Tempat wisata yang bisa menjadi salah satu tujuan Anda saat jalan-jalan ke Turki murah ini kerap juga disebut dengan nama Efeza.

Kota tua Ephesus meski sebagiannya telah menjadi reruntuhan namun masih menyimpan sejarah-sejarah yang penting. Di kompleks kota tua ini dipercaya terdapat rumah dari Maria, Ibunda Yesus Kristus. Karena kesuciannya, Ephesus menilik pada Bible’s Book Revelation menjadi satu dari 7 gereja agung di Asia pada masanya.

Sebagai sebuah kompleks kota tua Yunani kuno, Ephesus juga menjadi rumah bagi beberapa situs bersejarah lainnya. Situs-situs tersebut kini telah menjadi tempat wisata di Izmir lainnya yang patut untuk Anda kunjungi. Beberapa yang paling direkomendasikan adalah sebagai berikut.

  • Cave of Sever Sleepers
  • House of The Virgin
  • Library of Celcus
  1. Hierapolis – Pamukkale

Hierapolis – PamukkaleKota tua lainnya yang terdapat di Izmir adalah kompleks kota tua Hierapolis-Pamukkale. Keduanya telah menjadi tempat wisata di Izmir yang kerap menjadi destinasi wisata favorit. Hierapolis adalah ota tua yang terletak di pesisir sungai Lycus. Tempat wisata ini memiliki atmosfer dan nilai sejarah yang tinggi. Oleh karena itu, Hierapolis tidak tampak membosankan.

Ada banyak bangunan terindah di dunia yang terletak di Izmir, begitu juga di area kota tua Hierapolis-Pamukkale. Selain menikmati kesan kota tua dan arsitektur yang menawan, Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan merasakan sumber air panas yang menjadi andalan kota tua Hierapolis.


Ada banyak kegiatan yang bisa dijajal, salah satunya adalah berenang di antara bangunan-bangunan bergaya romawi kuno. Jangan lewatkan untuk menjajal teras Pamukkale yang didesain langsung oleh alam dengan kekayaan calcium carbonate di dalamnya.

Dibangun sekitar 200 tahun sebelum masehi, teras Pamukkale yang semula muat untuk menjadi tempat duduk berkapasitas 20000 orang kini hanya tersisa 30 orang. Dari teras tersebut, Anda bisa menikmati keindahan lembah sambil mengeringkan diri setelah berenang. Selain Hierapolis-Pamukkale, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di Izmir yang memiliki nilai bersejarah lainnya seperti berikut ini.

  • Izmir Agora
  • Pergamon Acropolis
  • Konak Meldabi

Ada banyak pilihan kota-kota indah di Turki yang bisa Anda jadikan destinasi wisata. Salah satu dari kota-kota tersebut adalah Izmir. Meski terletak di pesisir tepatnya di ujung barat Anatolia, pantai bukanlah tujuan wisata utama. Anda disarankan untuk menikmati berbagai situs bersejarah yang akan membawa Anda menjelajahi waktu ke masa lampau. Izmir adalah kota metropolitan terbesar ketiga di Turki, oleh karena itu Izmir memiliki cukup banyak tempat wisata paling bagus di dunia yang patut Anda kunjungi.

, , , ,
Post Date: Friday 21st, December 2018 / 09:47 Oleh :
Kategori : Turki