Summer Palace, Wisata Istana Terbesar Dan Terpopuler Di China

China terkenal dengan wisata budaya nya yang cukup kental, banyak sekali wisata yang bisa dikunjungi seperti Tembok Besar China, Forbidden City, Lapangan Tianenmen, dan banyak wisata sejarah yang menakjubkan. Selain itu salh satu bangunan bersejarah indah di China adalah Summer Palace.

Summer PalaceSummer Palace atau Istana Musim Panas merupakan salah satu Tempat Wisata di China yang populer. Istana ini terletak di sebelah barat laut kota Beijing dan hanya terletak 15 km dari kota Beijing. Tempat ini diklaim sebagai taman kekaisaran terbaik di dunia , dan merupakan istana kekaisaran terbesar di China.

Summer Palace awalnya dibangun pada tahun 1750 oleh Kaisar Qianglong. Istana ini memiliki arsitek dan gaya bangunan yang mengaggumkan. Luas dari Istana ini mencapai  70 ribu meter persegi dan terdapat  lebih dari 3000 bangunan. Pada tahun 1860 dan 1900, kota ini dihancurkan oleh penjajah. Hingga pada tahun 1912 Istana ini dibangun kembali oleh Pemerintah Dinasti Qing. Dan Pada tahun 1924, kota ini mulai terbuka untuk umum.

Tidak semua bangunan bersejarah di China terbuka untuk umum. Untuk itu, istana ini bisa dijmasukkan ke dalam list rencana liburan anda di China. Di Summer Palace anda bisa disuguhkan Jembatan melengkung yang unik, promenade cantik, koridor-koridor  yang dihias, dan lorong-lorong yang menawarkan pemandangan yang selalu berubah-ubah.

Lokasi

Istana Musim Panas terletak di pinggiran timur laut Beijing. Tepatnya di 19 Xinjiangongmen Rd, Haidian Qu, China, 100000, Beijing

Jam Buka

  • Bulan april hingga Oktober : Dari Jam 08.00 hingga Jam 17.00
  • Bulan November hingga Maret : Dari jam 08.30 hingga Jam 16.30

Harga Tiket:

  • Tiket Masuk Bulan april hingga Oktober : 30 Yuan; On the Spot : 60 Yuan
  • Tiket Masuk Bulan November hingga Maret : 20 Yuan; On the Spot : 50 Yuan
  • Panduan Audio : 40 Yuan

Cara Menuju Summer Palace

  1. dari Bandara Internasional Beijing, Anda bisa naik Airport Express Train ke Dongzhimen
  2. Kemudian anda menuju ke line 2 dengan tujuan Xizhimen
  3. Setelah sampai di Stasiun Xizhimen, Anda harus menuju line 4 dengan tujuan Stasiun Beigongmen.
  4. dari Stasiun Beigongmen, anda teruskan dengan berjalan kaki yang hanya berjarak 5 menit.

Sejarah

Summer Palace sebenarnya sudah lama menjadi taman kerajaan sebelum diperbesar dan diperbaiki  oleh Kaisar Qianlong pada abad ke-18. Dia mengumpulkan 100.000 tentara yang kuat untuk memperdalam dan memperluas Danau Kūnmíng yang digunakan untuk latihan angkatan laut kekaisaran.

Kemudian selama Perang Opium Kedua (1856-60), Pasukan Anglo-Prancis merusak istana ini.  Permaisuri Cixi pada tahun 1888 memperkuat angkatan laut kekaisaran, dan Marmer Bout yang  berada di tepi utara danau merupakan satu-satunya peninggalan angkatan laut yang tersisa. Kemudian terjadi Pemberontakan Boxer, dan Summer Palace dibakar pada tahun 1900, sehingga harus terjadi perbaikan. Hingga pada tahun 1949 istana ini hancur lagi, dan terjadi renovasi bersar-bersaran hingga seperti sekarang ini.

Apa yang Bisa Dilakukan di Summer Palace

Untuk berkeliling istana ini setidaknya anda bisa menghabiskan waktu setengah hari di sini. Perpaduan antara bangunan-bangunan yang eksotis, taman-taman yang indah dan danau yang menawan membuat isatana summer palace sangat nyaman untuk dijelajahi. Disini Anda bisa naik perahu dan melihat kuil yang berada di tengah pulau. Anda pun juga bisa menikmati pertunjukan tradisional Tionghoa di teater yang merupakan salah satu teater terbaik di China. jelajahi juga toko-toko tradisional yang berada di tepi sungai dan temukan oleh-oleh khas Beijing yang terbaik.

Hanya dengan berjalan-jalan sambil menikmati berbagai bangunan dan berbagai taman yang cukup indah, anda bisa menenangkan diri disini. Untuk menjelajahi Summer Palace, anda akan banyak berjalan kaki , jadi kenakan sepatu yang nyaman dan perlindungan dari cuaca panas di china. Ketika lelah, anda bisa mencari tempat peristirahatan sejenak dan menikamti keindahan istana ini sambil duduk-duduk santai.

Spot terbaik di Summer Palace

Orang Cina menyebut istana ini dengan Yihe Yuan (Garden of Restful Peace). Karena memang tempat ini sangat nyaman untuk menyegarkan pikiran dengan perpaduan taman, kuil, dan paviliun yang indah. Yang dirancang untuk mencapai keharmonisan dengan alam yang menenangkan jiwa, dan indah dipandang. Istana ini sendiri di bagi menjadi beberapa bagian. Diantaranya yaitu:

  • Court Area, berada di dekat Gerbang Istana Timur, terdapat sebuah bangunan istana dimana Kaisar Guangxu dan Permaisuri Cixi tinggal dan menjalankan pemerintahan. Istana ini terdiri dari sejumlah Aula, Courtyard dan ruang pameran.
  • Danau Kunming, Danau ini membentang hampir 75 % dari keseluruhan taman, Dari Court Area, berjalanlah menyusuri danau yang akan membawa Anda ke bawah pepohonan rindang dan sebuah koridor yang panjang seolah-olah tak terbatas yang dikenal sebagai ‘ The Long Coridor’ , dengan langit-langitnya yang dilukis dengan indah. Selain itu anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan Jembatan, kapal, pohon willow, bunga teratai dan pemandangan menarik lainya yang membuat tempat ini nyaman dan tenang.
  • Longevity Hill, terletak di samping danau. Bukit ini dihiasi dengan aula dan kuil yang luar biasa dan juga gerbang yang indah. Anda bisa mendaki bukit ini, untuk menikmati pemandangan indah di Summer Palace.
  • Suzhou Market Street, Dari danau berjalanlah melintasi jembatan, melewati boathouses dan Marble Boat yang menakjubkan , menuju taman yang tenang, tanjakan dan jalan berkelok-kelok. Dan anda akan menemukan ‘Suzhou Market Street’  yang merupakan deretan kios-kios tradisional yang berada di sepanjang sungai. Namun, kebanyakan kios hanya bisa dicapai dengan menggunakan perahu.
  • Garden of Virtue and Harmony merupakan sebuah kompleks hiburan , dibangun sebagai teater yang dipersembahkan untuk Permaisuri. Pembangunan taman ini dimulai pada tahun ke 17 pada saat pemerintahan Kaisar Guangxu (1891) dan berlangsung selama lima tahun.
  • Panggung teater Three Story, merupakan panggung kayu terbesar dan yang dilestarikan di China , memiliki desain yang bagus dan struktur yang megah sehingga panggung ini memiliki nilai ilmiah dan artistic yang tinggi.
  • Cradle of Beijing Opera ,merupakan sebuah panggung dengan pertunjukkan Aktor Opera Beijing yang terkenal dari Dinasti Qing yang akan tampil untuk Permaisuri. Sebagian artikel berharga yang digunakan oleh kaisar dan permaisuri, serta beberapa hadiah yang diberikan kepada Kaisar Qing court dari tamu-tamunya juga dipamerkan di sini.
  • Benz vintage, merupakan mobil pertama yang diimpor ke China yang diberikan sebagai hadiah Untuk Permaisuri Ci’xi.

Warisa Budaya Dunia

Istana Musim Panas (Summer Palace) juga ditetapkan UNESCO sebagai salah satu cagar budaya warisan dunia  pada tahun 1998. Dari situs resmi UNESCO mengatakan bahwa Summer Palace merupakan sebuah masterpiece bangunan tradisional yang digabungkan dengan alam. Dengan pemandangan alami danau dan bukit yang  dikombinasikan dengan bangunan buatan seperti kuil, istana, paviliun, aula, dan jembatan untuk membentuk perpaduan yang harmonis dan mempunyai nilai keindahan yang luar biasa.


Nah, dari ungkapan UNESCO diatas menunjukan bahwaSummer Pallace adalah seni kreatif desain taman bentang alam China, yang menggabungkan karya manusia dan alam secara harmonis; melambangkan filosofi dan penerapan desain taman China, yang memainkan peran kunci dalam pengembangan seluruh budaya Timur; dan sebagai salah satu simbol dari salah satu peradaban besar dunia.

Tips Mengunjungi Istana Musim Panas

  • Musim panas adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Summer palace. Di musim dingin danau di istana ini membeku dan anda tidak bisa menikmati sensasi berlayar menggunakan perahu didanau ini
  • Beberapa area seperti Longevity Hill dan cradle opera, Anda akan dikenakan tiket tambahan.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan tabir surya untuk kenyamanan anda dalam berkunjung
  • Disarankan untuk merasakan sensasi menaiki perahu di Danau Kunming. Anda akan diajak berkeliling danau selama sekitar 10 menit, dimana dapat memberikan anda istirahat yang tenang dan suasana santai dan jauh dari keramaian wisatawan. Biaya menaiki perahu tidak termasuk dalam biaya masuk.

Setelah berkunjung ke Summer Palace, jangan lupa juga untuk menyantap kuliner dan juga mengunjungi  Tempat Belanja Murah di Beijing.

, , ,
Post Date: Saturday 10th, March 2018 / 17:00 Oleh :
Kategori : Tiongkok