Wisata Wat Pho Thailand Yang Wajib Kamu Kunjungi

Siapa yang tidak mengetahui negara Thailand? Negara yang mendapat julukan negeri gajah putih ini terletak di Benua Asia, tepatnya di Asia Tenggara. Thailand merupakan negara yang memiliki perbatasan dengan negara lain seperti Laos, Kamboja, Malaysia, Myanmar, dan juga Laut Andaman yang terletek di bagian barat Thailand. Negara ini merupakan suatu negara yang menerapkan sistem monarki yang mana berarti seseorang yang menguasai negara Thailand adalah seorang raja sementara itu kepala pemerintahan yang memerintah negara tersebut adalah seorang Perdana Mentri.

Thailan memiliki luas sekitar kurang lebih  513.120 km2  yang mana di dalamnya terdapat penduduk yang berjumlah kira  – kira 68.200.824 jiwa. Mayoritas penduduk Thailand adalah mereka yang beragama Buddha dan juga mereka yang berasal dari etnis Thai.

wat pho thailand

Jika kita mempelajari letak negara Thailand secara astronomis, maka negara ini terletak pada 5°- 21° LU dan 97°- 106° BT. Negara Thailand memiliki kebudayaan serta kebiasaan yang sangat unik yang tidak akan anda temukan di berbagai belahan dunia lainnya.

Salah satu kebiasaan yang unik yang terdapat di Thailand yaitu seperti ketika kita melintasi jalan dan di sana terdapat patung Budha, maka kita harus membunyikan klakson dan atau dengan menaruh tangan di dada. Hal itu ditujuan sebagai rasa penghormatan kepada Sang Budha.

Kebiasaan unik selanjutnya yaitu ketika anda makan di sana, anda tidak perlu memerlukan satu sendok khusus untuk setiap hidangan karena di sana hanya akan menyediakan satu sendok yang nantinya akan anda pakai untuk mengambil hidangan lainnya tanpa harus berganti sendok. Selanjutnya adalah ketika terdapat dua pasangan yang melangsungkan pernikahan, maka mereka akan memasangkan cincin mereka di jari sebelah kiri, sementara untuk pasangan yang sedang melaksanakan acara tunangan maka cincin yang harus dipasangan yaitu di bagian kanan.

Di Thailand, bukan hanya anda akan disuguhkan oleh kebudayaan yang sangat uniik, namun di sini anda nantinya juga akan disuguhkan dengan berbagai macam kuliner khas, serta juga disuguhkan bermacam – macam tempat wisata yang sangat patut anda kunjungi dan malah bisa –  bisa anda rugi jika anda tidak sampai mengunjungi tempat tersebut. Salah satu tempat yang patut anda kunjungi yaitu tempat wisata wat pho yang terletak di Bangkok. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan tempat wisata wat pho Thailand yang sangat terkenal di penjuru dunia.

  • Keindahan Wat Pho Thailand

Wat pho atau yang biasa di kenal dengan kuil budha berbaring adalah merupakan kuil yang paling besar di antara kuil budha lainnya yang terletak di negara Thailand, tepatnya terletak di ibu kota negara tersebut, yakni Bangkok. Tempat ini menjadi salah satu atraksi utama yang paling menarik bagi para wisatawan domestik maupun juga bagi para wisatawan yang datang dari berbagai negara.

Kuil ini terkenal dengan sebutan kuil budha berbaring raksasan dan juga memiliki jumlah patung budha terbanyak jika dibandingkan dengan kuil budha yang ada di tempat lain. Dan perlu anda ketahui bahwa tempat ini juga merupakan universitas paling tua dan juga merupakan tempat sekolah resmi pijak tradisional Thailand. 


  • Sejarah Wat Pho Thailand

Adapun kuil ini sebenarnya memiliki nama resmi yaitu disebut dengan Wat Phra Chetuphon Vimolmangklararm Rajwaramahaviharn yang mana beberapa penutur atau wisatawan dari luar negara tersebut menyebutnya dengan kuil budha berbaring. Sementara itu nama Wat Pho sendiri merupakan singkatan yang berasal dari bahasa Thailand yaitu Wat Phodharam yang memiliki arti yaitu biara yang hilang ketika pada masa Ayutthaya.

Kemudian Raja Rama I dari dinasti Chakri kemudian memerintahkan agar supaya kuil ini dibangun kembali yang mana membutuhkan waktu kurang lebih selama 8 tahun sampai kuil ini benar – benar berdiri sempuran.

Kemudian Raja Rama III memerintahkan untuk merenovasi serta memperluas wilayah kuil tersebut yang akhirnya membutuhkan waktu kurang lebih selama hampir dua dekade, kemudian Raja Rama IV memberinya nama untuk kuil tersebut dan kemudian nama tersebut dipakai sampai sekarang.

Nantinya, ketika anda mulai memasuki kuil budha berbaring yang memiliki panjang 150 kaki atau sepanjang 46 meter anda disarankan untuk menjatuhkan koin anda ke dalam salah satu mangkuk berbahan perunggu yang sudah tersedia di dalam kuil tersebut. Tujuan dari menjatuhkan koin ini yaitu tidak lebih karena agar supaya anda mendapatkan keberuntungan di kemudian hari. Terdapat 108 mangkuk di kuil tersebut yang mana angka 108 tersebut merupakan simbol dari karakter positif yang dimiliki oleh Sang Budha. 

wat pho thailandPatung budha berbaring dilapisi dengan emas yang mana patung tersebut merupakan sebuah lambang bahwa budha sedang melakukan perjalanan menuju nirwana, anda bisa mengetahuinya dengan melihat cangkang kerang besar yang menjadi pijakan telapak kakinya. Tempat yang terkenal ini terletak pas disebelah istna raja dan juga memiliki aturan busana yang sama yang berlaku yakni dengan menutupi tungkai serta kaki anda sebelum anda ingin memasukinya.

Adapun cara termudah agar anda bisa sampai ke tempat tersebut adalah dengan menaiki kapal feri atau juga anda bisa pergi dengan menggunakan taksi dan yang bikin anda semakin nyaman adalah bahwa kuil tersebut di buka setiap hari jadi anda tidak perlu bingung untuk menyisihkan hari tertentu untuk pergi ke tempat yang sangat indah ini.

Meskipun patung ini merupakan sebuah patung budha yang sangat besar, akan tetapi di sini nantinya anda akan menemukan banyak sekali patung yang jumlahnya bahkan mencapai lebih dari seribu patung.

Adapun universitas kedokteran yang berada di tempat ini adalah merupakan kampus yang digunakan untuk sekolah pengobatan tradisional Thailand yang mana istilah yang lebih terkenal yaitu pijak Thailand.

Jika anda ingin menikmati betapa enaknya pijak Thailand, maka pastikan anda membawa uang ekstra karena anda harus membayar dengan harga yang bisa dikatakan lumayan mahal tapi meskipun anda harus merogoh kocek yang lumayan mahal, anda akan mendapatkan kenikmatan yang bisa anda rasakan ketika selesai melakukan pijat Thailand dan di jamin anda tidak akan menyesal mengeluarkan uang mahal untuk mendapatkan manfaat dari pijak tradisional Thailand.


Anda juga bisa mengunjungi perpustakan yang di dalamnya terdapat hiasan dengan berbagai pecahan porselen dan anda juga harus mempelajari mengenai deskripsi kuno yang berkaitan dengan pijak tradisional khas Thailand tersebut. Jangan lupa untuk mengunjungi biara ini dan kemudian berbiacara dengan para biarawan karena mereka suka sekali belajar bahasa asing, terutama bahasa inggis.

  • Tempat tersebut di buka setiap hari, mulai pagi sekitar pukul 08.00 sampai dengan puku; 17.00. Disarankan agar anda berangkat lebih pagi karena biasanya akses ke tempat tersebut macet.
  • Untuk harga tiketnya sendiri yaitu sebesar kurang lebih 100 THB.
  • Akses ke tempat ini juga bisa dengan berjalan kaki maupun menaiki kendaraan umum.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

Demikian informasi yang kami sampaikan terkait dengan wat pho Thailand, semoga dapat membuka wawasan anda mengenai berbagai tempat wisata yang patut anda kunjungi ketika anda berada di Thailand.

Semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Friday 16th, February 2018 / 03:43 Oleh :
Kategori : Thailand