5 Tips Backpacker Ke Chiang Mai Yang Paling Berguna

Berlibur adalah kebutuhan semua orang untuk berefleksi diri, mendapatkan inspirasi baru, dan juga melepaskan penat karena pekerjaan yang sangat banyak di tambah dengan target-target yang kadang tidak masuk akal. Cara untuk berlibur pun ada banyak, salah satunya ialah backpackeran. Pernahkah anda berminat berlibur ke Chiang Mai dengan cara Backpakeran?

Backpacker ke Chiang Mai bisa dijalankan aman asalkan anda sudah merencanakannya dengan baik dan mengikuti beberapa petunjuk yang pada umumnya bisa anda lihat di website resmi tempat menarik di Chiang Mai.

Supaya acara backpacker ke Chiang Mai tidak menjadi kenangan buruk, maka kami sarankan untuk merencanakan perjalanan bersama dengan teman-teman anda. selain akan lebih menyenangkan ketika berwisata ke luar negeri bersama teman, anda jug akan jauh lebih aman, terutama bila teman yang anda ajak untuk backpacker ke Chiang Mai sudah berpengalaman mengenai perjalanan ke luar negeri, khususnya Bangkok, atau Thailand secara umum.

Anda butuh persiapan, yang tidak hanya perlengkapan fisik saja, seperti uang, pakaian, akomodasi dan lain-lain, anda pun membutuhkan kesiapan mental, bagaimana jika tersesat hanya karena salah membaca direction. Karena itulah, kami sarankan untuk backpacker ke Chiang Mai bersama teman, sehingga bisa berdiskusi dengan teman anda selama perjalanan.

Berikut, kami paparkan tips dan rekomendasi tempat wisat yang wajib anda kunjungi selama masih punya waktu untuk menghabiskan akhir pekan anda di Chiang Mai.

1. Transportasi

chiang_mai_backpackers

Transportasi mneuju Chiang Mai International Airport (CNX) sudah bisa dilakukan dari Jakarta, tapi harus transit dulu di Bangkok kemudian melanjutkan perjalanan ke Chiang Mai.

Selama waktu transit anda sebaiknya tidak berkeliling ke tempat wisata di Bangkok, karena bisa-bisa anda malah melewatkan waktu penerbangan ke Chiang Mai, jadi lebih baik tunggu di jalur penerbangan yang akan anda tumpangi nantinya dari Bangkok ke Chiang Mai.

  • Selanjutnya, selain melalui jalur udara, anda bia juga melalui jalur darat dari Bangkok ke Chiang Mai menggunakan jalur bus malam, dari Mo Chit Terminal. Transportasi yang sudah menanti anda ialah bus double decket yang nyaman dengan pelayanan super VIP.
  • Perjalanan naik bus dari Bangkok menuju Chiang Mai memakan waktu sekitar 12 jam. perjalanan akan lebih lama lagi kalau anda menempuh rute melalui jalur kereta api, sekitar 14-16 jam.
  • Maka, kami sarankan untuk naik bus atau pesawat saja. sebab kereta akan berhenti di beberapa tempat, sehingga lama waktu tempuh perjalanan menjadi lebih lama daripada bus.
  • Karena anda menempuh perjalanan yang cukup panjang, bawalah cemilan atau hiburan seperti MP3 untuk membuat anda tidak terlalu bosan dengan perjalanan yang akan anda tempuh. Bisa juga menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.
  • Kalau sudah sampai, anda bisa mengekplor kota dengan alat transportasi lokal seperti, tuk-tuk atau songthaew yang mirip angkot di Indonesia.
  • Harga sekali jalan untuk songthaew di area Old City adalah 20 Baht (Rp 7.500), sedangkan di luar Old City adalah 40-60 Baht (Rp 15.000-23.000) sekali jalan.
  • Namun, kami lebih menyarankan agar anda mengeksplor kota menggunakan sepeda motor.
  • Anda bisa menyewa sepeda atau sepeda motor di hotel atau penginapan tempat anda menginap, sebab mayoritas setiap hotel dan penginapan lain seperti hostel di Chiang Mai sudah sadar dengan keinginan wisatawan yang datang sehingga menyediakan sepeda atau sepeda motor agar bisa menikmati waktu berlibur dengan lebih ceria di Chiang Mai.
  • Kalau harganya belum naik, harga sewa sepeda per hari hanya 50 Baht, sedangkan harga sewa sepeda motor dalam seahri 100 Baht.

2. Penginapan

green-house-backpaker

Penginapan di tempat wisata di Chiang Mai pada umumnya cukup terjangkau, untuk anda yang menempuh perjalanan backpacker ke Chiang Mai, harganya masih sangat terjangkau. Anda bisa memilih berbagai macam model penginapan antara lain model dormitory, homestay, hostel, sampai resor bintang lima.

Kami berikan contohnya, misalnya anda menginap di Dusit Princess, sebuah hotel bintang empat di kawasan Chian Mai Night Bazaar. Di sini, anda bisa mendapatkan fasilitas hotel bintang empat dengan harga mulai dari Rp 518.000.

Di Chiang Mai, beberapa penginapan yang umumnya dipilih oleh wisatawan ialah Supanich Guest House, You & Me Hostel, dan Chang Home Guest House, karena harganya yang sangat terjangkau yaitu mulai dari 350 Baht (Rp 130.000) per malam. kami sarankan untuk melakukan reservasi secara online, supaya anda menjadi lebih mudah ketiak sudah sampai, anda bisa langsung masuk dan beristirahat.

Kami sarankan untuk mencari penginapan di pusat kota Chiang Mai, supaya anda lebih mudah dan lebih dekat untuk mengeksplor kawasan di sekitar penginapan serta lebih bebas untuk merasakan hiburan malamnya.

3. Tempat makan

thailand-chiang-mai

Anda vegetarian? Jangan khawatir, di sini anda bisa dengan mudah menemukan makanan vegetarian karena rata-rata warga Chiang Mai juga menjadi vegetarian. Selain menu vegetarian, anda juga masih bisa mencicipi masakan khas Thailand di area ini. masuk saja ke salah satu restoran di Chiang Mai, anda bisa memesan berbagai macam menu oleh-oleh khas Thailand.

Cara paling mudah untuk mendapatkan pengalaman wisata kuliner di Chiang Mai adalah dengan mendatangi Night Bazaar, seperti pusat wisata kuliner di Kuala Lumpur, Night Bazaar juga memiliki raturan putlet makanan di dalam foudcourtnya yang dinamakan Anusarn Market and Kalare Food Centre. Di dalam sana, penuh dengan deretan penajja makanan. Akan mengingatkan kita pada food court di tempat belanja di Korea Selatan.

4. Berkunjung ke Tempat wisata

Chiang-Mai-Thailand

Sudah sampai di Chiang Mai, jangan sampai tidak memiliki kenangan sama sekali dengan tidka mendatangi salah satu tempat wisata di Chiang Mai. Kami sarankan untuk memasukkan salah satu tempat wisata di Chiang mai ke dalam daftar petualangan anda.

Beberapa destinasi wisata wajib ialah Wat Prathat Doi Suthep, kuil terbesar di Chiang Mai yang terletak di atas bukit, serta mengunjungi kuil-kuil seperti 22 kuil peninggalan Kerajaan Lan Na di area Chiang Mai Old City.

Buat kenangan yang paling menyenangkan untuk anda, dengan selfie atau membuat video perjalanan serta membuat catatan perjalanan. Semua kenangan itu bisa dilihat kembali nantinya.

5. Extrem journey

Backpacking-Thailand-Chiang-Rai

Satu hal lagi yang kami sarankan untuk dicoba oleh setiap wisatawan backpacker ke Chiang Mai ialah menikmati wisata extrem, seperti mencoba zipline di tengah hutan yakni Flight of the Gibbon. Atraksi ini merupakan salah satu aktifitas favorit wisatawan dunia yang suka dengan tantangan untuk menguji keberaniannya.

Terkait dengan waktu terbaik mengunjungi Chiang Mai, anda bisa berkunjung ke kota negeri gajah putih ini di bulan November hingga Januari. Pada bulan-bulan tersebut Chiang Mai memiliki cuaca yang paling baik, dengan curah hujan minim dan udara yang masih sejuk.

Selain di bulan November hingga Januari, anda pun masih bisa berkunjung di bulan Februari sampai April. Bulan-bulan itu anda akan merasakan musim panas di Chiang Mai. Kunjungan anda akan menjadi waktu terbaik untuk mencicipi es crim lokal.


Rekomendasi tempat wisata di Chiang Mai

  1. Wat Phra That Doi Suthep
  2. Nimmanhemin Street
  3. Local Café Think Park
  4. Wat Chedi Luang
  5. Wat Phra Singh
  6. Tha Phae Gate

, , ,
Post Date: Wednesday 30th, May 2018 / 04:08 Oleh :
Kategori : Thailand