10 Oleh-Oleh Khas Hokkaido Paling Banyak Diburu Wisatawan

Berlibur ke Hokkaido tidak lengkap rasanya jika hanya mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada. Tempat wisata di Hokkaido perlu Anda kenang setelah tiba di tanah air. Selain dengan mengabadikannya dalam bentuk grafis atau foto, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membeli oleh-oleh khas dari prefektur Hokkaido. Anda juga membagi-bagikan kenangan tersebut dengan orang-orang tercinta di rumah.

Ada banyak jenis oleh-oleh khas Hokkaido yang bisa Anda beli dengan berbagai macam harga, baik berupa makanan maupun souvenir. Berburu oleh-oleh di prefektur Hokkaido bisa menjadi salah satu kegiatan liburan ke Jepang dengan anak. Dari sekian banyak oleh-oleh khas, lima belas di antaranya yang paling banyak diburu wisatawan adalah sebagai berikut.

  1. Bear Magnet

Bear MagnetMagnet dengan gambar landmark sebuah negara wisata biasanya menjadi salah satu oleh-oleh wajib untuk dibawa pulang. Begitu juga jika Anda mencari oleh-oleh dari prefektur Hokkaido. Bedanya, magnet yang banyak diburu oleh wisatawan dari prefektur ini adalah magnet dengan bentuk dan gambar beruang cokelat.

Terkenalnya magnet berbentuk beruang tidak terjadi tanpa alasan. Prefektur terbesar di Jepang ini adalah daerah dengan populasi beruang terbanyak di Jepang. Meski berunang pada dasarnya adalah jenis binatang yang berbahaya, namun pengaplikasiannya pada produk magnet banyak disukai.

  1. Hello Kitty Hokkaido Lavender

Hello Kitty Hokkaido LavenderBisa didapatkan dengan mudah di Sapporo, produk boneka Hello Kitty edisi khusus prefektur Hokkaido dengan tema Lavender banyak diburu oleh wisatawan. Tidak hanya dikhususkan bagi penggemar tokoh boneka kucing tersebut, hello kitty dalam berbagai bentuk souvenir adalah buah tangan khas yang dicintai banyak wisatawan.

Anda bisa mengunjungi sebuah toko khusus oleh-oleh bernama Sanrio Gift Gate di ibu kota Sapporo untuk membeli souvernir lucu ini. Toko tersebut tepatnya terletak di 〒060-0005 Hokkaidō, Sapporo-shi, Chūō-ku, Kita 5 Jōnishi. Toko ini buka dari pukul 10.00 hingga 21.00 waktu setempat. Selain dalam bentuk boneka, Anda juga mendapatkan Hello Kitty Hokkaido Lavender dalam bentuk gantungan kunci, stiker hingga plush toys.

  1. Hokkaido Wood Product

Hokkaido Wood ProductSebagai prefektur dengan bentang alam alami yang paling luas di Jepang, Hokkaido merupakan dareah hijau yang kaya akan berbagai varietas tanaman terutama kayu. Para pengrajin tradisional di sana banyak mengembangkan kayu menjadi produk souvernir yang cocok untuk Anda bawa pulang.

Berbagai jenis produk kayu bisa Anda jadikan oleh-oleh dengan membelinya di kota terkenal di Jepang yakni Sapporo, tepatnya di 064-0802 Hokkaidō, Sapporo-shi, Chūō-ku, Minami 2 Jōnishi, 23 Chome−1−27. Produk yang paling banyak diburu adalah peralatan makan dari kayu seperti sendok, piring, gelas, hingga meja kayu khusus makan. Anda juga bisa menemukan kerajinan kayu berbentuk beruang, lho.


  1. Ainu Craft Souvenirs

Ainu Craft SouvenirsKerajinan tangan dan souvenir dari suku Ainu bisa Anda temukan di berbagai tempat seperti di Ainu Museum Poroto Kotan dan di Abashiri. Ainu adalah penduduk lokal dari wilayah utara Jepang yang memiliki hubungan dengan penduduk serupa di sebagian negara Rusia. Keunikan budayanya yang berbeda dengan mayoritas penduduk Jepang membuat produk-produk kerajinan tangannya banyak diburu.

Sebagai penduduk negeri yang hijau, kerajinan tangan masyarakat Ainu tidak terlepas dari bahan baku kayu. Akan tetapi, Anda akan menemukan aksen-aksen unik dan berbeda dari kerajinan tangan dan souvenir yang mereka buat jika dibandingkan dengan mayoritas penduduk Jepang lainnya. Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Jepang musim dingin atau musim-musim lainnya untuk mendapatkan produk ini.

  1. Hokkaido Lavender Product

Hokkaido Lavender ProductSalah satu tempat wisata alam di Jepang adalah taman atau kebun lavender. Anda bisa menemukan banyak taman lavender yang bisa dikunjungi dengan bebas di musim panas. Perkebunan lavender memberikan pemandangan yang indah sekaligus menjadi bahan baku untuk berbagai produk oleh-oleh khas Hokkaido. Produk lavender bisa Anda temukan di berbagai tempat belanja di Jepang khususnya di Hokkaido.

Berkunjunglah ke Kebun Tomita yang terletak di Distrik Sorachi. Di daerah ini Anda bisa menikmati pemandangan kebun lavender dan membeli berbagai macam produk lavender berkualitas tinggi. Produk lavender yang banyak diburu adalah Lavender Essential Oil Okamurasaki. Selain dalam bentuk minyak, Anda juga bisa membeli produk lavender dalam bentuk sachet, sabun, parfum, dan buket bunga.

  1. Maruyama Zoo Instan Ramen

Maruyama Zoo Instan RamenSalah satu hal yang khas dari Jepang adalah produk ramen atau mi instan. Produk mi instan Jepang sudah terkenal di dunia dan menjadi salah satu produk makanan yang harus dicicipi ketika berlibur ke Jepang. Produk mi instan juga bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Hokkaido. Agar lebih otentik, Anda bisa memiliih Maruyama Zoo Intan Ramen.

Maruyama Zoo Instan Ramen adalah produk mi instan yang didistribusikan langsung oleh kebun binatang Maruyama. Produk mi instan yang ditawarkan memiliki desain yang menarik  dan lucu dengan berbagai jenis pilihan yang rasa yang lezat. Desain paling umum adalah bentuk beruang sebagai maskot prefektur Hokkaido. Anda bisa jalan-jalan ke Jepang sendiri untuk berkunjung ke Maruyama atau tentu saja bersama keluarga.

  1. Otaru Music Box

Otaru Music BoxSelain mengununjungi tempat wisata alam di Jepang yang terletak di Hokkaio, Anda juga perlu mengujungi Otaru dan membeli Otaru Music Box. Otaru Music Box bisa Anda beli dengan mudah di toko Kaimeiro yang terletak di Sakaimachi-dori, Otaru.

Di tempat ini, banyak pilihan music box dengan berbagai jenis desain yang menarik. Uniknya, mereka terbuka untuk menjual music box sesuai pesanan desan dan lagu pengisi favorit pembelinya.

Setelah lelah memilih-milih music box atau sambil menunggu music box pesanan Anda selesai, Kaimeiro juga menyediakan kafe bagi para pengunjungnya. Anda bisa wisata kuliner di Jepang lewat berbagai menu lezat di tengah suasana yang damai. Bangunan Kaimeiro sendiri terdapat di dalam former Otaru Branck of the Da-Hyakujusan National Bank yang memiliki arsitektur cantik.

  1. Japanese Umbrella

Japanese UmbrellaJika Anda berlibur ke Jepang pada musim tsuyu atau masa peralihan dari musim gugur ke musim panas maka Anda memerlukan payung. Tsuyu adalah sebutan penduduk lokal untuk kondisi cuaca dengan debit hujan yang cukup intens. Produk payung bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai departemen store dengan harga normal 1000 yen.

Selain digunakan, beberapa produk payung Jepang juga bisa Anda jadikan souverni, lho. Terutama produk-produk payung tradisional bernama wagasa/bangasa. Berbeda dengan payung yang Anda kenal, wagasa biasanya terbuat dari kertas atau kertas minyak. Meski terbuat dari kertas, wagasa terkenal tahan air dan tentu saja memiliki motif lukisan yang setara dengan karya seni.


Selain delapan produk di atas, prefektur Hokkaido masih memiliki banyak oleh-oleh makanan khas Jepang, seperti.

  • Sapporo Classic Beer, bisa Anda temukan dengan mudah di Sapporo. Berbeda dengan bir pada umumnya, Sapporo Classic Beer diproduksi dengan teknik khusus sehingga memiliki citarasa yang khas.
  • Sapporo Time-Square, adalah produk kue khas Sapporo yang lezat dengan isian cokelat leleh. Meski bernama Time Square, namun kue yang lembut ini tidak memiliki hubungan apa pun dengan Amerika Serikat.
  • Sanporoku Baumkuchen, adalah jenis kue yang dengan bentuk seperti dahan pohon. Namun, dahan pohon buatan ini memiliki tekstur yang lembut dan lezat di mulut.

Mengunjungi Hokkaido membuat Anda terjebak pada tiga hal, 1) surga berbagai jenis makanan segar, 2) kepungan tempat-tempat wisata alam yang menawan, serta 3) oleh-oleh khas yang sayang jika tidak dibawa pulang. Jadi, sudah siap untuk backpacker ke Hokkaido?

, , , ,
Post Date: Tuesday 07th, August 2018 / 07:00 Oleh :
Kategori : Jepang