4 Tips Backpacker Ke Vietnam Paling Hemat Dan Murah

saigonTempat wisata di Vietnam selalu menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan lokal serta wisatawan manca negara termasuk dari Indonesia karena letaknya yang tak terlalu jauh dan masih berada dalam rumpun kewilayahan yang sama yakni Asia Tenggara. Sekaligus juga alasan banyaknya tiket pesawat murah penawaran dari pesawat – pesawat low cost carrier yang selalu menggiurkan. Ditambah lagi dengan menjamurnya wabah melancong ala backpacker yang digemari para muda – mudi.

Berwisata dengan cara backpacker ke Vietnam tentunya adalah sebuah pengalaman yang berbeda karena selain kendaraan umumnya yang mungkin mirip dengan Indonesia yang tidak terlalu terorganisir, bahasa yang jauh berbeda, serta beragam hal lain yang seperti faktor budaya, perbedaan sudut pandang, dan sejenisnya yang tak sama bisa membuat wisatawan yang berencana berlibur dengan cara murah menjadi takut untuk melaksanakannya.

Akan tetapi telah banyak orang berhasil menjalani liburan secara backpacker ke Vietnam hanya dengan bermodalkan beberapa pengetahuan kata dasar bahasa Vietnam ditambah dengan informasi lengkap tentang ke mana harus pergi dan tips lainnya yang tentu saja sangat membantu dalam menjalankan liburan murah sekaligus menyenangkan ala backpacker. Berikut ini adalah 4 tips backpacker ke Vietnam paling hemat dan murah yang akan kami bagikan buatmu agar liburan hematmu sebagai backpacker tetap nyaman dan berkesan selama di Vietnam.

1. Kendaraan Untuk Berkeliling Vietnam

kereta di vietnam

Ada banyak kendaraan umum yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling Vietnam. Mulai dari bus, kereta, pesawat atau yang lebih bersifat pribadi seperti taksi atau sepeda motor. Kendaraan – kendaraan ini sekarang semakin nyaman, seiring mulai dibangunnya jalan – jalan penghubung ke seluruh Vietnam juga pengembangan dan perbaikan kendaraan umum oleh pemerintah setempat.

Bus di Vietnam kerap kali menjadi pilihan utama para pelancong untuk menjelajahi Vietnam karena kenyamanannya dan harganya yang murah, juga tiketnya yang bisa dibeli dengan mudah langsung di tempat tanpa harus pesan dari jauh – jauh hari terlebih dulu. Meski beberapa masih tidak ber AC, sekarang jumlah bus ber AC semakin banyak, sehingga kenyamanannya menjadi semakin berlipat ganda. Tersedia juga bus Open Tour yang memang ditujukan untuk turis, juga saat ini mulai banyak situs yang bisa digunakan untuk reservasi bus terlebih dulu bagi yang tak suka hal mendadak.

Kereta juga merupakan cara lain berkeliling negeri ini bahkan juga untuk digunakan lintas negara hingga ke perbatasan China mulai dari Ho Chi Minh lengkap dengan pemandangan yang indah. Kereta – kereta yang digunakan memang agak tua sehingga kecepatannya tidak secepat kereta lain di negara yang lebih modern, namun mereka menyediakan sleeper class atau fasilitas gerbong dengan kasur. Namun ini mesti kamu reservasi dengan cepat agar tak kehabisan.


Bila kamu ingin bepergian ke penjuru Vietnam tanpa lama, penerbangan domestik juga bisa jadi pilihan. Penerbangan seperti Vietnam Airlines, Jetstar, atau Air Asia bisa menjadi pilihan untuk berpindah dari Hanoi ke Ho Chin Minh dengan durasi dua jam, dibanding naik kereta yang bisa jauh lebih lama dan melelahkan, pesawat adalah salah satu dari 4 tips backpacker ke Vietnam paling hemat dan murah yang mesti kamu ikuti.

Kalau kamu bisa menggunakan sepeda motor, kamu akan bisa menjamah lokasi – lokasi wisata di Vietnam yang tidak tercapai oleh bus atau kereta. Biaya sewanya pun tidak terlalu mahal sekitar 300 Dolar AS seminggu, bahkan bisa menekan pengeluaran dari segi kendaraan. Namun yang perlu diingat, kondisi jalanan di Vietnam kurang lebih mirip dengan Jakarta atau Indonesia secara umum, jadi berhati – hatilah saat menggunakan motor. 

Taksi juga bisa jadi pilihan bila area wisata kunjunganmu berada di sekitar kota besar, namun harganya tentu jauh lebih mahal. Akan tetapi selain itu aplikasi kendaraan online juga tersedia di Vietnam sehingga kamu bisa menggunakannya untuk alternatif karena harganya yang biasanya lebih masuk akal dan terpercaya dibanding taksi konvensional yang kadang suka curang.

2. Rekomendasi Lokasi Untuk Dikunjungi

  • Hanoi

hanoi

Siapa tak kenal Hanoi, ibu kota Vietnam yang juga memiliki beragam lokasi wisata menarik untuk dikunjungi. Dengan pesona kota tua berpadu dengan modernitas, Hanoi memiliki wisata alam sekaligus sejarah yang bisa dikunjungi seperti salah satunya Danau Hoan Kiem.

Ada juga kuil – kuil tua seperti Bach Ma dan Temple of Literature yang sudah dibangun sejak 1070 jauh sebelum Vietnam diduduki Perancis yang sangat sayang untuk di lewati.

  • Sapa

Sapa mungkin adalah nama yang kurang familiar di Vietnam bagi para wisatawan, namun sebenarnya banyak backpacker berkunjung ke sini untuk menikmati alamnya seperti air terjun Bac dan mengunjungi desa Ban Pho di mana terdapat suku yang memiliki populasi etnis Ban Ha Mongolia yang tinggal di tepi ketinggian gunung. Mereka sangat ramah dan biasanya akan mengajakmu minum wine jagung, tentunya kamu boleh menolak, namun akan lebih baik berpartisipasi hanya saja jangan sampai kelewat mabuk.

  • Halong Bay dan Pulau Cat Ba

Salah satu wisata paling terkenal di Vietnam yang juga merupakan warisan dunia UNESCO, Halong Bay mungkin terdengar sebagai lokasi wisata mahal. Namun sebenarnya kamu bisa menemukan tur murah dan tetap bisa menemukan banyak keindahan di sini. Ada juga Pulau Cat Ba di mana kamu bisa melihat atau mencoba panjat tebing jika cukup berani.

  • Hue

Penyuka sejarah tak boleh melewatkan tempat satu ini. Hue adalah kota bangsawan di Vietnam dengan banyaknya situs sejarah, juga beragam rumah ibadah seperti gereja di tepi sungai dan Pagoda Thien Mu yang memiliki arsitektur mempesona. Namun jika sekedar ingin bersantai, ada Pantai Lang Co atau kolam air panas mineral Phong An yang akan bisa memanjakanmu.

  • Nha Trang

Ingin menjalani liburan ala backpacker yang lebih menantang dan liar? Pergilah ke kota ini untuk melakukan beragam olahraga ekstrem seperti selancar angin, paragliding, atau jet ski. Semuanya tak perlu reservasi terlebih dahulu. Bila kamu mau melakukan kegiatan yang lebih ‘gila’, ada banyak klub malam yang bisa membawamu berdansa dan bersenang – senang semalam suntuk. Namun hati – hatilah dengan pencopet yang biasanya menyamar jadi wanita panggilan ataupun backpacker lain yang kadang mencuri dari wisatawan lain yang datang sendirian.

  • Ho Chi Minh

Kota yang juga kerap disebut dengan nama Saigon ini, biasanya menjadi titik awal perjalanan para wisatawan saat berkunjung ke Vietnam. Meski tergolong tidak direkomendasikan untuk backpacker, tempat wisata di Ho Chi Minh seperti War Remnants Museum cukup terkenal di kalangan wisatawan dan tentunya wajib dikunjungi saat liburanmu bahkan sebagai backpacker. 


3. Tempat Menginap Murah di Penjuru Vietnam

Jika ingin menghemat selama perjalanna wisata di Vietnam, tentunya hostel adalah pilihan yang paling banyak kamu temui di seluruh kota. Hostel – hostel ini biasanya bisa kamu reservasi secara online dari banyak situs yang juga menyediakan sistem penilaian dan ulasan, sehingga kamu bisa memilih hostel terjangkau dengan kualitas terbaik. Biasanya hostel di Vietnam juga menawarkan sarapan gratis, sehingga mengurangi pengeluaranmu.

4. Makan di Vietnam

Satu dari 4 tips backpacker ke Vietnam paling hemat dan murah tentunya berhubungan dengan makanan. Backpacker bukan berarti harus kelaparan atau makan makanan instan setiap waktu. Sudah sampai ke Vietnam, tentunya tak lucu bila kamu sama sekali tak mencoba spring roll langsung dari negara asalnya. Tak perlu khawatir uang akan habis, selama kamu bertanya terlebih dahulu harga makanannya, kamu akan bisa mendapatkan deal yang bagus. Selain itu sebaiknya pilih tempat makan di pinggir jalan yang memiliki bangku – bangku kecil, biasanya harganya lebih murah.

, , ,
Post Date: Tuesday 10th, April 2018 / 08:05 Oleh :
Kategori : Vietnam