16 Cara Ke Pulau Tioman Dari Johor Bahru Paling Mudah

    Pulau Tioman dapat dicapai dengan kombinasi transportasi darat dan laut dari tempat wisata di Kuala Lumpur dan Singapura. Gerbang utama ke pulau itu adalah Mersing, sebuah kota pesisir di sebelah barat negara bagian Johor Bahru. Rute umum bagi sebagian besar pengunjung adalah mengemudi atau naik bus ke Mersing, lalu menunggu feri berikutnya yang tersedia di Dermaga Mersing menuju tempat wisata di Pulau Tioman.

Berjaya Air sebelumnya mengoperasikan penerbangan dari Bandara Subang (KL) tetapi ini telah ditangguhkan tanpa batas waktu sejak 2014. Bagi mereka yang memiliki kapal pesiar pribadi, fasilitas marina baru terletak di Tekek, dengan listrik, pasokan air, dan bea cukai yang murah.

Musim hujan, sekitar bulan November-Januari membuat frekuensi keberangkatan feri berkurang karena kerap ditunda. Meskipun demikian setidaknya selalu ada satu perjalanan yang biasanya dilakukan setiap hari menuju ke Pulau Tioman.

Nah, buat anda yang ingin melakukan perjalanan ke Tioman, berikut merupakan cara ke Pulau Tioman dari Johor Bahru.

1.Petunjuk arah

pantai pulau tioman

Dari Kuala Lumpur, gunakan Jalan Raya Utara-Selatan dan menuju ke selatan menuju Johor Bahru. Lalui pintu keluar Ayer Hitam dan lakukan perjalanan ke Kluang. Perjalanan ini akan membuat anda melewati Kahang dan hutan hujan kecil.

 Ikuti papan nama ke arah tempat wisata di Mersing dan Anda harus tiba dalam empat atau lima jam di Mersing meski harus menempuh jarak 400 km dari Johor Bahru. Jika Anda memiliki peta, anda dapat mengikuti jalan alternatif namun kami sarankan tidak melakukannya jika anda tidak bersama orang yang memahami area tersebut.

Contoh jalan alternatif itu jalan dari Bahau, yakni kawasan setelah Seremban ke Kuantan, ikuti jalan ke arah selatan ke Mersing. Dari tempat wisata di Singapura, pengunjung dapat berkendara melintasi Causeway ke Johor Bahru dan mengikuti jalan pesisir menuju Mersing, melewati Kota Tinggi melalui Tebrau Highway dalam perjalanan 150 km.

Setelah di Mersing, anda dapat parkir kendaraan yang aman di kompleks dermaga seharga MYR10 per malam. Harga akan berlipat ganda menjadi lebih mahal sejumlah lama waktu anda meninggalkannya, jadi persiapkan uang penitipan sesuai dengan jumlah hari anda akan meninggalkannya di tempat penitipan kendaraan tersebut.

Sesampai di Mersing, anda pun bisa beristirahat sejenak sambil menunggu kapal fery menuju ke Pulau Tioman. Tips ke Pulau Tioman dari Johor Bahru ini akan membuat anda mengalami perjalanan panjang, jadi wajar jika anda istirahat sebentar di hotel di Mersing.

Beberapa hotel di kota Mersing menyediakan parkir gratis jika Anda bermalam di kamar mereka dan juga menyediakna fasilitas antar gratis ke dermaga.


2.Naik Bus ke Tioman

pulau tioman

Selain melakukan perjalanan darat dengan berkendara sendiri dari Johor Bahru, anda pun bisa ikuti tips ke Pulau Tioman dari Johor Bahru lainnya seperti naik bus. Bus tersedia dari Stasiun Puduraya (Kuala Lumpur), Larkin (Johor Bahru), dan Terminal Bus Queen and Lavender Street (Singapura).

Dari terminal bus di Larkin, Johor Baru anda bisa menaikinya sampai di Mersing. Sesampainya di terminal Mersing anda dapat berjalan kaki sejauh 1 km ke dermaga atau naik taksi dengan tarif MYR10.

3.Naik Fery

Pulau-Tioman-Island

Sesampainya di Mersing dari Johor Baru entah itu dengan kendaraan pribadi atau dengan bus, anda dapat menempuh perjalanan ke Pulau Tioman dari di Tanjung Gemuk, sekitar 35km di kawasan utara Mersing. Di sini anda dapat naik feri ke Pulau Tioman selama bulan-bulan non-musim hujan – dengan durasi perjalanan laut yang sedikit lebih cepat.

Bluewater Express menjalankan layanan feri utama, selama bulan-bulan puncak liburan antara Februari dan Desember. Biasanya ada tiga wahana per hari, dari jam 8.30 pagi hingga 2.30 siang. Perjalanan memakan waktu sekitar dua hingga tiga jam tergantung pada kondisi pasang surut dan kecepatan angin. Harga tiket sebesar MYR35 untuk sekali jalan. Jika ingin sekalian tiket pulang anda harus bayar dua kali lipat.

4.Melalui Udara

tioman resort

Pelancong dapat menuju ke Pulau Tioman dari tempat wisata di Johor Bahru dengan melakukan penerbangan langsung. Penerbangan langsung bisa dilakukan dengan menaiki pesawat Berjaya Air dari Subang Airport dari Johor Bahru.

Penerbangan langsung ini dibuka dari hari Selasa, Jumat, dan Minggu. Jarak tempuh kurang lebih hanya 40 menit. Semenara itu selain pilihan terbang langsung dari Johor Bahru bisa juga melakukan penerbangan langsung dari Kuala Lumpur.

Selain itu, penerbangan juga bisa dilakukan ke Pulau Tioman dari Sultan Ahmad Shah Airport, Kuantan, Pahang. Jadwal penerbangan ada setiap hari.

Di samping itu bisa juga dilakukan dengan Penerbangan dari Seletar Airport, Singapore ke Pulau Tioman dengan jadwal penerbangan ada setiap hari. Bahkan turis asing juga bisa melakukan penerbangan langsung dari Singapore sampai ke Pulau Tioman.

5.Speedboat

tioman

Selain kapal feri, ada pilihan lain menuju Pulau Tioman yakni dengan naik Speeadbot. Anda bisa berangkat dari Johor Bahru sampai di Mersiing terlebih dahulu kemudan dari Mersing menyeberang dari dermaga Tanjung Gemok menuju ke Pulau Tioman dengan menaiki speedboat.

Jarak tempuh speedboat dari Mersing menuju Pulau Tioman kurang lebih 2 jam lebih cepat dari naik kapal feri. Anda akan sampai di Pulau Tiomang selama 3 jam dengan kapal feri. Sedangkan harga tiket naik speedboat ialah 45 ringgit untuk sekali jalan dan kapal feri 35 ringgit. Speedboat akan berangkat dengan durasi selang 1 sampai 2 jam berikutnya.


Cara ke Pulau Tioman dari Johor Bahru dan rekomendasi aman selama perjalanan

Selain tips perjalanan atau cara ke Pulau Tioman dari Johor Bahru dan sekitarnya, kami juga ingin memberikan tips tambahan sebagai berikut:

  1. Perhatikan waktu anda sampai di dermaga, jika kondisi air pasang surutnya mempengaruhi keberangkatan kapal maka bersiaplah untuk memesan penginapan di Mersing
  2. Untuk itu dibutuhkan dana cadangan supaya anda tidak kehabisan uang selama perjalanan liburan
  3. Anda harus tahu bahwa speedboat akan berhenti di semua desa hingga sampai di Pulau Tiomang.
  4. Anda bisa berhenti di salah satu resort yang ada di bibir pantai dengan speedboat yang anda tumpangi
  5. Speedboat juga akan menurunkan dan menjemput penumpang lain, jadi bersabarlah kecuali anda menyewa keseluruhannya
  6. Beritahukan kepada staf lokasi tujuan anda supaya anda di turunkan dilokasi yang anda inginkan dari speedboat yang anda tumpangi
  7. Kapal feri juga akan berhenti di seitap desa atau resort yang dilewati
  8. Pada musim hujan di perkirakan bulan November-Maret keberangkatan kapal feri ke pulau Tioman berkurang karena cuaca yang tidak mendukung untuk melakukan perjalanan.
  9. Supaya perjalanan anda lancar, pesanlah tiket berlibur jauh-jauh hari termasuk tiket kapal feri menuju ke Pulau Tioman.
  10. Pesanlah resort atau penginapan jauh-jauh hari sebelum anda menjangkau Pulau Tiomang. Sebab pulau tersebut termasuk pulau favorit yang dikunjungi juga oleh wisatawan lokal. Jangan sampai ketika anda sudah sampai di Pulau Tiomang, anda terpaksa menggelandang karena tidak memiliki kamar inap untuk berlibur barang dua sampai tiga hari.
  11. Fasilitas resort atau penginapan masing-masing disesuaikan oleh range harga dan tempat yang anda pilih. Semakin baik hotel atau penginapan yang anda pilih tentu akan semakin baik kualitas ruang dan fasilitas yang anda dapatkan. Anda bisa memesan hotel dengan fasilitas lengkap lewat situs resmi hotel di Tioman atau memilih lewat situs pesan hotel online lainnya.

Demikian informasi dari kami mengenai tips ke Pulau Tioman dari Johor Bahru dengan jalur penerbangan, darat, atau pun lewat perairan.

, , , ,
Post Date: Saturday 19th, January 2019 / 04:54 Oleh :
Kategori : Malaysia