26 Tempat Wisata Di Kuala Lumpur Malaysia Terfavorit Wajib Dikunjungi

Malaysia merupakan salah destinasi wisata yang cukup diminati oleh wisatawan Indonesia. Selain wilayahnya dekat dengan Indonesia, Malaysia juga memiliki budaya dan bahaya yang tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Jadi anda tak perlu terlalu khawatir semisal anda tersesat disini.

Karena secara geografis dekat dengan Indonesia, transportasi untuk menuju ke negari jiran ini juga tergolong murah. Apalagi banyak wisata gratis disini. Salah satu spot kota yang populer adalah Kuala Lumpur. Ya, Ibukota negara Malaysia ini terdapat banyak gedung-gedung pencakar langit yang bahkan termasuk dalam salah satu gedung tertinggi di dunia. Selain itu, banyak wisata alam yang bisa anda nikmati di kota satu ini.

Untuk masalah penginapan dan akomodasi anda tidak perlu susah-susah untuk mencarinya, banyak hotel-hotel yang tersebar di kota ini. Mulai harga untuk backpacker hingga kelas hotel berbintang lima. Juga transportasi disini juga sangat terorganisir. Oke, siapkan kamera untuk mengabadikan momen liburanmu ya. Karena di kuala lumpur banyak sekali spot-spot yang menarik yang bisa kamu jadikan latar belakang berfoto kamu. Langsung saja, Yuk kita lihat tempat wisata yang paling wajib anda kunjungi saat liburan di kuala lumpur dan tempat wisata di malaysia.

1. Petronas Twin Tower

Petronas twin towerMerupakan tempat yang harus anda kunjungi ketika anda baru pertama kali berlibur ke Kuala Lumpur. Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang gedung kembar yang indah ini, Karena Gedung ini merupakan icon dari negara Malaysia. Gedung ini juga merupakan gedung tertinggi di Asia Tenggara, bahkan sebagai gedung kembar tertinggi di dunia. Terdiri dari 88 lantai dan memiliki tinggi sekitar 452 meter. Sedangkan di tengah-tengah menara kembar ini terdapat jembatan penghubung, tepatnya berada di lantai 41 dan 42 yang bisa anda lewati. Anda bisa melihat pemandangan kota Kuala Lumpur yang menakjubkan dari gedung ini.

Terletak di pusat kota Kuala Lumpur, jadi anda bisa dengan mudah menemukan menara ini. Dari kejauhan pun menara ini sudah terlihat gagah berdiri. Menara ini dirancang oleh arsitektur dari argentina yaitu Cesar Pelli. Dan seperti namanya, Menara ini merupakan markas besar Petronas, yaitu sebuah perusahaan minyak nasional Malaysia. Selain itu didalamnya juga terdapat banyak mal, kompleks pertokoan dan juga food court.  Biaya masuk untuk masuk ke Twin Towers dimulai dari 65 MYR dan bisa anda beli secara online dari situs resminya.

  • Lokasi : Pusat Kota Kuala Lumpur
  • Tiket Masuk : 65 RM

Batu Caves

Batu cavesTempat ini juga merupakan salah satu wisata di Kuala lumpur yang harus anda kunjungi. Terletak di Gambok, Selangor, tepatnya di sebelah utara kuala lumpur. Anda bisa mencapainya dengan menaiki Komuter KTM dari kuala Lumpur menuju stasiun batu caves. Nama Batu sendiri berasal dari sebuah Sungai Batu yang mengalir melewati bukit ini.

Kuil ini di bangun untuk menyembah dewa Murugan dan dianggap sebagai Kuil Suci yang berada diluar India. Di depan gua anda akan melihat patung dari dewa Muragan yang berwarna emas dengan tinggi sekitar 140 kaki, yang sangat cocok dijadikan sebagai spot untuk mengambil foto. Jangan lewatkan untuk mengunjungi gua galeri seni dan gua museum yang bisa anda temukan di dasar gua. Untuk mencapai gua utama anda harus menaiki sejumlah 272 anak tangga. Dikarenakan tempat ini masih digunakan untuk bersembahyang umat Hindu, sebaiknya anda mematuhi segala tata tertib di wisata ini. Dan disarankan untuk tetap waspada ya, karena terkadang disini anda akan menjumpai monyet-monyet liar yang memang sering berkeliaran di sekitar Batu Cave

  • Lokasi: Gombak, Selangor, Malaysia.
  • Tiket Masuk : Gratis

Kuala Lumpur (KL) Tower

KL TowerMenara Kuala Kuala Lumpur adalah menara penyiaran dan telekomunikasi yang memiliki tinggi sekitar  421m ,yang berada di tengah kota Kuala Lumpur. Memiliki bentuk mirip seperti Shanghai tower dengan Ruangan yang berbentuk bulat di puncaknya. Ruangan tersebat adalah tempat obesrvasi yang bisa anda  kunjungi untuk melihat  keindahan kota kuala lumpur dari atas ketinggian. Anda bisa mencapai puncak menara ini dengan menggunakan lift yang sudah disediakan disini. Tak tanggung-tanggung, anda bisa mencapai puncak hanya dalam waktu kurang dari satu menit, dengan hanya membayar 55 RM. Selain anda bisa melihat pemandangan dari atas menara, Anda juga bisa menggunakan bangunan ini sebagai background selfie tanpa harus membayar tiket masuk.

Menara ini juga terdapat gerai McDonald’s yang juga dinobatkan sebagai gerai tertinggi di dunia. Dan juga menara ini juga diklaim sebagai menara telekomunikasi tertinggi keempat di dunia.

  • Lokasi: Jalan P Ramlee, Pineapple Hill, Kuala Lumpur
  • Tiket masuk : 55 RM (dewasa), 45 RM (anak-anak)
  • Jam Buka : 09.00 – 22.00

Chinatown

China townNah, ketika berkunjung ke kuala lumpur, jangan lupa untuk mengunjungi China Town. Terletak di pusat kota Kuala Lumpur. Daerah ini merupakan daerah yang tak pernah tidur alias selalu saja ada aktivitas orang-orang yang sedang berjualan disini. Tempat ini juga dijuluki ‘Bargain Hunter’s Paradise’, dimana merupakan surge bagi anda yang suka berbelanja barang dengan harga murah. Dan mayoritas penjual disini adalah warga tinghoa yang telah lama menetap di Malaysia.

Anda bisa menemukan berbagai barang disini, mulai dari ramuan Cina hingga barang imitasi yang dijual bebas disini. Apalagi di suasana malam hari, tempat ini berevolusi dari ‘surga pembelanjaan’ menjadi pasar malam yang ramai dan semarak. Anda juga bisa menikmati makanan-makanan china maupun makanan khas dari Malaysia.

  • Lokasi: Petaling Street,  juga dikenal sebagai ‘Chee Cheong Kai (Starch Factory Street.)
  • Tiket masuk : Gratis

Sunway Lagoon Theme Park

Sunway LagoonTerletak sekitar 15 kilmeter dari pusat kota kuala lumpur. Sunway Lagoon theme park memiliki area seluas 80 hektar, Anda bisa menuku kesini dengan naik busa dari KL sentral dan lanjut perjalanan ke Subang Jaya dengan menaiki komuter KTM, lalu ke Sunway Piramid dengan menggunakan bus. Taman ini memiliki 6 zona yang bisa anda jelajahi. Keenam zona tersebut meliputi,

  • Water Park : Disini anda bisa menikmati berbagai wahana air yang menyenangkan, seperti pantai buatan dengan pasir sekitar 13 ribu meter persegi yang suasanaya dibuat sepersis mungkin dengan pantai sebenarnya dan juga terdapat Surf beach dengan ombak buatanya yang keren.
  • Ammusement Park:Disini anda bisa menikmati wahana Pirates Revenge yaitu sebuah kapal bajak laut yang berputar sampai 360 derajat. Selain itu disini juga terdapat roller coaster, Lost City dan juga terdapat jembatan terpanjang di Malaysia yaitu Sunway Lagoon Pedestrian suspension bridge.
  • Extreme Park : Disini anda bisa mencoba wahana-wahana yang memacu adrenalin anda. Seperti serunya bermain arum jeram dari Grand Canyon River rapid, wahana Slingshot raksasa setinggi 65 meter dan anda dihempaskan dengan kecepatan 120 km/jam, Flyng Fox sejauh 260 yang juga merupakan Flyng Fox terpajang di Malaysia.
  • Wild Life park : Disini anda bisa melihat berbagai jenis satwa yang tersebar dalam 8 hektar pekarangan. Tempat ini kalau di Indonesia adalah Taman Safari, dimana terdapat lebih dari 140 spesies binatang yang bisa anda jumpai.juga terdapat Wildlife teater, dimana anda bisa belajar tentang binatang-binatang yang hidup disini.
  • Scream Park : Disini anda bisa menjelajahi keseruan Rumah hantu yang menampilkan hantu-hantu Malaysia, rasakan Dikerumuni oleh puluhan Zombie yang ingin seolah-olah ingin memakan otak anda di area World war Z Live, dan juga rasakan bagaimana tinggal satu ruanagan dengan para pembunuh terkejam didunia.
  • Nickelodeon Lost Lagoon : Disini anda juga bisa menikmati wahana-wahana yang berhubungan dengan air, seperti Giant Aqua Tube, Water Spray, Rain Fortress, dan yang menarik disini anda bisa membeli souvenir dari nickelodeon original.

Lokasi: 15 km bagian Barat pusat kota Kuala Kumpur

Harga: 150 RM

Aquarium KLCC

Aquarium KLCCNah, tempat yang satu ini juga sangat dilewatkan untuk dikunjungi. Aquaria KLCC diklaim sebagai akuarium terbesar di dunia. Anda akan merasakan seolah-olah anda berada di dalam lautan yang luas. Disini anda bisa melihat lebih dari 5000 spesies satwa air tawar maupun air laut, seperti  arapaimas besar, kerapu raksasa, ikan garing dan banyak lagi. Beberapa satwa utama di Aquarium ini  adalah hiu harimau yang menakutkan, ikan karang terang, ular laut yang mematikan, kuda laut, dan Blue Rays. Aquaria KLCC merupakan salah satu tempat wisata favorit di negara ini yang mencerminkan kedalaman dan ekosistem sesungguhnya.

  • Lokasi: Concourse Kuala Lumpur Convention Center, Jalang Pinang, 50088 Kuala Lumpur
  • Jam Buka : 10.30 – 20.00
  • Harga: 64 RM (dewasa) dan 53 RM (anak-anak) 

Sultan Abdul Samad Building

Sultan abdul samadMalaysia merupakan negara dengan kebanyakan penduduknya beragam Islam, jadi sangat mudah untuk menemukan masjid dan bangunan yang bearsitektur Moor di Kuala. Salah satunya adalah Gedung Sultan Abdul Samad yang berada di sebelah timur Lapangan Merdeka, Kuala Lumpur. Nama gedung ini dinamai oleh sultan Selangor dan dibangun pada tahun 1897. Desain bangunan ini dirancang oleh AC Norman, salah satu arsitek terbaik yang telah merancang bangunan bersejarah lainnya juga.  Bangunan ini seluruhnya terbuat dari batu bata dan memiliki lengkungan yang  anggun serta dilengkapi dengan menara jam yang tingginya sekitar 41.2m.

Gedung Sultan Abdul Samad berfungsi sebagai gedung Kementerian Informasi, Komunikasi dan Budaya Malaysia. Namun, sekarang sebagian besar dari bangunan ini merupakan tempat bersejarah yang berfungsi sebagai tempat wisata. Dan juga digunakan sebagai tempat menyelenggarakan parade pada hari kemerdekaan. Saat lewat gedung ini , jangan lupa untuk berselfie ria ya.

  • Lokasi: Jalan Tun Perak , Kuala Lumpur
  • Biaya Masuk : Gratis

Jalan Alor

Jalan AlorTerletak di belakang Jalan Bukit Bintang, Jalan Alor berjarak sangat dekat dari Changkat Bukit Bintang..Jalan Alor adalah salah satu tempat hiburan dan wisata kuliner yang paling terkenal di Kuala Lumpur.  Terdapat sejumlah warung jajanan dan restoran makanan laut yang bisa anda temui disepanjang jalan.

Disini Anda bisa menemui berbagai makanan seperti daging panggang, mie hingga makanan penutup dengan harga murah. Kios-kios penjaja di Jalan Alor menjual makanan favorit warga Kuala Lumpur. Yang menjadi pembeda dari Jalan Bukit Bintang yang trendi dan Changkat Bukit Bintang adalah Jalan ini memiliki pesona tradisional yang terkait dengannya dengan restoran seafood Cina dengan lampion merah dan penerangan signage restoran yang berpendar terang.

  • Lokasi: Jalan Bukit Bintang , Changkat, Kuala Lumpur
  • Jam Buka : 18.00 – 24.00
  • Tiket Masuk: Gratis

Shah Alam National Botanical Park

Shah Alam BotanicalTaman Botani Shah Alam terletak  Hanya 40 menit dari pusat kota Kuala Lumpur. Taman ini memiliki luas 1290 hektar dan diklaim sebagai taman botani terbessar di dunia. Taman ini sendiri di bangun pada tahun 1986 dan merupakan taman botani pertama di Malaysia.

Ketika anda disini cobala untuk menikmati wahana Sky Trek yang merupakan sebuah wahana yang memungkinkan Anda untuk berpetualang sambil mengasah ketangkasan dan adrenalin anda. Terdapat banyak tantangan disini, seperti berjalan diatas tali, memanjat pohon, melompati jembatan kayu dan slide seperti flyng fox, dan kesemuanya itu dilakukan diatas ketinggian 22 meter. Tapi tenang, ada alat pengaman dan instruktur yang mengarahkan anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu di taman ini anda juga bisa menikmati berbagai wahana seperti:

  • Taman 4 Musim dengan tiket masuk 1-3 RM
  • Tempat Berkemah
  • Rental sepeda
  • Taman Botani dimana anda bisa mempelajari berbagai tanaman disini
  • Kolam renang
  • Animal Park
  • Fly Fishing
  • Menara Bukit sapu tangan dimana anda bisa melihat keindahan taman ini dari atas ketinggian

Jam Buka : 8.30 – 16.30 (Selasa – Minggu)

Harga: Masuk Taman : 3 RM (dewasa), 1 RM (anak-anak dan orang tua), Sky Trek (55 RM)

Lokasi : Taman Pertanian Malaysia, Bukit Cahaya Seri Alam, 40000 Shah Alam, Selangor, Malaysia.

Central Market

central MarketCentral Market Terletak di Petaling Street, tidak jauh dari China Town, Kuala Lumpur. Pasar Sentral dibangun oleh Yup Ah Loy pada tahun 1888. Proyek ini diakuisisi oleh Kha Seng Group pada tahun 2004 dan sejak saat itu telah menjadi tempat wisata yang mewakili budaya seni dan warisan bangsa Malaysia

Pasar Sentral merupakan tempat favorit belanja wisatawan yang ingin membeli souvenir Malaysia. Disini anda dengan mudah dapat menemukan barang-barang antic. Selain itu, Pasar ini juga berfungsi sebagai platform bagi para seniman pemula untuk menampilkan karya mereka . Jika anda merasa lapar setelah berjalan-jalan dan berbelanja. Disini juga banyak terdapat kios-kios yang menjual berbagai makanan. Dan anda tidak perlu khawatir karena makanan disini tidak beda jauh dengan masakan yang ada di Indonesia. Disini juga terdapat Kasturi walk, yang menjadi daya tarik dan pesona tersendiri dari pasar ini.

  • Lokasinya : Petaling Street , Kuala Lumpur
  • Jam Buka : Setiap hari (10.00 – 22.00)
  • Tiket Masuk : Gratis

KL Bird Park

KL bird parkKL Bird Parkmerupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang juga dianjurkan dikunjungi. Taman ini terletak di Kuala Lumpur Lake Garden. Anda hanya butuh waktu sekitar 10 menit dari pusat kota. Terdapat lebih dari 3.000 burung, dari 200 jenis burung lokal dan asing. yang tersebar di area seluas 20,9 hektar. Saking luasnya, KL Bird Park terbagi menjadi 4 zona. Berikut Zona-zona yang bisa kalian kunjungi.

  • Zona 1 merupakan sebuah taman dimana burung-burung bebas terbang di zona ini. Sebagian besar burung di sini adalah burung-burung bukan asli dari Malaysi.  Jangan lewatkan memberi makan burung-burung yang sedang terbang pada jam 10.30 dan memberi pakan burung elang tepatnya di taman Brahmana pada jam 14.30.
  • Zona 2 : Disini burung-burung juga dibiarkan bebas berkeliaran di alam. Dimana hampir mirip dengan Zona 1. . Disini anda bisa menemukan flamingo, burung merak, burung hantu, burung crane dan ibis.
  • Zona 3 memiliki luas yang lebih kecil dari zona 1 dan 2. Di zona ini Anda bisa menemukan burung-burung yang didominasi oleh burung lokal , dan burung-burung ditempatkan didalam kandang. Anda bisa menyaksikan saat acara memberi makan burung yang diselenggarakan pihak pengelola.
  • Zona 4 adalah merupakan zona dengan luas wialayah terbesar di taman ini. Kebanyakan burung yang menghuni tempat ini adalah burung-burung yang di tempatkan di kandang. Selain itu disini terdapat amfiteater yang biasanya terdapat pertunjukan atraksi-atraksi burung yang bisa anda saksikan setiap harinya pada pukul 12.30 -15.30. Anda juga bisa melihat telur yang menetas dari cangkanganya di tempat penangkaran burung yang juga terdapat disini.

Tiket Masuk

  • Dewasa :RM 67
  • Anak-anak (usia 3 – 11): RM 45

Jam Buka :  jam 09:00 – 18:00. 


Genting High Land

GentingTerletak di Perbatasan Selangor dan Pahang, Berjarak 35 km  dari Kuala Lumpur dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Genting Higland sendiri berada di puncak Gunung Ulu Kali dengan ketinggian 1.800 meter. Genting Highlands merupakan pengembangan resor terpadu yang terdiri dari hotel, kasino, pusat perbelanjaan dan taman hiburan. Selain itu tempat ini juga terintegrasi dengan transportasi yang baik.

Disini juga terdapat taman hiburan indoor yang diklaim sebagai yang pertama didunia. Didalamnya terdapat Museum Ripley’s Believe dan Haunted Adventure parks. Anda disini dapat menikmati berbagai wahana seperti Mini train, Rio Float, Cruiser Reindeer, Circus Ride, Busy Bugs dan berbagai aktivitas indoor lainnya.

Anda juga bisa menikmati pemandangan yang dari tempat ini.  Selain itu disekitar pegunungan ini terdapat  banyak tempat wisata termasuk desa pedesaan, hotspot kuliner, retret homestay, destinasi alam dan masih banyak lagi.

  • Tiket Masuk : Dewasa RM29.70 dan anak-anak  RM31.80
  • Jam Buka : Senin sampai Jumat (10:00 sampai 24.00)  dan Sabtu (09.00 – 13.00)

Bukit Bintang

Bukit BintangTerletak di Segitiga emas Kuala Lumpur, Anda bisa dengan mudah menuju ke sana dengan transportasi umum seperti monorail, taksi, dan bus. Bukit Bintang dikenal sebagai kawasan hiburan paling trendi sekaligus pusat perbelanjaan di Kuala Lampur. Disini juga terdapat klub malam, restoran dan juga hotel bintang lima .

Landmark paling terkenal di sini adalah Pavilion KL. Yang merupakan pusat perbelanjaan high end yang terdapat kios-kios dengan brand mewah Eropa seperti Pelatih, Diane Von Furstenberg, Dolce & Gabbana, Juicy Couture, MaxMara, Versace, dan Yves Saint Laurent. Ketika malam tiba, suasana di sini sangatlah ramai dengan hiruk pikuk bar-bar dan diskotik serta adanya live musik disini.

  • Tiket Masuk : Gratis
  • Lokasi : Chungkat, Bukit Bintang, Segitiga Emas Kuala Lumpur

Merdeka Square

Merdeka SquareMerdeka Square merupakan Alun-alun sekaligus taman rekreasi  dan tempat bersejarah yang terletak di Kaula Lampur. Pada tahun 1957 untuk pertama kalinya bendera Malaya dikibarkan di sini. Alun-alun ini cukup luas dan hijau. Hal ini menjadikannya sebagai tempat santai yang sejuk dengan taman bermain yang sangat luas untuk anak-anak.

Sekitar Lapangan Merdeka cukup terang dan angin sepoi-sepoi yang sejuk di sana menjadikannya tempat yang sangat ideal untuk bersantai setelah anda lelah seharian berjalan-jalan. Di dekat Merdeka Square juga  terdapat sejumlah bangunan bersejarah seperti Stasiun Kereta Tua KL, Galeri Kuala Lumpur, Kompleks Klub Royal Selangor, dan Gedung Sultan Abdul Samad.

Masih banyak tempat-tempat yang bisa anda kunjungi di Kuala Lumpur seperti :

  • Little India : Merupakan sebuah tempat perbelanjaan yang menjual berbagai barang-barang dari insia seperti kain, rempah-rempah, bahkan film film Bollywood. Disini anda bisa mencoba msakan-masakan khas india.
  • Sinzie Temple : yang merupakan kuil Tionhoa tertua di Malaysia. Kuil ini diresmikan pada tahun 1864 dimana waktu itu dihadiri oleh sekitar 10.000 orang. Anda juga bisa membeli tongkat nasib yang konon bisa meramalkan kehidupan anda.  Terletak di Jln Tun Hs Le, dan Buka dari jam 07.00 sampai 17.00
  • Masjid Nasional Malaysia : Meruoajan salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara yang dibangun pada tahun 1965 sebagai tanda hari kemerdekaan Malaysia. Disini terdapat menara setinggi 73 meter.
  • Taman Kupu-kupu : merupakan taman kupu-kupu terbesar di dunia. Memiliki luas mencapai 80.000 kaki persegi, dan menjadi rumah bagi 5.000 kupu-kupu, dan juga beberapa  tanaman eksotis. Anda juga bisa mengunjungi  Butterfly yang merupakan museum yang penuh dengan koleksi serangga dan kupu-kupu dari seluruh dunia, ikan koi Jepang, serangga hidup, dan kura-kura air tawar.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

, , ,
Post Date: Wednesday 07th, February 2018 / 10:19 Oleh :
Kategori : Malaysia