13 Makanan Halal Di Myeongdong Korea Yang Banyak Diburu Wisatawan

Liburan ke Korea Selatan pasti tidak lengkap jika belum berkunjung ke pusat wisata utama sekaligus surga belanja yang berada di Myeongdong. Myeongdong adalah distrik belanja terbesar di Seoul, kawasan ini memiliki banyak pertokoan yang menjual berbagai macam brand kosmetik, fashion hingga makanan.

Walaupun banyak brand yang dijual dengan harga cukup mahal, tapi tenang saja, karena ada alternatif makanan halal di Myeongdong yang berupa jajanan street food. Dengan harga yang murah dan rasa yang tidka mengecewakan, pasti kantongmu tidak akan dibuat jebol.

Penasaran makanan halal di Myeongdong apa saja? Berikut ini jajajan yang wajib dicoba saat jalan-jalan di surga belanja Korea Selatan.

1. Gyeran Ppang

Gyeran Ppang

Makanan halal di Myeongdong yang pertama adalah gyeran ppang, mungkin belum banyak yang familiar dengan jajanan yang satu ini.

Walaupun tidak seterkenal kimbap atau tteokbokki, bukan berarti makanan ini memiliki sedikit penggemar.

Egg bread ala Korea ini memiliki tekstur yang lembut seperti cheesecake dengan rasa yang manis. Namun gyeran ppang dan egg bread memiliki perbedaan yaitu adanya topping telur utuh yang dimasak setengah matang.

Tekstur telur setengah matang yang creamy itulah yang membuat gyeran ppang terasa istimewa. Untuk satu potong gyeran ppang dengan beberapa macam isian biasanya dijual dengan harga 2.000 won.

2. Dalgona atau bbopgi

Dalgona atau bbopgi

Dalgona atau bbopgi adalah gula-gula tradisional yang banyak dijual di pinggir jalanan Korea Selatan. Makanan halal di Myeongdong ini memiliki bentuk bulat dnegan warna cokelat muda dan memiliki dua macam yaitu dalgona dengan stik dan tanpa stik.

Cara membuatnya pun cukup mudah, bahan dasar yang berupa gula dipanaskan hingga menjadi karamel dan ditambahkan dengan sedikit soda kue. Gula yang dipakai pun adalah campuran gula putih dan gula cokelat, untuk satu porsi dalgona diperlukan satu setengah sendok makan gula cokelat dan satu sendok teh gula putih, atau sebaliknya.


Camilan manis ini memiliki aroma gula bakar yang membuatnya semakin unik, biasanya para penjual dalgona akan menantang pembeli untuk menghabiskan satu dalgona dan memberikan imbalan satu dagona gratis sebagai imbalan.

Hanya saja ada syaratnya, yaitu pembeli haru memakan dalgona hingga habis tanpa merusaknya. Memiliki tekstur yang renyah dan tipis membuat pembeli akan sedikit kesulitan untuk menghabiskan jajanan ini tanpa membuatnya patah.

Saat ini, dalgona yang dijual di Korea tidak hanya memiliki bentuk lempengan namun ditambahkan dengan beberapa cetakan gambar. Yang populer adalah dalgona dengan bentuk karakter, pembelinya pun tidak lagi sebatas usia anak-anak namun hingga orang dewasa.

Camilan manis ini juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Korea Selatan yang bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar 1.000 hingga 8.000 won saja.

3. Bungeoppang

Bungeoppang

Kue menjadi salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat, baik sebagai camilan atau sebagai hidangan di perayaan khusus.

Di Korea terdapat bungeoppang yang berbentuk ikan dan banyak dijual di pinggir jalan.

Makanan halal di Myeongdong ini dijual dengan berbagai macam isian, seperti kacang merah, ubi manis, chestnut, coklat, hingga es krim dengan aneka rasa. Makanan ini memiliki tekstur mirip wafle yang dicetak menggunakan lempengan besi berbentuk ikan dan dimasak dengan cara memanggangnya.

Jajanan ini banyak dijual di tempat wisata di Korea Selatan. Kue ini dianggap dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memakannya. Saat ini banyak bungeoppang yang dijual dalam kemasan yang diproduksi oleh pabrik dan bisa dibeli di toko-toko.

Biasanya bungeoppang yang dikemas memiliki isian es krim atau kacang merah, makanan yang dikemas seperti ini bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke tempat wisata di Korea. Jajanan ini bisa didapat dengan harga sekitar 2.000 won saja.

4. Tteokbokki

Tteokbokki

Para penggemar Kpop dan K-Drama pasti sangat familiar dengan jajanan yang satu ini,

banyak orang yang mengatakan belum lengkap ke Korea kalau belum nyicipin kimchi atau bulgogi.

Para penggemar Kpop dan K-Drama pasti sangat familiar dengan jajanan yang satu ini, banyak orang yang mengatakan belum lengkap ke Korea kalau belum nyicipin kimchi atau bulgogi.

Nah, sama halnya jika datang ke Myeongdong tapi belum mencoba tteokbokki. Jajanan yang populer di Korea ini terbuat dari kue berasa yang dimasaka bersama sambal khas Korea bernama gochujang yang memiliki rasa pedas manis.

5. Hotteok

Hotteok

Makanan khas Korea Selatan selanjutnya adalah hotteok yang sekilas pengucapannya mirip dengan hot dog.

Walaupun memiliki pengucapan yang sekilas terdengar mirip, namun keduanya adalah makanan yang sangat berbeda.

Hotteok adalah pancake khas Korea yang memiliki isian gula, madu, kacang, atau sirup. Kue ini banyak dijual di pinggir jalan terutama saat musim dingin,

karena biasanya orang Korea menikmati jajanan ini ketika masih dalam kondisi hangat di tengah cuaca dingin. Di sekitar Myeongdong hotteok biasa dijual dengan kisaran harga 3.000 won.

6. Eomuk kkochi

Eomuk kkochi

Liburna ke Korea Selatan ketika musim dingin pasti ada banyak penjual yang menjajakan jajanan yang satu ini.

Eomuk kkochi adalah kudapan semacam fishcake yang direbus lalu disajikan bersama dengan kiah kaldu lobak dan rumput laut yang segar dan menghangatkan tubuh di tengah cuaca dingin.

Biasanya makanan ini akan diberi tambahan kecap asin dan saus sambal untuk membuatnya memiliki rasa yang lebih beragam. Eomuk kkochi bisa dinikmati cukup dengan harga 700 hingga 1.000 won saja. Beberapa makanan halal di Myeongdong lainnya yang dapat dicoba adalah;


  • Ice cream waffle, jika biasanya es krim disajikan di atas piring keramik, es krim wafel di Myeongdongh ini banyak di jual di pinggir jalan dengan rasa manis creamy .
  • Jipangyi, jika biasanya es krim disajikan dengan cone berbentuk kerucut. Berbeda dengan jipangyi yang disajikan bersama cone jagung yang berbentuk pipa panjang.
  • Dakkochi, merupakan sate ayam khas Korea Selatan yang disajikan dengan dua macam saus, yaitu saus dengan rasa manis dan rasa pedas.
  • Twigim, adalah gorengan khas Korea Selatan yang umumnya terbuat dari terong, ubi manis, cumi, atau wortel yang dicelup ke dalam adonan tepung lalu digoreng.
  • Poop bread, pancake ini memiliki bentuk seperti pup dengan isian kacang merah.
  • Chicken skewers on stick, oalahan daging ayam yang dibaluri dengan tepung dan ditusuk menggunakan kayu dengan saus pedas manis.
  • Hweori Gamja, kentang goreng yang ditusuk dan berbentuk spiral ini memiliki rasa yang bervariasi. Mulai dari keju, barbequ, hingga bawang yang memiliki rasa salty, krispi, dan cheesy.          

Selain beberapa jajanan di atas, Korea juga memiliki banyak varian camilan dengan rasa yang uni dan jarang ditemukan di negara lainnya. Seperti Potato Chips dengan rasa Kimchi, Lotte Kue Beras Cokelat, dan bebapa lainnya yang kerap dijadikan Oleh-oleh Snack Khas Korea.

Jangan lupa ketika jalan-jalan ke Tempat wisata di Seoul untuk mencicipi berbagai macam makanan khas Korea Selatan seperti beragam olahan sup dan kimbap.

, , ,
Post Date: Tuesday 11th, June 2019 / 10:24 Oleh :
Kategori : Korea Selatan