19 Makanan Korea Yang Halal Favorit Wisatawan

Jalan-jalan ke Korea Selatan tentu tidak akan lengkap tanpa menicicipi aneka hidangan khasnya. Selain terkenal dengan budaya K-Pop, negara ini juga dikenal dengan masakannya yang beraneka ragam. Beberapa bahkan masuk ke dalam daftar makanan favorit wisatawan dan banyak dijual di luar Korea.

Selain beriwisata kuliner, ada banyak tempat wisata bersejarah di Korea Selatan yang dapat masuk dalam list liburan. Ada jugat Tempat Wisata Di Suncheon yang terkenal dengan keindahannya, namun kali ini bukan tempat wisata di Korea Selatan yang akan masuk dalam artikel ini.

Melainkan makanan Korea yang halal, sehingga wisatawan muslim juga dapat menikmati makanan khas negeri ginseng ini. Langsung saja yuk baca daftarnya berikut ini.

1. Sundubu Jjigae

Sundubu Jjigae

Makanan Korea yang halal ini memiliki bahan utama berupa tahu sutera. Selain tahu bahan lain yang ditambahkan yaitu kerang, jamur, telur, dan dirbus bersama kuah yang berbumbu kecap asin. Makanan Khas Korea Selatan ini disajikan ketika kondisinya masih panas di dalam ttukbaegi.

Bahan lainnya yang dapat ditambahkan ke dalam masakan ini yaitu kimchi, dan berbagai jenis makanan laut. Makanan ini sangat disukai oleh orang tua di Korea karena adanya tahu sutera yang bertekstur lembut.

Masakan ini biasa disajikan ketika musim dingin di Korea, karena disajikan ketika masih panas dan berkuah. Menjadikannya makanan yang pas ditengah udara musim dingin Korea Selatan. Sup khas Korea lainnya yang dapat dinikmati oleh orang Muslim adalah:

  • Haemultang, makan Korea yang halal ini memiliki isian aneka bahan laut, Haemultang dimasak menggunakan kaldu dan bumbu yang dimasak hingga mendidih di dalam air. Setelah mendidih bahan laut baru dimasukkan, khusus untuk gurita biasanya dimasak dalam kondisi hidup untuk menjaga kesegarannya.
  • Miyeok Guk, sup ini memiliki isian rumput laut dan biasa disajikan ketika hari ulang tahun. Selain itu sup ini juga biasa disajikan kepada ibu yang baru melahirkan.
  • Cheonggukjang, makanan Korea yang halal berikutnya adalah Cheonggukjang dikenal sebagai pasta kedelai Korea. Sup ini terbuat dari biji kedelai yang telah difermentasikan. Karena terbuat dari kedelai yang difermentasi, makanan khas Korea Selatan ini memiliki kandungan bakteri Bacillus Subtlis. Bakteri tersebut dapat menguraikan protein kedelai menjadi asam amino dan saponin. Dimana kandungan tersebut dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi hati.
  • Samgyetang, merupakan sup ayam ginseng yang direbus menggunakan api kecil selama 2 hingga 3 jam. Makanan ini sering disajikan ketika musim dingin di Korea.
  • Doenjang-jjigae, merupakan makanan tradisional Korea Selatan yang memiliki bahan utama berupa sayuran, tahu dan pasta kacang yang telah difermentasi.

2. Ramyeon

Ramyeon

Makan khas Korea ini bisa ditemukan diseluruh sudut kotanya, baik di Kota Besar Korea Selatan maupun di tempat wisatanya seperti Everland. Makanan yang satu ini sudah sangat populer di seluruh dunia.

Meskipun namanya sama dengan mie khas Jepang, namun keduanya memiliki rasa yang berbeda. Selain rasa, ramen Khas Jepang dan Korea memiliki cara penyajian yang berbeda. Beberapa ramyeon yang terkenal dan dapat dinikmati juga dijadikan oleh-oleh khas Korea Selatan adalah:

  • Namja Ramyun, Mie instan khas Korea selatan ini memili rasa daging sapi dan pedas. Namja ramyun memiliki kuah segar dengan mie yang tebal.
  • Chapaghetti, mie ini bisa dibilang spagetinya Korea yang disajikan bersama saus kacang hitam. Chapagetti disajikan tanpa kuah dengan rasa manis dan gurih.
  • Champong Noodle Soup, adalah mie instan yang memiliki pelengkap berupa cumi, sayuran, dan beberapa macam bahan laut lainnya. Mie ini memiliki rasa pedas menyegarkan dan memiliki posi cukup banyak.

3. Hodugwaja

Hodugwaja

Hodugwaja adalah jajanan khas Korea Selatan yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh Khas Korea Selatan.

Jajanan ini memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti kacang kenari karena hodugwaja memang dicetak dalam bentuk biji kenari.

Dengan isisan pasta kacang merah dan sepotong kacang kenari di dalamnya. Kue ini memiliki harum yang khas dan banyak dijajakan di kios pinggir jalan atau tempat rekreasi di Korea Selatan. Selain hodugwaja ada beberapa jajanan Khas Korea Selatan lainnya seperti:

  • Hotteok, merupakan kue khas Korea Selatan yang digoreng menggunakan wajan lebar. Kue ini memiliki bentuk pipih dnegan isian madu dan beberapa jenis kacang-kacangan. Kue ini menjadi salah satu jenis street food Korea yang banyak dijual ketika musim dingin.
  • Bungeoppang, kue ini memiliki bentuk ikan yang melambangkan keberuntungan dengan isian pasta kacang merah. Selain memiliki isian kacang merah, kini bungeoppang juga dijual dnegan isian yang lebih beragam, seperti cokelat, green tea, bahkan juga es krim dengan aneka rasa.
  • Odeng, jajanan kaki lima khas Korea ini tidak kalah lezat dan sangat populer. Makanan ini berupa fish cake yang direbus di dalam kuah kaldu dan disajikan dengan tusukan kayu.
  • Kkultarae, kudapan manis khas Korea ini memiliki bentuk seperti kepompong. Jajanan ini terbuat dari madu yang dicampur dnegan tepung dan dikeraskan lalu dibuat dengan cara unik menggunakan tangan hingga menjadi helaian benang. Benang-benang tersebut lalu digulung dan diisi potongan kacang.

4. Hweori Gamja

Hweori Gamja

Makanan ini memiliki arti kentang tornado yang menjadi salah satu jajanan favorit di Korea Selatan.

Kentang disajikan dalam bentuk dipotong spiral yang ditusuk menggunakan kayu panjang dan ditaburi beberapa bumbu bubuk.

Kentang sendiri memiliki karbodrat tinggi, namun selain itu masih ada beberapa gizi lain yang terkandung di dalam kentang. Yaitu serat yang banyak terdapat di bagian kulitnya. Kentang juga memiliki pati yang baik bagi bakteri usus besar dan berfungsi sebagai pemelihara kesehatan saluran pencernaan.

Agar serat kentang bermanfaat secara maksimal, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya dalam keadaan panas. Karena kandungan pati pada kentang yang dingin lebih banyak daripada kentang yang tersaji dalam keadaan panas.


5. Bibimbap

Bibimbap

Bibimbap adalah nasi campur khas Korea Selatan, makanan ini terdiri dari semangkuk nasi putih dnegan beberapa lauk pauk.

Makanan Korea yang halal ini disajikan bersama sayur, daging sapi, telur dan pasta cabai di atas nasi.

Bibimbap memiliki sejarah panjang dan telah dimulai sejak ratusan lalu. Bahan utama dari masakan ini adalah tiga jenis sayur yaitu timun, akar bunga bellfliwer, dan gosari yang merupakan batang tumbuhan sejenis paku-pakuan. Ketiga sayuran utama tersebut melambangkan persatuan bagi rakyat Korea.

Akar melambangkan para leluhur, batang adalah orang tua, dan buah adalah kita. Oleh karenanya ketika makan sajian ini harus diaduk, dalam penyajiannya ketiga sayuran tersebut diiris panjang dan tipis. Biasanya makanan ini disajikan bersama timun goreng berbalur tepung, kimchi, sup tauge, dan kue beras. Makanan khas Korea lainnya yaitu:

  • Mayak Kimbab
  • Twikim
  • Mandu
  • Tteokbokki
  • Bbopki (Korean Sugar Cookies)

, , ,
Post Date: Wednesday 12th, June 2019 / 15:15 Oleh :
Kategori : Korea Selatan