12 Makanan Halal Di Korea Yang Favorit Wisatawan

Pernah Jalan-Jalan ke Korea Selatan? Atau sedang berencana liburan ke Negeri Ginseng? Hhmm, siapa sih yang tidak ingin liburan ke negeri yang indah nan cantik tersebut. Banyak sekali Tempat Romantis Di Korea Selatan yang memiliki pemandangan memukau dan pastinya wajib untuk dikunjungi.

Membahas Korea tentu tidak lengkap kalau belum membicarakan soal keanekaragaman kulinernya. Banyak makanan lezat yang bercita rasa khas yang menarik untuk dicicipi, melihatnya saja air liur pasti akan menetes.

Sebagai orang yang senang berwisata kuliner pasti tidak akan melewatkan untuk berkunjung ke Tempat Bersejarah Di Korea Selatan dan mencicipi aneka hidangan yang menggugah selera khas Korea Selatan. Sayangnya, beberapa masakan terkadang memiliki kandungan atau bahan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh umat Islam.

Tapi, tidak perlu kawatir karena banyak juga loh makanan halal di Korea. Kita bisa menikmatinya dengan tenang tanpa was-was tentunya. Nah, berikut ini daftar makanan halal di Korea yang bisa kamu cicipi saat liburan ke negara yang terkenal dengan K-Pop nya ini.

1. Haemultang

Haemultang

Makanan ini mungkin bisa menjadi salah satu bukti kalau Orang Korea sangat kreatif dalam mengolah hidangan dari laut. Haemultang adalah sup yang terdiri dari beberapa jenis makanan laut, hidangan ini memiliki keunikan pada cara memasaknya.

Bumbu, kaldu, dan air diletakkan di atas wadah dengan api yang memanasinya, setelah itu bahan laut akan dimasukkan ke dalam wadah yang telah dipanaskan sebelumnya.

Semua bahan makanan yang berasal dari laut seperti kerang, udang, cumi-cumi, gurita, hingga kepiting dimasukkan dalam keadaan masih hidup. Tapi, jangan kawatir karena metode memasaka seperti itu telah teruji aman dan bahan yang digunakan pun memiliki kesegaran yang tak perlu diragukan.

2. Bulgogi

Bulgogi

Bulgogi adalah salah satu makanan Khas Korea yang sangat populer, salah satu makanan halal di Korea ini menggunakan daging sirloin atau daging sapi pilihan.

Umumnya, bulgogi akan dihidangkan dengan lau pendamping lainnya seperti kimchi, bawang putih, atau sambal khas Korea lainnya.

Orang Korea lebih senang menyantap makanan ini dengan menyatukan beberapa bahan pendamping dan beberapa potongan daging yang dibungkus menggunakan daun selada.


3. Nakji Bokkeum

Nakji Bokkeum

Nakji bokkeum termasuk ke dalam salah satu makanan halal di Korea yang terbuat dari bahan dasar gurita yang digoreng hingga kering.

Olahan ini memiliki rasa yang pedas sehingga bisa menggugah selera makan.

Rasa pedas tersebut karena peggunaan pasta cabe yang digunakan sebagai salah satu bumbu gurita dan tumisan sayur. Karena memiliki rasa sangat pedas, tidak jarang orang-orang akan memadukannya dengan nasi agar mengurasi rasa pedasnya.

4. Seolleongtang

Seolleongtang

salah satu kebiasaan orang Korea adalah menyiapkan hidangan berkuah, khususnya sup di meja makan. Karena kebiasaan menyajikan makanan berkauah tersebut, Korea dikenal memiliki keragaman sup.

Dari sekian banyaknya sup khas Korea Selatan, seolleongtang adalah salah satu yang cukup terkenal. Sup ini menggunakan bahan dasar tulang dan bagian dalam tubuh sapi, karena bahan-bahannya tersebut membuat sup ini dimasak dengan waktu yang cukup lama.

5. Jeongol

 Jeongol

Makanan halal di Korea berikutnya adalah Jeongol yang berupa mie bertekstur kenyal seperti shabu-shabu di Jepang.

Layaknya makanan khas Jepang shabu-shabu yang sering di sajikan di banyak tempat,

jeongol juga berisikan sayur yang direbus dengan daging, makanan laut, dan beberapa bahan lainnya.

Jeongol juga memiliki tteok yaitu kue beras khas Korea yang ditambahkan ke dalam hidangan ini.

6. Agujjim

Agujjim

Masakan ini diolah dengan cara dikukus, agujjim menyajikan ikan yang dikombinasikan dengan tauge, medeodeok, dan minari.

Kombinasi bahan-bahan tersebut tentu membuatnya memiliki cita rasa unik yang menyegarkan dan wangi.

Biasanya bubuk cabai pedas, doenjang, bawang putih, daun bawang, dan ganjang akan masuk menjadi bumbu penyedap masakan ini.

7. Nurungji

Nurungji

Jika dilihat dari tampilannya camilan ini sangat mirip dengan rengginang yang merupakan salah satu camilan khas Indonesia.

Jika rengginang memiliki rasa gurih dan sengaja dibuat dari beras ketan yang dikeringkan.

Nurugji justru terbuat dari kerak sisa nasi yang menempel pada panci penanak nasi atau disebut juga dengan gamasot.

Kerak nasi itulah yang diambil dan dijadikan camilan, nurungji memiliki warna yang sedikit kecoklatan atau kekuningan karena kerak nasi yang digunakan biasanya terdapat bagian yang gosong.

8. Galbi

Galbi

Orang Korea memang terkenal gemar sekali mengkonsumsi daging, salah satunya dengan mengolahnya menjadi galbi.

Dalam bahasa Korea galbi memiliki arti iga atau daging yang melekat pada sekitar tulang iga.

Semetara itu, jika dalam bentuk makanan, galbi atau galbi-gui adalah olahan yang menggunakan bahan utama iga sapi yang potong pendek-pendek lalu dipanggang.

Dalam pengolahannya, galbi bisa dimasak menggunakan bumbu maupun tanpa memakai bumbu, tergantung selera orang yang akan menyantapnya. Jika ingin memakai bumbu, biasanya bahan yang digunakan adalah sari buah pir asia, kecap asin, gula, arak beras, minyak wijen, dan tentunya bawang putih.


9. Hoedeopbap

Hoedeopbap

Jika anda adalah orang yang gemar mengkonsumsi makanan mentah, hoedeopbap adalah makanan halal di Korea yang layak untuk dicicipi. Makanan ini memiliki isian ikan mentah yang sebelumnya telah dipotong dadu.

Selain ikan, beberapa jenis sayur juga akan ditambahkan seperti selada, timun, dan daun wijen. Untuk menciptakan rasa yang enak, orang Korea akan menambahkan bumbu wajib yang bernama chogochujang yang terbuat dari campuran cuka, gochujang, dan gula. Ikan halibut, tuna, dan salmon adalah beberapa jenis ikan yang kerap digunakan dalam sajian khas Negeri Ginseng ini.

Memiliki beragam jenis kuliner, baik yang dimasak secara tradisional maupun modern membuat negara ini menjadi surga wisata kuliner. Selain contoh hidangan di atas, berikut ini beberapa daftar makanan halal di Korea yang bisa dicicipi.

  • Cikin, adalah ayam yang dibalut menggunakan bumbu ala Korea yang biasanya disajikan bersama irisan lobak. Biasanya orang Korea menikmati cikin dan ditemani oleh minuman bersoda.
  • Mul naengmyeon, makanan ini bisa menjadi alternatif makanan yang menyegarkan sekaligus mengenyangkan. Jika jalan-jalan ke Korea saat musim panas, mie dingin ini sangat cocok untuk memanjakan lidahmu. Mie yang memiliki rasa gurih dengan berbagai toping namun disajikan dalam kuah dingin.
  • Doenjang-jjigae, bisa dibilang makanan ini masuk ke dalam makanan pokok tradisional di Korea Selatan. Doenjang-jjigae merupakanan makanan berkuah yang memiliki bahan utama sayuran, tahu, dan pasta kacang yang telah difermentasi. Rasanya yang unik membuat banyak turis penasaran dan berlomba untuk mencicipinya.

Puas mencicipi hidangan khas Korea, jangan lupa untuk mengunjungi destinasi favorit yang ada di negara ini. Selain mengunjungi Tempat Rekreasi Di Korea Selatan, jangan lupa untuk membeli beberapa souvenir khas Korea Selatan untuk oleh-oleh dirumah. Banyak juga loh destinasi wisata yang bisa dikunjungi, seperti:

  • Kuil Jongmyo
  • Istana Changdeokgung
  • Benteng Hwaseong
  • Yang Dong Traditional Village
  • Istana Gyeongbokgung
  • Haedong Yonggungsa

, , , ,
Post Date: Friday 24th, May 2019 / 09:59 Oleh :
Kategori : Korea Selatan