Wisata Seoul Grand Park, Taman Bermain Terlengkap Di Korea

Seoul Grand parkSeoul Grand Park – Jika anda merencanakan liburan yang menyenangkan, menyehatkan sekaligus menambah pengetahuan maka anda akan memerlukan beragam tempat wisata.

Hal ini akan mungkin di lakukan jika waktu liburan anda dan keluarga tersedia cukup lama, sehingga bisa mengunjungi beberapa tempat berbeda. Nah bagaimana kalau misalnya waktu liburan yang yang tersedia terbatas ?.

Jawabannya adalah pusat wisata yang kompleks, yang memungkinkan anda dan keluarga bisa melakukan ketiga aktivitas sekaligus selama liburan. Salah satu tempat yang menyediakan tempat ini adalah Seoul Grand Park yang berada di Kota Gwacheon Seoul Selatan, Tempat Wisata di Korea Selatan.

Adapun yang tersedia di Seoul Grand Park :

Kebun Binatang Seoul Grand Park

Kebun binatang yang berada di Seoul Grand Park merupakan kebun binatang pertama yang ada di Korea. Kebun binatang ini di buat pada tahun 1909 oleh Jepang di Kerajaan Changgyeongung yang sekarang berganti nama menjadi Changgyeongweon. Kebun binatang ini mulai beroperasi pada 1 november 1909 dengan hewan yang ada adalah Orang Utan, Unta, Kangguru, Harimau Siberia, burung unta dan juga binatang-binatang lainnya.

Setelah perang dunia 2 berakhir, Jepang membutuhkan kekuatan dan besi untuk senjata dan memerintahakan untuk membunuh binatang-binatang di Kebun Binatang tersebut dan memenjarakan 150 binatang. Binatang-binatang yang berhasil bertahan hingga akhir perang dunia 2 yang ditinggalkan oleh para penjaga kebun binatang di rawat oleh pemerintah Korea Selatan di Changgyeongweon hingga 1984 dipindahkan ke Makgyedong, Gwacheon.

Jam Buka Kebun Binatang Seoul Grand Park

Untuk mengunjungi kebun binatang yang ada di kawasan Seoul Grand Park ini ada perbedaan waktu kunjung ketika musim panas dan musim dingin.

  • Pada musim panas (Maret-Oktober) kebun binatang buka dari jam 09.00 – 19.00
  • Pada musim dingin (November-Februari) kebun binatang buka dari jam 09.00 – 18.00

Harga Tiket Kebun Binatang Seoul Grand Park

Untuk mengunjungi kebun binatang ini, ada perbedaan tarif antara anak-anak, remaja dan dewasa sebagai berikut ini:

  • Anak – anak : 2000 won atau sekitar  25.000 Rupiah.
  • Remaja : 3000 won atau sekitar  37.000 Rupiah.
  • Dewasa : 5000 won atau sekitar  62.000 Rupiah.

Zoo Park Seoul Grand parkNamun, jika kita masuk secara berombongan dengan jumlah anggota lebih dari 30 orang akan dapat diskon harga tiket 30%. Jadi, jika pengunjung berencana menghemat biaya untuk tiket masuk, pengunjung bisa mengakalinya dengan mengumpulkan banyak pengunjung sekitar 30 orang untuk masuk berbarengan.


Kelompok yang menggunakan group ticket ini hanya punya 1 tiket, sehingga harus masuk secara bersamaan. Adapun harga tiket setelah diskon adalah :

  • Anak – anak : 1400 won
  • Remaja : 2100 won
  • Dewasa : 3500 won

Lumayan kan penghematannya, nah untuk pengunjung anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun atau lansia yang berusia lebih dari 65 tahun gratis untuk mengunjungi tempat ini.

Untuk pengunjung yang masuk kedalam kategori anak- anak berusia kurang dari 12 tahun. Kategori remaja berusia 13 – 18 tahun dan dewasa berusia lebih dari 18 tahun hingga 65 Tahun.

Namun, jangan mencoba – coba memudakan usia anak dan menua-nuakan usia orang tua yang di ajak ya, karena nanti akan di verifikasi kebenaran usia dengan melihat informasi dari kartu identitas pengunjung.

Taman mawar Seoul Grand Park

Taman mawar yang berada di Seoul Grand Park ini di kelilingi oleh danau dan pepohonan subur dari gunung Cheonggyesan dan berada tepat di samping kebun binatang. Taman bunga mawar ini didirikan pada tanggal 2 juli tahun 2000 dengan luas sekitar 41,925m².

Taman ini memiliki 850 jenis bunga mawar dari 67 spesies. Selain itu ada sekitar 1,960 pohon yang mengelilinginya. Tempat ini memiliki fasilitas berupa faviliun persegi, pagoda yang berbentuk melingkar, air mancur, Gazebo dan tempat air di sekitar bunga yang bisa digunakan untuk menyiram bunga. Di Taman bunga mawar ini rutin diadakan Festival selama bulan May hingga Juni dan waktu beroperasinya sama seperti biasanya. 

Jam Buka Kebun mawar Seoul Grand Park

  • Berbeda dengan Kebun Binatang, taman bunga ini buka lebih pagi dan tutup lebih malam, yaitu dari jam 5.00 am hingga jam 10.00 PM.

Harga Tiket Kebun mawar Seoul Grand Park

Sama seperti kebun binatang, ada diskon 30% untuk pengunjung dengan jumlah rombongan lebih dari 30 orang. Gratis masuk untuk anak berusia di bawah 5 tahun dan Lanjut usia di atas 65 tahun. Berikut harga tiketnya:

  • Anak- anak : 1000 Won, harga diskon 700 Won
  • Remaja : 1500 Won, harga diskon 1100 Won
  • Dewasa 2000 Won, harga diskon 1400 Won

Bumi Perkemahan di Seoul Grand Park

seoul national grand parkBumi Perkemahan (campsite) merupakan sebuah taman wisata alam yang sangat luas. Di tempat ini pengunjung bisa melakukan piknik, memasak dan berkemah di udara segar pepohonan yang berasal dari pegunungan Cheonggyesan.

Selain berkemah, pengunjung juga bisa mengikuti kegiatan maraton dan heking di tempat ini. Akan tetapi kegiatan ini harus dalam rombongan besar minimal 300 orang. Karena kegiatan ini biasanya diadakan untuk siswa menengah pertama dan menengah atas di Korea ataupun kelompok besar yang berasal dari komunitas-komunitas tertentu.

Ketika pengunjung mengikuti perkemahan di sini, pengunjung tidak diperbolehkan untuk menukar ataupun menjual tenda di dalam bumi perkemahan. Ada batasan maksimum peminjaman tenda dalam satu kali pemesanan yaitu 30 tenda.

Jam Buka Bumi Perkemahan di Seoul Grand Park

  • Periode pelaksanaan kegiatan di Bumi Perkemahan ini biasanya di mulai dari 28 April hingga 30 November. Namun jadwal ini bersifat tentatif, karena apabila kondisi bumi perkemahan tidak memungkinkan untuk diadakan kegiatan maka wisata alam ini tidak tersedia.
  • Sedangkan untuk kegiatan Maraton dan heking waktu untuk reservasi kegiatan di buka sepanjang tahun, akan tetapi waktu pelaksanaannya hanya pada bulan Maret hingga Desember.
  • Jam buka untuk Bumi Perkemahan ini adalah pada jam 09.00 pagi. Jika pengunjung mengambil paket piknik tanpa tenda untuk satu hari, maka waktu berlaku tiket adalah 09:00 ~ 19:00.
  • Jika pengunjung mengambil paket bermalam dengan menggunakan tenda, maka pengunjung bisa mulai kegiatan di Bumi Perkemahan mulai jam 9 pagi, akan tetapi tenda bisa di ambil jam 1 siang dan boleh digunakan hingga jam 11 pagi di keesokan harinya.

Harga Tiket Piknik di Seoul Grand Park

Untuk tiket masuk ke taman alam Seoul Grand Park tidak ada diskon seperti kebun binatang dan taman bunga, namun biayanya cukup terjangkau.

  • Anak – anak : 1000 Won
  • Remaja : 1500 Won
  • Dewasa : 2000 Won.

Tiket Maraton dan Heking

  • Anak -anak : 1400 Won
  • Remaja 2100 Won
  • Dewasa 3500 Won

Fasilitas di Seoul Grand Park

Untuk menjelajahi taman yang luas ini pengunjung tak perlu khawatir kelelahan berjalan. Ada fasilitas yang disediakan seperti Sky lift yang bisa membawa pengunjung mengelilingi seluruh taman, biayanya juga berbeda untuk 3 kategori usia.

Berikut adalah biaya Sky Lift.

  • Anak – anak : 4000 Won
  • Remaja : 4500 Won
  • Dewasa : 6000 Won.

Tersedia juga Kereta Api bentuk Gajah dengan harga:

  • Anak – anak : 700 Won
  • Remaja : 800 Won
  • Dewasa : 1000 Won.

Selain itu, jika pengunjung tidak menggunakan kendaraan umum dan lebih memilih menggunakan mobil, juga tersedia area parkir dengan tarif:

  • 5000 Won untuk mobil standar.
  • 10.000 Won untuk mobil besar.

Destinasi Wisata Terdekat

Jika pengunjung sudah puas menikmati keindahan alam di bumi perkemahan Seoul Grand Park dan melihat-lihat kebun binatang serta taman bunganya, masih ada tempat untuk menambahkan khazanah keilmuan yang dekat dengan Soul Grand Park ini. 


Destinasi wisata yang tidak jauh dari tempat ini adalah Museum Sains Gwacheon Korea, Museum Nasional Seni Kontemporer, Museum Kamera Indonesia dan Taman Pacuan Kuda Resmi Seoul.

Akses Menuju Seoul Grand Park

Dari bandara internasional Gimpo pengunjung bisa menggunakan Kereta Bandara menuju Seoul Station. Dari Seoul Station pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Subway menuju stasiun Seoul Grand Park Station. Ketika sampai di Stasiun ini, penumpang harus turun dari sisi sebelah kiri penumpang dan pilih pintu keluar nomor 2.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

Demikianlah informasi tentang salah satu destinasi wisata di Korea Selatan, jika anda mengunjungi Seoul tempat ini sangat sayang untuk anda lewati.

, , , ,
Post Date: Tuesday 06th, February 2018 / 04:04 Oleh :
Kategori : Korea Selatan