14 Oleh Oleh Khas Korea Selatan Yang Wajib Dibeli Wisatawan

Oleh oleh khas Korea Selatan sering menjadi buruan para traveller ketika liburan ke Negeri Ginseng ini. Kimchi adalah salah satu yang paling populer untuk dijadikan oleh-oleh khas Korea Selatan. Namun, sebenarnya ada banyak oleh oleh khas Korea Selatan lainnya yang dapat dibawa pulang.

Selain tersedia dnegan harga terjangkau, oleh-oleh atau souvenir khas Korea Selatan berikut ini pasti membuat siapapun selalu ingat dengan negara yang penuh dnegan pesona ini. Lalu oleh-oleh apa saja ya yang layak dibawa pulang? Yuk langsung simak!

1. Produk Kosmetik

Produk Kosmetik

Selain drama dan musik K-Popnya, Korea juga terkenal dengan produk kosmetiknya. Banyak wisatawan yang datang untuk melakukan berbagai prosedur kecantikan mulai dari yang perawatan biasa hingga operasi plastik. Produk kecantikan ini dapat dengan mudah ditemukan di Kota Besar Di Korea Selatan, maupun di pusat perbelanjaan Korea.

Tapi jika tidak ingin mengubah apapun yang telah diberikan Tuhan, oleh oleh khas Korea Selatan ini adalah yang terbaik. Selain harganya yang tidak terlalu mahal, produk kecantikan tersebut juga banyak loh yang terbuat dari bahan alami. Deretan toko kosmetik tersebut dapat ditemukan dnegan mudah di Myeongdong. Beberapa produk kosmetik yang terkenal adalah:

  • Masker Wajah, produk perawatan wajah ini dipakai oleh orang Korea secara rutin. Masker wajah memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Mulai dari melembabkan, sampai mengangkat minyak dan kotoran yang mengendap di kulit wajah. Mengaplikasikan masker wajah setiap hari dipercaya dapat mengecilkanpori-pori wajah.
  • Lipstik, sebelum memilih lipstik untuk oleh oleh khas Korea Selatan, ada baiknya untuk memperhatikan faktor kenyamanan terlebih dahulu. Tidak hanya memiliki warna cantik, liptik Korea memiliki kandungan yang membuat bibir lebih lembab dengan formula yang ringan dan nyaman.

2. Hanbok

Hanbok

Hanbok adalah pakaian tradisioan Korea yang memiliki warna cerah dengan garis sederhana dan tidak memiliki saku.

Pakaian ini biasa dipakai dalam acara formal atau semi formal dalam perayaan festival tertentu.

Baju khas ini bisa dijadikan oleh oleh khas Korea Selatan jika berlibur ke negara ini. Diduga pakaian khas Korea ini sudah dikenakan oleh orang korea sejak jaman dulu yang dibuktikan oleh lukisan di makan Goguryeo. Lukisan tersebut menggambarkan wanita dan pria yang memakai baju yang panjangnya sampai pinggan dan celana yang ketat.

Pakaian adat tersebut dipercaya telah dimulai sejak era Dinasti Goryeo di tahun 918 hingga 1392. Bagian utama hanbok bagi pri dan wanita memiliki sedikit perbedaan. Hanbok wanita terdiri dari Jeongri atau atasan dan chima atau rok. Sedangkan hanbok pro terdiri dari jeongri atau atasan dan baji atau celana.

Rok yang longgar didesain agar wanita lebih mudah untuk bergerak, duduk, maupun melakukan pekerjaan lainnya. Baji untuk pria juga didesain lebih longgar agar mereka bisa duduk bersila, maupun bekerja dengan nyaman.

Perbedaan lainnya adalah cara menyimpulkan pita pada hanbok peria dan wanita. Pada hanbok wanita pita disimpulkan ke sebelah kiri dan menyisakan sedikit juntaian pita. Sedangkan pada hanbok pria sama sekali tidak menyisakan pita.

3. Ginseng

Ginseng

Ginseng sama berharganya seperti perhiasan di Korea Selatan, orang Korea mengkonsumsi ginseng sejak jaman dulu dan menganggapnya sebagai obat segala macam penyakit. Banyak makanan khas Korea yang menambahkan ginseng sebagai bumbunya, contohnya samgyetang.

Jadi tidak heran mengapa makanan ini sering disajikan ketika sedang sakit. Nyatanya ginseng memang salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Seperti beberapa manfaatnya berikut ini.

  • Manfaat pertama dari ginsneg adalah meningkatkan kemampuan berpikir atau kognitif. The Cochrane Library mempublikasikan penelitian yang menunjukkan bahwa ginseng mempunyai beberapa manfaat untuk perilaku, kualitas hidup, dan kemampuan berpikir. Jika dikonsumsi pada anak-anak dipercaya dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi.
  • Memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah demensia, alzheimer, dan gangguan kerusakan sel otak lainnya.
  • Ginseng dapat mempengaruhi sistem saraf dalam tubuh, seperti merangsang metabolisme. Senyawa adaptogen di dalam ginseng dapat menggangu kadar hormon yang dihasilkan saat tubuh merasa stres.
  • Ginseng juga dapat membantu menurunkan gula dalam darah dengan cara mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh.

4. Kerajian Tangan Khas Korea

Kerajian Tangan Khas Korea

Kerajian tangan bisa dijadikan oleh oleh Khas Korea Selatan yang menarik dan unik. Apalagi Korea dikenal memiliki aneka kerajian dan souvenir baik yang tradisional maupun gantungan kunci lucu dengan karakter para idol K-Pop. Beberapa kerajian tangan yang bisa dijadikan souvenir khas Korea adalah:

  • Keramik Celadon Korea, keramik khas Korea ini memiliki warna hijau mint yang masuk menjadi salah satu harta nasional Korea Selatan.
  • Hanji atau kertas Korea, pembuatan kertas adalah tradisi yang sangat tua di Korsel. Kertas ini biasa digunakan untuk membuat lampu, kipas, kartu, payung, bahkan juga pakaian. Selama ratusan tahun, kertas Korea digunakan untuk jendela, dinding, bahkan juga pintu rumah tradisional.
  • Boneka Kertas Dak, kertas dak berbeda dari hanji, kertas jenis ini terbuat dari pohon murbei yang lembut sehingga mudah untuk dibuat menjadi boneka. Kertas dak telah digunakan sebagi bahan membuat patung atau boneka selama berabad-abad. Boneka yang dibuat pun memiliki desain khas Korea dnegan memakai baju tradisional hanbok.

5. Hallyu Merchandise

Hallyu Merchandise

Korea Selatan memang sangat lekat dengan budaya Hallyu, hal-hal yang berkaitan dengan K-pop, dan K-Drama sangat melekat dengan negara ini. Tidak jarang traveller yang datang adalah penggemar budaya Hallyu.

Wisatawan sengaja datang untuk melihat langsung tempat syuting sebuah K-Drama atau mengunjungi perusahaan tempat girlband atau boyband bernaung. Hal tersebut menciptakan destinasi wisata baru yang dikenal sebagai Tempat Wisata Di Korea Selatan Untuk Kpopers.

Oleh oleh khas Korea Selatan yang berbau Hallyu dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko yang menjual berbagai pernak-pernik khas K-Pop. Seperti lightstick, tote bag, kipas, dan yang lainnya, barang-barang tersebut tentu memiliki gambar Idol sebagai hiasannya.

6. Peralatan Makan Khas Korea

Peralatan Makan Khas Korea

Penggemar K-Drama pasti tidak asing dnegan peralatan makan khas Korea yang terbuat dari stainless steel. Jika keberatan membeli satu set peralatan makan lengkap, cukup beli sendok dan sumpitnya saja sebagi oleh-oleh dari Korea Selatan.

Selain itu ada gelas kecil untuk minum soju atau dolsot sebagai oleh-oleh. Dolsot sendiri adalah mangkuk batu yang biasa dijadikan tempat hidangan sup atau makanan khas Korea Selatan lainnya.

Mangkuk batu ini akan membantu makanan khas Korea dalam keadaan hangat dengan lebih lama. Oleh oleh khas Korea Selatan lainnya yang dapat dibawa pulang adalah:

  • Biskuit tradisional Korea, Hangwa
  • Minuman kemasan, Banana Uyu atau Susu Rasa Pisang
  • Sayuran fermentasi, Kimchi
, , ,
Post Date: Saturday 15th, June 2019 / 10:54 Oleh :
Kategori : Korea Selatan