7 Oleh-Oleh Khas Jepang Yang Halal Wajib Di Beli Wisatawan Muslim

Jepang pang adalah negara yang termasuk dalam rumpunan Asia Timur. Budaya dan sejarahnya sangat panjang, bahkan terkenal sampai ke seluruh dunia. Bukan apa-apa, Jepang termasuk negara yang terlibat dalam Perang Dunia ke II. Tapi tenang, saat ini Jepang adalah negara yang tentram, bahkan damai untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Tidak hanya menawarkan beragam tempat wisata di Jepang yang menarik, kamu juga bisa menemukan bermacam oleh-oleh yang lezat untuk dinikmati. Untuk kamu yang beragama islam, berikut ini alowisata berikan info mengenai 7 oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang kembali ke Indonesia.

  1. Puding Meiji

Puding MeijiSalah satu tips liburan ke Jepang adalah membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Puding bisa banget dijadikan oleh-oleh loh. Bukan puding besar dalam loyang buatan rumahan ya. Tapi puding kemasan buatan pabrikan yang cocok untuk dibawa pergi jauh, tanpa takut rusak atau bocor di jalan. Ada puding yang enak dan halal di Jepang bernama puding Meiji.

Oleh-oleh khas Jepang yang halal ini punya satu ini punya cerita tersendiri. Pernah menonton serial drama televise yang judulnya “My Boss My Hero”? My Boss My Hero ini mulai tayang di Jepang tahun 2016.

Tidak sulit bagi kita untuk ikut menonton serial ini, berterima kasihlah pada internet. Nah, bagi yang sudah pernah menonton My Boss My Hero pasti sudah tidak asing dengan puding Meiji. Puding ini pernah meramaikan film seri yang dibintangi Yui Aragaki. Rasanya nikmat dan bikin ketagihan loh.

  1. Muso Castella Cake

Muso Castella CakeBerbagai daerah di Indonesia sering menjadikan kue sebagai oleh-oleh khas daerahnya. Kalau kamu mengikuti perkembangan kemarin, ada kue yang laris manis di berbagai daerah dengan variasi yang menarik. Kue tersebut ditawarkan oleh para artis idola di Indonesia. Terkenal dengan sebutan cake kekinian atau cake artis. Percaya atau tidak, kue menjadi sangat laris untuk dijadikan oleh-oleh.

Banyak makanan halal di Jepang yang menarik untuk dicicipi. Di negara ini kamu bisa menemukan kue bolu dengan resep turun temurun dari daerah Nagasaki bernama Muso Castella Cake. Kamu terutama para orangtua dan anak-anak pasti akan menyukai ini. Kue bolu ini sepertinya ingin mengincar keluarga yang sedang berlibur karena dikemas dengan sangat menarik, dengan desain kucing Maneki-neko dalam cover kemasannya. Tapi rasa kuenya ditujukan untuk semua kalangan.

Muso Castella Cake adalah oleh-oleh khas Jepang yang halal, dilengkapi dengan stempel jaminan halal dari Nippon Asia Halal Association. Tekstur kuenya sangat lembut, enak, dan aman tanpa bahan pengawet. Kamu akan menemukannya dengan pilihan rasa matcha, honey, ataupun brown sugar di berbagai toko besar dan bandara internasional Jepang. Kalau kamu berniat memakannya di perjalanan juga bisa loh. Selain dikemas dengan cantik, kue ini sudah dipotong dengan rapi agar dapat segera kamu nikmati.


  1. Tokyo Banana

Tokyo BananaOleh-oleh khas Jepang yang halal ini sangat populer beberapa waktu lalu. Bentuknya sangat lucu, memiliki nilai aesthetic-nya tersendiri untuk di-update oleh generasi milenial. Jangan membayangkan banana nugget atau pisang olahan lain yang dijual bebas di Indoenesia. Olahan pisang seperti itu kurang cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Tokyo Banana adalah cake atau kue bolu keju yang berisi custard. Bentuknya kecil, dapat terdiri dalam 4 sampai 16 buah per kotak atau kemasan paketnya. Pilihan rasa yang ditawarkan Tokyo Banana cukup beragam.

Ada rasa original dengan isian krim custard pisang, honey flavor yang ditandai dengan pola garis di bawah pada cake-nya menyerupai lebah madu, star almond milk cream yang tersedia saat musim dingin, dengan tanda bindang pada setiap buah cake-nya. Dan masih banyak variasi rasa lain seperti flavor maple, caramel custard cream, tree chocolate, roar caramel yang terkenal karena pattern garis kucing tabby yang mengemaskan.

  1. Samurai Ramen

samurai ramenJepang terkenal dengan ramen yang salah satunya dipopulerkan oleh tokoh anime Jepang bernama Naruto. Kebanyakan orang pasti ingin membawa ramen instan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Masalahnya, ramen yang umumnya diperjualbelikan di Jepang itu tidak halal karena biasanya mengandung kaldu babi. Tapi kamu tidak perlu khawatir, ada satu produk ramen halal yang bisa kamu temukan di Jepang. Lumayan juga, mengurangi budget konsumsi liburan agar bisa jalan-jalan murah ke Jepang.

Coba deh kamu mampir ke muslim-friendly corner, dan cari ramen instan bermerk dagang Samurai Ramen. Ramen ini disebutkan tidak mengandung alkohol, MSG, dan daging binatang. Jadi tidak hanya cocok disantap oleh kamu yang beragama muslim, tapi juga baik untuk kamu yang vegetarian. Walaupun begitu, rasanya tidak kalah dari ramen-ramen lain. Supaya tidak menyesal, beli Samurai Ramen dan bawa pulang dalam jumlah banyak untuk di nikmati di rumah nanti.

  1. Royce Chocolate

Royce chocolateCokelat sudah biasa dijadikan sebagai oleh-oleh, misalnya saja oleh-oleh khas Australia. Tapi Royce Chocolate adalah cokelat mendunia dari Jepang. Dikatakan mendunia karena sudah bisa ditemukan di negara lain selain Jepang. Tetapi Jepang sudah melekat pada Royce Chocolate karena  dibuat sejak tahun 1983 di Hokkaido. Awalnya merupakan produk rumahan. Saat ini sudah dijual dengan berbagai varian rasa.

Royce dibuat dengan bahan-bahan yang segar sehingga kamu yang menemukannya di pertokoan Jepang, mungkin akan melihatnya berada di dalam kulkas. Kalau tidak ditaruh dalam lemari pendingin, Rocye Chocolate akan meleleh setelah 5-6 jam.

Banyak variasi cokelat yang ditawarkan misalnya dengan paduan marsmallow, kacang, cokelat crunch, cokelat murni, cokelat kopi, cokela bar, cokelat wafer, hingga potato chocolate. Dengan memegang motto ‘by breaking down old customs and producing consistently original items, we are pursuing a new level in chocolate enjoyment’, kamu harus memasukan Royce Chocolate pada daftar oleh-oleh khas Jepang yang halal.

  1. Kuro Tamago

Kuro TamagoTelur biasanya diolah menjadi makanan yang menarik, misalnya seperti makanan khas Turki bernama Menemen. Berbeda dari yang lain, Jepang memiliki telur bernama Kuro Tamago. Kuro Tamago adalah telur ayam rebus yang berwarna hitam karena perebusannya dilakukan di danau belerang yang mendidih.

Karena air di danau belerang ini lah, cangkang telurnya terlihat sangat unik dengan warna hitam legam. Tapi jangan takut, hanya cangkatnya saja yang hitam. Telurnya sangat normal seperti telur rebus biasa. Kamu yang tertarik bisa menemukannya di Owakudani, Hakone Jepang.

Mengapa Kuro Tamago patut dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jepang yang halal? Jawabannya jelas karena tidak mengandung daging babi maupun alkohol. Tapi bukan itu saja, ada kepercayaan yang dianut oleh orang-orang Jepang. Mereka bilang, dengan memakan kuro tamago, umurmu akan bertambah 5 sampai 7 tahun. Benar tidak ya? Benar atau tidak, tidak ada salahnya mencoba. Lagipula telur hitam ini memiliki rasa yang enak kok.


  1. Kit Kat Uji Matcha

Kit Kat Uji MatchaIni oleh-oleh yang paling populer di Jepang. Bukan hanya diincar oleh wisatawan yang beragam islam, Kit Kat Matcha juga diincar oleh berbagai kalangan. Kit kat sendiri sebenarnya memiliki banyak varian rasa.

Ada juga beberapa yang tidak halal untuk rasa-rasa yang mengandung alkohol. Sebelum membeli, kamu harus meneliti dengan baik ya.

Jepang sendiri terkenal dengan teh hijaunya. Bahkan ada upacara-upacara khusus jamuan teh dengan meracik sendiri teh yang dibuat, menggunakan alat pengaduk khusus. Para wanita dan pria berpenampilan menarik menggunakan kimono.

Membayangkannya saja unik ya? Mengikuti ciri khas Jepang, Kit Kat menjual produknya dengan rasa Uji Matcha. Banyak yang menyebutkan Kit Kat Uji Matcha ini halal, jadi kamu bisa saja menjadikannya sebagai oleh-oleh yang wajib untuk di bawa ketika berkunjung ke negara jepang.

, , ,
Post Date: Tuesday 17th, July 2018 / 03:30 Oleh :
Kategori : Jepang