10 Tips Jalan-Jalan Ke Singapura Dengan Anak Paling Berguna

Berlibur menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan bagi kita yang sehari-hari disibukan dengan rutinitas pekerjaan. Singapura menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi  selain karena tempat wisata di Singapura memiliki ragam pilihan untuk anak-anak dan keluarga, Singapura juga menjadi negara yang bersih dan aman negara Singapura memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Namun jika kamu berlibur bersama anak-anak akan terasa sedikit lebih repot. Seperti yang kalian tahu anak-anak memiliki mood yang mudah berubah-ubah maka kita sebagai orang tua wajib mengerti perasaan anak kita.

Berikut tips jalan-jalan ke Singapura dengan anak.

  1. Waktu perjalanan

Far-East-Garden

Jalan-jalan ke Singapura dengan anak musti memperhatikan waktu keberangkatan, sebab meski Singapura merupakan negara tetangga yang cukup dekat, tetap saja waktu keberangkatan cukup berpengaruh pada kondisi anak anda nantinya.

Pilih waktu perjalanan liburan yang tepat untuk anak. Anda bisa memilih waktu sore atau malam untuk melakukan perjalanan liburan karena anak sudah merasa lelah dan mengantuk maka anak akan segera tidur.

Berbeda jika anda memilih waktu perjalanan pagi hari karena anak cenderung lebih rewel karena akan merasa tidak nyaman ketika di dalam kendaraan. Ketika mulai perjalanan di pagi hari dari Indonesia ke Singapura, anda akan sampai di sana ketika siang atau menjelang sore hari, cuaca sudah tidak bersabahat untuk memulai perjalanan.

Sehingga akan lebih cocok jika mulai perjalanan di sore hari, kemudian anda sampai di Singapura malam hari, lalu anda langsung menuju hotel dan beristirahat. Esoknya anda dan anak-anak anda akan merasa lebih segar untuk melanjutkan perjalanan.

  1. Kendaraan yang nyaman untuk anak

destinasi-wisata-untuk-anak

Saat perjalanan jauh entah itu jalan-jalan ke Singapura dengan anak atau pun ke tempat wisata di Jepang saat musim dingin yang cocok untuk anak-anak, pastikan terlebih dahulu anda memilih kendaraan yang nyaman untuk anak anda.

Saat anada memilih maskapai penerbangan gunakan penerbangan kelas bisnis karena tempat duduk pesawat dapat diubah posisi dan menjadi tempat tidur yang nyaman untuk anak.

Anda juga bisa membawa tempat duduk dimobil untuk anak karena kursi pesawat biasanya terlalu besar untuk anak-anak. Keadaan tersebut terkadang membuat anak merasa tidak nyaman karena harus menggunakan sesuatu yang tidak sesuai ukuran.


  1. Memilih tempat wisata yang ramah nyaman dan mendidik untuk anak

destinasi-wisata-anak

Dalam memilih destinasi wisata ketika jalan-jalan ke Singapura dengan anak tentunya anda harus memilih destinasi wisata yang tidka hanya menarik tetapi juga mendidik untuk anak-anak.

Membawa anak-anak berlibur berarti juga diperlukan adanya value tambahan untuk membuat anak kelak pulang tidak hanya menikmati suasana bersenang-senang saja, tetapi memperoleh pelajaran baru seperti mengunjungi kebun binatang untuk mengenal satwa liar, ke Universal Studio Singapore untuk bermain sambil melatih otak motorik, atau ke Undewater yang dapat membuat anak-anak mengenali satwa lautan.

Di samping itu, saat memilih tempat wisata ajak anak anda untuk ikut berpartisispasi dalam memilih tempat wisata. Dengan begitu anda akan tahu hal apa yang disukai oleh anak anda dan meminimalisir kemungkinan anak akan rewel atau tidak nyaman ditempat wisata.

  1. Berlibur saat Low Season

cable-car

Bisa berlibur bersama keluarga adalahh hal yang menyenangkan. Dan saat musim liburan tiba banyak keluarga yang memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur bersama namun konsekuensi yang akan anda dapat adalah padatnya pengunjung dan macet diperjalanan.

Hal ini kadang membuat orang berpikir, berlibur ke luar negeri seperti jalan-jalan ke Singapura dengan anak akan jadi jalan keluar, namun ternyata tidak. Saat high session, di manapun itu, pasti tetap ramai.

Supaya anda bisa membuat anak merasa nyaman saat anda akan mengajak mereka berlibur ke tempat terbuka dan ramai pengunjung maka sebaiknya datang di waktu low season, sekitar bulan februari, agustus, november.

Tempat berlibuat yang cocok untuk anak-anak selain di Singapura tentu saja ke Disneyland, salah satu tempat wisata di Amerika Selatan. Di sana anak-anak bisa bertemu dengan karakter disney kesukaan mereka.

  1. Membawa mainan dan makanan kesukaan anak

liburan-keluarga-ke-singapura

Jangan lupa membawa mainan dan makanan kesukaan anak saat liburan. Alihkan perhatian anak selama perjalanan dengan mainan kesukaaan mereka dengan begitu mereka tidak akan merasa bosan saat liburan.

Makanan kesukaan anak juga tidak boleh dilupakan karena tidak semua anak mau menerima makanan lain selain makanan kesukaanya. Ini berlaku untuk makanan ringan atau cemilan anak-anak, yang tidak semua tempat menjualnya.

Terutama saat dalam perjalana menuju tempat wisata tak jarang anak merasa bosan karena harus berlama-lama di dalam kendaraan. Buat anak sibuk dengan mainan kesukaan mereka selama perjalanan.  Cara ini cukup efektif untuk membuat anak merasa nyaman dan tidak bosan selama dalam kendaraan.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

Liburan-ke-Singapura

Baik orangtua atau anak lebih baik menggunakan pakaian yang nyaman untuk dipakai daripada pakaian yang modis. Pastikan anak mengghunakan pakaian yang nyaman karena hal ini sangat mempengaruhi mood anak saat beraktifitas.

Akan lebih seru saat mengemas pakaian untuk liburan anak-anak dilibatkan karena dengan itu kita bisa secara langsung mengajarkan tentang tanggung jawab kepada anak.

Cara ini juga akan meningkatkan kecerdasan anak, membuatnya memahami asyiknya packing ketika bepergian, membuatnya juga menjadi lebih sensitif dalam hal memilih barang mana yang perlu dibawa dan mana yang tidak.

Anak-anak biasanya memiliki banyak sekali ide, tampung ide mereka ketika sedang packing, namun anda juga perlu meluruskan jika ide mereka mulai terlalu berlebihan.

  1. Membawa kereta dorong

singapura-wisata

Khusus ketika anda memiliki anak di usia di bawah lima tahun, dibutuhkan kereta dorong untuk membantu anda menjadi lebih mudah membantu anak-anak ketika mereka lelah. Anak-anak lebih cepat merasa lelah saat berlibur.

Jika anak anda mulai mengeluh karena kelelahan saat berjalan kereta dorong ini menjadi alternatif agar anak bisa tetap ikut menikmati jalan-jalan tanpa harus merasa lelah dan juga orang tua tidak perlu repot menggendong sang anak ketika tengah berjalan-jalan di tempat wisata.

  1. Membawa obat

singapura1

Jangan lupa untuk tetap waspada dengan segala kondisi karena kita tidak selalu bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan baru. Akan ada kondisi dimana sakit tiba-tiba menyerang baik orang tua atau anak.

Bawalah obat-obatan ringan yang sekiranya dapat digunakan untuk pertolongan pertama  seperti minyak kayu putih, obat sakit kepala, demam anak, sakit maag,  betadine dan kapas.

Obat juga bisa menjadi pertolongan pertama jika anak mulai mengeluh tidak nyaman seperti mabuk kendaraan atau ketika tergigit serangga.

Sebagai orang tua yang perhatian dan peka terhadap kondisi anak, upayakan anda selalu menyiapkan ‘payung sebelum hujan.’

  1. Tetap tenang dengan segala kondisi

tempat-wisata-untuk-anak

Mood anak- anak tidak dapat diprediksi mereka bisa tiba-tiba murung ceria atau menangis seketika. Saat anak rewel tiba-tiba tetap tenang dan hibur anak dengan mainan yang sudah dipersiapakan sebelumnya.

Sebagai orang tua, tentunya anda adalah orang yang paling memahami kondisi anak anda, maka persiapkan barang-barang yang biasanya akan menghibur anak-anak anda.

Jika semua persiapan anak sudah dipersiapkan dengan baik maka kondisi seperti ini akan dengan mudah dapat ditangani oleh orang tua. Anda tidak perlu mengeluarkan emosi dalam menghadapi anak-anak, kadang jalan terbaik adalah mengikuti kemauan anak-anak.


  1. Pastikan anak dalam kondisi sehat

liburan-anak

Sebelum melakukan perjalanan baiknya memeriksakan kesehatan anak terlebih dahulu kepada dokter. Beritahu dokter mengenai rencana liburan. Dengan begitu dokter akan memberi tahu kebutuhan apa saja yang harus dipersiapkan untuk anak.

Ketika anda sendiri sudah menyadari kondisi kesehatan anak, anda pun bisa mempersiapkan segala kebutuhan anak sebelum memulai perjalanan liburan. Satu hal yang paling penting ialah laksanakan liburan ketika kondisi anak dalam kondisi sehat sempurna.

Sebagai orang tua, kita harus mengutamakan anak-anak kita, bila kondisinya kurang baik untuk melakukan perjalanan maka sebaiknya tidak memaksakan liburan jauh. Kadang liburan dengan santai dan melakukan hal-hal menyenangkan di dalam rumah sudah memberikan suatu kesenangan tersendiri, karena yang paling penting adalah kesehatan anak terlebih dahulu.

Tempat wisata di Singapura, Rekomended untuk Anak-anak

  • Sea Aquarium
  • Cove Waterpark
  • Jurong Bird Park
  • Luge and Skyride Singapore Sentosa Island
  • Main Salju di Snow City
  • Science Center Singapore
  • Dan lain sebagainya

Demikian tips jalan-jalan ke Singapura dengan anak, semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Wednesday 19th, September 2018 / 02:47 Oleh :
Kategori : Singapura