12 Makanan Halal Di Hong Kong Yang Wajib Dicicipi

Tempat wisata di Hong Kong selalu menjadi favorit bagi wisatawan internasional baik yang berduit banyak maupun terbatas. Backpacker ke Hong Kong juga mulai menjadi salah satu cara wisata yang semakin dikenal bagi wisatawan muda atau mereka yang ingin berhemat. Namun masih ada wisatawan yang agaknya ragu untuk berkunjung ke Hong Kong karena takut tidak akan bisa menemukan makanan yang sesuai, yakni wisatawan muslim.

Islam sebagai agama yang cukup besar, memiliki jumlah penganut yang tak sedikit yang memiliki hobi jalan – jalan dan keinginan untuk mengenal tempat baru, salah satunya Hong Kong. Negara yang memiliki tempat wisata seperti Victoria Peak dan Tian Tan Buddha ini nyatanya memang mayoritas penduduknya tidak beragama Islam sehingga aturan kehalalan makanan bukanlah hal utama di restoran-restoran.

Akan tetapi Hong Kong tetap memiliki banyak tempat makan halal yang bisa ditemukan dengan mudah dan jumlahnya cukup banyak. Meski beberapa adalah makanan asing seperti yang berasal dari Eropa atau Timur Tengah, banyak juga rekomendasi restoran yang menu-menunya adalah makanan asli Hong Kong, sehingga wisatawan muslim tidak akan ketinggalan mencicipi makanan khas Hong Kong tanpa melalaikan aturan kehalalan. Berikut makanan halal di hong kong:

Kantin Islamic Center

dim sum islamic center

Restoran pertama yang harus disinggahi para wisatawan yang ingin mencicipi makanan Hong Kong yang halal adalah kantin yang berada di area Pusat Islam di Hong Kong. Di sini terdapat beragam dim sum yang akan membuatmu kenyang dengan beragam pilihan dim sumnya. Mulai dari dim sum siu mai, har gow, xiao long pao, dan masih banyak lagi..

Tempat ini berlokasi di lantai 5, Osman Ramju Sadick Islamic Centre di Oi Kwan Road. Meski tempatnya agak jauh dari MTR, namun makanannya yang enak membuatmu sama sekali tak boleh melewatkan tempat ini. Restorannya buka dari pukul 10.00 – 15.00 untuk sarapan dan makan siang, serta pukul 18.00 – 21.00 untuk makan malam.

Islam Food

Di sini kamu akan menemukan makanan berbeda yang masih memiliki khas Kanton atau Hong Kong. Salah satu menu yang paling direkomendasi adalah goulash daging. Makanan ini berbentuk seperti bakpia namun isinya daging, rasanya sangat gurih dan tekstur luarnya kriuk. Hati-hati karena isinya agak basah jadi mungkin akan menetes. Selain menu ini, ada juga dim sum daging dan ayam saus wijen.

Kamu bisa berkunjung ke sini mulai dari pukul 11.30 – 23.30 di cabang yang berlokasi di Tak Ku Ling Road dan mulai dari pukul 11.00 – 23.00 di cabang yang ada di Lung Kong Road. Namun sebaiknya hindari berkunjung pada waktu makan siang karena biasanya orang-orang akan berbondong-bondong datang ke sini, sehingga suasana akan ramai atau lebih buruknya kamu tidak kebagian tempat.


Wai Kee

wai kee

Pecinta bebek tak boleh melewatkan Wai Kee yang memang menyajikan menu nasi bebek ala Hong Kong yang tersedia dalam tiga ukuran, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan perutmu. Selain itu ada juga kari kambing dengan nasi yang patut dicicipi. Harga seporsinya dimulai dari 29 Dolar Hong Kong.

Restoran ini buka sejak pukul 11.00 – 18.00 dan lokasinya ada di area pusat makanan di Bowrington Road Market, Wanchai yang wajib untuk di kunjungi karena makanannya yang enak dan lezat.

Ma’s Restaurant

Ma’s Restaurant memiliki spesialisasi menu goulash dan beragam lumpia yang tentunya halal. Ukurannya juga lebih besar dan porsinya cukup mengenyangkan. Lokasinya cukup mudah ditemui dan restorannya cukup mencolok sehingga tak sulit menemukannya. Alamat lengkapnya adalah di Shop A, 21-25 Cheung Sa Wan Road, Kowloon. Melayani pelanggan mulai dari pukul 11.30 – 23.00, jadi tak perlu khawatir kelaparan di malam hari.

Restoran Explorer’s Club

aladin mess menu

Pergi ke Disneyland Hong Kong pun tak perlu khawatir tak akan menemukan makanan halal, karena di sini ada restoran Explorer’s Club yang menjamin semua menunya halal dan bervariasi. Maksudnya bervariasi adalah ia menyediakan seluruh menu makanan Asia, tak hanya China, Kanton, Jepang, atau Korea, namun juga makanan dari Indonesia, Malaysia, dan seluruh Asia Tenggara.

Lebih lucunya lagi, ruang makan pun memiliki lima tema berbeda yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Tak perlu khawatir akan tiba-tiba menguras kantung setelah makan, karena di depan restoran pun mereka memiliki daftar menu lengkap dengan harganya yang bisa kamu lihat dulu.

Pelayannya pun ramah-ramah. Lokasi restoran ini ada di dekat Mystic Point.

Tahitian Terrace

Di sisi lain Disneyland yakni Adventureland, juga terdapat restoran halal lain yakni Tahitian Terrace yang menyediakan beragam menu mulai dari menu-menu Asia seperti laksa, kari Thailand, rendang daging, menu vegetarian ataupun menu-menu modern yang umum ditemui di banyak restoran. Restoran ini pun memiliki desain yang unik. Selain itu, bila kamu ingin makanan halal saat di Disneyland, kamu juga bisa memintanya dari restoran di Disney Hotel.

Ocean Park Food Gerobak 3

Ke tempat wisata lain yakni Ocean Park, kamu bisa mendapatkan menu seperti sate, nasi ayam Hainan, ayam tandoori dan beragam menu lainnya dari satu gerobak kecil no. 3 di depan area Lagoon. Menu yang disajikan cukup cepat disajikan dan juga selalu hangat. Gerobaknya yang berwarna hijau dengan tulisan halal di tengah-tengah juga tak akan membuat kesulitan menemukannya.

Kebab dan Pizza Ebeneezer

Bila kamu ingin makan pizza atau kebetulan tengah berada di area Ngong Ping 360, Ebeneezer bisa menjadi pilihan. Alasannya adalah karena di Ngong Ping 360, hanya terdapat satu restoran halal, yakni restoran ini. Meski harganya agak mahal, namun restoran ini memiliki banyak cabang di berbagai tempat, baik di dalam mall maupun di dekat pusat perbelanjaan.

Harbour Grand Hong Kong Café

Bila kamu bermukim di hotel Harbour Grand Hong Kong, mereka memiliki beberapa opsi menu makanan halal seperti salad buah bit, dengan pasta saus pesto dan asparagus, sup sayur dan fillet salmon tandoori, atau salad alpukat dan kepiting serta ayam bakar. Harganya sendiri mulai dari 148 Dolar Hong Kong per paket. Ada juga hotel Harbour Grand Kowloon yang punya makanan halal namun harus dipesan terlebih dahulu agar bisa disiapkan.

Aladin Mess

Kalau lebih cmenu warung malangenderung ingin makanan yang berbumbu melimpah, maka Aladin Mess boleh dipilih. Di sini kamu bisa memesan beragam makanan India seperti kari dan naan atau roti. Restoran ini cukup dikenal sebagai salah satu restoran India di Hong Kong yang memiliki kualitas jempolan.

Jam bukanya mulai dari 11.30 – 15.00 dan 18.00 -23.00 setiap harinya. Lokasinya sendiri ada di Russel Street, di Causeway Bay.

Warung Malang


Beberapa orang Indonesia mungkin akan lebih memilih untuk makan menu Indonesia, terlebih bila bepergian dengan orang yang lebih tua yang mungkin lidahnya sulit menerima makanan asing. Ada satu restoran makanan Indonesia di Pennington Street yang juga berlokasi di Causeway Bay, yang menyajikan makanan Indonesia super otentik. Mulai dari kerupuk udang, sayur lodeh, tumis buncis, tempe, lengkap dengan sambalnya. Buka setiap hari dari pukul 10.00 – 23.00.

The Great Indian Kebab

the-great-indian-kebab

Mencari menu yang lebih besar jumlahnya? Ada The Great Indian Kebab yang menawarkan menu India kontemporer seperti beragam variasi kebab dengan rasa berbeda dan juga menu set yang berisi 11 ragam makanan yang tentunya akan sangat mengenyangkan dan seimbang karena terdapat menu seperti daging, sayur, sup, bahkan buah.

Buka dari pukul 12.00 – 15.00 dan 18.00 -23.00. Namun yang perlu dicatat di sini mereka menjual alkohol

Demikian artikel megenai makanan halal di hong kong, semoga informasi dalam artikel ini dapat bermanfaat.

, , ,
Post Date: Saturday 07th, April 2018 / 02:50 Oleh :
Kategori : Hong Kong