10 Makanan Halal Di Jepang Yang Populer Dan Wajib Dicicipi Wisatawan Muslim

Makanan Halal Di Jepang – Bisa Jalan-jalan ke Jepang merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian wisatawan Indonesia. Banyak sekali tempat wisata di jepang yang menarik untuk dikunjungi, seperti Kuil Fushimi Inari Taisha, Sensoji, Tokyo Disney Sea , Akuarium Osaka Kaiyukan dan masih banyak lagi. Jepang juga terkenal dengan masakanya yang lezat. Jika anda pecinta kuliner, mungkin Negara ini bisa jadi menjadi surga bagi anda untuk bisa mencicipi berbagai masakan yang otentik dan lezat.

Namun, Bagi anda yang beraga muslim, Anda harus cukup berhati-hati dalam mencicipi makanan yang tersebar di Negara ini. Karena Jepang sendiri mayoritas penduduknya beragama Shinto dan Budha. Dan hanya sedikit sekali yang beragama muslim. Jadi banyak sekali makanan dan restoran yang menjual masakanya dengan menggunakan daging babi, atau bahan lain yang dibuat dari babi.

Tentunya bukanlah perkara mudah untuk mencari makanan halal di Jepang. Jadi berikut kami sajikan makanan hahal di jepang Terfavorit yang  bisa cicipi saat di Jepang.

 1.Chankonabe

ChankonabeNabe berarti “Panci” (atau makanan yang direbus dalam panci); chanko adalah makanan para pe-sumo tradisional. Jadi Chanko nabe adalah sup yang direbus dalam panci yang berisi sejumlah besar sayuran seperti bawang welsh dan kubis china, tahu goreng, dan ayam yang biasanya digunakan para pegulat sumo untuk meningkatkan staminanya.

Namun saat ini, Chankonabe juga dapat anda nikmati dalam varian daging sapi dan ikan. Meskipun pegulat sumo tradisional tidak makan versi ini, karena dulu para pesumo tidak makan daging hewan berkaki empat, karena dipercaya bisa menyebabkan kekalahan saat bertanding, sementara ikan bahkan tidak memiliki kaki untuk membawa beratnya sendiri. Selain halal, Chankonabe juga enak dan memiliki banyak kandungan gizi.

2.Nikazana

Masakan Halal Jepang yang satu ini terbuat dari ikan yang direbus hingga empuk. Biasanya Nizakana disajikan dengan menggunakan tsuyu, yaitu sejenis sup khas jepang. Untuk menghilangkan bau amis yang kuat pada ikan, para koki biasanya menggunakan teknik shimofuri. Teknik ini juga digunakan untuk menghilngkan rasa lemak ketika makan ikan dan mencegah kaldu sup menjadi keruh. Anda bisa menemukan Nizakana di beberapa restoran tradisional di jepang. Anda juga bisa menikmatinya dengan nasi.

3.Udon

UdonTentunya sudah tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini. Ya, Udon adalah mie Jepang tebal yang terbuat dari tepung terigu. Ukuran mie ini lebih tebal dari mie soba, lebih putih dan lebih kenyal. Udon banyak tersedia di restoran – restoran di seluruh Jepang dan disiapkan dalam berbagai hidangan panas dan dingin. Biasanya bisa anda beli dengan membayar 500 hingga 1000 yen. Ada banyak jenis udon yang bisa anda nikmati diantaranya yaitu:

  • Zaru Udon : disajikan di atas tikar bambu. Cara makanya yaitu dengan mencelupkan mie ke saus yang sudah disiapkan.
  • Kake Udon : Biasanya disajikan dengan kaldu panas hingga menutupi mie dan bawang hijau diatasnya.
  • Tanuki Udon : Bisa disajikan panas atau dingin dan biasanya diberi tambahan tempura goreng (tenkasu)
  • Kitsune Udon disajikan dalam kaldu panas dengan aburaage , lembaran tipis tahu goreng, ditempatkan di atas mie udon.
  • Curry Udon adalah mie udon yang disajikan dalam semangkuk kari Jepang

  • Chikara Udon adalah mie udon yang disajikan dengan tambahan kue beras ( mochi ) dalam kaldu panas.
  • Tempura Udon biasanya disajikan dalam kaldu panas dengan potongan tempura yang ditempatkan di atas mie.

4.Sushi

sushiSushi merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang Indonesia. Biasa dijual di beberapa restoran jepang di Indonesia. Sushi merupakan hidangan ikan mentah segar yang diawetkan dengan cuka dan yang pasti masakan ini halal untuk dikonsumsi. Ada beberapa varian sushi yang bisa anda nikmati

  • Nigiri , Bola nasi kecil dengan ikan, kerang, dll. Ada banyak varietas nigirizushi, beberapa yang paling umum adalah tuna, udang, belut, cumi, gurita dan telur goreng.
  • Gunkan, berbetuk seperti Cangkir kecil yang terbuat dari nasi sushi dan rumput laut kering yang diisi dengan makanan laut. Ada banyak jenis gunkanzushi, beberapa yang paling umum adalah landak laut dan berbagai jenis telur ikan.
  • Norimaki, Nasi sushi dan seafood yang digulung dalam lembaran rumput laut kering .
  • Temaki, merupakan sushi yang berbentuk kerucut yang terbuat dari rumput laut nori dan diisi dengan nasi sushi, seafood dan sayuran.
  • Inari, Inarizushi adalah jenis sushi yang sederhana dan murah, di mana nasi sushi diisi ke dalam aburaage ( tahu goreng ).
  • Chirashi, Chirashizushi adalah hidangan di mana seafood, jamur dan sayuran tersebar di atas nasi sushi.

Salah satu restoran populer sushi halal berada di Asakusa, yaitu sushi ken.

5.Soba Mie

Mie Soba adalah mie yang terbuat dari tepung gandum, kira-kira setebal spageti, dan disiapkan dalam berbagai hidangan panas dan dingin . Hidangan soba sangat populer dan mudah anda temukan di berbagai restoran di Jepang. Karena kebanyakan mie soba cenderung rapuh, banyak restoran menambahkan tepung gandum saat menyiapkan mie mereka. Biasanya miea soba dimakan dengan kecap berbahan dasar kedelai (tsuyu). Hidangan mie soba biasanya dihargai antara 500 yen dan 1000 yen

6.Tempura

TempuraTempura adalah potongan seafood mapun sayuran yang digoreng dengan tepung . Tempura dapat ditemukan di banyak jenis restoran di seluruh jepang, di mana umumnya disajikan sebagai hidangan utama, lauk atau sebagai topping untuk beras tendon , atau mie udon dan soba . Berikut ini adalah beberapa varian tempura yang paling populer:

  • Ebi, adalah bahan tempura yang populer yang dapat ditemukan di hampir semua hidangan tempura.
  • Sakana, ikan kecil utuh dipotong tipis-tipis hingga membentuk fillet. Biasanya Ikan yang dijadikan sakana adalah bandeng, ikan teri, dan goby.
  • Nasu adalah terong Jepang yang dipotong tipis-tipis dan digoreng.
  • Kinoko, atau Jamur adalah bahan yang populer untuk tempura.

Jika anda makan tempura di restoran besar biasanya berharga 5000 yen atau lebih. Namun, anda bisa mencicipinya di kedai-kedai dengan harga yang lebih murah, biasanya disajikan dengan set makanan dan mangkuk beras tendon dengan harga 800 hingga 1500 yen.

7.Shabu

Shabu merupakan jenis daging irisan tipis  yang kemudian dicelupkan kedalam air panas dan juga beberapa saus khas yang lezat. Biasanya disajikan dengan telur dan sayuran. Salah satu restoran Shabu yang populer adalah Hinakasaka Jisan yang terletak di Shibuya, Tokyo. Hanasaka Ji-san menyajikan menu shabu halal dimana terdapat lebih dari 500 pelanggan Muslim setiap bulanya. Anda bisa memilih beberapa paket Shabu-shabu sesuai dengan budget anda yang bisa anda pesan dahulu via telefon. Harga mulai dari 2500 Yen hingga 18500 yen.

8.Kari

Kari Jepang adalah hidangan yang sangat populer di Jepang. Kare tersedia di berbagai restoran di jepang. Salah satu restoran yang paling terkenal di Jepang adalah Coco Ichiban. Restoran ini telah secara resmi membuka restoran kari bersertifikat halalnya di Jepang. Terletak di distrik Akihabara, Tokyo. Dicat dengan warna dominan hijau, yang merupakan salah satu ciri khas resto kari di Jepang. Restoran ini adalah satu-satunya restoran CoCo Ichibanya yang bersertifikat halal. Disini, anda juga memilih topping kari favorit Anda dan juga memilih tingkatan bumbu sesuai selera Anda dari level 1 hingga level 10.


9.Mie Ramen

Masakan satu ini sangat populer di kalangan orang Indonesia, Ya makanan ini adalah makanan favorit naruto, salah satu kartun jepang yang tayang di Indonesia. Namun, kebanyakan masakan ramen di Jepang menggunakan kaldu dari daging babi. Namun, ada beberapa restoran yang menggunakan bahan-bahan yang halal,seperti Naritaya yang tersebar di beberapa kota besr di Jepang, dn Shinjuku Gyoen sebuah kedai kecil ramen di Osaka.

10.Yakiniku

Yakiniku merupakan masakan daging yang dipanggang seperti Barbeque. Anda bisa memanggangnya sendiri karena penyajianya juga langsung menggunakan tungku panggang. Salah satu restoran yang menjual Yakiniku halal paling populer adalah Gyumon  dan Gyu kau yang bisa anda temukan di Akasuka.

Dan diatas merupakan 10 makanan hahal di jepang  yang bisa anda cicipi. Biasanya restoran yang menjual makanan halal tercantum logo halal di banner nya. Namun,jika anda tidak menemukanya, anda bisa menanyakan perihal bahan yang dipakai. Namun, kebanyakan masakan diatas sudah mewakili masakan khas jepang yang halal.

, , , ,
Post Date: Wednesday 04th, April 2018 / 14:30 Oleh :
Kategori : Jepang