Sensoji , Wisata Kuil Terbesar Yang Wajib Di Kunjungi Di Tokyo

Sensoji GateSensoji, Jepang – Berlibur ke Negeri Sakura merupakan impian banyak orang. Negara yang sangat terkenal dengan kemajuan teknologi dan kedisiplinannya ini memang memiliki daya tarik yang luar biasa untuk di Kunjungi.

Jepang memiliki keunikan seperti selalu memelihara tradisi dan juga kebudayaan hingga di Kalangan anak muda.Hal inilah yang menyebabkan kita bisa melihat perpaduan bangunan tradisional yang bersanding dengan bangunan mewah.

Salah satu destinasi wisata yang sangat sayang dilewatkan adalah Sensoji. Sensoji merupakan salah satu Kuil terbesar Tokyo. Selain Sensoji, anda juga bisa mengunjungi Istana Osaka

Kuil yang terletak di daerah Asakusa ini adalah salah satu Landmark Tokyo yang sangat populer di Kalangan wisatawan. Ada sangat banyak spot yang bisa dijadikan spot foto di Kuil ini. Tempat ini sangat luas, sehingga untuk mengeksplor seluruh bagian Kuil Sensoji, waktu 1 hari tidak akan cukup.

Kuil yang sangat luas ini berada di 2 Chome 3-1 Asakusa, Taito Tokyo.Jika anda yang ingin mengunjungi Kuil Sensoji dan hanya ingin berjalan-jalan menikmati spot utama, berikut ini merupakan spot-spot utama yang wajib untuk di kunjungi di Kuil Sensoji.

Nakimase Sensoji1. Kaminarimon Kaminarimon merupakan gerbang masuk kuil Sensoji yang terkenal dengan nama gerbang Kaminari. Lentera yang beratnya sekitar 700 Kilogram ini selalu menyapa para pengunjung kuil Sensoji. Karena desainnya yang unik, tempat ini sudah menjadi tempat favorit pengunjung untuk mengambil gambar. Bagian lentera Kaminarimon inilah yang sebenarnya dijadikan wilayah Asakusa, Tokyo.

2. Omikuji Omikuji adalah kertas ramalan yang sering dijadikan petunjuk bagi orang Jepang. Omikuji di percaya dapat menjadi solusi untuk membuang nasib buruk orang-orang Jepang.

3. Osuisha Osuisha merupakan tempat menyucikan dan membersihkan diri sebelum masuk aula utama Kuil. Di tempat menyucikan diri ini pengunjung akan melihat patung naga yang mengeluarkan air dari mulutnya. Air inilah yang digunakan para pengunjung terutama yang beragama Budha untuk mencuci tangan dan membasuh wajah.

4. Jokoro Jokoro adalah tempat dupa yang terletak di bagian depan Aula utama kuil. Para pengunjung yang beragama Budha akan melumuri tubuh mereka dengan asap dupa. Menurut kepercayaan mereka, ritual ini mampu menghilangkan berbagai jenis penyakit yang ada.

5. Aula Utama Kuil Senso-ji Di tempat ini pengunjung bisa melihat sebuah kotak berada di depan sebuah patung. Jika ingin berdo’a, orang-orang Budha akan melemparkan uang ke dalam kotak tersebut. Cara mereka berdo’a adalah dengan menghadap patung yang dinamakan Kannan-Sama sambil merapatkan kedua tangan.

6. Yokodo Dari tangga yang menuju Aula utama, pengunjung bisa mendapatkan Goshuin di Yokodo. Goshuin adalah kertas yang dituliskan nama kuil dan hari kita melakukan kunjungan. Kertas unik ini bisa kita bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

7. Yakushido Letak Yakushido tepat di bagian belakang Yokodo. Di tempat ini, pengunjung bisa menemukan 3 patung yang di puja oleh orang Budha.Tempat ini merupakan salah satu patung tertua di Kuli Sensoji.


kaminarimon Sensoji8. Awashimado Di bagian belakang Yakushido, para pengunjung bisa menemukan sebuah tempat yang memiliki 2 patung. Di tempat ini selalu diadakan ritual Harikuyo setiap tanggal 8 Februari. Kegiatan ritual yang dilakukan adalah menusukkan jarum yang sudah bengkok ke Tahu atau Konnnyaku. Konnyaku adalah benda kenyal yang mirip dengan agar-agar.

9. Zenizuka Jizodo Zenizuka Jizodo merupakan aula peribadatan. Tempat ini merupakan tempat berdo’a yang banyak di kunjungi untuk meminta kelancaran usaha.

10. Taman Berbukit Pengunjung kuil Sensoji bisa melihat sebuah taman yang sangat indah di bagian belakang Aula Utama kuil. Di taman yang rindang ini pengunjung bisa melihat berbagai patung dan monumen.

11. Nitenmon Satu lagi gerbang mewah yang  ada di Kuil Sensoji adalah gerbang Nitenmon. Gerbang yang termasuk warisan Budaya Jepang ini di bangun untuk memperingati 2 Dewa yang di percaya sebagai Penjaga Budha. Yaitu Dewa Jikokuten dan Zochoten.

12. Shinboku Tepat berada di bagian depan pos polisi, pengunjung bisa melihat sebuah pohon Ginko yang sangat besar. Pohon ini sudah berusia lebih dari 8 abad. Masyarakat sekitar percaya bahwa pohon ini merupakan pohon yang tumbuh dari ranting yang di tancap oleh Yoritomo.

13. Bentendo Bentendo merupakan sebuah aula yang letaknya di bagian aula utama kuil Sensoji. Aula ini merupakan tempat untuk menyembah Rojo-Benzaiten. Orang Jepang mempercayai bahwa Benzaiten merupakan salah satu dari 7 Dewa keberuntungan. Tepat di sebelah Bentendo pengunjung bisa melihat sebuah menara lonceng. Menara yang sangat megah ini berbunyi setiap jam 6 pagi dan juga setiap malam pergantian tahun.

Jika pengunjung ingin melihat lonceng ini berdenting, pengunjung bisa mengunjungi tempat ini pada malam tahun baru. Selain itu juga pengunjung bisa datang pagi-pagi sekali sebelum jam 6 tepat.

14. Nakamise-Dori Nakamise-Dori merupakan pusat perbelanjaan tempat pengunjung bisa membeli oleh-oleh dan juga wisata kuliner Jepang. Tempat belanja ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan tertua di Jepang.  Pengunjung bisa mencicipi makanan khas Asakusa di tempat ini. Ada 90 counter makanan yang siap memanjakan lidahmu di tempat ini.

15. Hozomon Hozomon merupakan salah satu pusat Kuliner yang ada di bagian Nakamise-Dori. Di bagian atas gerbang masuk menuju Hozomon, pengunjung bisa melihat berbagai benda-benda kebudayaan serta ala-alat untuk mencegah terjadinya kebakaran. Selain itu juga, pengunjung bisa melihat sendal Jerami yang di buat dengan menghabiskan 2500 Kilogram jerami. Sendal Jerami yang di sebut Waraji ini melambangkan kekuatan dewa pelindung (Nio-Sama). Nio-Sama di anggap mampu menangkal seluruh macam kejahatan.

Jam Operasional Kuil Sensoji

  • Pengunjung bisa mulai mengeksplor tempat ini dari jam enam pagi hingga jam lima sore pada bulan April hingga September.

  • Sedangkan pada periode bulan Oktober hingga Maret pengunjung bisa memulai penjelajahan jam setengah tujuh.

Harga Tiket Kuil Sensoji

  • Pengunjung bisa mengeksplor Kuil Sensoji dengan Gratissss. Jadi tempat ini akan sangat sayang untuk dilewatkan bukan.

Akses Menuju Kuil Sensoji

Untuk mengunjungi kuil Sensoji pengunjung bisa berhenti di Stasiun bawah tanah Asakusa. Ada beberapa jalur kereta yang bisa digunakan untuk tempat berhenti. Berikut adalah jalur-jalur yang bisa digunakan untuk bisa mengunjungi Kuil Sensoji.

  1. Jika pengunjung menggunakan kereta jalur Ginza, pengunjung hanya perlu berjalan 5 menit ke Kuil
  2. Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan jalur Tobu Isesaki dan berjalan sekitar 5 menit saja menuju Kuil
  3. Jalur Tsukuba juga bisa digunakan untuk bisa mengunjungi Kuil Sensoji. Pengunjung juga hanya perlu berjalan 5 menit dari jalur ini
  4. Jalur terakhir yang bisa digunakan adalah jalur Toie Asakusa juga bisa digunakan, pengunjung perlu berjalan sekitar 7 menit dari jalur ini.
  5. berjalan kaki 5 menit dari Tsukuba Express (Stasiun Asakusa)

Demikianlah cara untuk menjelajahi kuil Sensoji yang sangat terkenal di Tokyo. Jika saat ini anda sedang berada di Jepang atau berencana berlibur ke Negeri Sakura anda perlu mengetahui tips liburan hemat ke Jepang serta tips liburan musim dingin di Jepang.

Selain itu juga anda perlu mengetahui tempat wisata di Jepang sebagai referensi ketika akan melakukan wisata ke Jepang.

, ,
Post Date: Monday 12th, March 2018 / 08:20 Oleh :
Kategori : Jepang