10 Makanan Khas Pattaya Yang Wajib Dicicipi Wisatawan

Makanan khas Pattaya – Thailand merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Asia Tenggara. Ya, Thailand menawarkan berbagai tempat wisata yang mengagumkan, yang ditambah dengan makananya yang lezat dan penduduknya yang ramah tamah.

Berbicara mengenai berlibur ke Thailand  destinasi tempat  yang mungkin terlintas adalah berbagai tempat wisata di Bangkok dengan banyak kuilnya yang indah. Nah, tidak jauh dari kota Bangkok, ada salah satu kota yang juga sangat direkomendasikan untuk dijelajahi yaitu Pattaya.

Pattaya merupakan salah satu kota wisata di Thailand yang memang terkenal dengan hiburan malamnya. Ya, Kota ini memang terkenal dengan banyaknya bar, banyak red distrik dan juga banyak banci-banci yang dengan mudah anda temui disini.

Selain itu, di Pattaya juga banyak terdapat restoran yang menjajakan berbagai masakan khas penduduk setempat yang akan memanjakan lidah anda. Nah, ada banyak makanan khas Pattaya yang mungkin bisa anda cicipi, namun berikut adalah beberapa makanan khas Pattaya yang wajib untuk anda coba saat berlibur kesana.

1. Tom Yum Goong

Tom-YumPattaya merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Chonburri, dimana pattaya berada di teluk Thailand. Dan hanya berjarak 160 kilometer dari pusat kota Bangkok. Oleh sebab itu Pattaya memiliki panta-pantai yang indah dan beberapa hasil laut yang melimpah.

Salah satu hidangan yang memanfaatkan hasil laut penduduk sekitar adalah Tom Yum Goong atau sup udang pedas. Secara sekilas memang bentuknya mirip seperti kari yang kental, dimana sup dicampur dengan beberapa bumbu seperti serai, cabai, jeruk lengkuas, saus ikan dan bawang merah. Dan tentu saja ditambahkan dengan udang segar dan jamur yang sangat lezat.

Pastikan ketika mengunjungi Pattaya untuk mencicipi Tom Yum Goong, dimana anda bisa menemukanya hampir di seluruh restoran di Pattaya.

2. Som Tum

Som-TumSom Tum atau salad papaya pedas merupakan makanan yang berasal dari Issan, salah satu desa nelayan di Pattaya. Makanan ini sebenarnya merupakan makanan vegetarian yang sehat. Dimana menggunakan sayuran-sayuran seperti papaya mentah yang sudah diparut, tomat, kacang hijau, cabai dan bawang putih. Sekali masuk ke mulut, anda akan merasakan sensasi rasa yang pedas , manis, dan asam.

Seiring berjalanya waktu, Som Tum telah berkembang menjadi masakan yang cocok untuk semua kalangan. Dimana dalam penyajianya ditambahkan dengan keptiting, udang kering dan kacang tanah. Anda bisa menemukan Som Tum di berbagai restoran di Pattaya,bahkan ada banyak pedagang kaki lima yang menyediakan makanan ini.


3. Yum Woon Sen

Yum-wonYum Woon Sen merupakan sejenis salad yang sudah sangat populer di Thailand. Ya, makanan ini menggunakan bihun sebagai bahan dasarnya. Bihun dimasak dengan menambahkan udang kering, bawang putih,bawang, limau, seledri dan cabai.

Hampir seperti beberapa masakan Pattaya diatas, Yum Woon Sen juga memiliki rasa asam dan pedah yang cukup kuat. Jadi untuk anda para pecinta makanan pedas makanan yang satu ini bisa jadi makanan favorit. Beberapa restoran juga menambahkan daging babi dan juga udang untuk menambah cita rasa mejadi lebih berwarna.

4. Gai Yang Khao Niao

Gai-YangMakanan ini merupakan hidangan ayam panggang yang lezat. Untuk sekedar hidangan ayam panggang, anda dapat menemukanya dengan mudah di pedagang kaki lima di Indonesia. Namun, di Pattaya anda akan disuguhkan dengan menggunakan nasi ketan. Penasaran kan?

Selain itu, dalam mencicipi makanan ini juga dilengkapi dengan saus pedas lezat dengan warna kecokelatan. Bagi anda para pecinta pedas, wah, sausnya bikin nagih. Hampir sama dengan menikmati ayam panggang di Indonesia, akan sangat lezat jika anda menikatinya dengan menggunakan tangan secara langsung. Dan makanan Gai Yang Khao Niao ini juga bisa anda temukan di berbagai restoran maupun pedangang kaki lima di Pattaya.

5. Pad Krapow Moo Sap

Pad-Kra-PowMakanan khas Pattaya yang satu ini menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya. Bagi anda yang beragama islam, tentunya makanan yang satu ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Ya, daging babi cincang dicampur dengan daun kemangi, cabe segar, kecap, kacang hijau dan sedikit gula kemudian digoreng didalam wajan yang panas.

Pad Kapow Moo Sap biasanya dicicipi dengan menggunakan nasi dan juga ditambah dengan telur dadar goreng diatasnya. Hidangan ini sangat populer diantara turis-turis terutama dari barat untuk dinikmati saat makan siang maupun malam.

6. Pla Pao

PlaPaowPla Pao merupakan hidangan yang menggunakan ikan segar sebagai bahan utamanya. Biasanya pla lao menggunakan daging ikan nila yang panggang dengan menambahkan seikat serai yang dimasukkan ke dalam mulutnya.

Meskipun kurang enak dilihat, namun jika anda sekali mencobanya, mungkin anda akan ketagihan untuk mencobanya lagi. Biasnaya Pla Lao dimakan dengan menggunakan saus sambal seafood. Anda bisa menemukanya di pasar Pattaya.

7. Khao Pad Gung

khao-padKhao Pad Gung merupakan hidangan nasi goreng khas Pattaya. Hampir sama di Indonesia, Thailand juga populer dengan nasi gorengnya. Ya, ketika anda menjelajahi tempat wisata di Thailand, anda juga perlu mencoba beberapa nasi goreng khas di Thailand terutama Khao Pad Gung.

Khao Pad Gung, merupakan nasi goreng dengan bwanag, wertel dan kacang polong sebagai sayuran yang menghiasai makanan ini. Biasanya juga ditambahkan telur dan timun diatasnya. Di pattaya sendiri, Khao Pad Gung ditambahkan dengan berbagai hasil laut terutama udang untuk dicampurkan dengan nasi.

Anda juga akan mendapatkan ekstra sambal cabai yang pedas, saus ikan dan jeruk nipis yang bisa anda peras diatas nasi goreng anda.

8. Khao Niaow Ma Muang

Khao-NiaoAtau lebih populer disebut mangga sticky rice, dimana merupakan makanan khas Thailand yang sangat populer dan wajib dicoba jika anda mengunjungi negara ini. Ya, makanan yang satu ini menggunakan bahan dasar buah mangga Thailand yang manis dan lezat sebagai bahan utamanya.

Mangga tersebut diiris menjadi beberapa bagian, sehingga sangat pas ketika dimulut. Mangga tersebut disajikan dengan ketan, yang kemudian dilapisis dengan santan kelapa yang kental menjadikan makanan penutup Thailand ini semakin lezat dan segar. Di Pattay sendiri, biasanaya ditambahakn dengan taburan moro dan tambahan saus gula yang menjadikan mango sticky rice semakin lezat.

Anda bisa menemukan Khao Niaow Ma muang, hampir diseluruh penjuru Pattaya.

9. Khao Tom

Khao-TomKhao Tom merupakan salah satu makanan khas Pattaya yang biasanya dimakan ketika pagi hari. Ya, Khao Tom sendiri merupakan makanan  menggunakan nasi sebagai bahan utamanya. Kemudian nasi tersebut dituangkan sup dengan bahan – bahan seperti jahe, serai, daun bawang, bawang merah, saus ikan, telur dan daging.

Daging yang ada di khao tom biasanya dicincang dan dibentuk seperti bola. Hampr mirip seperti bakso, namun memiliki bentuk yang tidak beraturan. Secara sekilas hidangan ini memang tidak terlalu nyaman untuk dipandang. Namun, jika anda sudah mencobanya, anda mungkin akan ketagihan untuk mencobaya lagi.


10. Pad Thai

Pad-ThaiPad Thai merupakan makanan khas Thaianda yang juga sangat populer didunia. Entah darimana daerah tempat asalnya, pad thai sangatlah digemari dan merupakan salah satu identitas dari negara ini. Yaps, Pad Thai merupakan hidangan yang menggunakan mie sebagai bahan dasarnya.

Mie yang digunakan di Pad Thai berukuran lebih lebar, yang dimasak dengan menggunakan bawang, telur, dan menjadi cirri khas dari Pattaya biasanya ditambahkan udang lokal yang memilliki rasa yang authentik. Makanan ini sangatlah lezat dan biasanya ditambahkan tauge dan cabai sebagai pelengkapnya.

Ya, diatas merupakan 10 makanan khas pattaya yang bisa anda cicipi. Dan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Thailand untuk dibawa pulang. Selamat berlibur, dan jaga selalu barang bawaan ada.

, , ,
Post Date: Thursday 20th, September 2018 / 14:35 Oleh :
Kategori : Thailand