10 Tempat Bersejarah Di Sabah Malaysia Paling Terkenal

Malaysia menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata. Salah satu kawasan yang sering dijadikan referensi liburan adalah Sabah. Daerah Sabah memang terkenal akan Wisata Alam Malaysia yang menawan, mulai dari gunung hingga pantai. Namun, tempat ini juga menarik untuk wisata sejarah. Walau tempat bersejarah di Sabah tidak banyak dikenal oleh wisatawan mancanegara, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda. Berikut beberapa tempat sejarah yang menarik.

1. Atkinson Clock Tower

Atkinson Clock TowerDi Sabah, kota Kinabalu adalah salah satu yang terkenal dan sering dikunjungi turis. Kota ini memiliki salah satu monumen bersejarah yang bernama Atkinson Clock Tower. Selain sebagai monumen, tower ini juga menjadi landmark yang cukup dikenal di Kota Kinabalu.

Clock Tower ini adalah menara jam terua yang ada di kota Kinabalu. Didirikan untuk memperingati Pegawai Daerah Kesselton, yaitu Francis George Atkinson. Beliau meninggal dunia karena Borneo Fever pada usia 28 tahun.

Borneo Fever yang dimaksud adalah penyakit malaria. Pembangunan menara ini sendiri dilakukan pada April 1905 dengan ketinggian 50 kaki. Jika wisatawan berkunjung ke sana, mereka biasanya berfoto-foto di sekitar menara.

2. Museum Sabah

Museum SabahTempat bersejarah di Sabah berikutnya yang bisa dikunjungi adalah Museum Sabah. Tempat Wisata Favorit Di Malaysia yang satu ini juga berada di Kota Kinabalu dan merupakan destinasi wisata sejarah yang paling mudah untuk dikunjungi.

Museum Sabah memiliki luas area sekitar 17 hektar. Di sana terdapat museum dan juga kampung warisan budaya. Di dalamnya juga terdapat berbagai artifak dan koleksi bersejarah yang bisa memberikan wawasan baru mengenai sejarah Malaysia.

Anda bisa mengunjungi museum ini sejak pukul 09.00 hingga 17.00 waktu setempat. Untuk memasukinya memang akan dikenakan biaya. Namun tiketnya tergolong murah.

3. Sandakan Memorial Park

Sandakan Memorial ParkSandakan Memorial Park merupakan sebuah museum kecil yang berada di Sandakan. Museum ini didirikan untuk memperingati orang-orang yang terbunuh pada masa pendudukan Jepang, yaitu sekitar tahun 1945 yang lalu.

Pada waktu itu bangunan ini menjadi saksi bisu terhadap kekejaman para tentara Kepang yang menjadikan orang-orang sebagai tawanan perang mereka. Sehingga timbul korban lebih dari 2.400 jiwa.

Hanya 6 orang saja yang selamat dan bisa melarikan diri. Saat ini memorial park ini menjadi salah satu wisata sejarah di Sabah yang berlokasi di Jalan Labuk Utara, Taman Rimba, Sabah.


4. Sandakan Jamek Mosque

Sandakan Jamek MosqueTempat bersejarah di Sabah berikutnya adalah sebuah masjid jamek yang berada di Sandakan. Masjid ini berusia 130 tahun dan merupakan destinasi wisata yang cukup sering dikunjungi turis.

Nama lain masjid ini adalah Masjid Jamek As-Sheikh Hasabollah At-Tohiri. Lokasinya ada di Jalan Lebuh, yaitu di lereng bukit. Pembangunan masjid dilakukan sekitar tahun 1880-an dan pernah menjadi sebuah pusat pembelajaran agama terpenting di masa lalu.

Pembangunan masjid ini dilakukan oleh pedagang dari Yaman dengan tujuan untuk berdakwah. Kemudian masjid disumbangkan kepada penduduk setempat kala itu. di sekitar masjid, penduduknya sebagian besar adalah keturunan India Muslim. Saat ini, Masjid Jamek Sandakan menjadi salah satu jejak warisan sejarah di Sabah yang menarik untuk wisatawan.

5. Monumen William Pryer

Monumen William PryerTips Lengkap Liburan Ke Malaysia adalah mengunjungi monumen gratis. Monumen William Pryer merupakan sebuah tugu peringatan yang berada di Sandakan, Sabah. Monumen ini didirikan untuk mengenang William Burgess Pryer. Monumen ini termasuk ke dalam salah satu Sandakan Heritage Trails, yang menarik untuk wisata sejarah.

Monumen ini lokasinya berpindah-pindah. Dulu di tahun 1950-an lokasinya ada di alun-alun. Kemudian di tahun 1960-an lokasinya ada di dekat lapangan. Kemudian dipindahkan lagi ke tempat lainnya, yaitu di MPS Square.

Monumen ini didirikan untuk William Pryer yang merupakan pendiri Sandakan, yaitu sekitar tahun 1879. William Pryer sendiri meninggal dunia pada tahun 1899.

6. Agnes Keith House

Agnes Keith HouseTempat bersejarah di Sabah selanjutnya adalah Agnes Keith House. Tempat ini dulunya adalah sebuah Newlands atau markas pemerintahan kolonial Inggris di Malaysia. Bangunan ini pernah diduduki oleh Agnes Newton Keith yang merupakan penulis terkenal asal Amerika.

Beliau menulis Land Below The Wind yang terbit pada tahun 1939. Rumah ini menjadi rumah tinggal bagi dirinya dan keluarganya, yang juga merupakan salah satu konservator hutan.

Rumah ini saat ini menjadi sebuah bangunan bersejarah yang menarik. Di dalamnya juga terdapat furnitur dan barang antik khas kolonial. Di lantai pertama terdapat sebuah galeri yang menceritakan kisah hidup Agnes dan keluarganya. Wisatawan bisa mengunjunginya setiap hari, yaitu pada 09.00 hingga 17.00 waktu setempat. Anak di bawah 12 tahun dan wisatawan di atas 55 tahun tidak dipungut biaya.

7. Tugu Peringatan Double Six

Tugu Peringatan Double SixTugu peringatan atau monumen peringatan Double Six berada di kota Kinabalu, yaitu di Sembulan. Monumen ini didirikan untuk mengenang salah satu peristiwa bersejarah di Sabah, yang terjadi pada 1976 lalu.

Tepatnya pada tanggal 6 Juni 1976, pesawat yang membawa Perdana Menteri kelima Sabah dan 6 menteri negara jatuh karena mengalami kecelakaan. Perdana menteri itu adalah Tun Mohd. Fuad Stephens.

Monumen ini didirikan tepat di posisi jatuhnya pesawat yang  menewaskan semua penumpangnya itu. untuk berkunjung ke sana, wisatawan bisa naik taksi maupun bus dari kota Kinabalu.

8. Fook Tet Kung Temple

Fook Tet Kung TempleTempat bersejarah di Sabah lainnya adalah sebuah bangunan berarsitektur Tionghoa. Bangunan ini berasal dari sejarah masuknya orang Tionghoa ke Borneo pada sekitar akhir tahun 1800-an.

Orang-orang Tiongkok ini kemudian menetap di Desa Sugud, Penampang. Keindahan bangunan ini sangat khas desain arsitektur Cina, dengan bentuk atap yang khas dan warna bangunan yang khas.

Untuk memasuki Tempat Wisata Di Malaysia ini wisatawan tidak dikenakan biaya apapun. Lokasinya ada di Jalan Taipakkung Donggongon. Jam bukanya adalah dari pukul 06.00 hingga pukul 17.00.

9. Kundasang War Memorial

Kundasang War MemorialKundasang War Memorial didirikan sekitar tahun 1962. Tempat ini dirdirikan untuk peringatan atau mengenang tahanan perang Inggris dan Australia yang tewas di Sandakan selama Perang Dunia II.

Tugu peringatan perang ini memiliki empat taman yang indah. Keemppatnya dibagi berdasarkan peristiwa pada masa itu, dimana ada Taman Australia, Taman Borneo, Taman Inggris, dan Taman Kontemplasi.

Jam bukanya adalah mulai 08.30 sampai 17.30. Wisatawan bisa mengunjunginya setiap hari. Lokasinya kurang lebih 90 kilometer dari Kota Kinabalu.


10. Monsopiad Heritage Village

Monsopiad Heritage VillageMenikmati wisata sejarah di Sabah bisa juga dilakukan dengan mengunjungi Monsopiad Heritage Village. Tempat ini memiliki banyak bangunan tradisional di sekitar Sungai Penampang.

Ini adalah wisata di museum hidup terbaik di Sabah yang lokasinya hanya sekitar 16 kilometer dair pusat Kota Kinabalu. Monsopiad ini sendiri adalah prajurit yang tinggal di desa kurang lebih 200 tahun yang lalu.

Desa ini ditinggali oleh keturunan Monsopiad. Anda bisa melihat sisa sejarah dan budaya Monsopiad di tempat ini. Selain itu, ada juga beberapa hal menarik yang bisa dilihat, baik legenda, restoran tradisional, dan sebagainya.

Demikianlah beberapa tempat bersejarah di Sabah yang menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata. Ketahui juga beberapa Oleh Oleh Khas Malaysia yang bisa dibawa pulang untuk kenang-kenangan. Semoga bermanfaat untuk Anda dan bisa memberikan referensi wisata yang menarik.

, , ,
Post Date: Thursday 20th, September 2018 / 10:10 Oleh :
Kategori : Malaysia