20 Makanan Khas Thailand Terenak Favorit Wisatawan Dunia

Makanan Khas Thailand—Puas menikmati wisata alam di Kuala Lumpur, Anda harus mencoba untuk berlibur di negara tetangganya yakni Thailand. Thailand dikenal sebagai pemilik dari destinasi wisata bertaraf internasional. Tidak heran jika jumlah wisatawan yang datang ke negara ini sering melonjak dari tahun ke tahun. Berbeda dengan negara tetangganya yakni Malaysia, kehidupan dari masyarakat yang negaranya tidak pernah dijajah ini memang lebih bebas.

Anda bisa backpacker dari Malaysia ke Thailand. Banyak jalur transportasi di antara 2 negara tersebut. Sesampainya di Thailand, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Thailand. Selain tempat wisata yang menarik, makanan-makanan khas Thailand juga terkenal unik. Namun, tentu tidak sedikit yang benar-benar nikmat. Jika Anda berminat untuk mencicipi makanan khas Thailand, berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk Anda.

  1. Tom Yum Goong

Tom Yum GoongBaik untuk wisatawan awam maupun tidak, negara Thailand lekat dengan makanan khasnya yang bernama Tom Yum Goong. Makanan ini sudah populer di mata dunia.

Bahkan, beberapa produk makanan cepat saji banyak yang mengadopsi rasanya, seperti dalam mi instan. Tom Yum Goong sesunggunya adalah sup udang pedas dengan cita rasa khas Thailand. Dengan komposisi rempah-rempah yang kaya, Tom Yum memiliki aroma yang wangi dan menggugah selera.

Tom Yum Goong dibuat dari bahan-bahan rempah Thailand seperti lemongrass, cabe, galagal, daun jeruk nipis, bawang merah, sari jeruk Lie segar, dan saus ikan. Biasanya, topping untuk Tom Yum cukup beragam tergantung dari kedai mana Anda membelinya.

Anda bisa mendapatkan makanan khas Thailand ini di berbagai sudut negara Thailand, begitu juga ketika Anda sedang belanja murah di Bangkok. Salah satu tempat makan Tom Yum Goong yang direkomendasikan adalah Banana Leaf Restaurant yang berlokasi di Silom Complex Basement Floor, Silom Road, Bangkok.

Selain Tom Yum Goong, Thailand memiliki beberapa jenis hidangan lezat dan pedas yang harus Anda coba sebelum melanjutkan perjalanan wisata. Beberapa hidangan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Gaeng Daeng (Red Curry)
  • Gai Pad King
  • Som Tam
  1. Gang Keow Wan

Gang Keow WanMakanan khas Thailand ini cukup terkenal dan populer di mata wisatawan dunia Gang Keow Wan pada dasarnya adalah kari hijau yang dibuat dengan komposisi pasta kari hijau, santan, rebung, dan daging ayam.

Tentu saja, bahan-bahan tersebut diolah dengan rempah-rempah khas makanan tradisional Thailand seperti serai, lengkuas, daun jeruk, dan lain-lain. Kombinasi bahan dan rempah tersebut membuat Gang Keow Wan memiliki cita rasa yang tidak bisa dilupakan.

Gang Keow Wan biasanya disajikan sebagai lauk dengan nasi. Masyarakat lokal biasa mencampurnya seperti sup atau memakannya secara terpisah. Anda juga memiliki pilihan untuk menambah rasa pedas dengan sambal khas Thailand.

Gang Keow Wan bisa Anda temukan dengan mudah di Thailand, termasuk di pasar mudah di Bangkok. Restoran yang cukup direkomendasikan adalah Poi-Sien Restaurant di Boonme Building, Soi Ratchawithi.

Hidangan kari bukan hidangan yang asing untuk masyarakat lokal Thailand. Selain Gang Keow Wan, ada beberapa jenis kari yang bisa Anda cicipi ketika mengunjungi Thailand yakni sebagai berikut.

  • Khao Soi (Creamy Coconut Curry Noodle Soap)
  • Panang Gai (Red Curry)
  • Gang Massaman
  1. Gang Jued

Gang JuedTidak sepopuler Tom Yum Gung dan Curry, Gang Jued adalah makanan has Thailand yang cukup nikmat. Secara literal, Gang Jued berarti sup bening. Sup ini terhitung sehat karena tidak menggunakan terlalu banyak bumbu serta terdiri dari sayur-sayuran segar.

Sup ini bagus dikonsumsi saat Anda sakit atau merasa tidak enak badan. Jika dimasak tanpa daging, maka Gang Jued setara dengan makanan khas Filipina halal yang bisa wisatawan muslim konsumsi dengan leluasa.

Namun jika Anda membelinya dari kedai, Anda perlu kembali mempertanyakan kehalalannya. Sebab, sup sehat dengan rasa yang ringan ini kerap menggunakan kaldu daging dan tambahan potongan Moo Sub atau daging babi.

Namun jika Anda mengonsumsi babi, daging yang diolah sangat nikmat dengan tekstur yang lembut. Namun umumnya, daging yang digunakan adalah daging ayam. Sementara sayur yang umum digunakan adalah Pak Gad Kow (sawi putih), dan Saraii (rumput laut).

Beberapa makanan khas Thailand lainnya memiliki rasa yang ringan seperti Gang Jued, jika Anda tidak begitu suka dengan makanan yang pedas atau masam. Anda bisa memilih alternatif makanan berikut ini.

  • Tom Kha Kai (Chicken in Coconut Soup)
  • Jim Jum
  • Kao Man Gai
  1. Kao Na Phet

Kao Na PhetJika Anda kebetulan sedang berada di daerah Chinatown, tepatnya di Yaowarat, pegilah ke Hua Feng Hong Restaurant untuk menikmati Kao Na Phet. Kao Na Phet adalah makanan khas Thailand yang terbuat dari daging bebek yang dipanggang.

Varian hidangan ini sudah tersebar di seluruh penjuru Asia. Kao Na Phet biasanya disajikan di atas piring sebagai lauk nasi. Anda biasanya bisa memilih untuk mendapat bagian daging bebek yang Anda sukai.

Selain dimakan dengan nasi, Kao Na Phet juga bisa dimakan begitu saja atau disajikan dengan sup, sayur segar, maupun mi. Kini, Kao Na Phet bisa ditemukan dengan mudah sebab sudah menjadi jajanan khas Thailand yang bisa Anda temukan di berbagai sudut Thailand. Termasuk di beberapa spot tempat wisata populer seperti di area tempat bersejarah di Thailand yang bisa Anda kunjungi dalam tur wisata.

Masyarakat Thailand tidak hanya mengonsumsi daging bebek, mereka juga mengonsumsi berbagai jenis daging yang kemudian diolah menjadi hidangan tertentu. Selain Kao Na Phet, berikut adalah hidangan daging makanan khas Thailand yang bisa Anda coba.

  • Kao Niew Moo Yang
  • Moo Dad Diew
  • Yam Khor Moo Yang
  1. Kao Moo Dang

Kao Moo DangMasyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari nasi, begitu juga dengan masyarakat Thailand. Nasi di Thailand menjadi makanan pokok sebagaimana negara-negara di Asia.

Oleh karena itu, makanan khas Thailand juga banyak yang dibuat dari bahan dasar beras atau nasi, salah satunya adalah Kao Moo Dang. Makanan khas ini cukup populer di antara masyarakat lokal dan memiliki banyak kedai yang menjualnya. Kao Moo Dang merupakan hidangan nasi yang diselimuti dengan potongan daging babi bakar, sosis khas Thailand, serta telur rebus.

Hidangan ini disiram oleh saus barbecue yang akan menambah cita rasa Kao Moo Dang di lidah Anda. Tambahan lainnya adalah taburan ketumbar bubuk dan irisan daun bawang. Kombinasi tersebut membuat hidangan ini tidak pedas, tetapi sangat manis dan cocok dikonsumsi bahkan ketika Anda menginap di tempat honeymoon di Thailand.

Tempat yang tepat untuk menikmati Kao Moo Dand adalah Ran Guay Jab Jaedang yang berlokasi di Ratchawithi Road. Restoran ini dekat dengan Siam Computer and Language School. Jangan lupa untuk memesan menu hidangan nasi lainnya seperti berikut.

  • Kao Mok Dai
  • Kao Ka Moo
  • Pad Ga Pow Moo Kai Dow

Selain surga tempat wisata seperti Grand Palace, Thailand juga adalah surga wisata kuliner. Selain makanan di atas, masih terdapat banyak makanan khas Thailand baik yang umum maupun jenis-jenis makanan khas yang tidak lazim.

Kendati demikian, makanan-makanan tersebut tetap memiliki penggemarnya sendiri. Setelah kenyang berwisata kuliner, jangan lupa untuk mengunjungi James Bond Island tempat wisata di Thailand di mana pernah menjadi salah satu lokasi syuting film James Bond. Datanglah ketika musim panas dan nikmati pantai dan ombaknya yang menawan.

, , ,
Post Date: Monday 11th, February 2019 / 03:14 Oleh :
Kategori : Thailand