5 Oleh-Oleh Khas Belgia Terbaik Yang Wajib Di Bawa Pulang

Pergi berwisata sampai ke Belgia, rasanya sayang kalau tidak membawa oleh-oleh khas Belgia ketika pulang ke rumah. oleh-oleh khas dari setiap negara akan memberikan sensasi pengalaman tersendiri bagi penerima oleh-oleh yang Anda berikan. Seolah-olah mereka juga ikut merasakan telah berpetualang sampai ke negara-negara pemilik oleh-oleh khas tersebut.

Jadi, jangan lewatkan oleh-oleh khas Belgia begitu Anda tidak di sana. sebelum membeli oleh-oleh khas Belgia, memang baiknya berjalan-jalan dulu ke berbagai tempat wisata di Belgia yang memiliki kekhasannya tersendiri.

Setelah puas berjalan-jalan, yuk pilih beberapa makanan khas Belgia yang bisa jadi oleh-oleh. Berikut beberapa hal yang menjadi oleh-oleh khas Belgia harus dibawa pulang!

1. COKELAT

praline-cokelat-belgia

Pernah ingat, di oleh-oleh khas Melbourne kita juga membicarakan cokelat. Sepertinya cokelat memang menjadi favorit seluruh penduduk dunia sampai-sampai setiap negara memiliki produk cokelatnya sendiri. Di Yogyakarta, Indonesia pun ada cokelat Monggo yang menjadi salah satu kekhasan cokelat oleh-oleh khas Indonesia yang diproduksi di Yogyakarta.

Lalu, seperti apa cokelat khas oleh-oleh Belgia ini? ketika orang-orang datang ke Belgia, mereka tidak pernah tidak ingat dengan cokelat. Apa toh keistimewaannya sampai orang-orang selalu terlintas cokelat Belgia bahkan ketika sedang tidak berada di Belgia sekalipun.

Fanatic fans cokelat Belgia pasti akan berkata, rasa cokelat Belgia tidak tertandingi. Walaupun negara ini bukan penghasil tanaman cokelat, namun cokelat yang diproduksi di Belgia menduduki peringkat atas dalam industri cokelat, itu kenyataan kok.

Industri cokelat di Belgia sudah berlangsung sejak lama, sehingga wajar saja mereka mampu meproduksi cokelat dengan cita rasa yang luar biasa berkat pengalaman riset dan pengalaman bertahun-tahun memahami keinginan konsumen. Cokelat yang diproduksi Belgia disebut sebagai cokelat berkualitas, hingga diekspor sampai ke berbagai negara di Asia. Cokelat sebagai bahan utama pembuatan cokelat diimpor dari Afrika dan Indonesia.

Cokelat yang menjadi oleh-oleh khas Belgia dan terkenal sampai ke penjuru dunia ialah jenis cokelat bernama Praline yang sudah diproduksi secara masal sejak tahun 1912. Cokelat praline meruapakan cokelat yang memiliki berbagai macam citarasa, dan sebelum diperkenalkan ke khalayak umum, cokelat Praline sudah menjadi cokelat pilihan utama keluarga bangsawan di Belgia.

Cokelat ini sampai sekarang menjadi favorit masyarakat Belgia dan dunia. Bagi yang sangat memahami cita rasa cokelat, mereka akan memilih Praline karena cita rasanya berkelas, ekslusif, dan premium. So, jangan ditanya soal harga, sudah pasti tidak murah.


2. WAFFLE

wafle-belgia

Waffe seperti sebuah cemilan yang disukai banyak orang, mudah ditemukan di beberapa negara. Contohnya Taiwan, yang memiliki tempat khusus membeli  makanan ringan khas Taiwan, waffle pun bisa menjadi oleh-oleh favorit. Banyak orang membeli waffle di toko yang sudah legendaris di Hongkong.

Dan ternyata, waffle tidak hanya bisa ditemukan di Hongkong sebagai sebuah oleh-oleh favorit. Di Belgia, waffle pun menjadi oleh-oleh khas yang difavoritkan wisatawan.

Di Belgia ada dua jenis waffle yang terkenal, di antaranya adalah Brussels Waffle dan Liège waffle. Keduanya memiliki perbedaan dalam bentuknya, sedangkan soal cita rasanya pada dasarnya sama. Meskipun demikian, perbedaan bentuk ini membuat waffle oleh-oleh khas Belgia memiliki penggemarnya sendiri.

Sebagai sebuah gambara, Brussels waffle memiliki bentuk persegi panjang dan terasa renyah, sedangkan versi Liège berbentuk sedikit lebih lonjong. Bentuknya yang menarik dan cita rasanya yang enak membuat banyak wisatawan tidak ragu untuk memborong banyak waffle ke dalam keranjang belanjanya.

Secara khusus sebagai sebuah tambahan informasi, keluarga Belgia memiliki tradisi makan waffle yang sudah turun temurun, sehingga bisa dibilang Waffle juga merupakan makanan khas Belgia. Setiap keluarga akan memilih waffle sebagai menu utama dalam perkumpulan keluarga. Mereka akan menikmati waffle bersama dengan seduhan teh.

Pada umumnya, warga Belgia akan menyantap waffle tanpa toping supaya bisa tetap menikmati cita rasa aslinya. Namun untuk Anda, topping apa saja boleh kok dipadupadankan dengan waffle. Tidak hanya topping ice cream, buah-buahan atau cokelat juga sah-sah saja. nikmati cita rasanya selama Anda berada di Belgia kemudian bawa pulang lengkap dengan topping favorit Anda.

3. SPECULOOS

Speculoos

Ngak lengkap rasanya kalau berlibur tanpa membawa pulang oleh-oleh. Apalagi kalau berliburnya sampai ke Belgia, oleh-oleh khas Belgia akan jadi salah satu bagian dari kenangan yang manis. Gimana kalau kali ini, kamu bawa pulang makanan ringan seperti Speculoos. Makanan ringan ini terbuat dari campuran bahan-bahan yang unik seperti kayu manis, cengkeh, pala, jahe, lada, dan kapulaga.

Bahan-bahan yang merupakan rempah ini tentunya akan memberikan aroma enak, khas banget rempah dan mungkin akan mengingatkanmu pada Jajanan khas khas Thailand, yang kental banget dengan rempah-rempah.

Well, yah sebagian besar makanan di benua Asia memang akrab dengan rempah-rempah karena merupakan benua penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. rempah-rempah itu pun juga dijual sampai ke benua Eropa dan Amerika sejak jaman dulu kala, melengkapi bumbu dapur sampai pada cemilan untuk teman minum teh. Speculoos bisa dibilang merupakan kue kering favorit warga Belgia untuk menemani mereka bersantai.

4. KOFFIEKOEKEN

koffiekoeken-bakker

Pernah membawa pulang makanan khas Kamboja yang kebanyakan menunya mirip dengan makanan khas di Vietnam? Mungkin olahan daging jadi sudah biasa atau malah makin muak karena terlalu sering makan daging ketika berwisata di kawasan Asia seperti Kamboja?

So kalau kamu sedang jalan-jalan ke Belgia, bagaimana kalu kali ini kamu bawa oleh-oleh khas Belgia yang berupa roti bernama Koffiekoeken. Makanan khas Belgia ini akan jadi selingan setelah terlalu banyak makan daging atau nasi yang menjadi kekhasan olahan kuliner di kawasan Asia.

Di Belgia, Koffiekoeken dapat dibeli di bergai macam toko roti. Bisa juga dibeli di stasiun kereta. Sebelum pulang boronglah kue khas Belgia ini, tidak hanya sebagai teman perjalanan tapi buat roti ini sebagai salah satu oleh-oleh untuk orang di rumah. beberapa jenis Koffiekoeken yang harus kamu cicipi antara lain Boterkoek (butter cookies), Appelflap (apple turnover), Boule de Berlin (Berliner doughnut), Chocoladebroodje (chocolate bread), dan lain sebagainya. masing-masing memiliki cita rasa yang khas dan pastinya bikin nagih.

Uniknya, di Belgia, Koffiekoeken biasa dinikmati bersama dengan berbagai macam keu tart yang terbuat dari bahan-bahan yang punya cita rasa kuat, seperti tart lemon meringue taart, apricot tart, eclair, profiteroles, dan lain-lain. selain itu, umumnya orang Belgia menikmati Koffiekoeken sambil minum kopi. So, penasaran dengan cita rasanya? Beli saja yang banyak dan makan di rumah dengan keluarga.


5. CUBERDONS

cuberdons-fruitKalau sudah terlalu banyak cemilan, selipkan salah satu jenis oleh-oleh khas Belgia yang lain seperti permen. Di Belgia ada sebuah produk permen favorit warga Belgia. Kebanyakan wisatawan juga mencari permen ini untuk dijadikan teman jalan-jalan menikmati tempat wisata di eropa barat.

Permen ini disebut dengan Cuberdons. Sebagaimana permen, cita rasanya manis seperti sirup. Uniknya, warna permen Cuberdons ialah memiliki warna asli ungu. Permen ini ditawarkan dengan berbagai macam cita rasa, ada raspberry, jeruk, anggur, strawberry, dan lain sebagainya. pada umumnya, orang menyukai Cuberdons rasa jeruk.

Kalau kamu, lebih suka yang mana?

, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 05:10 Oleh :
Kategori : Belgia